Marketing merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Seperti halnya peperangan, maka marketing adalah prajurit garda depan yang berhadapan langsung dengan musuh di medan peperangan. Segala cara diupayakan agar menguasai pertempuran. Sebagaimana dunia digital sekarang, marketing di dunia digital pun harus melalui berbagai sarana, salah satunya adalah dengan cara membuat video youtube untuk marketing bisnis.

Mengapa Harus YouTube?

Cara Membuat Video Youtube
Platform youTube. Sumber Unsplash

Seperti yang pernah diulas sebelumnya bahwa saat ini penguasa dunia internet adalah Google, sedangkan YouTube adalah platform penyimpanan video yang memungkinkan seseorang yang menyimpan video di platform ini bisa membagikan kepada orang lain. Dan yang paling penting adalah platform ini sudah di akuisisi oleh Google. Karena itu ketika mesin pencarian bekerja, YouTube tidak pernah luput dari perayapan dan justru menempati posisi atas.

Hal inilah yang menjadikan berbagai pelaku bisnis menggunakan peluang di YouTube untuk menjaring klien baru. Berbagai strategi perencanan digital marketing di youTube di lakukan, mulai dari pembuatan video iklan berbayar sampai membuat video viral dengan maksud untuk menambah kunjungan viewer sehingga iklan atau pesan yang dikemas dapat tersampaikan.

Membuat Video YouTube Marketing

Untuk menghasilkan video yang berkualitas, maka cara membuat video YouTube marketing harus melalui beberapa proses. Berbagai persiapan harus dilakujan. Inilah beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. Rancang Konsep Video Maketing

Sebelum memulai dengan langkah pembuatan secara teknis, maka sebaiknya dibicarakan dahulu konsep yang akan diusung dalam pembuatan video YouTube marketing. Anda bisa membicarakan dengan tim kecil anda. Yang perlu di perhatikan adalah video haruslah menarik, dan juga pastikan video yang di tampilkan bukan seperti iklan, sehingga penonton ketika melihat video tersebut tidak merasakan bahwa mereka sedang menonton iklan.

Model video yang menampilkan cerita bisa menjadi inspirasi dalam pembuatan konsep video iklan. Anda bisa membuat video yang tidal emnampilkan iklan secara vulgar, semacam video soft selling. Dengan menampilkan vodeo dengan kemasan ilklan secara langsung maka penonton akan langsung melewatkan video yang anda buat. Anda bisa membuat skrip viideo iklan anda sendiri.

2. Buat Rekaman Video Anda

Cara Membuat Video Youtube
Proses filming. Sumber Unsplash

Setelah menyelesaikan skrip, anda bisa memulai produksi video pemasaran. Meskipun video yang anda buat adalah video iklan yang berdurasi tidak terlalu lama namun sebaiknya dalam pembuatannya dibuat seprofesional mungkin. Berikut daftar hal-hal penting yang Anda perlukan untuk produksi video:

  • Gunakan kamera terbaik. Pilih kamera yang bermerk dan memiliki hasil video yang bagus. Persiapkan juga baterai cadangan, kartu memory yang cukup dan juga perlengkapan lain seperti tripod.
  • Pencahayaan, Pastikan Anda memiliki cahaya yang cukup di lokasi pengambilan gambar. Bisa juga dengan menambahkan pencahayan dengan perangkat tambahan.
  • Suara, Perhatikan dalam perekaman suara. Untuk mendapatkan suara yang bagus anda bisa menggunakan perangkat microphone tambahan. Berabgai jenis microphone bisa dibeli dipasaran.
  • Lokasi. Pilih lokasi yang sesuai dengan skrip cerita dengan gangguan minimal.
  • Alat peraga dan kostum. Pastikan kostum yang dikenakan para model yang di pakai dalam pembuatan iklan sesuai.
  • Cast. Anda bisa berlatih seperti berlatih pertunjukan drama. Hal ini penting agar tidak banyak melakukan kesalahan.
  • Kru. Buat semacam panitia kecil agar masing-masing bagian ada penanggungjawabnya. Jika ini dilakukan untuk mendelegasikan pekerjaan akan menjadi mudah.

3. Mengedit Video Pemasaran Anda

Mengedit video tidak hanya sekedar memotong video. Namun pekerjaan ini lebih ke menyusun cerita yang terpisah-pisah. Ambil langkah-langkah berikut untuk mengedit video marketing anda :

  • Atur rekaman. Impor semua rekaman Anda ke komputer dan atur klip Anda di folder ke grup klip milik bersama. Kemudian tonton semua rekaman dan buat catatan secara umum. Pastikan untuk membuang klip yang jelas tidak dapat digunakan dan pilih klip-klip terbaik.
  • Tinjau kembali skrip. Pastikan anda memiliki video klip yang sesuai dengan alur skrip yang telah anda buat.
  • Kumpulkan bahan tambahan. Video Anda mungkin memerlukan foto, grafik, dan efek suara. Kumpulkan semua bahan tambahan ini dan siapkan untuk diedit.
  • Buat editan kasar. Rakit rekaman secara berurutan untuk membuat versi draf pertama video marketing. Untuk melakukannya, buka skrip, temukan klip terbaik untuk setiap adegan, dan letakkan di timeline program pengeditan dalam urutan yang benar.
  • Mulai perbaiki. Putar ulang video beberapa kali dan lakukan perbaikan pada waktu pengeditan dengan memotong klip menjadi lebih padat atau menata ulang urutan klip. Bersabarlah – menemukan ritme yang tepat untuk video marketing adalah proses yang membutuhkan usaha maksimal namun hati-hati.

4. Tambahkan suara dan efek.

Tambahkan musik, efek suara, dan narasi sulih suara jika diperlukan. Tambahkan judul ke awal dan akhir video marketing. Untuk pengerjaan efek visual yang rumit anda bisa mengerjakannya di bagian akhir agar waktu lebih efektif.

Dapatkan Umpan Balik

Umpan balik yang paling tepat adalah dari orang-orang yang dekat dengan audiens. Karena itulah sebelum video benar-benar dirilis, pastikan anda mempresentasikannya kepada orang banyak.

Sebenarnya anda bisa menggunaka jasa pengeditan video profesional untuk melakukannya. Namun jika anda dan tim yang anda bentuk bisa melakukannya,maka bisa dlakukan sendiri.

Menerbitkan dan Mempromosikan Video Marketing di youTube

Untuk mendapatkan audiens yang tepat dari video marketing yang anda buat, perlu membutuhkan teknik dan saluran promosi khusus. YouTube bukan hanya platform berbagi video terbesar, tetapi juga mesin pencari terbesar kedua di dunia. YouTube dapat  menjangkau lebih banyak orang daripada situs video lainnya di dunia. Andabisa melakukannya dengan membaca petunjuk di artikel sebelumnya tentang strategi marketing di YouTube. Semua petunjuk teknis di YouTube diulas pada artikel tersebut.

Pasang Video Pada Media Lainnya

Jangan terpaku pada laman YouTube saja. Masih ada media lainya yang bisa dijadikan lahan marketing anda. Bisa jadi media tersebut bisamembuka peluang baru.

1. Tempatkan video di situs website.

Video adalah salah satu aset marketing yang paling menarik, penggunaan website dengan vieo tentu akan menammbah nilai dari website tersebut. Untuk menghemat alokasi penggunaan memori pada website maka anda bisa menambahkan video embed pada youTube.

2. Maksimalkan penggunaan media sosial

Penggunaan sharing di media sosial tidak hanya akan membuat lebih banyak penayangan video, tetapi hal terssebut juga akan membuat halaman media sosial lebih menarik karena orang menyukai konten video dari pada grafik atau tulisan.

3. Terlibat aktif dengan audiens

Jika video dinilai baik atau buruk anda akan mendapat reaksi dari viewer. Pastikan untuk bergabung dengan percakapan di komentar.

4. Optimalkan video pada mesin pencari.

Banyak lalu lintas ke video marketing berasal dari mesin pencari. Pastikan video Anda memiliki judul, deskripsi, dan tag yang akan memungkinkan audiens menemukannya dengan mudah. Trik membuat backlink YouTube sepertinya bagus untuk dipelajari adlam masalah ini.

Cara Membuat Video Youtube
Aplikasi edit video. Sumber Unsplash

Penutup

Demikinlah cara membuat video YouTube marketing yang bisa kami ulas. Anda bisa menggunakan berbagai resources yang anda miliki untuk memaksimalkan marketing anda, termasuk menggunakan kemampuan tim anda untuk mengolah marketing digital dengan cara membuat video YouTube marketing. Semoga artikel ini membantu anda dalam marketing, jika memiliki kendala anda bisa menghubungi SEO Anak Sholeh. Terima kasih.

Kami senang membantu Anda