Membuka bisnis ada bermacam cara. Bisa dengan membuka bisnis mulai dari awal, artinya dari nol. Namun bisa juga membeli bisnis waralaba. Dengan membeli bisnis waralaba, anda tidak dipusingkan dengan keberlangsungan bisnis. Namun tahukah apa itu bisnis modern bernama waralaba ? Bagaimana untuk pebisnis pemula ?

Apa itu Bisnis Waralaba ?

Bisnis Waralaba
Bangun bisnis sesuai dengan passion anda. Sumber Unsplash

Ada beberapa pengertian tentang waralaba. Berdasarkan perundang-undangan di Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pewaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Dari pengertia diatas maka pada bisnis waralaba akan ada dua orang yang melakukan perjanjian, yaitu :

1. Pemberi waralaba

Adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.

2. Penerima waralaba

Adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Pada dasarnya pembeli waralaba yang nantinya berstatus menjadi penerima waralaba membayar biaya awal dengan jumlah tertentu sebagai modal awal dan kedepannya diwajibkan membayar royalti berkelanjutan kepada pemilik waralaba. Sebagai imbalannya, penerima waralaba mendapatkan penggunaan merek dagang, dukungan berkelanjutan dari pemilik waralaba, dan hak untuk menggunakan sistem pemilik waralaba dalam menjalankan bisnis dan menjual produk atau jasanya.

Keuntungan Membeli Waralaba

Membeli waralaba menawarkan banyak keuntungan lain yang tidak tersedia bagi pengusaha yang memulai bisnis dari awal, salah satunya ia akan memasarkan merek dagang yang sudah terkenal. Selain itu anda akan mendapatkan ‘sistem operasi’ yang terbukti berjalan dan pelatihan. Pelatihan tersebut berisi tentang cara penggunaan ‘sistem operasi’.

Tujuannya diadakan pelatihan dan share sistem operasi adalah untuk menghindari banyak kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pengusaha pemula. Sistem yang dibagikan sudah bersifat baku karena pemilik waralaba telah menyempurnakan operasi harian melalui trial and error. Dan tentu saja sistem yang dibagikan adalah sistem yang termutakhir.

Bagaimana ‘Sistem Operasi’ Berjalan ?

Bagaimana sistem ini bisa dibagikan dan bisa dijalankan oleh orang lain ?

Biasanya pemilik waralaba sebelum melakukan pemberian sistem kepada pembeli waralaba telah melakukan riset pasar sebelum menjual outlet baru, sehingga anda sebagai pembeli waralaba akan merasa lebih yakin bahwa ada permintaan untuk produk atau layanan tersebut. Jika pemilik waralaba tidak melakukan atau gagal melakukan riset pasar yang memadai adalah salah satu kesalahan terbesar.

Pemilik waralaba, sebelum melepas satu outletnya juga memberi anda gambaran yang jelas tentang persaingan dengan merek dagang lain dan cara membedakan diri anda dengan saingan anda.Dengan demikian anda sebagai penerima waralaba menikmati keuntungan dari kekuatan dari merek dagang tersebut.

Selain itu anda akan mendapatkan keuntungan dalam kemudahan membeli bahan, persediaan dan layanan, seperti periklanan, serta dalam negosiasi untuk lokasi dan persyaratan sewa. Jika anda berusaha sendiri dari awal, maka anda harus melakukannya sendiri. Apalagi merek dagang anda kurang atau belum dikenal maka biasanya mendapatkan kesulitan atau setidaknya harus memenuhi syarat tertentu.

Resiko Bisnis Waralaba

Semua bisnis pasti ada resikonya, karena itu penting untuk melakukan pemetaan resiko bisnis. Namun bagi bisnis mandiri dan benar-benar dari nol maka akan rentan dengan resiko bisnis. Jika anda membeli waralaba pada sistemnya risiko kegagalan bisnis yang selalu ada berkurang ketika program bisnis atau sistem operasi telah terbukti berhasil di pasar. Dengan merek dagang yang sudah mapan menghemat biaya pembuatan iklan.

Namun bagi pemilik bisnis mandiri, ia harus mengambil resiko mengeluarkan biaya iklanuntuk mendongkrak merek dagangnya. Selain itu, pelatihan berkelanjutan menciptakan keahlian operasional yang sudah matang, namun bagi pebisnis mandiri ia harus melalui trial and error. Selain itu dengan waralaba, ekspansi bisnis bisa terjadi lebih alami.

Jika anda sebagai pembeli waralaba dan mulai menjalankannya, jika anda sukses maka dapat dengan cepat mengarah pada pembangunan waralaba kedua kemudian waralaba ketiga, dan seterusnya. Anda akan dengan mudah melakukan ekspansi dengan cara ini. Keuntungan waralaba lainnya adalah sebagai berikut.

  • Standarisasi produk dan sistem
  • Standarisasi keuangan dan akuntansi
  • Daya beli kolektif karena kekuatan merek dagang
  • Adanya pengawasan dan konsultasi
  • Tersedianya program periklanan
  • Kemasan seragam
  • Pengembangan dan layanan yang berkelanjutan
  • Manual operasi disediakan
  • Bantuan penjualan dan pemasaran

Kelemahan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba meskipun menjanjikan belum tentu akan cocok bagi semua orang. Pebisnis yang memiliki jiwa bertempur yang handal dan bersifat mandiri mungkin akan merasa terganggu dengan berbagai persyaratan operasional dan pengawasan yang ketat. Jika anda memiliki kemampuan finansial, keterampilan dan keberanian yang memadahi tentu lebih suka berbisnis secara mandiri.

Selain itu bisnis waralaba tidak semuanya berjalan dengan baik, ada pemilik waralaba yang menjalankan bisnis waralabanya dengan asal asalan tanpa melakukan kontrol kepada pembeli waralaba. Program waralaba yang lemah tidak akan melatih anda dengan baik untuk menangani tantangan bisnis, tidak akan membantu anda saat masalah muncul, dan tidak akan memanfaatkan kesempatan dengan baik. Beberapa kelemahan bisnis waralaba adalah sebagai berikut.

  • Kehilangan kendali atas usaha
  • Kontrak yang mengikat
  • Jika pemilik waralaba terlibat masalah, maka anda juga terkena dampaknya

Bagaimana Dengan Kemitraan ?

Ditengah hiruk pikuknya bisnis waralaba, muncul beberapa varian dari bisnis ini.salah satunya adalah bisnis kemitraan. Dan beberapa perusahaan di Indoensia melkaukan ekspansi bisnisnya dengan sistem ini. Inilah beberapa perbedaan antara waralaba dan kemitraan.

Kemitraan

Adalah suatu bentuk kerja sama dimana pemberi waralaba memberi izin kepada penerima waralaba untuk menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merek dagang dagang produk dan jasa dan sistem operasi usahanya sesuai dengan peraturan perusahaan, tanpa penerima waralaba membayar suatu jumlah sebagai Franchise fee, Royalty fee ataupun Distribution fee. Bisnis kemitraan dibangun berlandaskan prinsip saling menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Waralaba

Adalah suatu bentuk kerja sama dimana pemberi waralaba memberikan izin kepada penerima waralaba untuk menggunakan hak intelektualnya, seperti nama, merek dagang dagang produk dan jasa dan sistem operasi usahanya. Sebagai timbal baliknya, penerima waralaba membayar suatu jumlah yang seperti Franchise, Royalty Fee dan lain lain.

Sebagaimana dengan bisnis lainnya baik waralaba ataupun kemitraan jika memang dikedalikan dengan cerdas maka akan berjalan dengan baik. Sedangkan suatu bisnis jika dikendalikan dengan seadanya juga tidak akan berjalan dengan benar. Apalagi dengan ketiadaan royalti dari penerima waralaba, maka ‘pembiaran’ mitra ataupun sedikitnya fitur layanan akan lebih mudah terjadi.

Bisnis Waralaba
Bisnis mandiri menciptakan kemandirian pengelolaan. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Pertimbangkan untuk membeli dan memulai bisnis waralaba, jangan sampai anda memiliki ekspektasi liar karena dorongan dari motivator bisnis sehingga bisa mempengaruhi keputusan anda. Kegembiraan dalam kepemilikan usaha waralaba dapat menciptakan kelalaian dan anda akan menjalankan bisnis tanpa perencanaan yang tepat.

Pastikan bisnis yang anda jalankan baik itu bisnis dengan usaha sendiri atau membeli bisnis waralaba, memang benar-benar sesuai dengan passion dan jiwa anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi dengan SEO Anak Sholeh yangdapat membantu memberikan solusi pemasaran bisnis anda dengan pembuatan website profesional dan panduan bisnis. Terima kasih.