Klien adalah faktor terpenting dari keberlangsungan bisnis setiap orang. Perusahaan atau perorangan akan melakukan berbagai uaya untuk mendapatkannya. Cara mendapatkan klien yang umum dilakukan adalah dengan melakukan aktifitas marketing. Baik melakukan perencanaan digtal marketing atau marketing tradisional.

Jka anda sudah memiliki perusahaan besar, tentu sudah ada tim marketing yang melakukannya. Namun bagi anda seorang solopreneur atau freelancer tentu harus melakukannya sendiri agar mendapatkan klien. Beberapa tips dan cara mendapatkan klien untuk bisnis jasa anda di bawah ini bisa anda coba untuk di lakukan.

1. Manfaatkan Jaringan Yang Anda Miliki

Bisnis yang besar biasanya memiliki jaringan yang luas. Dalam membangun jaringan tersebut tentu harus melewati fase kecil dahulu. Jika anda menghadiri suatu acara yang merupakan acara jaringan anda, seperti acara reuni sekolah, jangan sungkan untuk membicarakan bisnis jasa anda. Dengan cara ini, teman-teman anda ketika membutuhkan layanan jasa dimana anda bisa melakukannya, tentu mereka akan mempercayakan pekerjaannya kepada anda.

Cara Mendapatkan Klien
Percaya diri dalam membangun jaringan. Sumber Unsplash

Selain itu, anda bisa menghadiri acara yang telah di umumkan di situs seperti Meetup atau Eventbrite . Hadirilah acara yang memang berhubungan dengan bisnis anda dan anda bisa membuka jaringan dengan peserta acara. Jika anda memiliki bisnis desain grafis atau animasi yang fokus membuat animasi iklan, maka cobalah untuk menghadiri acara di industri periklanan.

Terkadang, orang yang Anda ajak bicara bukanlah calon klien anda, tetapi mereka mungkin penghubung yang dapat memperkenalkan anda dan layanan anda kepada orang lain. Jika anda tidak menemukan klien baru, paling tidak anda akan menemukan kealan baru yang kemungkinan kedepannya akan anda butuhkan untuk perkembangan bisnis anda.

2. Kunjungi Situs Berkumpulnya Klien

Klien ideal anda mungkin sudah mencari layanan jasa di beberapa situs penyedia layanan jasa secara online seperti Problogger, 99designs, Behance, atau Indeed. Karena itulah situs tersebut dapat menjadi tempat yang sangat baik untuk menemukan klien baru.

Ada ratusan bahkan ribuan agensi yang menjajakan jasa layanan mereka di situs tersebut. Namun sebaiknya anda tetap membuka akun di situs tersebut dan menunjukkan portofolio anda di situs tersebut. Mendapatkan pekerjaan di situs tersebut memang hal yang bagus, namun akan lebih bagus lagi jika ada hubungan langsung antara anda dengan calon klien anda.

3. Membangun Koneksi LinkedIn

Banyak orang yang memiliki akun LnkedIn dan menggunakannya, bahkan setiap hari. Namun terkadang penggunaannya tidak maksimal. Pastikan ketika anda menggunakan LinkedIn, anda menggunakannya untuk memiliki hubungan dengan klien potensial. Namun pernahkah anda melakukan kontak intensif dengan beberapa orang saja melalui LinkedIn ?

Jika anda memiliki ribuan koneksi, anda mungkin hanya memiliki sedikit sekali kontak langsung dengan mereka. Untuk mendapatkan hubungan yang lebih intensif, anda bisa melakukannya dengan mengomentari hal yang mungkin sepele, seperti mengomentari website yang dimiliki oleh akun seseorang. Dari situlah anda akan memiliki esempatan untuk mengenalkan anda dan kemampuan yang anda miliki.

4. Manfaatkan Situs Website

Saat ini semua bisnis seperti tidak lepas dari penggunaan website. Anda bisa membangun website profesional untuk agensi anda. Semua portofolio anda bisa anda pamerkan di website yang telah anda bangun. Dari situlah anda akan ditemukan oleh klien anda ketika mereka mencari informasi tentang jasa yang mereka cari di internet.

Agar website anda mudah ditemukan di internet dengan mengetikkan kata kuci tertentu di mesin pencari, anda bisa mengoptimasikan website anda. Banyak perusahaan jasa SEO profesional yang bisa anda percaya untuk mengolah website anda agar mendapatkan peringkat halaan pertama di mesin pencarian seperti Google, Bing atau pencarian lainnya.

5. Maksimalkan Halaman Google Bisnisku

Memiliki halaman Google Bisnisku menjadikan Anda seorang profesional baik anda seorang freelancer ataupun pemilik sebuah agensi. Dengan menggunakan layanan gratis ini dapat memastikan bahwa saat orang menelusuri bisnis anda secara online, mereka menemukan Anda. Dengan cara ini klien lokal yang berdekatan dengan posisi ada akan mudah menemukan anda melalui Map.

Agar mudah dalam komunikasi dan memberikan gambaran jelas tentang isnis anda, perlu dilengkapi berbagai data seperti nama bisnis, kategori, situs web, nomor telepon, dan alamat anda. Untuk membuat listingan bisnis anda benar-benar menonjol, tambahkan beberapa gambar. Daftar bisnis dengan gambar mendapatkan 35% lebih banyak klik ke situs web.

Anda bisa menambahkan logo anda dan gambar lain untuk membantu orang memahami bisnis anda. Jika Anda memiliki kantor secara fisik, tambahkan beberapa foto kantor tersebut yang terlihat dari depan dan memiliki kesan profesional. Anda dapat menggunakan beberapa gambar yang anda miliki di situs web anda, seperti screenshoot portofolio pekerjaan anda, tm anda dan sebagainya.

6. Bangun Kerjasama Dengan Bisnis Lain

Dalam banyak kasus, banyak bisnis dapat saling bergantung satu sama lain, seperti simbiosis mutualisme.seorang pengusaha desain website bisa bekerjasama dengan seorang copywriter, seorang pengusaha jasa konveksi bisa bekerjasama dengan perusahaan sablon dan sebagainya. Jenis hubungan simbiosis ini bekerja dua arah.

Bisa juga kerjasama yang anda lakukan dengan meminta pekerjaan kepada perusahaan yang lebih besar. Sebuah perusahaan besar seperti perusahaan konveksi akan mengajak perusahaan lain yang lebih kecil ketika merekakelebihan order masuk. Dengan cara ini anda akan memiliki mitra berharga yang dapat membantu anda mendapatkan klien meskipun tidak secara langsung.

7. Proaktif Agar Mendapatkan Referensi

Banyak yang menganggap bahwa dengan memberikan pelayanan yang baik maka perusahaan anda akan direkomendasikan oleh konsumen. Namun tida semuanya begitu. Terkadang ketika konsumen mendapatkan layanan yang baik, mereka tidak membicarakan perusahaan anda kepada siapapun. Karena itulah, anda-lah yabg harus proaktif agar mendapatkan referensi dari pelanggan.

Dalam suatu konten di website, akan sering anda temukan kata-kata berikut : ‘jika artikel ini bermanfaat, maka silahkan bagikan melalui akun media sosial anda….’. itulah bentuk aksi proaktif. Anda bisa melakukan komunikasi dengan klien anda yang sekiranya puas dengan pelayanan yang anda berikan untuk menyebarkan pengalamannya kepada orang lain.

8. Hadir di Media Sosial

Hal yang perlu disadari adalah saat ini media sosial adalah tambang emas untuk menemukan klien baru yang berharga. Tapi anda harus mengelola akun media sosial tersebut dengan benar. Jangan mengandalkan cara lama dengan memposting layanan pekerjaan anda di Facebook. Anda bisa memaksimalkan dengan bergabung di group Facebook.

Tempat lain untuk membangun otoritas anda adalah Quora dan Twitter. Menjawab pertanyaan di Quora (dengan tagline yang sesuai di bawah nama anda) adalah cara yang bagus untuk tampil di depan klien ideal anda. Anda bisa memulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan di Quora, bangun hubungan yang lebih dekat lagi.

9. Buat Konten Video Yang Menarik Klien Anda

Konten video saat ini mulai naik daun. Meskipun mungkin anda akan merasa canggung berbicara di depan kamera, membuat konten video yang relevan adalah cara yang bagus untuk membangun kepercayaan pada apa yang anda jual. Saat ini, bahkan video yang tidak bermanfaat saja akan mendapatkan banyak penonton.

Cara Mendapatkan Klien
Klien baru akan datang jika mereka tertarik dengan konten anda. Sumber Unsplash

Anda bisa memproduksi konten video yag lebih baik dan bermanfaat. Bisa berupa video tutorial, tips dan trik dan video sejenis. Kemas video dengan bagus dan kemudian unggah di YouTube. Namun anda tent arus mencantumkan layaan anda di bagian belakang frame video. Anda bisa melakukan optimasi video dengan membuat backlink YouTube.

10. Mintalah Testimoni dan Review dari Pelanggan

Saat anda memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien anda, mereka akan dengan senang hati akan mengatakan semua hal baik tentang layanan anda di internet. Meskipun demikian, mereka mungkin tidak akan melakukannya kecuali jika diminta. Sama seperti meminta referensi, mintalah pelanggan yang telah menggunakan jasa anda dan merasa puas untuk menuliskan ulasan yang baik tentang anda di internet.

Jika anda memiliki halaman Google Bisnisku, anda dapat meminta klien anda untuk memberikan ulasan di Google. Anda juga bisa memintanya melakukan hal serupa di LinkedIn atau akun media sosial lainnya. Dengan ulasan positif yang banyak maka anda akan mudah dipercaya klien di internet. Cara mendapatkan klien dengan langkah ini mudah dan jangan sampai ditinggalkan.

Open chat
Kami senang membantu Anda