Instagram menjadi salah satu platform pemasaran digital yang bisa Anda gunakan secara gratis. Apalagi untuk bisnis UMKM yang Anda rintis. Mungkin di awal pembuatan akun, Anda tidak akan memiliki pengikut atau follower. Namun, Anda bisa menggunakan cara menambah follower Instagram dengan gratis atau berbayar untuk mendapatkan pengikut.

Cara Menambah Follower Instagram Gratis

Beberapa cara menambah follower Instagram gratis di bawah ini bisa Anda coba untuk akun Instagram bisnis Anda. Untuk skala UMKM penting untuk mencari cara yang hemat untuk menekan pengeluaran. Inilah beberapa cara yang bisa Anda coba!

Instagram. Sumber Unsplash @alexbemore

1. Konsisten Posting

Melakukan posting secara konsisten menjadikan akun Instagram Anda lebih sering muncul di beranda pengikut Anda. Selain itu dengan postingan yang tepat yakni menambahkan tagar yang sesuai, Anda akan mudah dicari oleh pengguna baru di Instagram yang nantinya berpotensi untuk mengikuti Anda.

Untuk kemudahannya, Anda bisa menggunakan kalender konten sehingga konten yang nantinya akan Anda posting menjadi lebih terencana. Biasanya penyedia layanan admin Instagram yang sudah profesional menggunakan kalender konten sebagai acuan dalam postingan hariannya.

2. Maksimalkan Kesan Pertama

Membuat postingan harus di maksimalkan. Artinya Anda tidak boleh hanya sekedar coba-coba unutk mengisi postingan Instagram bisnis Anda. Postingan dengan kesan yang buruk akan mempengaruhi orang lain akan ketertarikan kepada akun Anda. Mereka tentu tidak tertarik untuk mengikuti akun Anda.

Karena platform Instagram menitikberatkan pada konten gambar, maka Anda harus menggunakan gambar yang bagus dalam postingannya. Jika memasarkan produk, maka sebisa mungkin menggunakan gambar milik Anda sendiri. Aplikasi pengeditan gambar bisa Anda gunakan untuk mendapatkan gambar yang lebih baik.

3. Memanfaatkan Reels Instagram

Selain gambar, Instagram tidak ketinggalan dengan aplikasi video pendek seperti Snack Video atau TikTok. Fitur terbaru dari Instagram yang fokus pada penayangan video pendek bernama Reels. Kelebihannya adalah, Anda tidak perlu menginstal aplikasi terpisah untuk mendapatkan reels Instagram Anda.

Pelajari penggunaan reels Instagram dan Anda harus masuk dan terlibat dalam kontribusi video pendek. Dengan demikian, bisnis Anda akan mudah ditemukan dimana saja, mulai dari postingan gambar sampai video pendek. Anda bisa menayangkan video pemasaran produk Anda secara langsung atau video lain yang masih berhubungan dengan bisnis Anda.

4. Menggunakan Teks Yang Tepat

Tips lain agar konten Anda disukai oleh pengguna Instagram adalah, Anda menggunakan teks yang tepat. Anda hanya memloko kesempatan untuk menulis kalimat yang tidak terlalu panjang. Karena itu, pastikan Anda menghemat penggunaan kalimat. Selain itu penggunaan tanda pagar yang relevan diperlukan untuk visibilitas di pencarian.

5. Komunikasi Aktif Dengan Pengikut

Terkadang pengikut Anda atau orang yang menemukan postingan Anda akan melakukan interaksi dengan Anda. Pastikan Anda membalas segala pertanyaan mereka di komentar. Dengan demikian mereka akan berpikir bahwa Anda atau bisnis Anda akan selalu ada ketika dibutuhkan. Peluang untuk mendapatkan banyak pengikut akan besar ketika komunikasi dengan pengikut selalu terjaga.

6. Lakukan Analisis

Melakukan analisis bisa memudahkan Anda untuk merencanakan segala hal, termasuk dalam perencanaan upaya yang dilkukan dalam menjangkau konsumen lebih banyak. Anda akan mudah memetakan seperti apa pasar atau audiens Anda, darimana mereka berasal dan cara seperti apa yang tepat untuk menjangkau mereka. Dengan mengetahui data tersebut Anda bisa melakukan berbagai upaya dengan efektif.

Cara Menambah Follower Instagram Berbayar

Cara lain untuk menambah follower adalah dengan cara berbayar. Jika bisnis Anda sudah memiliki anggaran yang cukup besar untuk di alokasikan di pos pemasaran, Anda bisa menerapkan cara berbayar untuk menghimpun pengikut di akun Instagram bisnis Anda. Inilah caranya.

Instagram. Sumber Unsplash @ purzlbaum

1. Menggunakan Endorsmen Atau Kreator Lain

Terkadang pengguna Instagram akan memperhatikan beberapa tokoh panutan seperti selebritis atau selebgram ketika mereka membuka akun media sosialnya. Berbagai aktifitas yang dilakukannya akan selalu di pantau. Fenomena inilah yang bisa dimanfaatkan penbisnis untuk meningkatkan visibilitas merek mereka di dunia maya.

Anda bisa menggunakan endorsmen di pemasaran produk atau layanan Anda. Anda bisa memajang foto atau video publik figur di postingan Anda, atau Anda bisa meminta mereka memposting produk atau layanan yang Anda miliki di akun mereka. Anda bisa juga menggunakan kreator lain untuk memposting postingan pemasaran Anda di akun mereka.

2. Menggunakan Iklan Berbayar

Cara berbayar lainnya dalam meningkatkan visibilitas dan menambah pengikut akun Instagram Anda adalah dengan meluncurkan iklan berbayar di Instagram atau bisa disebut dengan Instagram Ads. Anda bisa mengiklankan postingan Anda dan memulai kampanye dengan konten yang menarik. Cara ini umum dilakukan oleh pemilik Instagram bisnis.

Cara Menambah Follower Instagram Dengan Tidak Natural

Cara di bawah ini terbukti efektif untuk menambah pengikut akun Instagram Anda dengan cepat dalam waktu singkat dan merupakan cara yang biasa digunakan. Namun cara tersebut bukan merupakan cara yang organik, sehingga hasil tidak maksimal, meskipun secara signifikan mampu mendongkrak follower Anda. Inilah cara yang digunakan.

1. Membeli akun Instagram

Cara ini cukup mudah. Bahkan Anda tidak memerlukan akun Instagram. Anda bisa membeli akun Instagram yang dijual yang telah memiliki banyak pengikut. Dengan demikian, Anda tinggal mengisi konten dan merubah profil akun Instagram yang baru saja Anda beli.

Namun Anda tidak akan mendapatkan pengikut yang relevan dengan bisnis Anda. Mereka yang mengikuti akun Anda adalah akun yang tidak jelas, apakah mereka menyukai bisnis Anda, apakah mereka masih aktif berInstagram sampai saat ini dan lainnya.

Biasanya para penjual akun Instagram ini menjual akun Instagram yang dulunya merupakan akun yang tidak ada hubungannya dengan bisnis apapun. Mungkin sebelumnya adalah akun lelucon, akun yang kontroversial atau akun yang fokus membuat konten yang menjadikan banyak pengikut.

2. Membeli follower Instagram

Cara lainnya adalah Anda bisa membeli pengikut Instagram. Cara ini efektif menaikkan penmgikut Anda di dunia maya. Namun mereka yang mengikuti Anda tidak serta merta menyukai bisnis Anda. Ada tujuan lain mengapa mereka mengikuti Anda, biasanya untuk mengikuti program give away dari pihak lain.

Skemanya adalah seperti ini : Sebuah akun Instagram, biasanya selebgram atau siapapun yang sudah memiliki banyak pengikut menyelenggarakan program give away. Syarat untuk mengikuti give away adalah peserta harus mengikuti salah satu akun. Akun Anda itulah yang akan diikuti ketika Anda membeli follower.

Dengan cara ini maka orang akan berbondong bondong mengikuti akun Anda yang merupakan syarat ikut program give away. Cara ini memang berjalan baik. Anda akan memiliki pengikut yang bertambah namun cara ini adalah cara tidak natural.

Instagram. Sumber Unsplash @erik_lucatero

Penutup

Dalam bisnis, memiliki akun Instagram adalah suatu keharusan di masa digital sekarang. Berbagai cara menambah follower Instagram bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki akun bisnis untuk Instagram. Namun yang menjadi catatan adalah, cara yang natural atau organik adalah cara terbaik untuk jangka waktu lama.

Karena itu, untuk mendapatkan cara organik, Anda bisa menggunakan jasa admin Instagram. SEO Anak Sholeh salah satu penyedia layanan jasa pemasaran digital bisa Anda jadikan rekomendasi untuk pengelolaan Instagram bisnis Anda. Pesan selot sekarang juga!

Open chat
Kami senang membantu Anda