Dunia maya tidak ubahnya seperti dunia nyata saat ini. Anda bisa melakukan kegiatan apa saja di dunia maya, mulai dari pembelian sampai pada pencurian. Namun saat ini telah dikenal ekosistem khusus yang bersifat rahasia dan penuh dengan kegiatan yang tidak mungkin di lakukan terang-terangan di dunia maya. Ekosistem tersebut adalah jaringan dark web. Apa itu dark web?

Duna maya yang tidak tersentuh oleh banyak orang ini memang menjadikan siapa saja penasaran untuk mengetahui isinya dan aktifitas di dalamnya. Namun untuk memasukinya, Anda tidak boleh sembarangan. Ada langkah aman yang harus diklakukan agar data Anda terlindungi. Baca lebih lanjut jika Anda penasaran!

Apa itu Dark Web
Dark web apakah ilegal? Sumber Pexels @sora-shimazaki

Apa itu Dark Web?

Dark web merupakan website yang dirancang untuk menyimpan informasi rahasia yang tidak mudah untuk di akses oleh sembarang orang. Karena konten yang ada tidak bisa diindeks oleh mesin pencari yang populer seperti Google maka dalam membuka konten tersebut memerlukan perangkat lunak atau otorisasi khusus.

Biasanya untuk mengakses dark web di perlukan browser khusus dan jaringan khusus yang mampu menembus jaringan dark web. Karena semua aktifitas dilakukan oleh user anonim, maka biasanya layanan dark web digunakan untuk kegiatan illegal, atau kegiatan yang tidak bisa di ketahui oleh khalayak dengan mudah.

Penggunaan Dark Web

Banyak aktivitas ilegal berlangsung di jaringan dark web. Mulai dari perdagangan konten terlarang seperti pornografi, perdagangan senjata, perdagangan organ dan obat-obatan terlarang dan bahkan perdagangan malware yang bisa digunakan untuk tujuan kejahatan di lakukan melalui dark web.

Pelaku kejahatan dunia maya bisa menyewa pembuat ransomware yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan penyerangan institusi tertentu. Pembuat ransomware bisa juga mendapat imbalan presentase dari besaran tebusan yang diinginkan oleh para penyerang. Aktifitas lainnya selain penyerangan adalah pencurian data pribadi.

Bahkan beberapa tahun lalu di pasar gelap dark web muncul pasar mirip Amazon untuk tempat penjualan barang ilegal bernama Silk Road. Akan tetapi FBI menutup pasar tersebut pada 2013 dan menangkap pemiliknya yakni Ross Ulbricht, yang kemudian mendapatkan ganjaran penjara seumur hidup karena aktivitas ilegal yang ia lakukan.

Apakah dark web sepenuhnya ilegal?

Tentu saja tidak. Namun untuk negara tertentu seperti Tiongkok, penggunaan dark web dan juga VPN yang merupakan perangkat untuk masuk ke dunia dark web dilarang keras. Sedangkan untuk negara yang menjunjung tinggi kebebasan seperti Amerika Serikat, penggunaan dark web maupun VPN diperbolehkan.

Kegiatan di dark web tidak seluruhnya kegiatan ilegal. Ada juga kegiatan jurnalistik, kegiatan diskusi politik dan pemberitaan yang ada di dark web untuk tujuan tertentu. Dan sebenarnya dark web bisa dan boleh diakses siapa saja dengan catatan tidak melakukan aktifitas yang melanggar hukum.

Apa perbedaan dari Surface Web, Deep Web dan Dark Web?

Mungkin Anda akan bingung mengetahui perbedaan antara dark web, deep web dan surface web. Ketiganya adalah hal yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, ulasan di bawah ini akan menjelaskan perbedaan ketiganya.

Surface web adalah website yang bisa dijangkau dengan mesin pencarian standar seperti Google. Surface web merupakan website yang bisa ditemukan dan digunakan sehari-hari secara umum. Karena tipikalnya seperti itu, maka sebagian besar website atau halaman yang beredar di seluruh dunia maya ada di lingkup surface web.

Sedangkan deep web berbeda lagi. Deep web bisa diakses menggunakan internet standar tanpa memerlukan tools seperti ketika mengakses dark web. Namun deep web tidak terjangkau oleh mesin pencarian, sehingga untuk mengakses deep web tidak bisa dilakukan sembarang orang.

Deep web digunakan untuk tujuan tertentu seperti menyembunyikan informasi perusahaan, menyimpan data rahasia pemerintah dan sebagainya. Penggunaan deep web sudah umum di lakukan untuk keamanan, namun untuk mengaksesnya ada pembatasan. Berbeda dengan dark web, penggunaan deep web biasanya untuk aktifitas yang legal.

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa ketiga jenis web tersebut berbeda. Dan masing masing memiliki alasan tersendiri mengapa dark web, deep web dan surface web diciptakan.

Apa itu Dark Web
MAta uang crypto seperti bitcoin menjadi alat tukar di dark web. Sumber Pexels @crypto-crow-643283

Cara masuk ke Dark Web

Masuk ke dark web sama saja Anda memasuki sarang penyamun, dunia yang tidak ada platform keamanannya. Karena itu, ketika Anda memasuki jaringan dark webs sebaiknya Anda memastikan diri Anda dan aktifitas yang akan Anda lakukan adalah aman.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke dark web dengan aman. Inilah langkahnya :

1. Menggunakan VPN

ketika Anda menjelajahi dunia maya, sebenarnya Anda akan diketahui identitasnya melalui IP Anda di dalam jaringan. Karena itu, sebaiknya Anda menyembunyikan identitas digital Anda dari siapapun. Virtual private network atau VPN bisa menjadi solusi agar aktifitas Anda tidak bisa dilacak melalui IP.

2. Menginstall Tor Browser

Tor merupakan software untuk melakukan penjelajahan di dunia dark web yang terpercaya. Tor akan membawa Anda menjelajahi dunia dark web dengan jaringan terenkripsi. Dengan demikian aktifitas Anda akan lebih aman ketika menggunakan Tor. Selain Tor, mungkin browser lainnya tidak menjamin keamanannya.

3. Melindungi identitas Anda

saat melakukan pembelian melalui dark web, pastikan Anda menyembunyikan identitas Anda. Gunakan alamat email terenkripsi dan anonim. Selain itu dalam transaksinya, gunakan mata uang cryptocurrency anonim untuk pembayaran.

Dark Web Search Engine

Ketika menjelajahi dunia dark web, tentu Anda membutuhkan mesin telusur yang membantu Anda untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Inilah dark web search engine yang bisa Anda gunakan dalam menjelajahi dark web.

1. DuckDuckGo

Duck duck go merupakan mesin pencari yang sudah lama digunakan. Selain di dunia dark web, Duck duck go juga di gunakan pada pencarian surface web, atau dunia pencarian umum yang digunakan orang secara luas. Kelebihan mesin pencarian ini adalah menjaga privasi penggunanya terutama untuk penggunaan pencarian surface web.

2. Torch

Torch dikenal juga dengan nama Tor Search. Mesin pencarian ini disinyalir mesin pencarian tertua di dunia dark web. Tidak ada sensor maupun pembatasan ketika Anda menggunakan Torch dalam mencari informasi yang terkubur di dunia dark web. Torch telah mengindeks miliaran konten dark web yang terkubur.

3. Recon

Mesin pencarian ini berbeda dengan mesin pencarian lain di dark web. Untuk Anda yang ingin mencari informasi mengenai produk apa saja yang dijual di dunia dark web, Anda bisa menggunakan mesin pencarian ini. Mesin pencarian ini akan menampilkan produk barang dari berbagai penyedia layanan.

4. notEvil

jika Anda menginginkan mesin pencarian di dunia dark web namun berasa menggunakan Google, maka menggunakan notEvil bisa menjadi solusinya. Dengan tampilan yang sederhana, Anda bisa menggunakan platform ini dengan mudah. Selain itu, Anda bisa melacak informasi dark web berdasarkan judul, URL atau kombinasi keduanya.

5. Candle

Seperti halnya notEvil, Candle juga menggunakan desain yang sederhana mengadopsi raksasa mesin pencarian yakni Google. Candle bisa Anda gunakan sebagai alternatif mesin pencarian di dunia dark web mengingat mesin pencarian ini senantiasa bertambah kemampuan indexingnya. Kemampuan ini menjadikan semakin banyak yang diindeks dari hari ke hari.

6. Haystak

Haystak mengklaim dirinya memiliki kemampuan untuk melakukan indexing 1,5 milyar halaman di dark web. Hanya saja, tidak semua website atau halaman di dunia dark web di kelola dalam jangka lama. Ada sebagian yang dihapus karena banyak hal.

Apa itu Dark Web
Gunakan langkah aman ketika menjelajahi dark web. Sumber Pexels@mati

Penutup

Ada banyak alasan, mengapa orang susah-susah mengakses dark web yang membutuhkan beragam alat dan cara. Mulai dari aktifitas ilegal dan hanya sekedar iseng, dark web tetaplah dark web. Ia akan ada dan kebijakan penggunaan ada pada pengguna sendiri. Apakah ia akan menggunakannya untuk tujuan baik atau buruk.

Yang jelas segala aktifitas di dunia, semua ada imbal baliknya di kehidupan setelah dunia. Artinya, mau menggunakan dark web untuk tujuan baik atau buruk, baik diketahui oleh orang lain atau tidak, nantinya di kehidupan akhirat tetap ada pertanggungjawaban. Value inilah yang selalu di tekankan oleh SEO Anak Sholeh dalam setiap aktifitas. Dari sinilah kebaikan akan bermula.

Open chat
Kami senang membantu Anda