Berbisnis memang bisa dikatakan sangat menjanjikan, akan tetapi di satu sisi juga penuh resiko. Banyak di antara para pelaku bisnis yang bisa membangun bisnis mereka, akan tetapi dalam prosesnya, gagal untuk mencari cara mempertahankan bisnis mereka.

Mempertahankan bisnis harus dilakukan dengan penuh usaha, tenaga, dan tentunya waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, diperlukan perhatian penuh dalam mengelola bisnis tersebut agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis dan kerasnya kemajuan dunia bisnis.

Seperti halnya kata pepatah yang menyebutkan bahwa semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang angin yang berhembus, maka bisnis bidang apapun yang sedang berjalan pasti akan membutuhkan usaha lebih untuk mempertahankannya.

Semua pebisnis di dunia pun sepakat bahwa sekarang ini dunia bisnis sudah banyak mengalami perubahan besar. Hal itu ditunjukkan oleh kondisi ekonomi yang semakin tidak pasti setiap saat. Di sisi lain, pengusaha semakin dimudahkan dengan berbagai macam kemajuan di bidang teknologi.

Bukan hanya konsumen yang terhubung dengan pebisnis, tetapi antar konsumen pun juga terhubung dengan baik sehingga bisa saling mendukung. Namun, tidak sedikit pengusaha yang masih kesulitan untuk bisa mempertahankan bisnis yang sudah dirintis, bahkan setelah sekian tahun lamanya.

Apa itu Bisnis?

Ilustrasi Strategi Bisnis
Ilustrasi Strategi Bisnis, Sumber : medium.com

Sebelum membahas lebih jauh dan dalam mengenai bagaimana cara mempertahankan bisnis, tentunya perlu membahas terlebih dahulu mengenai apa itu bisnis dan seperti apa seluk beluk di dunia bisnis itu sendiri.

Pada dasarnya, bisnis merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh individu atau kelompok yang dalam prosesnya melibatkan usaha produksi dan bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba.

Orang yang melakukan bisnis bisa disebut sebagai pengusaha ataupun pebisnis. Bisnis menjadi salah satu profesi yang dipilih sebagai salah satu pilihan tepat di tengah ketatnya dunia kerja. Banyak di antara orang-orang yang tidak mendapatkan pekerjaan akhirnya memilih untuk membuka bisnis milik mereka sendiri.

Namun tidak hanya itu saja, dunia bisnis yang semakin hari juga semakin ketat mendorong banyaknya sekolah bisnis didirikan dengan tujuan untuk melahirkan pebisnis-pebisnis atau pengusaha-pengusaha muda yang berkompeten, mempunyai skill, dan bisa menjadi pengusaha yang sukses di bidang bisnis serta bisa menciptakan lapangan kerja yang tinggi.

Cara Mempertahankan Bisnis

Ilustrasi Cara Mempertahankan Bisnis
Ilustrasi Cara Mempertahankan Bisnis, Sumber : jayaberkata.com

Sebagai seorang pengusaha, maka Anda pun harus memiliki daya tahan dalam berbisnis agar tetap dapat fokus dan tahu bagaimana arah tujuan bisnis Anda kedepan nantinya. Berikut ini ulasan mengenai bagaimana cara mempertahankan bisnis yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

1. Mempunyai Mimpi Besar

Untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang besar maka Anda pun juga harus mempunyai sebuah mimpi yang besar pula. Sebab, tanpa sebuah mimpi yang besar maka seorang pengusaha akan merasa cepat puas dengan apa yang telah dicapainya.

Rasa cepat puas akan mematikan inisiatif untuk terus berinovasi memajukan bisnis yang ia miliki dan selalu memperbaiki kekurangan dari bisnisnya. Akibatnya, bisnis yang sedang dijalankan pun akan mengalami stagnan dan tidak bisa berkembang lagi.

Lalu, hanya dalam waktu singkat, bisa dipastikan bisnis Anda akan mengalami gulung tikar. Untuk itulah, mimpi dan kemauan yang kuat menjadi sesuatu yang harus dimiliki oleh pengusaha.

2. Belajar Kepada Pengusaha Sukses

Saat menjalankan bisnis, Anda tentu butuh sebuah ide atau masukan untuk tetap bisa menjalankan bisnis dengan baik. Oleh karena itu, dengan belajar dari orang-orang yang sukses dalam berbisnis maka Anda pun bisa mengetahui cara mereka dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Tidak sedikit para pebisnis yang didaulat menjadi seorang motivator pun akan menceritakan masa-masa buruk dalam perjalanan bisnisnya sebelum bercerita kesuksesannya. Hal itu dikarenakan para pebisnis sukses ingin membuat Anda untuk tidak berpikir bahwa segala sesuatunya dapat diraih dengan instan. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami langkah salah yang dialaminya.

3. Membuat Perencanaan Matang

Ilustrasi Perencanaan Bisnis
Ilustrasi Perencanaan Bisnis, Sumber : score.org

Hal ini mungkin terdengar klise bagi banyak pebisnis. Tetapi hal inilah yang akan membuat seorang pengusaha bisa mempertahankan bisnis yang sedang berjalan. Pasalnya, sebagai seorang pebisnis, Anda pun tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi ke depan nantinya.

Sebuah bisnis pun juga akan mengalami penurunan pada suatu hari nanti. Anda pun akan mengalami kondisi dimana bisnis Anda tampak lesu dan tidak ada pertumbuhan yang signifikan sehingga bisa menghasilkan pendapatan seperti yang diinginkan. Bahkan, mungkin juga bisnis Anda mengalami fase dimana tidak akan ada uang yang masuk ke kas keuangan.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah rencana dimana bisnis Anda tetap bisa bertahan saat mengalami berbagai macam situasi dan kondisi. Anda tentunya tidak dapat memprediksi kondisi dimana pertumbuhan bisnis sedang lesu, konsumen yang mulai jenuh dengan produk Anda, atau bahkan munculnya pesaing yang bisa mengancam bisnis Anda.

Dengan adanya sebuah rencana bisnis yang matang maka Anda bisa mempertahakankan bisnis yang dijalankan dalam berbagai macam situasi dan kondisi yang dihadapi.

4. Perlakuan Baik Kepada Pelanggan

Bagi sebagian masyarakat yang tinggal di sebuah kota kecil, sebuah berita baik itu sifatnya penting atau tidak penting akan mudah menyebar ke banyak orang. Jika Anda pernah mengecewakan pelanggan, sekalipun di sebuah kota kecil, maka besar kemungkinan kekecewaan tersebut akan menyebar kepada konsumen yang lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus tetap menjalankan bisnis dengan cara-cara yang baik sekalipun pelanggan Anda berasal dari sebuah kota kecil yang terpencil dan bahkan tidak tersebut dalam peta. Jika Anda bisa memberikan pelayanan dan menghormati mereka dengan sangat baik maka bisnis Anda pun bisa dianggap menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat.

5. Membangun Banyak Koneksi

Sekarang ini, bisnis kecil sedang banyak mendapat perhatian pemerintah melalui program-program UKM yang dicanangkan. Tidak sedikit pula pemerintah menggandeng lini bisnis kecil untuk mengadakan sebuah pameran atau workshop.

Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mempromosikan keunggulan-keunggulan bisnis Anda kepada masyarakat luas yang tidak didapat di tempat lainnya. Buatlah brosur sebagai media promosi agar masyarakat mengenal bisnis yang sedang Anda lakukan.

Di saat mengikuti pameran, Anda sebaiknya memanfaatkannya untuk membangun koneksi dengan pebisnis lainnya. Dengan membangun sebuah koneksi maka Anda pun bisa melakukan suatu kerja sama ke depan nantinya untuk kemajuan bisnis Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara mempertahankan bisnis. Menjalankan sebuah bisnis sepanjang waktu pasti akan mengalami masa-masa yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat sebuah perencanaan agar tetap bisa bertahan dalam menjalankan bisnis.