Ketika Anda membuka mesin pencarian seperti Google untuk mencari informasi bisnis atau apapun, maka hasil yang akan di tampilkan akan diurutkan oleh mesin pencari. Pengurutan dan pemberian posisi di mesin pencari tersebut tentu tidak di lakukan acak oleh Google. Mereka memiliki cara kerja SEO yang canggih, sehingga ada berbagai parameter yang menjadi landasan ketika membuat urutan.

Urutan yang dibuat oleh Google tersebut memberikan kemudahan kepada penggunanya. Mereka akan lebih mudah memilih informasi yang paling relevan sesuai dengan kata kunci yang telah di ketikkan di mesin pencarian.

Pengurutan tersebut tentu tidak bisa dilakukan oleh manusia, karena ada jutaan konten yang harus disaring dan diurutkan. Pengurutan ini dilakukan secara otomatis. Sebenarnya, seperti apa cara kerja SEO? Bagaimana Google mampu melakukannya secara otomatisasi?  

Cara Kerja SEO
Algoritma penting dalam keberlangsungan konerja mesin pencari. Sumber Pexels

Seperti Apa SEO Itu?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan strategi pemasaran digital yang berfokus pada visibilitas situs web Anda di hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Ketika Anda memahami cara kerja SEO, Anda dapat menggunakan berbagai taktik untuk meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian.

Setidaknya ada dua cara yang dilakukan untuk melakukan optimasi website. Pertama adalah SEO off page yang dilakukan diluar situs yang di optimasi seperti pembuatan backlink berkualitas. Selain itu ada SEO onpage yang merupakan optimasi website itu sendiri, termasuk memaksimalkan kualitas konten, kualitas website, struktur dan sebagainya.

Baik SEO on page maupun off page bertujuan untuk membuat situs Anda lebih ramah di mata pengguna, serta dapat dipercaya bagi pengguna dan mesin pencari. Ketika bot perayap pada mesin pencarian melihat seberapa ramah situs web Anda bagi mereka dan pengguna, maka disitulah posisi situs website Anda di posisikan. Semakin baik, semakin ramah pengguna maka posisi situs website akan semakin ideal.

Jika ada dua website yang berbeda, dengan satu website mampu tampil di perangkat seluler dengan baik sedangkan website lainnya tidak menampikan versi seluler, maka Google akan mudah mendeteksi, website mana yang akan memperoleh posisi lebih tinggi. Tentu website yang mampu menampilkan tampilan seluler.

Masalahnya adalah, Google masih menerapkan banyak parameter yang di jadikan landasan dalam memberikan peringkat website. Peringkat tersebut tidak hanya pada kemampuan menampilkan wajah seluler pada interface website.

Mengapa Perlu Ada Rangking Pada SERP?

Pada halaman hasil pencarian atau SERP akan ada hasil yang diurutkan berdasarkan kualitas website. Biasanya pada urutan atas akan ditampilkan website yang memberikan informasi yang paling relevan. Namun urutan ideal tersebut terjadi jika SERP hanya menampilkan hasil pencarian organik saja.

Namun faktanya tidak seperti itu. SERP memberi Anda apa yang disebut “hasil organik” serta “iklan bayar per klik” (atau PPC). Hasil organik adalah yang dipengaruhi oleh  SEO, sedangkan  iklan PPC  dibayar. Artinya mungkin Anda akan menemukan hasil yang kurang relevan namun mereka menempati pada tempat iklan berbayar.

Anda tidak dapat membayar Google atau mesin pencari apa pun untuk menempati posisi atas dalam hasil organik. Karena itulah untuk menempati halaman ideal SERP tanpa harus bersusah payah dengan konten yang relevan adalah dengan menggunakan iklan.

Dari iklan itulah mereka menghasilkan uang. Jadi, semakin baik hasil yang mereka berikan kepada Anda, semakin besar kemungkinan Anda dan orang lain menggunakan mesin pencari. Semakin banyak orang yang menggunakan mesin pencari, semakin banyak iklan yang dapat mereka tampilkan dan semakin banyak uang yang dapat mereka hasilkan.

Penjelasan Teknis Cara Kerja Mesin Pencari

Cara Kerja SEO
Mesin penmcari bekerja sebagai layaknya mesin. Sumber Unsplash

Google dan mesin pencarian lainnya memiliki robot atau bot otomatis yang akan merayapi konten apapun yang beredar di internet. Mesin pencari bekerja sangat keras untuk memberi Anda hasil yang bagus pada SERP.

Mereka mengumpulkan semua jenis informasi tentang situs web Anda dan hal lain yang berkaitan dengan situs Anda. Hal ini memungkinkan mereka untuk dengan mudah menentukan kapan harus melayani pencari halaman di situs Anda. Mereka mengumpulkan hal-hal seperti kecepatan halaman , tag judul , tautan internal , tautan balik , dan sebagainya.

Berdasarkan faktor tersebut Google memberikan peringkat di halaman SERP. Dengan lebih dari 200 faktor peringkat yang digunakan oleh Google dalam algoritma mereka, maka hasil yang di dapat akan benar-benar sesuai keinginan.

Faktor tersebut meliputi faktor di dalam halaman situs itu sendiri seperti tag judul, konten, kecepatan situs, URL halaman, tag alt gambar, tautan internal, dan banyak lagi. Sedangkan faktor di luar halaman hampir seluruhnya didasarkan pada tautan ke situs Anda dari situs lain. Artinya ada situs lain yang mereferensikan situs Anda.

Penting untuk diingat bahwa bot ini adalah program komputer otomatis dan bukan manusia sungguhan. Karena mereka adalah robot maka mereka memiliki keterbatasan tidak seperti manusia. Sebenarnya mereka tidak dapat mengakses situs web seperti manusia.

Karena mereka tidak benar-benar melihat situs web, maka mereka merayapi kode situs web dan ini berarti mereka tidak dapat melihat gambar atau video, juga tidak bias memahami konten seperti layaknya manusia. Yang bekerja adalah algoritama Google.

Fungsi SEO Yang Membantu Kinerja Mesin Pencari

Keputusan Google untuk membuat dua sisi dalam SERP yakni hasil pencarian berbayar dan juga pencarian organik memang tepat. Di satu sisi Google mencari keuntungan dengan keberadaan pencarian berbayar. Namun disisi lain mereka tetap menyediakan slot untuk konten yang benar-benar dibuat relevan.

Jika mereka hanya menampilkan hasil berbayar, tentu kualitas website yang akan di tampilkan adalah website yang memiliki konten berbayar saja. Artinya belum tentu hasil SERP adalah website yang menampilkan informasi relevan dan berbobot. Ini tentu akan merusak citra Google sendiri di mata pengguna.

Begitu pula jika yang ditempilkan adalah website dengan SEO organik. Mereka tidak akan mendapatkan keuntungan dari iklan. Dari keuntungan iklan-lah mereka bisa hidup dan berkembang. Dari perkembangan itulah pengguna akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dimana sebagian besar fitur Google seperti Google My Business, Google Maps dan sebagainya dapat digunakan dengan gratis.

Mesin pencarian Google memang tidak memiliki kemampuan untuk membaca artikel seperti manusia, namun mereka akan mengumpulkan informasi tententu melalui queri yang terkandung dalam sebuah artikel. Karena itulah queri menjadi penting dalam sebuah konten.

Manusia sebagai pengguna dan pembuat konten melakukan penyesuaian dalam membuat konten. Konten diatur sedemikian rupa sehingga memiliki kandungan queri yang nantinya akan diindeks oleh bot Google. Disisi lain pembuatan konten juga memperhatikan petunjuk yang telah di tentukan oleh Google.

Ini seperti kinerja yang dilakukan oleh dua pihak yang saling melengkapi. Manusia sebagai pembuat konten akan membuat konten yang menarik dan mampu menggiring pemahaman, mempengaruhi emosi penggunanya dan hal lain yang tentu saja hanya bisa dilakukan oleh manusia.

Sedangkan bot mesin pencari melakukan klasifikasi konten berdasarkan queri, mendeteksi kecepatan website, mendeteksi struktur website ataupun struktur backlink dan lain sebagainya. Kemudian berdasarkan pengindeksan tersebut mereka melakukan pengurutan berdasarkan peringkat yang mereka gunakan.

Pekerjaan ini tentu mustahil di lakukan oleh manusia, mengingat ada milyaran konten di seluruh dunia. Sedangkan pengguna menginginkan hasil yang cepat ketika mereka melacak suatu informasi dengan queri tertentu di mesin pencari.

Cara Kerja SEO
Peringkat website berdasarkan kualitas. Sumber Pexels

Penutup

Dengan memahami cara kerja mesin pencari dalam melakukan pekerjaannya, tentu akan di ketahui cara kerja SEO agar konten tersebut masuk dalam kategori SEO freiendly. Denga demikian konten yang dibuat akan dianggap layak dan masuk dalam penyaringan. Konten yang di maksud adalah konten berkualitas.

Konten berkualitas dan SEO friendly dalam sebuah website bisa Anda dapatkan di SEO Anak Sholeh. Jika Anda mempercayakan pengelolaan website Anda di jasa maintenance website SEO Anak Sholeh, Anda secara berkala akan mendapatkan konten berkulitas, website yang optimal dan tentu saja posisi SERP yang ideal. Segera hubungi kami dan buktikan sendiri!

Open chat
Kami senang membantu Anda