Bisnis jasa akhir-akhir ini kian tumbuh pesat. Salah satu alasannya karena bisnis ini hanya mengandalkan modal keterampilan dan keahlian. Tidak butuh banyak modal untuk menjalankan bisnis intinya.

Ada banyak contoh peluang bisnis dalam bidang jasa. Jika Anda hendak memulai suatu bisnis yang menjanjikan dan prospek cerah, tak ada salahnya untuk mengembangkan keterampilan Anda di bidang tertentu, kemudian menjadikannya lahan bisnis dengan membuka bisnis jasa.

Permintaan masyarakat terhadap bisnis jasa sangatlah besar saat ini. Hal tersebut tak terlepas dari budaya masyarakat sekarang yang ingin serba praktis, mudah dan cepat. Ditambah lagi didukung pula oleh kecanggihan teknologi sehingga bisnis jasa di Indonesia semakin tumbuh subur.

Namun, untuk sukses dalam menjalankan bisnis jasa yang menguntungkan tidaklah mudah. Anda harus bekerja keras, rajin promosi dan mempunyai sikap pantang menyerah. Selain itu, kunci sukses bisnis jasa adalah memberikan pelayanan bagus yang memuaskan konsumen.

Sebab, bisnis dalam bidang jasa merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang pelayanan konsumen. Pelayanan harus benar-benar diperhatikan supaya pelayanan bagus, sehingga konsumen puas dan menjadi pelanggan setia.

Dalam menjalankan bisnis yang bergerak di bidang jasa, pelayanan yang baik dan memuaskan merupakan faktor penting yang dapat membuat bisnis semakin maju dan berkembang pesat. Ketika pelayanan jasa yang Anda berikan itu baik dan memuaskan, maka kemungkinan besar konsumen akan menggunakan jasa Anda kembali.

Bisnis Jasa Potensial

Agar bisa memperoleh penghasilan menguntungkan dan mencapai kesuksesan dari bisnis jasa, tentu Anda harus mengetahui cara menjalankan ide bisnis baru yang muncul. Namun, yang terpenting adalah memperhatikan modal untuk menjalankan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa. Apabila Anda tertarik untuk memulai bisnis yang bergerak dalam bidang jasa, berikut beberapa bisnis jasa potensial yang bisa Anda jajal.

1. Jasa Les Privat

Ilustrasi Les Privat
Ilustrasi Les Privat, Sumber : tribunnews.com

Membuka jasa les privat di Indonesia adalah hal yang sangat menggiurkan. Pasalnya, dari segi level tingkat dasar hingga menengah atas memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan pelajaran. Tentunya ini bisa dilihat dari segi les privat untuk anak sekolah.

Les privat untuk ilmu lain pun bisa Anda buka mulai dari les privat musik, menari, menggambar, bahasa hingga les privat yang bersifat keagamaan yang Anda kuasai. Membuka les privat ini bisa dilakukan di tempat Anda ataupun tempat murid les privat Anda. Sehingga, memang tak perlu modal untuk memulai bisnisnya.

Dengan kata lain, cukup dengan ilmu yang Anda kuasai untuk bisa memulai bisnis jasa les privat. Bila Anda sudah dikenal sebagai guru privat yang mahir dalam satu ilmu, maka dengan sendirinya para klien akan berdatangan meminta Anda untuk mengajarkan mereka.

2. Reseller Produk Online

Saat ini banyak orang yang menjual barang usahanya lewat online. Karena dengan online, bisa menjangkau daerah atau tempat manapun tanpa harus bertatap muka.

Banyaknya produk online yang berseliweran adalah peluang untuk Anda membuka usaha. Anda bisa menjadi reseller yang menghubungkan konsumen dan produsen. Tentunya keuntungan yang didapat dari hasil penjualan yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Untuk urusan pengiriman serahkan pada pemilik barang karena mereka yang akan mengurusnya. Ongkos kirim yang dikeluarkan pun biasanya ditanggung oleh pembeli dimana mereka akan mengeluarkan ongkos kirim sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Produk online yang dijajakan pun beragam mulai dari baju, produk kecantikan, mainan anak, makanan, dan lain sebagainya.

3. Jasa Penulisan Artikel

Ilustrasi Menulis Artikel
Ilustrasi Menulis Artikel, Sumber : jokosusilo.com

Untuk Anda yang memiliki hobi menulis, manfaatkan hal tersebut untuk membuka jasa penulisan artikel. Saat ini, banyak perusahaan atau para pelaku bisnis online yang memerlukan tulisan artikel untuk diterbitkan dalam blog maupun websitenya.

Untuk memulai bisnis ini Anda harus memiliki laptop atau komputer sebagai bahan “tempur” memulai bisnis. Yang diperlukan dalam membuka bisnis jasa penulisan artikel ini adalah mau menulis dengan tema apapun dan harus mau menulis sesuai dengan pesanan klien.

Jangan lupa pula setiap bulannya harus menyisihkan anaggaran untuk bisa terkoneksi dengan internet. Tujuannya untuk mudah berkoordinasi dengan klien Anda dari hal pengiriman sampai konsultasi masalah penulisan.

4. Jasa Pembuatan Website

Seiring dengan kemajuan dunia internet, banyak orang berlomba-lomba untuk membuat website di internet. Mereka membuat website sebanyak mungkin untuk kepentingan komersial, bisnis, menyalurkan hobi maupun sosial.

Hal inilah yang menimbulkan lahirnya peluang bisnis jasa baru yakni jasa pembuatan website yang sangat menjanjikan untung besar dengan modal kecil.

5. Jasa Fotocopy

Ilustrasi Bisnis Jasa
Ilustrasi Bisnis Jasa, Sumber : jojonomic.com

Bisnis dalam bidang jasa fotocopy sangat menjanjikan untuk dijalankan di dekat kampus, sekolah, lembaga, instansi pemerintah dan swasta, perusahaan, dan tempat strategis lainnya. Pangsa pasar yang dituju dari bisnis fotocopy adalah kalangan pelajar, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat.

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis fotocopy, maka Anda bisa membuka usaha sejenis seperti usaha jualan alat tulis kantor atau atk, usaha laminating, usaha penjilidan, dan lain sebagainya.

6. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah bahasa asing sangat cocok dijalankan oleh orang yang menguasai berbagai jenis bahasa asing. Seperti bahasa inggris, mandarin, spanyol, perancis, arab dan lain sebagainya.

Bisnis jasa penerjemah bisa dilakukan secara offline dan online. Bisnis jasa penerjemah bisa dilakukan secara rumahan secara online. Untuk sukses dalam bisnis ini, maka Anda harus bisa menjalin kerjasama dengan tempat-tempat wisata.

7. Laundry Satuan dan Kiloan

Ilustrasi Jasa Laundry
Ilustrasi Jasa Laundry, Sumber : tribunnews.com

Budaya masyarakat modern saat ini menginginkan segala sesuatu bersifat praktis. Contohnya dalam mencuci pakaian. Daripada repot bergelut dengan sabun dan kotoran dalam rangka mencuci pakaian, maka mereka lebih memilih menggunakan jasa laundry harga terjangkau.

Dengan cara ini, lebih praktis dan menghemat waktu. Atas fenomena ini membuat jasa laundry kiloan maupun satuan laris manis terutama di kota besar. Modal usaha yang utama dari jasa laundry adalah mesin cuci dan setrika.

8. Jasa Tambal Ban

Jika Anda melihat jalan umum, akan sangat mudah Anda temukan berbagai kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi jalan dengan gagah. Namun tak jarang, karena sering digunakan, ban sepeda motor ataupun mobil dan truk mengalami bocor.

Kalau hal ini terjadi, dengan terpaksa mereka harus mendatangi gerai tambal ban terdekat. Kejadian ini bukan hanya terjadi satu kali. Sangat mungkin banyak kendaraan otomotif yang juga mengalami ban bocor. Inilah yang membuat jasa tambal ban sangat menjanjikan.

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis tambal ban, maka Anda bisa menambahkan dengan jenis usaha lain, seperti usaha jasa tambah angin ban otomotif. Sementara itu, untuk membuka usaha jasa tambal ban maka syarat utama adalah Anda mesti menguasai cara menambal ban sepeda motor dan mobil secara baik dan benar.

Semua itu bisa dipelajari di internet, buku, majalah dan berguru langsung kepada pelaku usaha jasa tambal ban yang sudah ahli dan pengalaman.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis jasa potensial yang bisa Anda jajal. Semoga beberapa bisnis jasa potensial di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang mencari bisnis yang menguntungkan yang bergerak di bidang jasa.