Seperti yang telah Anda ketahui, baru-baru ini ada sesuatu hal yang baru di Tiktok. Yaps benar sekali, yakni belanja di Tiktok. Namun ternyata berbelanja di aplikasi tersebut bukanlah hal yang rumit loh. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berbelanja di aplikasi ini tanpa repot. Cara tersebut akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Apa Itu Tiktok Shop?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara belanja di tiktok shop, terlebih dahulu Anda perlu mengenal tentang Tiktok Shop. Tiktok Shop adalah salah satu fitur baru dari aplikasi Tiktok yang digunakan sebagai platform untuk mempromosikan atau menjualkan produk penggunanya.

Tiktok Shop ini bisa dikategorikan sebagai teknik digital marketing yang baru. Sejak awal kemunculannya, fitur tersebut banyak menyedot perhatian masyarakat. Terutama pengguna Tiktok yang ingin mempromosikan produknya. Berbagai cara kreatif pun dilakukan oleh sang kreator untuk menarik perhatian konsumen.

Cara belanja di Tiktok Shop, Sumber: rctiplus.com
Cara belanja di Tiktok Shop, Sumber: rctiplus.com

Manfaat Berbelanja Melalui Tiktok

Bukan hanya sekedar platform hiburan saja, namun Tiktok juga bisa memberikan berbagai manfaat. Khususnya bagi orang-orang yang suka berbelanja online. Di era digital ini, belanja online merupakan salah satu hal yang lumrah dilakukan hampir setiap orang. Anda tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli pakaian misalnya.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak pengusaha yang beralih menggunakan bisnis online untuk mempromosikan produknya. Hal ini tentu saja sebagai upaya untuk memudahkan konsumennya dalam berbelanja. Selain itu juga untuk meningkatkan penjualan produk miliknya.

Jika Anda ingin berbelanja, Anda hanya perlu mengeluarkan handphone lalu membuka aplikasi belanja online. Fitur terbaru Tiktok yakni Tiktok Shop, juga termasuk di dalamnya. Tiktok Shop dapat membantu orang-orang yang ingin berbelanja, namun tidak perlu repot-repot keluar rumah. Berikut berbagai manfaat dari belanja di Tiktok Shop.

1. Mempermudah Menemukan Produk yang Diinginkan

Sudah pernah dengar istilah FYP? Bagi warga Tiktok tentu saja tidak asing dengan istilah tersebut. Jadi FYP ini merupakan singkatan dari For Your Page. Nantinya video-video yang masuk FYP akan dengan mudah lewat di halaman Tiktok Anda. Biasanya video mengenai produk juga banyak yang masuk FYP.

Hal tersebutlah yang membuat Anda lebih mudah menemukan produk tanpa harus mencarinya di kolom pencarian. Jadi adanya fitur FYP ini bisa memudahkan seseorang yang ingin berbelanja di Tiktok Shop tanpa repot-repot mencari produk yang diinginkan. 

2. Terdapat Banyak Promo yang Ditawarkan

Siapa yang tidak suka promo atau diskon? Setiap orang yang suka berbelanja pasti akan merasa senang jika mendapatkan promo maupun diskon. Terlebih promo tersebut didapatkan untuk membeli berbagai produk yang diinginkan. Apakah Anda termasuk orang yang suka promo?

Di platform Tiktok Shop ini bisa dikategorikan sebagai “surga” belanja online. Pasalnya Anda bisa menemukan banyak promo yang bertaburan. Misalnya saja seperti promo gratis ongkir yang bisa menghemat pengeluaran belanja Anda. Menyenangkan bukan jika berbelanja online dilengkapi dengan berbagai promo menarik?

3. Video Jualan Bisa Menjadi Hiburan

Video-video yang dibuat oleh para penjual di Tiktok bukan hanya sebagai ajang promosi saja. Namun bagi pembeli maupun pengguna lainnya, terkadang video tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri. Misalnya saja konten tentang kucing yang berjualan baju. Kucing ini memiliki banyak penggemar, karena tingkahnya yang lucu.

Kucing tersebut akan ikut live streaming pemiliknya untuk mempromosikan berbagai produknya. Mulai dari baju kucing, topi kucing, hingga kacamata kucing. Tingkah lucu yang menggemaskan dari kucing itulah yang akhirnya menarik minat pembeli, khususnya pecinta kucing. Jadi tidak heran jika kemudian banyak yang membeli produknya.

Tampilan kucing pororo ketika live jualan di Tiktok, Sumber: youtube.com
Tampilan kucing pororo ketika live jualan di Tiktok, Sumber: youtube.com

4. Bisa Melihat Langsung Review Produk

Tidak sedikit orang yang ragu berbelanja online karena takut produk yang dibeli tidak sesuai gambar. Namun saat ini di berbagai e-commerce sudah dilengkapi dengan fitur testimoni. Sehingga akan ada banyak orang yang memberikan testimoninya berupa foto atau video di fitur tersebut. 

Di Tiktok Shop sendiri, Anda juga bisa melihat review produk secara langsung lewat video. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin terhadap kondisi produk yang Anda inginkan. 

Meskipun terkadang terlintas mengenai pikiran-pikiran buruk akan adanya testimoni palsu. Namun jika palsu, akan memerlukan usaha yang ekstra untuk mengeditnya. Selain itu, juga membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya. Jadi mengenai testimoni palsu bisa terminimalisir. 

5. Melakukan Transaksi Online Lebih Aman

Takut transaksi online Anda tidak aman? Jangan khawatir, pihak Tiktok sudah menyiapkan sistem canggih untuk mengamankan setiap transaksi Anda secara online. Jadi sistem tersebut akan bertugas untuk mencegah terjadinya penipuan. 

Meskipun demikian, namun Anda tetap perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan transaksi online merupakan transaksi yang rawan terhadap penipuan. Ingat, tetap berhati-hati namun tidak perlu takut dan khawatir berlebihan ya.

Berbelanja melalui Tiktok Shop memiliki berbagai manfaat, Sumber: katadata.co.id
Berbelanja melalui Tiktok Shop memiliki berbagai manfaat, Sumber: katadata.co.id

Cara Belanja di Tiktok Shop

Apakah Anda ingin juga ingin membeli beberapa produk di akun Tiktok? Jika iya, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Perlu Anda ketahui bahwa ada 2 metode yang digunakan para kreator untuk mempromosikan produknya, yakni melalui postingan produk dan live streaming.

Jadi ada 2 metode belanja yang bisa Anda lakukan di akun Tiktok tersebut. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk berbelanja di akun Tiktok.

Melalui Postingan Produk

Dikutip dari laman gramedia.com, terdapat berbagai langkah-langkah untuk belanja di Tiktok yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda ikuti.

1. Buka Tiktok

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk atau buka aplikasi Tiktok. Jika Anda belum punya, maka bisa download terlebih dahulu aplikasi Tiktok di Play Store maupun App Store. Setelah itu Anda bisa membuat akun Tiktok dan melakukan login.

Download aplikasi Tiktok, Sumber: tekno.kompas.com
Download aplikasi Tiktok, Sumber: tekno.kompas.com

2. Cari Toko Resmi yang Diinginkan

Setelah berhasil login dengan akun Anda, setelah itu Anda bisa mulai mencari toko resmi yang dibutuhkan. Sebagai contohnya Gramedia, apabila Anda ingin membeli produk seperti buku dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mencari akun resmi gramedia di bagian pencarian.

Mencari toko resmi yang diinginkan, Sumber: doc pribadi
Mencari toko resmi yang diinginkan, Sumber: doc pribadi

3. Pilih Ikon Belanja

Apabila Anda sudah menemukan toko resmi yang Anda butuhkan, maka Anda bisa memilih ikon belanja. Ikon belanja ini letaknya ada di sebelah ikon feed. Namun menurut informasi yang beredar, ada beberapa akun yang tidak tersedia. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan lagi apakah ikon belanja muncul di akun Anda atau tidak.

Pilih ikon belanja, Sumber: gramedia.com
Pilih ikon belanja, Sumber: gramedia.com

4. Klik Beli Sekarang

Di dalam ikon belanja terdapat banyak pilihan produk yang bisa Anda beli. Contohnya saja di akun Gramedia ini, maka terdapat berbagai pilihan buku yang bisa Anda beli. Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu produk buku yang tersedia di akun tersebut.

Setelah melihat-lihat dan menemukan produk yang cocok, maka Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Caranya mudah, Anda hanya perlu memilih produk yang diinginkan lalu klik tombol “beli sekarang”. Ketika Anda mengklik tombol tersebut, nantinya akan langsung diarahkan menuju halaman pengisian data diri.

Klik beli sekarang, Sumber: gramedia.com
Klik beli sekarang, Sumber: gramedia.com

5. Lakukan Transaksi Pembayaran

Setelah mengisi data diri seperti nama, nomor, alamat, dan lainnya, Anda akan melakukan transaksi pembayaran. Transaksi ini tentu saja dilakukan secara online. Di Tiktok Shop disediakan beberapa metode pembayaran yang bisa Anda gunakan.

Metode pembayaran tersebut diantaranya ada GoPay, Transfer Bank, Dana, Indomaret, Alfamart, serta Kartu Kredit. Jika Anda memiliki promo gratis ongkir, jangan lupa klaim promo tersebut ya. Jadi Anda bisa membeli produk dengan lebih murah, karena tidak perlu membayar ongkos kirimnya.

Lakukan transaksi pembayaran, Sumber: gramedia.com
Lakukan transaksi pembayaran, Sumber: gramedia.com

Melalui Live Streaming

Setelah mengetahui cara belanja di Tiktok melalui postingan produk, saatnya Anda mengetahui cara berbelanja yang melalui live streaming. Jangan khawatir, belanja melalui live streaming juga mudah dan tidak repot kok. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

  1. Bukalah live streaming dari akun yang Anda inginkan.
  2. Pada saat live streaming dimulai, biasanya produk yang ditawarkan akan muncul di bagian bawah halaman Tiktok. Jadi pastikan Anda menonton tayangan tersebut dengan saksama ya. Apabila produk yang ditawarkan sesuai dengan yang Anda inginkan, maka Anda bisa langsung membelinya.
  3. Ketika Anda sudah menentukan produk yang diinginkan, maka Anda bisa langsung mengklik tombol beli sekarang.
  4. Setelah itu Anda akan diarahkan menuju halaman untuk mengisikan data diri. Kemudian mengenai detail produk yang diinginkan serta metode pembayaran yang dipilih.
  5. Selanjutnya, Anda bisa menyelesaikan transaksi sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Setelah itu Anda hanya tinggal menunggu barang yang dipesan sampai ke rumah.

Itulah tadi tutorial mengenai cara belanja di Tiktok Shop. Bagaimana mudah dan anti repot bukan? Anda bisa dengan mudahnya mencari berbagai produk yang Anda inginkan melalui fitur tersebut. Jangan lupa juga mampir ke akun Tiktok Seo Anak Sholeh untuk mendapatkan informasi terkini perihal digital marketing ya.

Kami senang membantu Anda