Mengelola website tidak hanya sekedar menjaga agar website dapat diakses dengan baik atau diperpanjang setiap tahunnya. Lebih daripada itu, perlu ada cara mengelola website yang khusus agar website tersebut bisa bersaing di mesin pencari (search engine).

Bagi pemula tentunya perlu banyak pemahaman agar pengelolaan yang Anda lakukan dapat menghasilkan atau mencapai tujuan yang Anda inginkan. Baik tujuan tersebut berupa banyaknya kunjungan di setiap halaman ataupun adanya pembelian dari produk yang ditawarkan di website.

Ternyata cara mengelola website bagi pemula memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Baik itu website bisnis, website pribadi atau website organisasi non-profit. Mungkin, bagi para pemula seperti Anda yang baru saja terjun langsung dan menggeluti dunia website akan terlihat sangat sulit.

Diperlukan cara serta langkah yang tepat dalam mengelolanya. Jika terjadi kesalahan, baik itu sering maupun tidak, pastinya hal tersebut dianggap biasa terjadi, namanya saja pemula. Lama-kelamaan, jika Anda terus menggeluti dan mempelajari dunia website pastinya akan terbiasa juga.

Para pengguna teknologi kini banyak yang memanfaatkan media online terutama website dalam hal mencari berbagai sumber informasi. Tidak hanya itu, kini dengan melihat semua web yang ada dalam berbagai jenis, baik itu blog maupun wordpress, jika Anda menyadari, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar.

Ilustrasi Cara Mengelola Website
Ilustrasi Cara Mengelola Website, desainkreasi.com

Maka dari itu, Anda harus tepat dalam mengelola website agar konten yang ada di web Anda menarik perhatian banyak pengunjung. Jika semakin hari pengunjung semakin banyak, itu akan berpengaruh terhadap trafik web Anda.

Apa Pentingnya Mengelola Web?

Jika Anda bertanya ke salah satu rekan, mungkin ia akan menjawab tidak penting, karena ia tidak suka hal yang berbau digital atau teknologi. Namun, jika dipandang dari sudut pandang prospek ke depannya, sangat penting bagi Anda untuk memiliki sebuah website. Jika sudah membuatnya, maka hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah bagaimana cara mengelolanya.

Mungkin Anda merasa tidak penting, karena belum tahu secara detail apa saja keuntungan dari memiliki web. Perlu Anda ketahui, jika nantinya Anda memiliki web dan kemudian berkembang, Anda bisa mendaftarkan web Anda ke platform yang bisa memberikan biaya.

Jasa Maintenance Website

Maka, sebelum terlambat ada baiknya Anda langsung mulai mengembangkan website Anda dan menerapkan cara mengelola website bagi pemula. Jika merasa masih ada yang tidak dimengerti dan bingung, jangan segan untuk bertanya dan gabung dengan komunitas para pengelola website yang masih pemula dan setara dengan Anda.

Cara Mengelola Website

Untuk Anda para pemula, berikut ini beberapa cara mengelola website yang bisa Anda lakukan.

1. Temukan Motivasi Terkuatmu

Simon Sinek dalam bukunya Find Your Why mengemukakan pentingnya menemukan alasan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Kami sarankan untuk para pemula ataupun yang sudah kawakan agar memperbarui dan menemukan alasan yang kuat saat mengelola website.

Kita tidak ingin waktu dan tenaga kita terbuang sia-sia bukan? Umur kita yang terbatas sayang dilewatkan percuma. Setelah menemukan alasan yang kuat, misalnya ingin mengelola website agar bisa mengajak haji orang tua, maka saran kami why tersebut ditulis dan sering diingat kembali. Agar “power” Anda senantiasa terjaga.

2. Menulis Konten Relevan

Ilustrasi Content Marketing
Ilustrasi Konten Marketing, Sumber : koinworks.com

Ketika Anda memutuskan untuk membuat website, maka Anda juga harus memutuskan apa saja konten yang akan ditampilkan di website tersebut. Usahakan konten yang Anda publikasikan saling terkait satu sama lain.

Tujuan dari keterkaitan konten yaitu untuk menjaga agar topik bahasan dan kesesuaian target pengguna. Contohnya jika website Anda mempromosikan tentang jasa pembuatan website, maka topik bahasan yang Anda publikasikan hendaknya seputaran website.

Dengan hal itu, pengguna yang mengunjungi website Anda akan mendapatkan informasi yang relevan dan Anda dapat mempromosikan produk Anda dengan lebih leluasa. Mengelola konten bukanlah hal yang mudah terutama jika Anda dalam posisi pemula.

Di awal Anda akan merasa sedikit susah, dalam membuat konten yang saling terkait satu sama lain. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya artikel yang relevan dengan topik website, maka Anda akan dapat dengan mudah mengaitkan artikel baru dengan artikel sebelumnya.

3. Menyisipkan Gambar Menarik

Dengan gambar, maka maksud atau tujuan yang terkandung di dalam artikel Anda akan diperjelas (relevan dengan konten). Hal ini bisa berdampak positif, karena apa yang Anda sampaikan dapat dengan cepat dipahami, sehingga sasaran Anda tercapai dengan mudah.

Jika gambar yang Anda sisipkan merupakan sebuah promosi produk, usahakan membuat dengan semenarik mungkin. Biasanya orang lebih suka melihat sampul dahulu, kemudian baru melihat isinya. Jika sampul Anda menarik, maka peluang untuk diklik dan dikunjungi akan semakin besar.

4. Mempublikasikan Artikel Secara Berkala

Ilustrasi Menulis Artikel
Ilustrasi Menulis Artikel, Sumber : jokosusilo.com

Menjaga agar publikasi artikel tetap stabil bukanlah perkara yang mudah. Terkadang kesibukan dan suasana hati menjadi salah satu alasan kuat molornya publikasi artikel. Artikel baru akan memungkinkan Anda untuk menyisipkan lebih banyak kata kunci yang relevan dengan website.

Jika dilihat dari sisi optimasi halaman dan mesin pencari, publikasi secara berkala dapat meningkatkan posisi halaman pencarian. Namun, hal ini harus disertakan dengan konten yang berkualitas dan manajemen konten yang baik.

5. Mengevaluasi Website

Pada dasarnya yang terpenting di dalam website adalah konten yang dipublikasikan. Semakin baik konten yang dimiliki, maka semakin bagus pula respon dari pengguna dan mesin pencari. Evaluasi website merupakan cara mengelola website bagi pemula yang perlu untuk diperhatikan.

Melalui perantara Search Console dan Google Analytics, maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai website Anda. Search Console akan membantu Anda untuk memberikan laporan terkait kualitas SEO (Search Engine Optimization) dari website Anda.

Jika kualitas SEO dari website Anda sudah baik, maka Anda dapat memanfaatkan Google Analytics untuk mengevaluasi lalu lintas pengunjung yang mengunjungi website Anda. Anda dapat mengetahui secara detail siapa pengunjung Anda (biasanya ditampilkan diakses dari negara mana, menggunakan perangkat apa, dan lainnya).

Google Analytics akan sangat membantu Anda untuk menganalisis seberapa berhasil optimasi yang Anda lakukan. Ini ditunjukkan dengan besaran trafik dan posisi halaman pada mesin pencari.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara mengelola website bagi pemula. Pada dasarnya, mengelola website membutuhkan banyak percobaan yang sangat tergantung pada kasus masing-masing. Tidak ada metode baku yang pasti berhasil diterapkan dalam proses optimasi halaman. Hal tersebut dikarenakan yang bekerja di mesin pencari yakni robot.

Bagi Anda yang tidak ingin mengelola website sendiri, kami dari SEO Anak Sholeh memiliki layanan jasa maintenance website yang merupakan paket pengelolaan dan perawatan website sehingga website Anda akan bekerja optimal. Anda yang menginginkan perawatan atau pengelolaan website secara profesioal bisa menghubungi kami. Semoga informasi ini bermanfaat.

Open chat
Kami senang membantu Anda