Semua tahu, bisnis digital beberapa tahun belakangan ini telah menjadi sebuah tren usaha yang cukup menggiurkan. Meningkatnya penggunaan internet dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh smartphone adalah alasan mengapa bisnis ini memiliki peluang baik.

Bukan hanya itu, bisnis digital juga menjadi wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan kreativitas menjadi sebuah peluang usaha. Banyak juga wirausahawan muda inovatif yang ikut berkontribusi dalam memberikan solusi untuk masalah sosial yang ada melalui bisnis digital.

Ada beberapa peluang bisnis digital di Indonesia yang masih potensial untuk digeluti. Perkembangan bisnis dunia digital yang semakin pesat, telah dipelopori dengan jaringan internet yang semakin cepat berkembang dan pola belanja masyarakat yang berubah dari offline ke online.

Oleh sebab itu, jika anda ingin terjun ke bisnis digital secara online, penting untuk melakukan analisa bisnis digital apa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Banyak pebisnis digital yang sudah mencapai kesuksesan dari bisnis yang dijalaninya, Anda pun dapat mengikuti jejak mereka untuk menggeluti bisnis digital tersebut.

Potensi

Ilustrasi Digital Marketer
Ilustrasi Digital Marketer, Sumber : bizjournals.com

Membahas potensi bisnis digital di Indonesia ini begitu menarik, hal itu dikarenakan peluang bisnis digital masih sangat menggiurkan untuk digeluti. Indonesia sudah memberikan peluang atau tempat bagi para pebisnis digital untuk berkreasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya startup yang bermunculan yang kemudian kian menjadi besar karena banyak digunakan oleh masyarakat. Selama jaringan internet lancar, serta jumlah penggunanya kian bertambah maka potensi untuk berbisnis digital ini masih terbuka lebar.

Ide Bisnis Digital

Bagi Anda yang sedang melihat peluang yang menjanjikan dalam bisnis digital, berikut ide yang bisa menjadi sumber inspirasi Anda dalam mengembangkannya.

1. Digital Media Startup

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis yang lebih kreatif lagi, mungkin digital media bisa menjadi jawabannya. Lupakan soal kakunya editorial, ada banyak kreativitas yang bisa Anda bagi melalui bisnis digital ini.

Misalnya, memberikan konten berupa informasi unik yang menghibur bagi banyak orang. Hadirkan konten-konten yang ringan tapi tetap memiliki nilai tersendiri lewat platform internet yang mudah untuk dilihat dan dibagikan, salah satunya menggunakan video atau tulisan.

Jangan lupa untuk mengolahnya dengan kreatif agar tetap menarik dan tidak membuat bosan untuk disimak bersama dengan orang-orang bertalenta pilihan Anda.

2. Digital Agency

Sudah bukan rahasia lagi, untuk menjangkau target market secara online diperlukan strategi khusus bagi suatu brand. Namun, dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk melakukannya. Dalam hal ini, digital agency bisa menjadi solusi tepat dalam pemasaran.

Ada macam-macam solusi yang ditawarkan oleh digital agency untuk memasarkan produk agar selalu teringat dalam benak konsumen, salah satunya dengan media sosial. Dengan mempelajari target market, paltform tersebut akan diisi dengan konten-konten yang sesuai. Walaupun jalannya terasa cukup panjang, bisnis yang satu ini memiliki peluang cukup baik.

Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari konsep marketing terlebih dahulu. Setelah sudah cukup paham, tentukan tujuan Anda dan tetap fokus untuk mencapai kesuksesan dan jangan lupa untuk selalu membuka diri dengan mempelajari ilmu-ilmu baru.

Salah satunya, dengan mempelajari data costumer Anda agar lebih memahami untuk bertindak nantinya. Pastikan Anda untuk terus mencari tahu data terkini agar tetap dapat terus meningkatkan kinerja dan performa.

3. Transportasi Online

Ilustrasi Transportasi Online
Ilustrasi Transportasi Online, Sumber : shopback.co.id

Memang tak bisa dipungkiri, bisnis digital yang satu ini dinilai solutif dalam membantu masyarakat untuk mengarungi kemacetan kota-kota besar Indonesia saat ini.

Dibandingkan dengan sistem transportasi konvensional, transportasi online lebih disukai konsumen karena kemudahannya. Menurut konsultan ternama, Jiten Kachhela, kesuksesan aplikasi atau website saat ini dinilai dari cara bekerjanya yang hanya satu tindakan per layar dengan sedikit pilihan.

Kendaraan transportasi online tentu dapat dipesan dengan satu sentuhan pada aplikasi smartphone, sehingga konsumen tidak perlu repot-repot mencarinya di pinggir jalan saat matahari terik ataupun hujan. Tidak hanya itu, konsumen pun merasa lebih aman dalam perjalanan karena informasi rute dan data pengemudi dapat dibagikan kepada kerabat mereka.

Kunci kesuksesan dari bisnis digital transportasi online terletak pada kemudahan konsumen. Temukan celah apa yang bisa dijadikan peluang bisnis inovatif dengan bekerjasama dengan transportasi online yang sudah ada.

Peluang

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis digital, berikut ini beberapa peluang bisnis potensial yang bisa Anda coba.

1. Web Developer

Ilustrasi Bisnis Digital
Ilustrasi Bisnis Digital, Sumber : cuplik.com

Web developer sangat bisa untuk dijadikan sebagai peluang bisnis digital. Usaha ini sangat menjanjikan, mengingat internet sudah merambah hampir di semua bidang kehidupan. Sebutkan siapa saja yang sih membutuhkan jasa web developer? Mulai dari e-Commerce, lembaga pendidikan, perusahaan, pemerintahan, ekspedisi, games, mobile apps, dan sebagainya.

Jasa pembuatan website tentu membutuhkan keahlian khusus di bidang IT, seperti membeli domain, hosting, serta jaringan internet. Anda punya keahlian di bidang ini? Kumpulkan teman-teman anda yang memiliki bakat serupa, lalu bangun sebuah startup web developer Atau anda bisa juga memulai dengan menjadi freelance developer.

2. Blogger

Anda Hobi menulis, bisa jadi bisnis kok! Banyak orang kini mencari informasi hanya dengan hanya searching di internet. Buatlah konten kreatif yang sesuai dengan minat Anda, seperti gadget reviewer, fashion blogger, food bloger, dan sebagainya.

Bingung bagaimana cara memulai sebuah Blog? Pertama-tama, Anda buat website! Setelah itu Anda tentukan nama domain yang menjadi alamat situs Anda. Jangan lupa untuk membeli hosting yang berguna untuk menyimpan data-data Anda di internet.

3. Aplikasi Mobile

Sebagian besar masyarakat kini sudah mengenal smartphone, dan semua aktivitas internet kini bisa dilakukan melalui perangkat mobile. Peluang usaha pembuatan aplikasi mobile & game akan selalu jadi primadona. Inspirasi bisa datang dari mana saja, anda bisa mencari ide-ide dari aplikasi yang sudah diciptakan di market Play Store dan App Store.

4. Youtuber

Ilustrasi Youtuber
Ilustrasi Youtuber, Sumber : tribunnews.com

Punya kamera? Punya ide konten? Punya keahlian editing video? Bikin vlog yuk! Upload konten-konten menarik dan informatif melalui channel Youtube Anda. Semakin banyak penonton dan subscriber, Anda bisa hasilkan uang melalui iklan di Youtube.

5. Mendirikan Marketplace

Peluang bisnis digital di Indonesia yang menarik digeluti selanjutnya adalah dengan mendirikan marketplace. Marketplace ini berbeda dengan e-commerce. E-commerce penjualnya hanya satu orang sedangkan marketplace banyak penjual dalam satu wadah. Jika diibaratkan marketplace ini seperti sebuah mall yang dapat menampung banyak penjual dengan berbagai jenis dagangan.

Bagi Anda yang baru pertama kali masuk ke dalam bisnis ini harus bisa membedakan perbedaan antara ecommerce dengan marketplace. Ada banyak marketplace besar yang sudah ada di Indonesia seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya. Meskipun bisnis marketplace ini telah dikuasai oleh pemain besar, namun bagi pemula masih ada kesempatan untuk menggeluti bisnis ini jika kreatif dan inovatif.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis digital yang bisa Anda coba. Peluang bisnis di atas tentu menjadi bisnis potensial di era digital saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.