Persaingan dunia bisnis semakin sengit. Apalagi di kehidupan yang memungkinkan setiap orang mampu menembus batas-batas teritorial atau pun berbagai batasan lain hanya dalam sekejap mata. Dunia yang tanpa batas tersebut adalah dunia internet. Karena itulah memaksimalkan digital marketing menjadi hal yang sangat diperlukan selain branding. Pentingnya branding pada keberlangsungan bisnis di era digital ini seiring dengan perlunya digital marketing.

Meskipun penting, namun sebagian pebisnis, terutama yang malas meng-upgrade kemampuan dan knowledge-nya malah sering mengesampingkan hal ini. Padahal brand adalah identitas yang harus dimiliki sebuah perusahaan ketika memasukan pasar persaingan. Mungkin karena kesalahpahaman tentang branding sebagian pebisnis kurang mengetahui pentingnya branding pada keberlangsungan bisnis.

Branding

Pentingnya Branding
Branding tidak sekedar simbol. Sumber Unsplash

Pemahaman umum tentang branding pada masa lalu adalah logo, simbol, gambar, tulisan atau berbagai bentuk grafis berupa gambar atau tulisan atau perpaduannya yang memberikan gambar khas sehingga memudahkan untuk diingat. Dengan demikian branding hanya mengarah pada simbol saja atau pada logo perusahaan.

Sebenarnya branding adalah sesuatu yang kompleks tidak hanya masalah simbol saja. Namun hal-hal yang terkait dengan simbol seperti tagline, motto dan bahkan juga warna. Namun biasanya yang dijadikan dasar untuk ‘mewarnai’ segala sesuatu dengan tema brand adalah logo yang telah dibuat. Dan hal ini tak perlu diambil pusing. Jika kesulitan menciptakan logo sebagai pijakan awal, anda bisa mempercayakan ke berbagai layanan pembuatan logo seperti 99designs, Fivver dan sebagainya.

Pentingnya Branding

Pentingnya branding pada kelangsungan bisnis suatu perusahaan kadang tidak disadari oleh pebisnis sendiri. Mereka hanya mencukupkn usahanya hnya karena merasa usahanya telah berjalan dengan lancar. Padahal dunia usaha selalu dinamis. Akan ada perubahan-perubahan secara simultan dan perlu melakukan penyesuaian dengan tujuan mempertahankan bisnis.

1. Nilai Lebih Pada Pasar

Perusahaan yang memiliki brand yang terpublikasi dengan masif dan baik akan lebih memiliki rating di pasar bisnis daripada perusahaan yang bergerak ‘apa adanya’. Bahkan bisa jadi perusahaan yang bergerak apa adanya tersebut memiliki kemampuan yang lebih. Namun dengan adanya brand yang terpublikasi maka anda tentunya memiliki tanggungjawab moral dalam menjalankn bisnis anda dan akan mendorong usaha maksimal dalam menjalankan bisnis anda.

2. Pengenalan Merk dan Gambaran Perusahaan

Tahukah anda, hanya dengan melihat logo dari suatu perusahaan maka seseorang akan mengetahui gambaran perusahaan? Itulah fungsi lain dari branding. Seperti perusahaan air minum paling populer Aqua yang menampilkan logo sedemikian rupa, maka anda akan dengan mudah menebak bahwa Aqua bergerak dalam bidang yang tidak jauh dari air.

Selain itu penggunaan brand akan mempermudah pasar mengingat brand yang anda luncurkan. Suatu perusahaan berbadan hukum seperti Perseroan terbatas harus memiliki nama minimal terdiri atas tig kata. Dan hal itu tentu akan menyulitkan dalam mengingat. Namun hal tersebut bisa disederhanakan dengan melakukan branding tanpa harus menampilkan nama resmi perusahaan.

3. Membangun Kepercayaan Pasar

Pasar akan lebih mempercayai perusahaan yang terlihat profesional. Profesionalisme dapat terlihat secara kasat mata hanyak dengan melihat ‘casing’nya saja. Hal itulah yang dilakukan beberapa perusahaan start up pendatang baru yang mungkin saat ini sudah berskala besar. Perusahaan dikemas seprofesional mungkin, dan kekurangan-kekurangan yang ada akan diperbaiki dalam perjalanan.

Tekad menumbuhkan perusahaan menjadi semakin besar harus melalui tahapan branding. Meskipun ada yang berpendapat ‘yang penting jalan dahulu’ namun melakukan branding di awal pertumbuhan tidak ada salahnya. Selling atau branding? Buatlah keduanya berjalan beriringan menapaki pertubuhan perlahan-lahan.

4. Kebanggaan

perusahaan yang melkukan langkah branding biasanya akan menyesuaikan apapun dengan brand yang dibangun. Mulai dari logo perusahaan, sampai pada seragam yang dipilih. Tentu saja hal ini akan memberikan kebanggaan bagi siap saja yang mengenakannya, apalagi perusahaan tersebut besar dan bonafit.

Jika karyawan mengenakan seragam yang memiliki tema brand anda, maka mereka akan merasa bangga dan memiliki loyalitas yang tinggi. Perhatikan di setiap detail bagian perusahaan, pastikan setiap bagian diwarnai sesuai dengan brand anda mulai dari kendaraan perusahaan, gedung, seragam atau bahkan alat tulis yang anda pakai.

5. Memudahkan Periklanan

Karena dengan melakukan branding identitas perusahaan mudah diingat maka untuk aktifitas periklanan akan menjadi semakin mudah. Selain penggunaan ‘warna’ yang khas agar mudah diingat, penggunaan tagline pada promosi dalm bentuk video atau audio perlu di maksimalkan. Terkadang suatu brand justru terkenal karena memiliki tagline yang unik dan tepat.

Pentingnya Branding
Brand Frdrx mudah dikenali. Sumber Unsplash

Kesalahan dalam Branding

Ada beberapa kesalahan dalam branding yang sering dilakukan oleh perusahaan. Terkadang branding hanya dilakukan karena mengejar trend atau hal lainnya.

1. Inilah Brand Saya !

Banyak dari seorang pebisnis yang mengenalkan brand nya dengan mengatakan ‘ini brand saya’. Hal ini mungkin terlihat bagus dan tidak ada masalah. Namun akan lebih memiliki kekuatan dan kepercayaan diri jika mengenalkan dengan cara menyebut ‘inilah saya’. Apa perbedaan dari kedua pernyataan tersebut?

Banyak orang melakukan branding hanya menambahkan simbol sebagai pemanis saja. Padahal simbol, logo, tagline dan semisalnya adalah cita-cita dan identitas. seperti perusahaan kami bernama SEO Anak Sholeh, maka sebisa mungkin perusahaan kami melakukan segala aktifitasnya tidak keluar dari tuntunan agama agar bisnis berkah dan berpahala.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, sumber daya yang ada harus memiliki integritas yang tinggi dalam beragama selain dalam bekerja. Karena nama adalah cita-cita dan identitas. Karen itulah pilihlah nama, logo, tagline yang sesuai dan menggambarkan cita-cita, konsistensi, optimisme dan sikap lainnya yang akan menjadi landasan dalam menjalankan bisnis. Logo menjadi bagian integral suatu perusahaan, tidak hanya sebagai hiasan.

2. Usaha Minimalis

Hal lain yang sering di lalaikan oleh pelaku bisnis adalah adanya usaha minimalis pada branding. Hal ini karena mereka tidak tahu pentingnya branding dalam keberlangsungan bisnis. Branding hanya sebagai simbol saja. Karena itulah usaha branding yang dilakukan tidak maksimal atau hanya berjalan setengah-setengah.

Seperti halnya sebuah tempat usaha, jangan sampai hanya memasang plang usaha saja, namun harus mengemas mulai dari ruang tamu, ruang kerja sampai pantry. Jangan sampai memiliki pemiliran bahwa tamu hanya akan masuk sampai pada ruang tamu saja. Bisa jadi tamu yang merupakan calon klien akan meneliti sampai ke pantry untuk mendapatkan kepercayaan.

Branding harus dilakukan secara totalitas. Bahkan seperti dalam ulasan poin sebelumnya maka brand harus menjadi semangat, cita-cita dan ‘standar’ dalam menjalankan bisnis. Sehingga bisa dikatakan branding mampu mempengaruhi perusahaan baik pada fisik maupun mentalitas perusahaan. Dengan demikian akan ada standarisasi yang terbentuk dalam menjalankan usaha.

Penutup

Branding, sesuatu yang saat ini menjadi salah satu pijakan kesuksesan suatu bisnis menjadi sangat penting untuk segera di lakukan. Marketing sebagai ujung tombak perusahaan tentu harus dipersenjatai dengan branding yang tepat. Segera ambil peluang sebelum terlambat. Semakin cepat melakukan perbaikan maka semakin bagus bagi kelangsungan bisnis anda.

SEO Anak Sholeh sebagai partner bisnis yang menyediakan jasa SEO Jogja dan kota lainnya memberikan layanan konsultasi bisnis bagi siapa saja yang menginginkan kinerja perusahaan yang sehat dan mantap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya di blog website SEO Anak Sholeh. Terima kasih.