Kebanyakan orang yang setiap harinya menghabiskan waktu untuk bekerja tentu pernah punya keinginan untuk berbisnis. Apalagi dengan bermunculannya kisah sukses mereka yang berbisnis. Dan hebatnya, mereka memulai bisnisnya tersebut pertama kali dari rumah atau bisnis rumahan.

Selain itu, kebanyakan orang mungkin masih belum menemukan ide yang tepat dan cocok untuk dijadikan bisnis. Sebenarnya, ada begitu banyak pilihan ide peluang usaha yang bisa Anda pilih. Apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi internet. Jumlah peluang usaha yang ada pun semakin bertambah banyak.

Walaupun disebut bisnis rumahan, bukan tidak mungkin bisnis tersebut malah menjadi usaha yang besar dan sukses. Faktanya, sudah banyak sekali bukti yang bisa Anda lihat sekarang ini, dimana bisnis rumahan menjadi usaha yang sangat menghasilkan bagi pemiliknya.

Peluang Bisnis Rumahan

Tidak setiap orang mempunyai ide tertentu untuk memulai bisnis rumahan. Semua orang mau berbinis, namun tidak mempunyai modal. Apakah ada bisnis rumahan dengan modal kecil? Apakah ada peluang bisnis rumahan yang menjanjikan? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Laundry Kiloan

Ilustrasi Jasa Laundry
Ilustrasi Jasa Laundry, Sumber : tribunnews.com

Zaman sekarang orang suka hal yang praktis, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara membuka usaha laundry kiloan. Apalagi Anda berada di daerah kompleks karyawan atau daerah kampus. Usaha laundry Anda bisa berkembang pesat.

Selain itu, ibu-ibu rumah tangga pun tidak semuanya bisa setiap hari mencuci pakaian. Kadang ada saja yang sibuk mengurus anak, momong cucu, atau memang sudah usia lanjut sehingga tidak bisa mengerjakan pekerjaan tersebut.

Oleh karenanya, bisnis laundry kiloan jadi peluang menarik untuk digarap. Pemainnya juga masih sedikit. Anda bisa membeli franchise usaha laundry kiloan ataupun bikin merek sendiri. Dengan modal sekitar Rp5 juta-Rp10 juta, Anda sudah dapat menjalankan bisnis tersebut.

2. Katering Harian

Usaha kuliner tidak akan pernah ada matinya. Malah akan semakin meningkat pesat. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah padat penduduk. Anda dapat menjalankan usaha warung makan dari rumah.

Selanjutnya, jika Anda berada di kompleks karyawan atau berada di area kampus, Anda bisa membuka jasa katering. Justru dengan cara ini dapat mendongkrak pendapatan Anda menjadi lebih besar.

Karyawan atau mahasiswa kampus biasanya sangat sibuk, mereka tak sempat memasak makanan mereka sendiri, sehingga biasanya mereka mencari jasa ketering. Nah, promosikan jasa Anda kepada mereka.

3. Konter Pulsa

Penggunaan smartphone telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Hampir semua lapisan masyarakat memiliki ponsel pintar untuk kegiatan sehari-hari. Nah, akibatnya muncul peluang bisnis rumahan baru yang menarik yaitu membuka konter pulsa.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha pulsa terbilang sangat kecil yaitu kisaran 500-an ribu saja. Modal tersebut digunakan untuk deposit awal pulsa Anda. Bukan hanya pulsa saja, Anda bisa saja menjual paket internet, aksesoris bahkan hingga service hp ringan.

4. Les Privat

Ilustrasi Les Privat
Ilustrasi Les Privat, Sumber : tribunnews.com

Apakah Anda suka dengan anak kecil atau suka berbagi? Nah, peluang bisnis rumahan yang satu ini bisa jadi menjadi pilihan Anda, yaitu menjadi guru les privat. Banyak sekali para orang tua yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, sehingga mereka selalu mencari guru les privat untuk membimbing anak-anak mereka.

Selain itu, orang tua juga ingin agar anaknya mendapatkan pelajaran ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan formal mereka. Usaha ini sangat cocok jika dijalankan di lokasi padat penduduk, seperti daerah kompleks karyawan, daerah komplek perusahaan dan lain sebagainya.

5. Air Minum Isi Ulang

Usaha air minum isi ulang bisa dikatakan bisnis yang sangat menjanjikan. Karena trend masyarakat modern lebih suka akan hal yang praktis. Silahkan Anda rintis dan lakukan analisis terlebih dahulu, apakah layak untuk membuka depot air.

Setelah dikira pas dan memiliki peluang, Anda bisa menjalankan bisnis tersebut. Untuk metode penjualan, Anda bisa menerapkan sistem berlangganan atau dengan menitip di warung-warung sembako.

6. Babershop

Jika dilihat dari luar sih terlihat sangat sederhana. Tapi tahukah Anda bahwa jasa potong rambut ternyata bisa menghasilkan keuntungan berlimpah. Usaha cukur rambut bisa dikatakan bisnis rumahan dengan modal kecil namun untung besar. Bagaimana tidak, modal yang digunakan bisa digunakan berkali-kali.

Lagi pula, usaha ini dapat dijalankan oleh siapa saja, yang penting ada kemauan dan niat untuk belajar. Usaha jasa ini sangat cocok dijalankan jika lokasi Anda masih minim tukang cukur rambut.

7. Tailor

Jika Anda punya skill di bidang tailor atau jahit pakaian, maka peluang bisnis rumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda. Sebab usaha bidang tailor akan selalu dibutuhkan walaupun pakaian jadi banyak dijual.

Setiap orang tentu punya selera masing-masing. Hal inilah yang membuat jasa tailor akan selalu dibutuhkan sepanjang masa. Sebagai contoh, jika pakaian yang dibeli tidak cocok, maka mereka akan mencari jasa penjahit pakaian.

8. Service Elektronik

Ilustrasi Peluang Bisnis Rumahan
Ilustrasi Peluang Bisnis Rumahan, Sumber : youtube.com

Bisnis rumahan menarik selanjutnya yang bisa Anda kerjakan dari rumah yaitu bisnis membuka jasa service elektronik. Jangan salah, jasa service elektronik sangat dibutuhkan. Hal ini disebabkan banyaknya perangkat elektronik yang beredar di masyarakat.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang suka elektro dan mengerti tentang elektro. Apalagi Anda merupakan lulusan sarjana elektro, saya yakin pekerjaan memperbaiki perangkat elektronik sangat mudah bagi Anda.

9. Pembuatan Website

Ada peluang bisnis rumahan yang layak untuk dijalankan yaitu usaha jasa pembuatan website. Jasa pembuatan website akan terus dibutuhkan, sebab saat ini trend dunia internet masih akan terus tumbuh dan berkembang.

Pendapatan seorang web developer cukup fantastis. Tergantung dari nilai proyek yang didapatkan. Untuk website besar lengkap dengan database, web developer bisa dibayar hingga ratusan juta rupiah.

10. Konsultan SEO

Dengan adanya perkembangan dunia internet, maka muncul berbagai peluang bisnis rumahan online. Misalkan saja jasa SEO. Jasa SEO sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengharapkan trafik dari mesin pencari. Terutama bagi pemilik e-commerce, blog pribadi, website perusahaan hingga website pemerintah.

Bagi Anda yang sudah paham dunia blogging tentu paham apa itu SEO. Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk membuka jasa SEO. Tujuannya tentu agar para klien Anda mendapatkan trafik melimpah dari mesin pencari.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa peluang bisnis rumahan yang menjanjikan. Masih banyak lagi ide usaha yang bisa Anda lirik, silahkan Anda explore ide Anda. Dapatkan peluang usaha dan mulai dari sekarang. Sukses merupakan hak semua orang. Walaupun memang sukses tidak bisa instan. Tapi jika Anda segera praktek, jalan menuju kesuksesan akan semakin dekat.