Bisnis modern adalah bisnis yang saat ini sedang berkembang dengan realita yang amat komplek. Sekarang ini masyarakat lebih banyak memilih untuk berbisnis dibandingkan dengan pekerjaan yang lainnya. Sebab, Rasulullah juga menganjurkan untuk berwirausaha atau yang saat ini disebut juga dengan berbisnis.

Bisnis adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang bertujuan mencari laba atau keuntungan yang menyediakan barang atau jasa untuk memperbaiki taraf hidup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa faktor yang mempengaruhi dan menentukan kegiatan bisnis yaitu organisatoris manajerial, ilmiah teknologis, dan politik sosial kultural. Bisnis sebagai kegiatan sosial bisa disoroti sekurang-kurangnya dari 3 sudut pandang yang berbeda, yaitu ekonomi, moral dan hukum.

Dalam bisnis modern ini yang diutamakan adalah mencari untung yang diekspresikan dengan adanya bentuk uang yang dihasilkan dari bisnis tersebut. Tetapi yang yeng lebih penting lagi adalah interaksi antar manusia dengan manusia yamg lain karena itu menjadi interaksi kegiatan ekonomis.

Dalam bisnis modern, para pelaku bisnis dituntut untuk menjadi orang yang profesional di bidangnya. Dalam persaingan bisnis yang sangat ketat, konsumen merupakan raja. Bisnis modern sangat menyadari bahwa karyawan bukanlah tenaga kerja yang harus dieksploitasi demi mendapat keuntungan. Sebab, karyawan bukanlah robot yang harus di pekerjakan terus menerus.

Ciri-ciri Bisnis Modern

Ilustrasi Bisnis Modern
Ilustrasi Bisnis Modern, Sumber : digiads.co.id

Ciri-ciri bisnis modern adalah adanya spesialisasi, saling ketergantungan, dan produksi masal. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Spesialisasi

Dalam pemasaran, spesialisasi hanya menjual barang-barang tertentu, seperti : toko elektronik khusus alat rumah tangga, toko sepatu, boutique, dan lain-lain.

2. Saling Ketergantungan

Karena bisnis sudah bergerak dalam bidang tertentu, maka satu perusahaan tergantung kegiatannya pada perusahaan lain.

3. Produksi Masal

Barang dihasilkan dalam jumlah yang besar dan terus menerus dalam berbagai ukuran sehingga mudah dipilih oleh konsumen. Produksi masal yang dibuat oleh dunia bisnis, akan mendatangkan keuntungan karena adanya efisiensi penggunaan faktor produksi. Dengan adanya efisiensi, keuntungan pengusaha meningkat, keuntungan ini digunakan lagi untuk memperluas bisnisnya.

Tips Membangunnya

Ilustrasi Strategi Bisnis
Ilustrasi Strategi Bisnis, Sumber : medium.com

Kalau Anda ingin membangun usaha di era modern ini, apakah Anda mampu bersaing dengan bisnis lainnya yang sangat kompetitif. Tentu Anda nggak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tips mudah membangun usaha kecil di era modern.

1. Membuat Website Bisnis

Di era sekarang, konsumen lebih banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Dengan membuat sebuah situs atau website, Anda bisa mendapatkan kredibilitas untuk usaha Anda. Kalau Anda nggak punya website, masyarakat yang bisa saja jadi konsumen potensial Anda akan menggunakan usaha pesaing yang memiliki website.

Sebaiknya ketika Anda sudah memiliki situs web, ada baiknya Anda mendesain ulang tampilan agar terlihat profesional. Jadi, bisa memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar terhadap bisnis yang Anda kelola.

2. Mendaftarkan Lokasi Bisnis

Dengan mendaftar di google bisnisku, tempat usaha Anda secara tidak langsung bakalan terdaftar oleh google maps secara global. Jadi, siapapun yang ingin mencari produk Anda, akan lebih mudah ditemukan.

Selain itu, dengan menggunakan layanan google bisnisku, Anda juga akan mendapatkan review secara gratis. Jadi, kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda juga akan lebih meningkat di bandingkan pemasaran secara tradisional.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial Pada Digital Marketing
Ilustrasi Media Sosial, Sumber : hipwee.com

Setiap pengusaha pasti menginginkan jualannya laris manis. Tapi, untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi, ada salah satu kunci efektif yang bisa Anda lakukan. Yaitu dengan memanfaatkan media sosial untuk menjual produk Anda.

Di zaman digital ini, Anda bisa mengakses banyak informasi dan produk hanya dengan membuka ponsel. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia bahkan mendapatkan informasi tersebut dengan menggunakan media sosial.

4. Menggunakan Situs E-Commerce

Di era yang serba digital membuat orang lebih mudah untuk melakukan jual beli dengan internet alias belanja online. Sebab, belanja online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Baik ketika Anda lagi sibuk atau sedang banyak waktu luang, Anda bisa membeli produk hanya dengan klik tombol beli.

Selain itu, pembeli tidak harus pergi ke suatu tempat untuk melakukan pembelian. Salah satu cara untuk berbelanja online adalah dengan menggunakan situs e-commerce. Situs e-commerce ini adalah situs di mana orang bisa jual beli segala jenis barang secara online.

Konsep dari e-commerce sendiri adalah konsep marketplace yang menawarkan jasa bagi pengusaha untuk menjual secara online dengan membuka toko di situs mereka. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk, Anda bisa menggunanakan beberapa situs e-commerce dengan membuka toko online di beberapa situs e-commerce, sehingga bisa memperluas area pemasaran.

5. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Selain menggunakan media sosial dan juga situs e-commerce, jangan lupa untuk tidak ketinggalan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam produk Anda. Sebab, sebenarnya hal ini bisa membantu Anda mengembangkan bisnis, baik dalam hal administrasi, transaksi keuangan, komunikasi, dan penjualan.

Jangan lupa juga untuk sering-sering membuat artikel mengenai bisnis Anda, agar bisnis Anda lebih mudah ditemukan oleh banyak orang. Contoh penggunaan teknologi dalam bisnis adalah dengan membuat video dan foto produk Anda.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mendapatkan nilai kepercayaan dari pembeli. Kecepatan informasi dan manajemen terstruktur adalah aspek yang penting yang menjadi nilai plus untuk bisnis Anda.

Demikianlah ulasan mengenai bisnis modern, yang mencakup ciri-ciri dan tips membangunnya. Dengan mengetahui ciri-ciri dan beberapa tips membangunnya, tentu bisnis Anda bisa untuk terus dikembangkan ke arah bisnis modern. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.