Semua konsumen yang mempercayakan urusannya, atau keperluannya kepada perusahaan anda adalah konsumen yang sudah mempercayai anda sebelumnya. Mereka perlu percaya bahwa layanan yang anda berikan dapat memberikan kepuasan dan apa yang anda jual sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hal tersebut bisa anda peroleh dengan membangun kepercayaan konsumen secara serius.

Kepercayaan tidak dapat dibangun dengan cepat atau instan. Butuh waktu yang lama dan usaha yang benar-benar terencana untuk membangun kepercayaan konsumen. Sangat pahit bagi suatu usaha ketika kehilangan kepercayaan konsumen. Mereka yang memiliki citra buruk sehingga konsumen menghindar akan susah sekali membangun citranya kembali.

Kepercayaan tidak bisa dipaksakan, tidak bisa dengan langkah tipuan dan juga tidak dipengaruhi oleh tempat maupun situasi. Anda benar-benar harus membangun kepercayaan konsumen dengan cara yang alami. Inilah tantangan yang harus dilalui oleh perusahaan, terlebih lagi start up yang baru bertumbuh.

Langkah Membangun Kepercayaan Konsumen

Beberapa langkah membangun kepercayaan konsumen berikut ini bisa anda coba untuk perusahaan anda, baik anda sudah berstatus perusahaan besar maupun setingkat UMKM, terutama bagi perusahaan yang merencanakan digital marketing dan menggunakan teknologi digital.

Membangun Kepercayaan Konsumen
Website yang aman menjadikan konsumen percaya bertransaksi dengan anda. Sumber Unsplash

1. Pastikan Keamanan Terjamin

Pastikan anda bisa memberikan rasa aman kepada konsumen saat mereka berbelanja atau melakukan transaksi dengan perusahaan anda. Bahkan jika anda tidak menjual produk melalui platform marketplace, pelanggan tetap akan mengunjungi situs web anda. Pastikan website anda benar-benar kuat dan jalur transaksi secara digital anda aman.

Langkah termudah untuk melindungi website anda adalah dengan memanfaatkan fungsi HTTPS untuk website. Disamping itu pastikan anda menggunakan layanan keamanan lainnya. Apalagi jika anda menggunakan layanan pembayara kartu kredit, anda haarus benar-benar aman. Dari sini anda tentu harus mengetahui bahaya kejahatan phishing dan kejahatan elektronk lainnya.  

Kasus pembajakan website atau akun akan membuat tingkat kepercayaan kepada perusahaan anda menjadi hancur. Bagaimana mungkin anda menawarkan layanan kepada konsumen dengan aman, dimana anda sendiri tidak mampu menciptakan pertahanan yang memadahi dalam menangkis serangan dari para hacker ?

2. Aktif di Media Sosial

Dengan selalu aktif di mesia sosial akan membantu anda dalam mengenalkan bisnis anda, menarik lebih banyak pengikut, dan pengikut yang anda miliki akan merasakan kehadiran bisnis anda. Semakin sering anda mengekspos bisnis dan layanan yang anda jalankan, semakin cepat anda dapat membangun kepercayaan itu.

Beberapa langkah yag bisa anda lakukan adalah dengan membuat konten di dalam situs dan sinkron dengan postingan di medsos, berinteraksi dengan pengikut di media sosial, memposting gambar dan video, atau memperbarui feed untuk pelanggan dengan berita dan informasi bermanfaat. Kuncinya adalah aktif dan hadir di platform media sosial secara berkelanjutan.

Untuk lebih membangun kepercayaan, anda sebaiknya mebangun akun official yang memang khusus digunakan untuk bisnis anda. Untuk akun media sosial tertentu, anda bisa melakukan penyetelan akun bisnis. Akun ini memudahkan anda untuk mengelola iklan berbayar seperti iklan pay per cklick pada Google.

3. Penuhi Janji dengan Konsumen

Ketika menjual produk, maka jangan sekali-kali anda memberikan janji yang terlalu muluk yang nantinya akan menyulitkan anda. Setiap kali konsumen merasa seolah-olah telah ditipu dengan kenyataan yang berbeda dengan apa yang anda janjikan, mereka kemungkinan besar akan meninggalkan anda dan anda bisa mendapatkan ulasan buruk.

Demi menjaga kepercayaan konsumen kepada anda maka anda harus memenuhi semua bentuk harapan konsumen, apalagi yang sudah anda janjikan. Jika anda memerlukan waktu satu minggu untuk mengirimkan produk, beri tahu konsumen bahwa anda membutuhkan waktu sepuluh hari. Jika sebuah produk akan bertahan selama 10 tahun, beritahu pelanggan bahwa produk anda bertahan selama 8 tahun. Dengan begitu, anda tidak akan pernah mengambil risiko melanggar janji anda atau menjadikan anda mudah memberikan ‘harapan palsu’.

Membangun Kepercayaan Konsumen
Kepercayaan tidak bisa didapatkan dengan instan. Sumber Unsplash

4. Layanan Pelanggan yang Maksimal

Kepercayaan pelanggan kepada anda akan terancam ketika mereka memiliki masalah dengan anda baik itu di produknya atau di layanan seperti pengiriman. Jika mereka mengalami masalah maka segera respon hal ini dengan cepat, berikan solusi terbaik, dan minta maaf. Dengan cara ini mereka akan menganggap anda selamanya bisa diandalkan.

Tetapi jika anda gagal, anda akan kehilangan pelanggan selamanya dan kemungkinan besar akan mengalami penurunan reputasi. Lakukan semua layanan pelanggan dengan maksimal. Jangan menemukan cara yang paling hemat biaya untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi.

Jika perlu ganti barang dengan yang baru jika masalah ada pada produk. Pastikan konsumen anda merasa didengarkan dan dihargai, dan lakukan cara untuk membuat mereka terlayani dengan maksimal.

5. Berikan Layanan Seperti Layanan Pribadi

Dalam pemasaran dan periklanan serta dalam interaksi anda dengan konsumen maka lakukanlah seperti layanan konsultasi pribadi. Jangan gunakan skrip dan tanggapan robot. Dorong karyawan anda untuk berbicara dari hati, dan libatkan pelanggan seperti anda berhadapan dengan orang sungguhan.

Perubahan kecil ini membuat anda tampak lebih manusiawi daripada peursahaan atau merek lainnya, dan secara drastis dapat mengubah kesan pelanggan terhadap anda menjadi lebih baik. Untuk pesan balasan otomatis bisa anda gunakan ketika layanan anda sudah tutup atau di hari libur ketika karyawan anda tidak bekerja.

6. Jalin Komunikasi Lebih Baik

Jangan pernah meninggalkan konsumen anda dalam pertanyaan yang tidak segera anda jawab. Selain itu jangan menjawab pertanyaan konsumen dengan seadanya. Semakin banyak anda berbicara dengan konsumen, semakin baik. Terutama jika anda bekerja dengan konsumen secara pribadi seperti jika perusahaan anda bergerak di bidang konsultan atau anda sebagai pemasar.

Bersikaplah terbuka dan transparan tentang produk anda dan apapun yang berkaitan dengan layanan anda, dan jika terjadi kesalahan, akui secara proaktif. Jika anda diketahui menyembunyikan detail dari anda untuk menutupi kelemahan anda atau mengabaikan sisi komunikatif maka kepercayaan yang telah anda bangun bisa berantakan.

Membangun Kepercayaan Konsumen
Komunikasi merupakan kunci hubungan yang baik dan akan meningkatkan keterlibatan konsumen. Sumber Pexels

7. Layanan Yang Selalu Tersedia

Harus diusahakan ketersediaan layanan konsumnen setiap waktu. Layanan komunikasi antara konsumen dengan perusahaan harus tersedia dengan cara tertentu, untuk orang yang membutuhkannya. Konsumen bisa menghubungi anda untuk menanyakan segala hal dengan waktu yang tidak bisa diprediksi.

Anda bisa menyediakan nomor telepon, layanan chatting WhatsApp atau kotak obrolan instan untuk dapat langsung menjawab pertanyaan dari konsumen. Dapat berbicara dengan seseorang dari pihak anda  kapan saja mereka mau menciptakan pengalaman konsumen yang luar biasa.

Kesimpulan

Membangun kepercayaan konsumen memang sesuatu yang mutlak diperlukan, terutama bagi bisnis yang berbasis pelanggan, artinya bisnis tersebut berpotensi konsumen untuk kembali lagi membuat kesepakatan transaksi dengan anda. Untuk penjelasan lebih lanjut anda bisa menghubungi SEO Anak Sholeh yang merupakan perusahaan pembuat website profesional dan juga konsultan bisnis terpercaya.