Keberadaan virus Covid-19 yang bermula di kota Wuhan, Tiongkok yang pada mulanya dianggap lelucon oleh sebagian orang ternyata mampu embut gempar dubia. Tidak hanya duni kesehatan yang mendapatkan tekanan kuat akan keberadaan virus ini, berbagai lini ternyata mendapatkan dampak yang sangat buruk termasuk bidang ekonomi. Karena itulah menyiasati bisnis saat pandemi menjadi sangat penting.

Dalam teori seleksi alam, atas perubahan yang terjadi dalam alam ini maka akan di dapati yang hidup adalah bukan yng paling kuat secara fisik, bukan yang paling pintar secara akal. Namun yang mampu bertahan hidup adalah yang memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan. Begitu juga dengan bisnis.

Adanya pandemi yang di deteksi pada akhir tahun 2019 ini dengan cepat mampu menghempas berbagai sektor perekonomian di beberapa negara. Tidak jarang karena hal inilah terjadi PHK masal dan kelesuan di berbagai sektor ekonomi. Tantangan bisnis seperti ini memang tidak dapat diprediksi dengan cepat dan tepat karena sebagaaimana tipikal virus covid-19 yang penyebarannya tidak bisa terkontrol.

Work from home diberlakukan selama pandemi. Sumber Unsplash

Menyiasati bisnis saat pandemi bisa di lakukan dengan berbagai tahapan. Dengan melalui cara mempertahankan bisnis engan benar, bisnis anda akan melewati masa pandemi ini dengan pukulan yang lebih ringan. Dan ini tentu saja di lakukan dengan seksama dan perlu perencanaan yang matang.

1. Pelajari Situasi

Jika anda mempelajari situasi dengan cermat, tidak semu bisnis akan mendapatkan dampak buruk dari adanya pandemi covid-19 ini. Lihat saja berbagai bisnis kesehatan mulai dari penjualan masker sampai suplemen kesehatan, mereka justru mendapatkan untung besar dari adanya pandemi ini. Selain itu penjualan bahan sanitasi dan juga obat herbal juga meningkat tajam. Itu artinya tidak semua bisnis akan terbengkalai dengan adanya pandemi ini.

Amati situasi dan bersiaplah untuk mencari peluang bisnis yang ada. Sebenarnya yang di lakukan adalah dengan mengubah ‘tema’ yang ada untuk menghadapi pandemi ini. Namun tidak semua bisa bertahan hanya dengan merubah ‘tema’. Perlu langkah yang lebih radikal dan kompleks untuk menyiasatinya. Bahkan ada pula yang benar-benar mengalami stagnan.

Anda perlu meneliti lebih jauh, apakah bisnis anda termasuk dalam kategori bisnis yang benar-benar stagnan karena pandemi ini. Jika memungkinkan untuk melakukn penyesuaian agar tetap bertahan, maka segera lakukan penyesuaian dengan segera.

Banyak perusahaan kosmetik yang mengalami penurunan permintaan dan berbalik arah dalam bisnisnya. Mereka memproduksi bebagai sabun cuci tangan untuk menyiasati masa pandemi. Selain memastikan perusahaan tetap berjalan, mereka juga memenuhi permintaan masyarakat akan sabun cuci tangan yang meroket.

2. Amankan Aset Penting

Amankan diri anda, keluarga, staf dan juga aset perusahaan jika memang tekanan menjadi semakin berat. Hal yang perlu di lakukan adalah dengan mengkomunikasikan keadaan perusahaan dengan orang-orang yang anda percaya. Yang sering dilupakan seseorang adalah loyalitas anak buah merupakan aset yang sangat berharga.

Sebelum perusahaan di jalankan dan mengambil kontrak dengan berbagai pihak termasuk karyawan, maka skema force majeure tentunya sudah di pikirkan dan di rencanakan. Buatlah urutan skala prioritas penyelamatan. Penyederhanaan bisa di lakukan untuk menghemat pengeluaran operasional perusahaan.

Konsep work from home bisa menjadi ‘alasan’ penyederhanaan pemberian pekerjaan. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa memotong tunjangan transportasi, tunjangan makan dan pengeluaran lainnya. Pastikan kontrol pekerjaan yang berjalan dengan baik dan benar. Work from home tanpa mengontrol pekerjaan dengan baik akan menambah beban perusahaan.

Hal terburuk adalah ‘mengamputasi’ beberapa bagian dengan tujuan melakukan penghematan pengeluaran secara efektif. Namun tentu saja hal ini akan terasa berat. Meskipun begitu sebenarnya anda bisa juga dengan menonaktifkan bagian tertentu untuk jangla waktu yang di tentukan sambil mempelajari kembali situasi perekonomian kedepan. Pertahankan pihak-pihak atau staf yang memiliki loyalitas yang tinggi pada perusahaan.

3. Manfatkan Aset Yang Ada

Ketika perusahaan telah berjalan dengan segala hal yang telah disederhanakan, maka lanjutkan dengan usaha maksimal. Dengan sumberdaya yang ada tentu kinerja akan menjadi berat. Karena itulah ketika melakukan penyederhanaan perusahaan, sisakan aset terbaik, sisakan sumber daya terbaik sehingga ketika sumber daya yang ada di haruskan untuk berlari cepat akan lebih bisamenyesuaikan diri. Itulah pentingnya pembuatan skala prioritas aset yang diselamatkan.

4. Pastikan Klien Tetap Setia

Klien yang selama ini mempercayakan bisnisnya kepada anda mungkin akan berpikir ulang ketika akan memperpanjang kerjasamanya jika mereka sendiri mengalami kesulitan ekonomi. Sebenarnya hal ini bukan masalah besar jika mereka meninggalkan anda untuk sementara. Karena diperkirakan masa pandemi ini akan berakhir. Yang menjadi masalah adalah ketika klien tersebut benar-benar meninggalkan anda.

Untuk mengatasi hal ini anda benar-benar dituntut untuk mengolah komunikasi dengan pelanggan. Buat mereka memiliki harapan kedepan lebih baik. Langkahnya adalah dengan meningkatkan kepercayaan perusahaan anda di mata klien. Anda bisa memberikan fitur share konten selama pandemi, baik itu konten kesehatan maupun koten bisnis ataupun tips bisnis di kala wabah merajalela.

Dengan adanya hubunga yang terjalin terus menerus, maka di harapkan komunikasi tetap terjalin dan klien tidak akan pergi. Untuk saat ini jangan berpikir untuk memperoleh benefit dari kerjasama dengan klien. Cukup pertahankan hubungan baik dengan klien yang ada dengan sedikit pengorbanan.

5. Jangan Berhenti Menawarkan

Adanya pandemi menjadikan permintaan pada barang tertentu menjadi menurun, akibatnya pemasukan menjadi menurun dan dampaknya pada keberlangsungan perusahaan. Untuk saat ini, perusahaan tetap berdiri saja sudah cukup. Sehingga kedepannya ketika sudah normal kembali perusahaan akan berjalan kembali sepeti biasa.

Meskipun daya beli masyarakat menurun, namun ada baiknya anda tetap melakukan penawaran seperti biasa. Namun dengan beberapa modifikasi yang disesuaikan kondisi masyarakat sebagai pangsa pasar. Anda bisa memberikan semacam program diskon selama pandemi, diskon khusus bagi tenaga madis dan keluarga atau bagi pelanggan yang mengalami dampak pandemi secara langsung.

Saat ini banyak perusahaan yang berlomba-lomba mengadakan semacam ‘program amal’ bersamaan dengan program marketingnya. Jika hal ini memungkinkan maka akan lebih baik. Tetapi lagi-lagi anda harus memanfaat sumberdaya yang terbatas. Pilihlah personil yang handal dalam program ini, seperti halnya pepatah yang mengatakan :

‘Jika ingin pergi dengan cepat maka lakukan sendiri, dan jika ingin pergi jauh lakukan bersama’. Pepatah ini sangat cocok diterapkan pada program unggulan menghadapi pandemi. Bergeraklah dengan orang-orang yang memiliki kesamaan visi dengan diri anda.

Dengan personil terbatas namun memiliki daya juang yang tinggi kan memudahkan pergerakan anda dibanding dengan banyak orang yang sulit terkontrol dan tidak fokus.

Tisu toilet mengalami peningkatan permintan saat oandemi. Sumber Unsplash

6. Pilih Dan Maksimalkan Jalan Alternatif

Jalan alternatif harus segera di maksimalkan. Jalan alternatif ini mencakup berbagai bagian. Baik dari segi marketing, produksi, distribusi atau pelayanan. Saat orang-orang banyak menghabiskan waktu dirumah, anda bisa memaksimalkan marketing anda pada dunia digital. Anda bisa memaksimalkan iklan di media sosial dimana saat ini orang-orang yang bertahan di rumah rumah mereka lebih sering melakukan login akun media sosial. Begitu juga dengan pendistribusian barang ke konsumen. Anda bisa menggunakan jasa kurir atau membentuk divisilangsung bagian antar barang, namun hal ini perlu menambah sumberdaya.

Itulah beberapa langlah menyiasati bisnis saat pandemi. Semoga kedepannya pandemi ini segera berakhir dan berdampak pada kebangkutan yang mampu mengatasi kelesuan perekonomian. Jika anda memiliki permasalahan bisnis, terkendala pada metode pemasarannya, anda bisa menghiningi SEO Anak Sholeh salah satu penyedia jasa SEO Jogja dan juga konsuktan bisnis Jogja yang akan membantu anda dalam mengatasi masalah bisnis anda. Terima kasih.