Saat ini mulai populer istilah baru dalam dunia bisnis atau wirausaha. Istilah tersebut adalah bisnis startup. Model bisnis ini mulai bermunculan dan bahkan oleh anak-anak muda yang mungkin pertama kali dalam membangun bisnis. Mungkin banyak diantara kita yang bertanya-tanya, apa itu bisnis startup ?

Memang istilah ini baru muncul pada masa sekarang. Hal ini wajar saja, karena bisnis ini bersinggungan dengan istilah digital marketing dimana dunia digital baru berkembang pada dekade akhir ini. Pada artikel kali kami dari SEO Anak Sholeh akan mengupas tentang apa itu bisnis startup.

Apa Itu Bisnis Startup?

Apa Itu Bisnis Startup
Bisnis startup membutuhkan ide dan perubahan besar. Sumber unsplash

Menurut wikipedia bahasa Indonesia, bisnis start up merupakan perusahaan rintisa, dan istilah ini merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Istilah startup menjadi populer secara internasional pada masa pertumbuhan website bisnis online. Pada masa itu website yang bersifat komersial mulai bermunculan dalam waktu yang bersamaan. Bisnis startup bisa dibilang merupakan perusahaan muda yang didirikan oleh satu atau lebih pengusaha untuk mengembangkan produk atau layanan unik dan membawanya ke pasar.

Tipikal dari bisnis startup cenderung beroperasi dengan sedikit modal atau modal yang terbatas, dengan pendanaan awal dari para pendiri atau teman dan keluarga mereka. Dan biasanya mereka mencari dukungan finansial yang cukup untuk memulai ke langkah yang lebih besar lagi.

Tantangan pertama bagi sebuah bisnis startup adalah membuktikan bahwa konsep yang mereka usung merupakan konsep yang nantinya sukses dan layak untuk di dukung. Pembuktian tersebut berkaitan dengan kepercayaan investor atau pemberi pinjaman modal. Bisnis startup bisa dibilang bisnis yang berisiko tetapi calon investor biasanya memiliki beberapa pendekatan untuk menyetujui konsep atau ide yang diajukan tersebut.

Karena hal pertama dari bisnis startup adalah mengumpulkan sejumlah besar uang untuk mengembangkan produk lebih lanjut, maka untuk melakukan itu mereka harus membuat argumen yang kuat, atau prototipe yang mendukung klaim mereka bahwa ide mereka benar-benar baru atau merupakan perbaikan besar terhadap sesuatu di pasar.

Fase Bisnis Startup

Sebagaimana bisnis lainnya, perusahaan startup juga memiliki masa pertumbuhan yang terbagi menjadi beberapa fase. Dan mungkin setiap perusahaan atau bisnis startup memiliki fase yang berbeda-beda atau interval waktu yang berbeda, namun setidaknya perjalanan bisnis strartup akan melewati fase berikut ini :

1. Fase peluncuran

Fase ini merupakan fase pertama dari perusahaan atau bisnis startup. Fase ini bisa dibilang fase emergence dimana perusahaan startup memulai bisnis baru dengann perkembangan bisnis yang masih lambat. Pada fase ini perusahaan startup bisa berpotensi tidak berhasil, karena kurangnya kepercayaan investor atau konsep yang buruk.

2. Fase pertumbuhan

Fase ini adalah fase dimana bisnis perusahaan berjalan pesat dan berbagai investor mulai bermunculan. Iklan digital marketing dilakukan dengan gila-gilaan. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai aktifitas membakar modal. Selain melakukan promo besar besaran, perusahaan juga akan melakukan apapun dengan maksimal. Seperti menggunakan jasa landing page profesional untuk menarik banyak konsumen melalui landing page website mereka.

Selain itu biasanya para pesaing mulai masuk ke dalam fase ini. Meskipun sudah mulai bertumbuh tetapi fase ini merupakan fase yang amat rawan jika perusahaan tidak melakukan perbaikan secara bertahap. Para investor atau konsumen akan beralih ke pesaing.

3. Fase perbaikan

Fase ini bisa juga disebut dengan fase declining improvement dimana proses perbaikan akan menyebabkan penurunan bisnis. Karena itu diharapkan ketika perusahaan startup berada pada fase ini mereka bisa melewatinya dengan jangka waktu yang tidak lama. Diperlukan sikap yang cepat dari perusahaan ketika merespon perubahan untuk perbaikan.

4. Fase stagnasi

Ketika perubahan sudah di lakukan, maka seolah perusahaan tetap lamban dalam pertumbuhannya. Fase ini memang fase yang sulit. Seperti halnya sebuah proses perbaikan, maka akan ada persiapan kembali sehingga semua berjalan menjadi normal kembali. Ketika berjalan normal pun belum tentu ada pertumbuhan, malah terjadi stagnasi.

Dimasa inilah menjadi penentu. Apakah bisnis startup tersebut melakukan perbaika yang berhasil sehingga tidak tergilas oleh pesaing, atau perbaikan tersebut bisa mendahului pesaing sehingga kepercayaan bisa diraih kembali.

Pendanaan Bisnis Startup

Apa Itu Bisnis Startup
Konsep yang benar akan menjadikan investor tertarik. Sumber Unsplash

Sebagaimana yang telah diulas sebelumnya, bisnis start up seperti bisnis gambling. Tidak ada bayangan yang jelas di masa depan, kecuali memang ide atau konsep yang di tawarkan benar-benar kitu dan dibutuhkan atau disukai banyak pengguna. Karena itu di periode awal pembangunannya, bisnis startup akan mengalami kesulitan dalam pendanaan. Lantas bagaimana skema pendanaan bisnis ini ? Inilah penjelasannya !

1. Tahap Pre-Seed

Tahap awal biasa disebut dengan tahap bootstrap, biasanya pemilik bisnis startup merogoh kantong sendiri untuk mengembangkan bisnisnya. Tahap penelitian masih dilakukan karena di fase ini diperlukan untuk menilai kelayakan ide atau konsep. Pendiri startup mungkin sudah memiliki prototipe produk yang berfungsi dan sedang mencari pendanaan.

Pada fase ini mereka juga meminta bantuan atau bimbingan dari pengusaha lainnya agar bisa belajar dari pengalaman yang sudah ada. Selain itu dengan belajar kepada pengusaha yang sudah besar, pemilik bisnis startup awal bisa memperkirakan biaya yang di perlukan kedepannya.

2. Tahap Seed

Diperkirakan sekitar 29 % startup gagal setelah mereka kehabisan modal saat bootstrap. Pada fase ini pemilik bisnis startup mencoba mengumpulkan dana untuk melakukan riset pemasaran sehingga mereka mengetahui selera dan preferensi pelanggan. Fase ini produk dikembangkan dengan tujuan untuk merilisnya di pasar. Ide startup di masa ini harus memiliki daya tarik sehingga ada aliran pendapatan yang masuk. Jika berhenti di fase ini maka startup bisa bangkrut.

3. Tahapan Venture Capital

Ada beberapa putaran tahapan pendanaan atau rangkaian yang diikuti pada fase pendanaan ini. Inilah tahapan pendanaannya :

a. Pendanaan Seri A

Saat bisnis startup harus memiliki produk atau layanan yang dibuat dan memiliki basis pelanggan kumpulan dengan aliran pendapatan yang jelas. Pendanaan pada putaran ini berasal dari firma modal ventura, angel investor, atau melalui crowdfunding melalui internet. Di putaran ini, dan putaran selanjutnya, pendanaan biasanya dilakukan oleh satu investor besar kemudian diikuti oleh investor lainnya.

b. Pendanaan Seri B

Bisnis harus melakukan ekspansi dengan memperluas layanan atau mengembangkan produk, artinya startup juga melakukan perluasan basis pelanggan, rekruitmen lebih banyak karyawan, dan tim manajemen perusahaan. Pada periode ini dikhususkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggannya agar mampu bersaing di pasar.

c. Pendanaan Seri C

Pada periode ini perusahaan lebih dokus pada pencarian investorlebih banyak sehingga dapat membantu mereka menciptakan produk baru, menjangkau pasar baru, dan mengalahkan kompetitor yang ada. Biasanya di fase ini beberapa startup kecil atau startup saingan yang lebih lemah mul;ai di akuisisi.

Setelah perusahaan berkembang dengan pesat, mereka akan melanjutkan fase berikutnya. Semua tergantung kebutuhan bisnis dan kemampuan perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Startup ?

Sebenarnya bisnis startup bekerja seperti perusahaan lain. Sekelompok karyawan bekerja sama untuk membuat produk atau jasa yang akan dibeli pelanggan. Apa yang membedakan startup dari bisnis lain adalah cara bisnis startup melakukan itu.

Biasanya pada bisnis konvensional, mereka akan melakukan sesuatu yang umum di lakukan oleh perusahaan lain. Restoran konvensiona pasti akan melakukan bisnis dengan cara membuka bangunan restoran, melayani pesanan makanan makan di tempat atau take away dan pelanggan dilayani seperti biasanya.

Apa Itu Bisnis Startup
MakandiAntar.Com salah satu startup pertama di Yogyakarta. Sumber makandiantar.wordpress.com

Namun untuk bisnis startup benar-benar berbeda. Startup menelurkan ide yang benar-benar fresh dan mungkin tidak ada yang terpikirkan sebelumnya. Startup pertama di Yogyakarta seperti MakandiAntar.Com benar-benar memberikan pelayanan seperti restoran dengan pemesanan dari rumah dan berbasis website.

Di masa itu memang keberadaan startup MakandiAntar.Com memanjakan para mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan kampus dan tidak sempat membeli makanan di kedai. Namun berkat adanya layanan bisnis startup, mereka bisa terlayani dengan apa yang mereka butuhkan yakni makanan yang diantarkan ke kediaman mereka.

Namun saat ini layanan tersebut tergilas oleh keberadaan startup yang berbasis aplikasi seperti GoFood atau GrabFood yang memiliki modal lebih besar dan memiliki inovasi yang lebih kreatif sehingga lebih membuat pelanggan nyaman.

Seperti itulah bisnis startup. Adakalanya mereka akan memperoleh pangsa pasar yang luas dan segmen yang jelas, namun mereka akan segera tergilas oleh kompetitor yang datang dengan ide lebih kreatif, modal lebih besar dan tentu saja yang lebih menyesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman.

Penutup

Bisnis startup memang bisnis yang membutuhkan ide yang benar-benar cemerlang sehingga pengguna dapat nyaman dan menikmati layanan ataupun produknya. Memang demikianlah pendekatan bisnis di masa sekarang. Semua berbasis kepada pelanggan mengutamakan retensi pelanggan, memaksimalkan pengelolaan data konsumen sehingga perusahaan mampu menuruti  apa kemauan pelanggan dan memanjakannya.

Itulah sekelumit informasi tentang apa itu bisnis startup danbagaimana penjelasannya. Semoga artikel ini memberikan anda wawasan tentang dunia bisnis. Jika anda membutuhkan panduan bisnis yang lebih intens, anda bisa menghubungi SEO Anak Sholeh, penyedia jasa layanan jasa pembuatan website profesional dan jasa SEO. Kami dengan senang hati akan membantu memecahkan problem secara bersama-sama.   

Open chat
Kami senang membantu Anda