Inovasi bisnis merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam dunia bisnis. Inovasi bisnis adalah perubahan yang terjadi dalam suatu perusahaan dan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sebuah perusahaan menuju arah perubahan yang lebih baik.

Inovasi bisnis menjadi sebuah keharusan bagi setiap jenis usaha antara lain: perusahaan dalam skala kecil, skala menengah dan skala besar. Sebuah kalimat bijak mengatakan, “Segala sesuatu mengalami perubahan, hanya perubahan itu sendiri yang tetap”. Maka agar tetap eksis dalam persaingan bisnis, sebuah perusahaan harus menyelaraskan dengan perubahan yang seiring dengan perkembangan zaman.

Pada kenyataannya, sebagian besar perusahaan yang mengabaikan sebuah inovasi, terutama pada perusahaan skala kecil yang masih menggunakan metode konvensional, yaitu segala sesuatu yang dilakukan secara manual dan tidak mengikuti perkembangan bisnis saat ini yang telah menggunakan teknologi canggih untuk segala bagian yang ada dalam perusahaan, seperti pemasaran, operasional, pelayanan serta keuangan.

Penggunaan perangkat lunak akan mempermudah suatu proses operasional dalam perusahaan dan apabila diterapkan dengan benar maka akan mempermudah perusahaan untuk melakukan inovasi bisnis.

Pentingnya Inovasi Bisnis

Berikut ini beberapa alasan perusahaan harus melakukan inovasi bisnis.

1. Persaingan Ketat

Ilustrasi Ide Bisnis Kreatif
Ilustrasi Ide Bisnis Kreatif, Sumber : kompas.com

Setiap perusahaan yang berkembang saat ini akan berlomba-lomba untuk melakukan inovasi bisnis yang mengakibatkan persaingan bisnis yang terus terjadi dan semakin lama persaingan bisnis tersebut akan semakin ketat.

Dalam sebuah kondisi bisnis yang semakin ketat, maka setiap perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam hal menciptakan suatu produk atapun layanan yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta produk dan layanan tersebut harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Perusahaan yang memiliki kreativitas dalam pengembangan atas beberapa aspek perusahaan adalah perusahaan yang mampu bertahan dan berkembang pada kondisi bisnis saat ini.

2. Kebutuhan Konsumen

Kebutuhan konsumen merupakan salah satu hal yang harus dimengerti oleh sebuah perusahaan guna menciptakan sebuah produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif yang tentunya perusahaan memiliki SDM yang kreatif pula.

Menciptakan sebuah budaya inovatif dalam sebuah perusahaan akan mendorong sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan menjadi lebih kreatif dalam menjalankan pekerjaan sehingga perusahaan dapat berkembang yang berdampak pada kesejahteraan karyawan.

3. Jangka Panjang

Inovasi merupakan sebuah keunggulan perusahaan dalam jangka panjang. Keunggulan ini terdiri dari keunikan, keunggulan nilai, tidak mudah ditiru, atau tidak memiliki produk pengganti. Inovasi dalam sebuah perusahaan akan mendorong peran departemen penelitian dan pengembangan pada suatu perusahaan untuk lebih kreatif, yang dapat mengantarkan perusahaan kearah yang lebih baik.

Aspek Inovasi Bisnis

Dalam sebuah perusahaan, ada beberapa aspek yang memungkinkan untuk dilakukan inovasi. Aspek-aspek tersebut adalah:

1. Produk

Inovasi produk bertujuan meningkatkan kualitas, fungsi, mengemas produk agar terlihat menarik, serta menekan biaya operasional produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Inovasi dalam sebuah produk atau layanan sangat terkait dengan penjualan atas produk dan layanan tersebut.

Produk dan layanan yang telah sesuai dengan keinginan konsumen akan secara otomatis suatu produk tersebut diminati oleh konsumen yang berdampak pada penjualan sehingga akan meningkatkan laba suatu perusahaan. Produk merupakan salah satu variabel yang terdapat dalam marketing mix.

2. Pemasaran

Ilustrasi Perencanaan Pemasaran
Ilustrasi Perencanaan Pemasaran, Sumber : curatti.com

Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan memberikan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang terkait dengan kebutuhan dan keinginan manusia. Inovasi dalam pemasaran produk akan mendorong berkembangnya marketing mix sehinga dapat memperluas pasar yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Marketing mix merupakan kombinasi dari beberapa variabel yang terkait dengan pemasaran perusahaan yang menjadi inti dari sistem pemasaran, variabel tersebut terdiri dari produk, harga, tempat (jalur distribusi) dan promosi. Marketing mix merupakan suatu cara dalam mempengaruhi konsumen agar bertindak segera untuk menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan.

3. Pengelolaan Konsumen

Inovasi pada pengelolaan konsumen misalnya melalui Customer Relationship Management (CRM) atau yang lebih dikenal dengan nama manajemen hubungan pelanggan.

Manajemen hubungan pelanggan adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.

CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). akan meningkatkan loyalitas konsumen yang tinggi pada perusahaan.

4. Pelayanan

Pelayanan merupakan hal yang sering terabaikan oleh pengusaha. sebagian besar pengusaha tidak memperhatikan pelayanan yang diberikan ke konsumen. Inovasi pelayanan dapat berupa after sales service akan membuat kepuasan konsumen meningkat dan akan mendorong konsumen untuk melakukan repeat order.

Pelayanan sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi. Pelayanan dapat dikatakan memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Pengukuran kepuasan pelanggan kita merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien.

Cara Melahirkan Inovasi Bisnis

Ilustrasi Inovasi Bisnis
Ilustrasi Inovasi Bisnis, Sumber : bisnisukm.com

Dalam sebuah perusahaan, para staf bisa kita katakan sebagai aset terbesar. Oleh karena itu, banyak kita temui dalam literatur manapun yang mengatakan bahwa keberhasilan yang dihasilkan oleh para staf adalah awal dari keberhasilan perusahaan.

Itu sebabnya, dibutuhkan tim yang terdiri dari para staf inovatif sebagai pondasi kuat untuk menciptakan sebuah inovasi bisnis. Berikut adalah motivasi untuk membantu staf Anda terus melahirkan inovasi bisnis.

1. Fleksibilitas

Dengan keleluasaan yang Anda berikan, para staf akan terpicu untuk melakukan inovasi bisnis dan bahkan melakukan hal yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh Anda.

Bagi para staf terbaik, sebuah kesempatan untuk berimprovisasi tersebut akan dianggap sebagai sebuah peluang yang berharga bagi mereka untuk berkembang. Mereka adalah para pekerja yang selalu haus akan tantangan untuk melepaskan potensi dan talenta mereka.

2. Transparansi

Adalah sebuah fakta bahwa para staf tidak selalu mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam pemikiran pemimpin mereka. Di situlah transparansi dalam lingkungan kerja diperlukan. Mereka akan dengan mudah mengetahui apa esensi dalam visi perusahaan. Lalu kemudian, mereka akan dengan mudah memberikan ide, kontribusi, bahkan inovasi bisnis yang dapat mendukung terwujudnya visi tersebut.

Cara motivasi yang satu ini akan sangat membantu mereka untuk mengerti apa yang sesungguhnya bisa mereka berikan untuk perusahaan. Intinya, sebuah transparansi dapat membuat para staf merasakan sebuah rasa memiliki atau sense of belonging yang kemudian memudahkan mereka untuk lebih leluasa membuat perubahan bagi perusahaan ke arah yang lebih baik.

3. Memenangkan Hati

Untuk memberikan motivasi sepenuhnya, pertama-tama seorang pemimpin harus memenangkan hati para stafnya. Tidak dapat dipungkiri, staf yang bahagia akan memberikan aura positif bagi sekitarnya, dan itu akan berdampak pada keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan.

Membuat staf bahagia caranya mudah, cukup berikan ia apresiasi atas kerja kerasnya. Sebuah studi menunjukkan, apresiasi tersebut juga tidak hanya membuat mereka bahagia, tetapi juga bisa menambah kinerja sistem imun yang memberi pengaruh baik pada kesehatan.

Jadi, jangan ragukan kekuatan ucapan “terima kasih” agar para staf merasa dihargai keberadaannya, sehingga mereka akan terus terpicu untuk melahirkan inovasi bisnis dalam pekerjaannya.

Kesimpulan

Inovasi bisnis merupakan suatu perubahan dalam beberapa aspek menuju penyempurnaan. Hal ini wajib dilakukan oleh perusahaan agar mampu bertahan dan memonopoli pasar dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Perusahaan maju dan berkembang adalah perusahaan yang selalu berinovasi.

Dalam memimpin dan mengembangkan sebuah perusahaan, sangatlah penting untuk terus berkolaborasi menciptakan inovasi bisnis bersama dengan para staf. Karena itulah, peran Anda sebagai pemimpin sangat dibutuhkan untuk terus memotivasi mereka.