Bisnis merupakan sarana untuk mencari penghasilan dalam dunia usaha. Pelaku bisnis yang biasa disebut produsen harus lebih giat dalam mencari peluang untuk kepuasan konsumen. Inilah salah satu rahasia bisnis berkah dan sukses.

Bisnis berkembang bukan dengan cara yang cepat dan mudah, melainkan melalui proses panjang dan menguras tenaga. Hanya orang-orang tertentu yang mampu meraih kesuksesan dan mengatasi segala persaingan.

Banyak orang yang ingin membuka usaha, tetapi sulit untuk memulai. Hal ini disebabkan karena adanya rasa takut akan kegagalan. Padahal, menjadi seorang pengusaha yang sukses itu harus berani untuk gagal. Sebab, kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Tentunya, Anda harus mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi kenyataan itu.

Ketika Anda sudah memberanikan diri untuk membuka usaha, maka jangan hanya sekadar usaha. Anda juga perlu melakukan trik-trik khusus untuk mensukseskan usaha Anda. Nah, sebagai seorang Muslim, sukses saja tidak cukup. Perlu juga adanya keberkahan yang diperoleh dari usaha Anda.

Tips Bisnis Berkah dan Sukses

Ilustrasi Bisnis Berkah
Ilustrasi Bisnis Berkah, Sumber : Desain Uswan

Jika Anda ingin tahu apa saja rahasia bisnis berkah dan sukses, simaklah uraian berikut ini.

1. Mengutamakan Kebutuhan

Mengutamakan kebutuhan atau kepentingan konsumen adalah salah satu rahasia bisnis sukses dan berkah. Cara ini mengandung dua manfaat, yang pertama manfaat untuk menarik perhatian konsumen dan secara otomatis juga akan memberi berkah pada bisnis yang Anda jalani karena memperhatikan kepuasan konsumen.

Jika konsumen puas maka akan lebih mudah untuk memasarkan produk Anda. Perhatikan dengan teliti apa saja yang diperlukan konsumen, dengan begitu Anda cukup memproduksi barang atau memberikan jasa yang pasti akan dipergunakan oleh konsumen.

2. Teknik Pemasaran

Ilustrasi Perencanaan Pemasaran
Ilustrasi Perencanaan Pemasaran, Sumber : curatti.com

Carilah teknik pemasaran yang berbeda dengan sebelumnya. Mulailah memasarkan produk dengan ciri khas yang lain dari yang lain. Tidak akan ada gunanya jika Anda punya teknik pemasaran baru namun mudah ditiru oleh pebisnis lain.

Cara ini bukan tidak beresiko karena kemungkinan tidak diterimanya produk anda di pasaran juga bisa terjadi. Berhati-hati, lakukan dengan sebaik mungkin, dan cari celah peluang pasar adalah antisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Manfaatkan Hambatan

Kebanyakan orang akan mundur ketika di tengah perjalanan menemui hambatan. Dari sekian banyak orang yang melakukan hal semacam itu, masih ada segelintir orang yang menyukai hambatan dan menganggap bahwa hambatan adalah peluang. Ketika Anda mampu mengatasinya maka harapan besar akan terbuka lebar.

4. Teknis Bisnis

Ini sebenarnya penting, Anda memang harus mengetahui hal-hal teknis dalam menjalankan bisnis Anda. Tapi yang salah adalah Anda hanya fokus pada hal teknis tetapi melupakan ilmu lainnya yang justru lebih penting.

Anda sebagai seorang pebisnis tidak harus mengurusi hal-hal teknis. Tetapi tetap harus dipahami, karena keputusan-keputusan Anda, membangun sistem, memberikan delegasi, dan sebagainya dalam bisnis perlu pemahaman tentang hal-hal teknis tadi.

5. Menguatkan Mental

Ilustrasi Ide Bisnis Kreatif
Ilustrasi Ide Bisnis Kreatif, Sumber : kompas.com

Yang jangan dilupakan adalah masalah mental atau mindset. Jago ilmu bisnis dan teknis bisa menjadi percuma jika mental bisnis Anda payah. Anda harus memiliki semangat, kreatif, dan pantang menyerah. Harus memiliki pikiran maju, tidak cepat puas, dan mampu bangkit saat sedang terpuruk.

Beberapa mental bisnis yang perlu Anda miliki ialah pantang menyerah, selalu ingin lebih baik, percaya diri, berani mengambil risiko, tekun, dan kreatif. Namun, perlu dipahami bahwa membangun bisnis akan banyak rintangan. Diperlukan kekuatan mental yang kuat untuk mengatasi semua rintangan yang muncul di hadapan Anda.

6. Memahami Ilmu Syariah

Langkah agar bisnis berkah adalah memastikan bisnis Anda tidak melanggar syariah. Jadi, jangan asal bisnis. Bisnis adalah bagian dari muamalah, artinya bagian dari ibadah. Dalam muamalah, ada rambu-rambu yang harus dipahami dan ditaati.

Untuk itu, Anda perlu belajar tentang fiqh niaga, termasuk ekonomi syariah agar bisnis Anda halal dan terbebas dari riba. Belajarlah fiqh dan ilmu agama lainnya yang berkaitan dengan bisnis, agar bisnis Anda berkah.

7. Menguatkan Ruhiyah

Ini yang paling penting, agar Anda bisa mendapatkan pertolongan Allah. Tanpa pertolongan Allah, semuanya akan percuma. Sebenarnya, kekuatan itu datang dari Allah dan Anda hanya berusaha sesuai dengan yang bisa Anda lakukan.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips bisnis berkah dan sukses. Kesuksesan bukan terletak pada hasil, tapi proses perjuangan. Yang perlu Anda ingat ialah Anda tidak asal praktik atau bertindak, tetapi memastikan tindakan Anda tidak melanggar ajaran agama.

Selain usaha maksimal, maka iman Anda harus maksimal. Artinya semaksimal mungkin Anda berusaha agar mendapatkan pertolongan Allah. Semoga informasi ini bermanfaat.