Waralaba merupakan bisnis yang berkembang pesat baik di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Jenis-jenis waralaba pun ada berbagai macam di Indoneisa. Kemanapun anda melangkah, terutama di kota besar, secara tidak sengaja anda akan menemukan banyak bisnis waralaba.

 Jika mengenal bisnis waralaba, anda akan di hadapkan berbagai macam jenis bisnis waralaba yang sudah berjalan. Dari jenis-jenis waralaba tersebut bisa jadi ada salah satu yang memikat anda untuk terjun di dalamnya. Namun sebelum anda benar-benar masuk ke bisnis waralaba, anda harusnya melakukan studi tentang bisnis waralaba.

Jenis-jenis Waralaba Populer

Bangun bisnis anda melalui waralaba. Sumber Unsplash

Jika di klasifikasikan, jenis-jenis waralaba terbagi menjadi tiga kelompok. Masing masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Inilah ulasan jenis-jenis waralaba yang populer di Indonesia.

1. Waralaba Format Bisnis

Waralaba format bisnis adalah jenis waralaba yang paling umum. Waralaba format bisnis tidak hanya menjual produk atau layanan, tetapi juga berbagai aturan sudah di tetapkan oleh pemilik waralaba. Sebagai imbalan atas biaya pembelian waralaba dan biaya royalti yang dibayarkan secara berkelanjutan, penerima waralaba juga menerima bantuan pelatihan, pemasaran, sistem kendali mutu, dan aspek lain dalam menjalankan bisnis.

Waralaba format bisnis ini tersebar di berbagai bidang bisnis, mulai dari makanan cepat saji, ritel, hingga perhotelan, dan berbagai jenis bisnis lainnya. Contoh jenis-jenis waralaba ini di tingkat dunia adalah McDonald’s, Starbucks, Hilton Hotels, 7-Eleven dan sebagainya. Sedangkan untukearalaba nasional seperti berbagai jasa ekspedisi, makanan cepat saji seperti Rocket Chicken, Olive Chikcen dan sebagainya.

Terkadang dalam bisnis ini memang ada juga usaha cabang yang didirikan oleh pemilik waralaba namun ada juga yang memang sudah dibeli oleh pembeli waralaba (diwaralabakan). Dan keduanya berjalan dengan standar yang sama sehingga para konsumen benar-benar tidak tahu apakah gerai tersebut adalah cabang atau gerai waralaba.

Seperti yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya bahwa ketika anda akan membeli bisnis waralaba maka anda akan membayar di biaya awal yang relatif besar dan selanjutnya secara berkala anda harus membayar royalti. Besarnya biaya pembelian ini bervariasi tergantung bisnis yang di jalankan.

Kelebihan Waralaba Format Bisnis

  • Anda memiliki tingkat otonomi tertentu, karena anda memiliki dan menjalankan bisnis anda sendiri.
  • Anda memiliki basis pelanggan bawaan yang sudah menyukai produk anda.
  • Anda memiliki keamanan model bisnis yang terbukti.
  • Anda menerima bimbingan, pelatihan, dan pemasaran perusahaan.

Kekurangan Waralaba Format Bisnis

  • Anda tidak memiliki kebebasan dalam menjalankan bisnis, anda tidak akan mengetahui kemana membeli bahan mentah, bagaimana anda mengirimkan produk, dari mana perangkat lunak manajemen bisnis yang anda gunakan, dan sebagainya.
  • Biaya waralaba dan biaya lain dalam menjalankan bisnis bisa ini sangat mahal, biaya ditentukan oleh pemilik waralaba dan anda harus setuju ketika bergabung.
  • Margin keuntungannya sempit dibandingkan menjalankan bisnis anda sendiri, karena biaya operasi dan biaya waralaba yang tinggi.

Bagi anda yang tidak memiliki keahlian khusus tetapi memiliki modal yang cukup besar dan ingin memiliki dan menjalankan bisnis anda sendiri bisa bergabung dengan waralaba model ini. Akan tetapi anda tidak boleh keberatan jika harus mengikuti instruksi perusahaan secara langsung.

Selain itu anda harus bersedia kehilangan sebagian dari keuntungan anda dengan imbalan panduan perusahaan dan biaya lainnya yang ada pada royalti.

2. Waralaba Produk

Waralaba produk sebenarnya lebih tepat disebut sebagai distributor produk merupakan model bisnis waralaba di mana perusahaan waralaba setuju untuk menjual produk bermerek dagang, baik secara eksklusif maupun tidak kepada konsumen melalui ditributor resmi. Beberapa contoh bisnis waralaba ini seperti dealer mobil, pemasok suku cadang mobil, toko ban, dan sebagainya.

Bisnis ini tergantung pada isi perjanjian antara penerima waralaba dan pemilik. Dengan waralaba prduk, produk itu sendiri adalah satu-satunya aspek bisnis yang didistribusikan sesuai dengan persyaratan pemilik waralaba. Karena itu distributor (pewaralaba) memegang kendali atas sebagian besar bisnis mereka, dan pemilik waralaba tidak memberikan bantuan apa pun dalam hal proses penjualan, pelatihan karyawan, dan sebagainya.

Kelebihan Waralaba Produk

  • Anda mendapatkan keuntungan dari reputasi produk bermerek, tanpa harus memproduksinya.
  • Anda memiliki sedikit biaya di muka, namun anda harus membeli produk grosir dari pemilik waralaba.
  • Anda memiliki fleksibilitas untuk menjalankan bisnis sesuai keinginan anda.

Kekurangan Waralaba Produk

  • Anda bisa mengalami surplus produk yang tidak laku terjual, hal ini bisa memaksa anda untuk menjual rugi produk anda untuk menghabiskan stok.
  • Anda tidak menerima dukungan bantuan dari pemilik waralaba.
  • Anda perlu memiliki tempat atau gerai untuk mendistribusikan produk.

Jika anda memiliki keberanian untuk menjual produk dan siap untuk ’berspekulasi’ maka anda bisa memulai dengan bisnis ini. Dengan modal besar anda bisa berbisnis dan menjalankan bisnis sesuai dengan gaya yang anda inginkan tanpa ada ikatan kontrol yang kuat dari pemilik waralaba.

3. Waralaba Manufaktur

Waralaba manufaktur adalah perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk mentah atau produk jadi yang akhirnya dijual oleh pemilik waralaba. Biasanya pemilik waralaba akan mewaralabakan usahanya yakni manufakturnya ke daerah yang memiliki biaya produksi rendah. Sebagai contoh adalah banyak perusahaan di negara maju yang mewaralabakan usaha produksinya di negara berkembang.

Beberapa contoh meliputi produsen mobil dan suku cadang otomotif, produsen komputer, produsen pakaian, dan produsen makanan dan minuman. Namun tidak semua produk konsumen menggunakan waralaba manufaktur; beberapa produk bermerek dagang diproduksi oleh perusahaan yang memang membuka cabang produksi di daerah tersebut.

Waralaba manufaktur harus membayar kepada pemilik waralaba untuk mendapatkan lisensi agar diperbolehkan memproduksi bahan mentah atau produk jadi dengan nama merek dagang perusahaan pemilik waralaba. Produk harus diproduksi dengan standar dan spesifikasi yang ketat sehingga memenuhi standar kualitas pemilik waralaba.

Untuk menjalankan waralaba manufaktur diperlukan berbagai keahlian, berbagai sumber daya dan juga harus mematuhi hukum yang berlaku di negara yang menerima waralaba manufaktur.

Kelebihan Waralaba Manufaktur

  • Dengan sistem produksi yang efisien, anda berpotensi menghasilkan banyak uang.
  • Anda mungkin memiliki sejumlah otonomi tentang bagaimana anda menjalankan produksi, selama anda memproduksi produk sesuai standar pemilik waralaba.
  • Anda tidak perlu khawatir tentang penjualan, pemasaran, atau aspek bisnis yang berhubungan dengan pelanggan.

Kekurangan Waralaba Manufaktur

  • Biaya awal dan royalti sama-sama besar.
  • Fluktuasi biaya bahan mentah dan energi dapat mempengaruhi keuntungan.
  • Anda harus memenuhi sejumlah aturan dan spesifikasi yang ketat, dengan mematuhi kebijakan perusahaan dan semua hukum yang sudah ditentukan dan disepakati.

Waralaba manufaktur memerlukan modal yang sangat besar. Jadi tidak tertutup kemungkinan bagi anda yang memiliki modal besar untuk menjalankan bisnis ini. Namun anda harus memiliki pengalaman memproduksi produk secara massal, memahami resiko bisnis dan berbagai pengalaman lainnya. Selain itu anda harus mempertimbangkan ketersediaan energi dan juga bahan mentah.

Waralaba membutuhkan ketrampilandalam pengelolaan. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Sebenarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berdagang. Namun ada beberapa bisnis yang membutuhkan banyak pengalaman dan skill yang bukan hanya skill berdagang. Jenis-jenis waralaba yang sudah kami utarakan di atas bisa dijadikan pilihan bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda, baik kemampuan finansial maupun kemampuan dalam keilmuan.

Kami dari SEO Anak Sholeh yang bergerak dalam bidang digital marketing yang salah satu layanannya adalah jasa pembuatan website akan senantiasa menemani anda dalam menjalankan bisnis. Anda bisa berkonsultasi dengan kami mengenai bisnis anda terutama dalam hal pemasaran digital melalui form kontak yang sudah ada. Terima kasih.