Untuk membangun sebuah bisnis yang sukses ada banyak hal yang Anda butuhkan, mulai dari keahlian, keuletan, kecerdasan, kepandaian melihat peluang dan seterusnya. Selain itu, ada satu hal yang mutlak Anda butuhkan yaitu Relasi Bisnis.

Dalam menjalankan bisnis apapun, tentunya memerlukan relasi agar dapat berjalan sesuai rencana. Tanpa ada relasi, menjadi hal yang sangat sulit kiranya untuk dapat mengembangkan bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, pentingnya memiliki banyak relasi bisnis ataupun koneksi bagi perkembangan bisnis.

Pentingnya Relasi Bisnis

Bisnis tidak hanya berbicara mengenai bagaimana menawarkan barang atau jasa, ketersediaan produk, marketing maupun penjualan, hubungan antara pebisnis atau penjual dengan klien atau konsumen saja, tapi juga memikirkan bisnis ke depan, bagaimana bisnis ini bisa survive dan berkembang sesuai tujuan awal.

Nah, berbicara mengenai bisnis jangka panjang tidak bisa dilepaskan dari adanya relasi bisnis. Dengan memiliki relasi atau jaringan bisnis yang baik dan terpercaya akan bisa menopang bisnis Anda ke depan. Hubungan bisnis ini yang menjadi pondasi kuat bisnis Anda untuk bertahan hidup.

Ilustrasi Public Relation
Ilustrasi Public Relation, Sumber : Blog Amar Suteja

Sama seperti Anda dalam kehidupan sosial, pasti membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi. Pada dasarnya, manusia tidak bisa hidup sendiri. Inilah yang menjadi dasar dalam berbisnis.

Adapun relasi bisnis memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Mempertahankan eksistensi
  2. Memiliki maksud untuk membentuk jaringan bisnis di masa depan
  3. Untuk keperluan ekspansi bisnis

Oleh karena itu, relasi bisnis harus dibina dengan baik. Mereka tidak hanya partner kerja, juga merupakan sahabat Anda. Perlakukan dengan hangat dan sopan. Bahasa komunikasi yang terjalin juga tidak baku, harus fleksibel. Jangan selalu mengutamakan bisnis agar didapat relasi bisnis yang baik dan awet.

Tips Membangun Relasi

Ilustrasi Membangun Relasi Bisnis
Ilustrasi Membangun Relasi Bisnis, Sumber : job-like.com

Untuk menambah relasi, ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan. Yang terpenting adalah aksi yang Anda ambil ketimbang melulu berpikir. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk menambah relasi bisnis.

1. Mengetahui Kebutuhan Bisnis Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Setelah itu, carilah orang lain dan gali apakah yang bisa Anda dapatkan dari dalam dirinya apabila Anda menjadikannya relasi.

Apabila telah mengenal dan memahami satu dengan yang lain, bangunlah komunikasi yang baik agar terjalin suatu chemistry yang kompak, saling melengkapi dan membawa dampak positif terhadap bisnis yang dijalankan bersama. Selalu gunakan kata yang tidak menyinggung dan selalu menghargai partner. Mintalah bantuan dengan cara dan kata yang baik serta jelas kepada relasi.

2. Memperlakukan Relasi Selayaknya Orang Penting

Anda sebagai orang yang memerlukan relasi dan supaya bisa menjaga hubungan dan komunikasi menjadi lebih baik dan harmonis, maka perlakukan relasi Anda dengan baik sebagai orang yang penting dalam menunjang bisnis Anda.

Lakukan dengan tulus dan sudah menjadi bagian dari karakter Anda. Dengan Anda memberikan rasa hormat dan menghargai terlebih dalulu, maka setiap relasi akan merasa nyaman dan akan menghargai Anda juga.

Hal yang terlihat sederhana ini memiliki dampak yang lumayan besar. Karena ketika Anda suatu saat membutuhkan bantuan mereka secara tidak langsung, maka akan tanggap untuk membantu Anda demi kemajuan bisnis.

3. Menginformasikan Identitas Anda

Sebagai seorang yang menjalakan bisnis, Anda perlu menyiapkan identitas diri berupa kartu nama yang di dalamnya tercantum nama Anda, nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu, alamat dan bisnis apa yang sedang Anda geluti.

Keberadaan kartu nama menjadi hal yang paling penting bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. Dapat dikatakan kalau kartu nama menjadi informasi identitas yang dapat digunakan untuk menambah relasi bisnis.

Saat bertemu dengan partner bisnis yang baru, jangan lupa untuk selalu memberikan kartu nama Anda. Meskipun termasuk tindakan kecil, cara ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi bisnis. Hal ini karena kartu nama menjadi identitas diri yang memudahkan orang lain menghubungi Anda nantinya.

4. Membangun Interaksi dan Memperkuat Komunikasi

Ilustrasi Hubungan dengan Pelanggan
Ilustrasi Membangun Interaksi, Sumber : klikmania.net

Membangun interaksi tidak hanya satu golongan atau sesuai dengan bisnis yang Anda geluti saja, namun dengan berbagai jenis kenalan dengan bisnis yang berbeda akan memperluas Anda memiliki relasi bisnis yang berbeda-beda.

Bersikaplah selalu terbuka terhadap bisnis yang digeluti oleh orang lain serta aktif dalam komunitas yang mereka bentuk. Dengan cara seperti ini, Anda tidak saja memiliki banyak relasi baru namun juga memperoleh kesempatan yang terbuka lebar untuk membangun rencana bisnis.

5. Memahami Kebutuhan Relasi

Tiap-tiap orang tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lainnya. Dengan menyadari kondisi tersebut, tentu saja bisa menjadi kesempatan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menciptakan peluang besar.

Jika mengetahui kebutuhan setiap orang yang Anda kenal, Anda bisa menjadi pihak yang nantinya berperan sebagai penghubung. Hal inilah yang bisa membuat relasi bisnis Anda terus bertambah. Semakin Anda aktif dalam mencari setiap kebutuhan relasi maka peluang untuk Anda bertemu dengan orang baru akan semakin besar.

6. Menampilkan Citra Low Profile

Tanamkan selalu dalam diri Anda sifat low profile, hal ini sangat berguna agar Anda tidak memiliki karakter yang selalu meremehkan orang lain mungkin karena penampilan atau karena karakter dari orang yang ditemui.

Setiap individu memiliki keunikannya sendiri dan memiliki kelebihan masing-masing serta mungkin juga orang dipandang sebelah mata memiliki kerabat atau relasi yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.

Kemampuan menjaga komunikasi harus Anda latih setiap hari dengan metode yang tidak membosankan tapi bisa membuat nyaman relasi Anda. Selain itu, tetap berikan rasa menghormati dan menghargai.

7. Aktif Menjaga Komunikasi

Ilustrasi Seorang Pebisnis
Ilustrasi Menjaga Komunikasi, Sumber : jurnal.id

Lakukan pendekatan kepada orang-orang kenalan Anda dengan cara menjalin komunikasi yang baik. Saling menghormati tentunya akan membuat orang-orang yang Anda temui menjadi nyaman dan merasa dihargai.

Bentuk komunikasi tersebut bisa membuat hubungan yang Anda jalin menjadi lebih awet, bahkan membuat relasi Anda lebih berkembang sehingga memberikan keuntungan untuk Anda nantinya.

8. Hindari Bersikap Malu

Jangan pernah bersikap malu-malu dalam membangun hubungan dengan orang baru karena dengan sikap yang seperti itu, calon relasi Anda akan merasa tidak nyaman dan tidak bisa menangkap pesan apa yang akan Anda sampaikan.

Jika Anda merupakan tipe pemalu cobalah memulai dengan percakapan sederhana dahulu pada saat bertemu dan sikap yang harus Anda tampilkan harus bisa menarik orang di sekitar yang akan Anda gunakan sebagai relasi bisnis.

Menjadi orang yang aktif, mudah bergaul, tidak malu terhadap suasana baru, fleksibel dalam menghadapi berbagai karakter orang serta selalu membangun mental untuk meningkatkan rasa percaya diri memang dibutuhkan dalam membangun relasi bisnis.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips yang bisa digunakan untuk menambah relasi bisnis. Yang terpenting dalam membangunnya adalah take action. Jangan pernah bersikap pasif yang hanya akan membuat Anda kehilangan banyak peluang yang bisa menambah relasi bisnis.