Dalam menjalankan sebuah bisnis, menyusun strategi bisnis adalah hal penting yang perlu dilakukan sejak awal.

Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis.

Dengan adanya strategi bisnis ini, perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan, dan lain sebagainya.

Mengenal Strategi Bisnis

Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar.

Strategi ini dapat digambarkan sebagai perencanaan usaha jangka panjang. Biasanya akan mencakup periode sekitar 3-5 tahun (bahkan lebih lama). Strategi ini juga berkaitan dengan masalah sumber daya utama dan memutuskan produk apa yang akan dialokasikan sumber daya utama.

Strategi bisnis adalah tulang punggung untuk usaha Anda, karena hal ini layaknya peta jalan yang mengarah ke tujuan yang diinginkan. Kesalahan apa pun dalam peta jalan ini dapat menyebabkan bisnis tersesat di tengah kompetisi pesaing bisnis Anda.

Pentingnya Strategi Bisnis

Ilustrasi Strategi
Ilustrasi Strategi, Sumber : billionairecoach.co.id

Mencapai tujuan bisnis tanpa strategi hanyalah mimpi. Usaha yang Anda bangun tidak akan bertahan lama tanpa strategi yang terencana dengan baik. Dengan meningkatnya persaingan, strategi dalam bisnis menjadi sangat penting untuk perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Berikut adalah lima alasan mengapa strategi diperlukan untuk usaha Anda.

1. Perencanaan

Strategi bisnis adalah bagian dari rencana bisnis. Sementara rencana bisnis menetapkan tujuan dan sasaran, strategi memberi Anda cara untuk memenuhi tujuan itu. Ini adalah rencana untuk mencapai tempat yang Anda inginkan.

2. Kekuatan

Anda harus mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan Anda yang sebenarnya sambil merumuskan strategi. Selain itu, ini juga membantu Anda dalam memanfaatkan apa yang Anda kuasai dan menggunakannya untuk menutupi kelemahan Anda atau menghilangkannya.

3. Efisiensi dan Efektivitas

Ketika setiap langkah direncanakan, setiap sumber daya dialokasikan, dan semua orang tahu apa yang harus dilakukan, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien dan efektif secara otomatis.

4. Keunggulan Kompetitif

Strategi bisnis berfokus pada memanfaatkan kekuatan bisnis dan menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif untuk memposisikan merek dengan cara yang benar. Ini memberikan identitas pada bisnis dan membuatnya unik di mata pelanggan.

5. Kontrol

Secara bersamaan, strategi bisnis juga memutuskan rencana yang harus diikuti dan tujuan sementara yang harus dicapai. Tentunya ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengontrol kegiatan dan melihat apakah semua berjalan sesuai rencana.

Tantangan

Ilustrasi Tantangan Strategi Bisnis
Ilustrasi Tantangan Strategi Bisnis, Sumber : liputan6.com

Seorang profesor bisnis dari Dublin City University Business School menyebutkan setidaknya ada empat tantangan yang harus diperhatikan dalam mengembangkan strategi bisnis yang efektif. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Orientasi

Poin ini berkaitan dengan tujuan/objektif dan visi Anda. Dengan adanya bisnis Anda, masalah apa yang dapat terpecahkan? Apa objektif awal dari bisnis Anda yang pertama kali menggerakkan Anda? Kemana Anda ingin membawa bisnis Anda ke depannya?

2. Relevansi

Value atau nilai apa yang Anda tawarkan dengan bisnis Anda? Apa yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor? Aspek apa saja yang membuat pelanggan tertarik pada bisnis Anda?

3. Pertukaran Kondisi

Apa kompetensi utama dan keunggulan Anda?

4. Pelaksanaan

Bagaimana Anda menyampaikan objektif Anda ke suatu hal yang bisa ditindaklanjuti? Bagaimana Anda bisa tahu jika semuanya dapat berlangsung dengan baik?

Melihat dari empat pertanyaan mengenai tantangan tersebut, Anda bisa melihat bahwa sesungguhnya esensi dari strategi bisnis adalah mengenai bagaimana Anda dapat bergerak dari posisi/kondisi sekarang ini, ke tempat yang ingin Anda tuju (visi/tujuan) dengan memegang nilai-nilai atau pedoman serta objektif yang Anda yakini untuk Anda capai ke depannya.

Langkah

Ilustrasi Strategi Bisnis
Ilustrasi Strategi Bisnis, Sumber : medium.com

Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal, berikut ini lima strategi bisnis yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mengenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara profesional, Anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut. Hal ini akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis Anda.

2. Memperhatikan Kualitas

Sekarang ini makin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beragam. Namun, bisnis yang benar-benar memerhatikan kualitas bisa dibilang hanya sedikit. Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen.

Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku, hingga kualitas layanan yang terbaik. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.

3. Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis. Itulah sebabnya, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi.

Ide kreatif bisa menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis Anda. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Anda tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.

4. Promosi Efektif

Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Saat ini, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan secara gratis. Anda bisa menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk Anda.

Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual. Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

5. Manajemen Bisnis

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang Anda jalankan. Maka tentu seorang pebisnis juga perlu mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan bisnis dengan baik dan benar.

Demikianlah ulasan mengenai strategi bisnis yang menjadi hal penting bagi bisnis Anda. Dengan menerapkan strategi yang tepat bagi usaha Anda, rencana dan pengembangan bisnis Anda akan lebih terukur dan juga optimal. Hal yang paling penting dalam merancang strategi bisnis adalah harus memperhatikan kesiapan dan kapasitas setiap sumber daya dalam organisasi bisnis Anda.