Zaman yang semakin canggih menuntut semua orang untuk menjadi pribadi yang semakin kreatif dan maju. Begitu pula untuk setiap orang yang terjun dalam bisnis, dituntut untuk lebih memiliki ide bisnis kreatif agar mampu menarik pelanggan dan juga investor.

Menjadi pengusaha memang tidak mudah. Anda akan menemui berbagai tantangan yang bahkan belum pernah Anda hadapi sebelumnya. Bagaimana jeli melihat pasar, beradaptasi terhadap perubahan, memuaskan pelanggan, mengumpulkan modal, hingga bagaimana memasarkan produk yang Anda miliki. Pertanyaan semacam itu terus menghantui orang yang ingin memulai bisnis.

Padahal, kebanyakan pengusaha yang sukses lahir dari sebuah kenekatan. Mereka hanya bermodalkan tekad dan visi untuk bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan itu. Lihat saja Elon Musk memulai bisnisnya dari sebuah website pencarian alamat, hingga menjadi raksasa roket dan mobil listrik seperti sekarang ini.

Tentu, bisnis yang sukses tidak dibangun dalam semalam. Dibutuhkan waktu yang lama, dan kerja keras yang konsisten agar bisa mencapai kesuksesan. Terlebih lagi di era yang serba dipenuhi oleh teknologi saat ini, teknologi mulai perlahan-lahan merangkak masuk ke beberapa lini pekerjaan.

Mengapa Harus Bisnis Kreatif?

Ilustrasi Ide Bisnis Kreatif
Ilustrasi Ide Bisnis Kreatif, Sumber : kompas.com

Menurut Michio Kaku, seorang astrofisikawan dan seorang futuris, masih ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa diambil alih oleh mesin, yaitu bidang pekerjaan yang membutuhkan leadership, nurani, dan kreativitas yang hanya dimiliki oleh manusia.

Salah satu bidang pekerjaan yang memiliki ketiga hal tersebut adalah bisnis kreatif. Bisnis yang bergerak didasarkan oleh kemampuan manusia untuk mengolah informasi, melihat peluang, berpikir kreatif, dan niat yang tulus membantu sesama.

Bisnis kreatif akan selalu relevan dengan perkembangan zaman. Selera mungkin akan berubah-ubah, namun industri kreatif akan terus memiliki pelanggan setia. Selain dapat mendirikan bisnis yang mampu bertahan, dengan membangun bisnis kreatif, Anda juga bisa membantu banyak orang.

Ide Bisnis Kreatif

Ada banyak ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba. Beberapa membutuhkan modal besar, namun beberapa lainnya tidak. Jadi, sebelum memilih untuk terjun dalam bisnis kreatif, sebaiknya pertimbangkan dulu sumber daya dan kapasitas diri sendiri. Jangan sampai bisnis yang Anda mulai dengan susah payah, harus hancur karena salah perkiraan.

1. Pembuat Konten

Saat ini banyak brand atau merk yang memilih untuk mengiklankan produknya melalui konten. Baik itu berupa tulisan maupun berupa video. Mengingat saat ini jumlah orang yang suka dengan iklan mulai menurun.

Jadi, para brand memutar otak untuk mengetahui bagaimana caranya menjualkan produk, tanpa memaksa. Salah satunya adalah melalui konten kreatif berupa artikel ataupun video.

2. Fotografer

Ilustrasi Fotografer
Ilustrasi Fotografer, Sumber : suara.com

Fotografer sangat tepat bagi Anda yang kreatif. Saat ini pun banyak orang yang membutuhkan jasa fotografer. Mulai dari untuk acara pernikahan, peluncuran produk, acara keluarga, dan masih banyak lagi. Namun, untuk bisa menjadi fotografer diperlukan modal yang cukup.

Hanya saja, Anda masih bisa menyewa kamera-kamera yang harganya selangit itu. Anda hanya perlu mengasah kemampuan fotografi lebih jauh lagi.

3. Videografer

Bagi Anda yang lebih menyukai media video, maka menjadi videografer adalah pilihan yang lebih tepat. Sama halnya dengan fotografer, videografer pun banyak dicari, baik untuk pernikahan, event, atau untuk pembuatan company profile dari sebuah perusahaan.

Belum lagi kalau Anda benar-benar sudah dipercaya oleh banyak klien besar. Pasti penghasilan Anda sudah cukup untuk merekrut beberapa karyawan.

4. Desainer Pakaian

Terkadang orang memiliki gaya berbusana ideal yang ada di kepalanya masing-masing. Namun tidak bisa menuangkannya dalam sebuah produk jadi. Sehingga yang bisa ia ceritakan adalah gambaran kasar.

Apabila Anda akan menjadi seorang desainer pakaian, maka itulah tugas Anda. Tugas Anda adalah menerjemahkan keinginan dan selera dari klien, yang terkadang mereka sendiri kesulitan untuk menjelaskannya, hingga menuangkannya menjadi sebuah pakaian yang unik dan eksklusif.

5. Desainer Grafis

Ilustrasi Desain Grafis sebagai Ide Bisnis Kreatif
Ilustrasi Desain Grafis, Sumber : infocetak.com

Apabila mendesain pakaian kurang cocok untuk Anda, tapi Anda memiliki ketertarikan dalam dunia desain, maka Anda bisa mendalami profesi sebagai desainer grafis. Anda bisa menjadi desainer grafis secara freelance, maupun di sebuah agensi. Tentu keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Apabila Anda memilih menjadi freelancer, maka segalanya berada di pundak Anda. Mulai dari jam kerja, pencarian klien, komunikasi soal revisi, hingga penagihan pembayaran.

6. Animator

Selain freelance desainer grafis, menjadi animator juga cukup menjanjikan. Terlebih lagi dengan pesatnya perkembangan dunia digital advertising.

Banyak brand yang berlomba lomba menyajikan konten sebaik mungkin, supaya orang-orang tertarik dengan pesan yang ingin mereka sampaikan. Seringkali, penyampaian pesan ini melalui media video yang dikemas secara menarik dengan berbagai animasi.

Oleh karena itu, profesi animator akan mulai berkembang beberapa tahun ke depan. Hanya saja untuk berkecimpung di dunia animasi dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Anda harus memiliki komputer yang memang mampu untuk melaksanakan tugas dengan baik. Selain komputer, Anda juga membutuhkan perangkat lain seperti pen tablet berkualitas tinggi.

7. Admin Akun Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial Pada Digital Marketing
Ilustrasi Media Sosial, Sumber : hipwee.com

Saat ini sudah banyak orang yang menjalankan bisnisnya melalui internet. Salah satunya di media sosial. Contohnya para influencer dan content creator yang aktif kerja sama dengan para brand untuk mempromosikan produk-produknya. Namun karena satu dan lain hal, banyak dari pemilik akun ini tidak bisa mengelola akunnya.

Faktor utama yang sering menjadi penyebabnya adalah kesibukan yang tinggi. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mulai menggunakan jasa admin untuk mengelola akunnya dengan baik. Biasanya yang menjadi tugas admin adalah mengunggah konten pada waktu terbaik, sekaligus berinteraksi dengan para followers di kolom komentar.

8. Salon Muslimah

Bisnis mendirikan salon untuk muslimah di Indonesia masih tergolong sangat jarang. Padahal segmentasi pasar untuk membuka bisnis ini begitu besar. Bisnis kreatif ini bukan hanya sekedar mencari keuntungan belaka. Namun, bisa memperdayakan para wanita di Indonesia yang memang tidak memiliki pekerjaan.

Selain itu, membuka bisnis ini bisa menjadi wadah untuk mensyiarkan agama Islam khususnya tentang kemuslimahan. Salah satu motivasi adanya salon muslimah ini karena kebanyakan dari mereka ingin berada pada ruang privat yang hanya dilakukan oleh sesama muslimah.

9. Sayuran Siap Masak

Di Indonesia, bisnis kreatif jual sayuran siap masak sudah mulai diminati oleh para wanita karier. Pasalnya, bisnis tersebut membuat mudah seseorang untuk memasak tanpa harus ribet membuat bumbu atau terlewat membeli sayuran.

Bisnis tersebut modelnya begitu simpel. Beragam jenis sayuran telah dipacking dengan rapih beserta bumbu bahan alami yang telah diolah. Uniknya, para pelanggan tak perlu memotong kembali sayuran tersebut karena memang sudah siap untuk dimasak.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa ide bisnis kreatif yang bisa Anda coba. Hal tersebut membuktikan bahwa masih ada banyak jalan untuk meraih kesuksesan sambil menebar manfaat kepada sesama. Tunggu apa lagi? Ayo mulai bisnis Anda sekarang!