Memiliki website dengan niche tertentu, apalagi website untuk mencari uang, maka Anda perlu cek posisi website secara berkala di SERP. Persaingan perebutan posisi untuk kata kunci tertentu semakin ketat. Karena itu, perlu untuk memastikan website Anda ada di posisi bagus dan mampu menyinkirkan website kompetitor.

SEO bertujuan untuk memposisikan website Anda di posisi ideal, yakni halaman pertama pada mesin pencarian, untuk kata kunci tertentu. Bahkan beberapa layanan SEO menargetkan peringkat pertama untuk website yang di tanganinya.  Mengapa peringkat ini penting? Mengapa Anda perlu melakukan pemantauan posisi website setiap saat secara berkala?

Pentingnya Cek Posisi Website

Sebagaimana di sebuah bisnis yang nyata, Anda perlu menarik perhatian pembeli atau klien dan harus bersaing dengan bisnis lainnya. Anda perlu menarik perhatian pembeli dengan penawaran, iklan, atau promo yang menarik. Dengan cara tersebut di harapkan prospek, atau calon pembeli akan tertarik dan mendekati bisnis Anda.

Namun untuk dunia mesin pencari, perhatian terbesar ada pada halaman pertama mesin pencarian. Karena itulah sebuah website perlu untuk menarik perhatian pengunjung dengan menempati halaman pertama mesin pencarian atau SERP.

Cek Posisi Website
Posisi website tentu harus ideal di SERP. Sumber Pexels.com@oleg-magni

Akan tetapi setelah mencapai halaman pertama mesin pencarian, maka posisi Anda tidaklah aman selamanya. Adakalanya kompetitor bisa menggeser posisi Anda setiap saat. Karena itulah Anda perlu melakukan pemantauan, atau cek posisi website secara berkala.

Setidaknya, inilah alasan mengapa Anda perlu melakukan cek posisi website secara berkala.

1. Mengetahui keadaan kompetitor

Ketika Anda sering memantau posisi website Anda sendiri dan mengetahui dimana posisi kompetitor Anda, tentu Anda akan lebih mengetahui langkah apa yang seharusnya Anda lakukan untuk memenangkan persaingan di SERP.

Ketika Anda melakukan cek posisi website kompetitor, tentu tidak hanya sekedar melakukan cek posisi saja. Namun sebaiknya Anda mengumpulkan data yang lengkap mengenai website kompetitor Anda seperti jumlah dan kualitas backlink yang mereka gunakan, konten yang mereka terbitkan dan sebagainya. Data tersebut bisa menjadi dasar atau pedoman bagaimana strategi Anda selanjutnya.

2. Menjaga traffic website

Kunjungan ke website Anda sangat penting. Semakin banyak kunjungan ke website Anda, maka semakin besar peluang pelanggan baru yang akan masuk ke bisnis Anda. Dan tentu saja akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda secara umum.

Banyaknya traffic website yang masuk memiliki banyak faktor penentu. Mulai dari pemilihan keyword yang tepat, kinerja website sampai pada kondisi masyarakat itu sendiri. Seperti ketika masa pandemi berlangsung, maka kata kunci tertentu seperti kata kunci yang berkaitan dengan kesehatan, pengobatan dan herbal menjadi kata kunci yang banyak di cari.

Akan tetapi faktor terbesar dari banyaknya traffic yang ada pada website adalah posisi website itu sendiri di mesin pencari ketika mengetikkan kata kunci tertentu. Semakin atas peringkat website Anda maka potensi traffic akan semakin tinggi.

3. Memastikan terjadi konversi

Dengan melakukan cek berkala posisi website Anda, maka sama halnya Anda mempertahankan website Anda bisa menghasilkan konversi. Posisi ideal, yakni di halaman pertama, atau mungkin di lima besar pada kata kunci tertentu, akan menjadikan website Anda berpotensi memiliki pengunjung yang besar.

Pengunjung atau traffic website yang besar juga berpotensi terjadi konversi yang besar. Namun semua tergantung dari langkah selanjutnya. Bagaimana Anda membuat landing page, bagaimana Anda meyakinkan prospek untuk bertindak dan bagaimana Anda melakukan follow up prospek. Jika semua berjalan baik, maka konversi akan terjadi.

Namun adakalanya posisi website dengan keyword yang Anda bidik turun. Penurunan posisi website di SERP ini juga bisa disebabkan karena banyak hal.

Penyebab Keyword Turun

Ada banyak faktor penyebab yang menjadikan peringkat keyword Anda turun di mesin pencarian. Karena itu, selain Anda perlu setiap saat cek posisi website maka Anda juga harus mempelajari,mengapa keyword pada website Anda bisa turun.

1. Kompetitor kuat

Adanya kompetitor yang semakin kuat tentu bisa menyebabkan posisi website Anda bisa turun dari peringkat ideal SERP. Sebagaimana balapan, ada yang menyalip tentu ada yang di salip. Kemudian posisi menjadi berubah. Sederhananya, semakin kuat lawan, maka Anda akan semakin ketinggalan ketika kekuatan Anda tidak Anda tambah.

2. Kompetisi semakin sengit

Banyaknya bisnis yang masuk ke ceruk Anda menjadikan persaingan menjadi semakin sengit. Mungkin Anda tidak hanya menemukan satu atau dua kompetitor. Semakin banyak saingan dengan website yang kuat, maka bisa jadi website Anda akan turun keywordnya. Karena itu penting untuk selalu mengontrol posisi website dan mengontrol kondisi website.

Jika ceruk Anda memiliki banyak kompetitor, Anda bisa melakukan strategi SEO lokal jika bisnis Anda memungkinkan untuk bergerak fokus pada pelayanan lokal. Atau Anda bisa juga membangun niche market tersendiri yang lebih spesifik. Kedua cara tersebut berfungsi untuk mempersempit pasar sehingga kompetitor akan semakin berkurang.

3. Kualitas backlink memburuk

Cek Posisi Website
Backlink buurk menjadikan posisi website turun. Sumber Unsplash

Backlink atau tautan balik adalah faktor penentu yang menjadikan website Anda kuat. Semakin banyak backlink dan semakin bagus kualitasnya, maka website akan semakin kuat, sehingga nantinya akan menempati posisi ideal di SERP.

Namun ada kalanya backlink yang menyokong website Anda menurun kualitasnya atau bahkan hilang. Hal ini akan mempengaruhi posisi website Anda di SERP. Mengapa backlink bisa menurun kualitasnya? Bisa saja ini terjadi ketika backlink masuk yang Anda dapatkan dari web PBN dan ternyata web PBN yang menyokong website Anda terkena penalti, maka website Anda terkena imbasnya.

4. Konten buruk

Konten yang buruk pada website akan menyebabkan website Anda turun posisi SERPnya. Konten yang buruk seperti konten kanibal atau konten duplikat akan di deteksi oleh robot mesin pencari dan menjadikan website Anda memiliki nilai kurang.

Konten kanibal atau keyword kanibal adalah keyword yang sama atau sejenis dalam dua konten. Ini menjadikan kedua konten akan saling berkompetisi dalam satu website dengan satu kata kunci. Tentu ini sangat mengganggu SEO website Anda. Anda bisa menggunakan solusi redirect 301, audit konten, atau menggabungkan konten untuk memperbaikinya.

5. Kinerja website memburuk

Ketika kinerja website Anda menurun, maka peringkat di SERP bisa terancam turun. Hal ini berkaitan dengan waktu pemuatan halaman. Semakin lama halaman website Anda termuat, maka semakin buruk bagi SEO. Google saat ini mempertimbangan waktu muat dengan pemeringkatan SERP.

Selain itu, faktor peringkat antara tampilan desktop dan tampilan mobile saat ini berbeda. Artinya bisa saja website Anda memiliki peringkat bagus di tampilan desktop namun buruk di tampilan mobile. Pastikan Anda membangun website yang mobile friendly dan cepat dalam pemuatan. Bisa dengan menggunakan server yang berkualitas dan tema yang ringan.

Cara Cek Posisi Website di SERP

Untuk mengetahui atau melakukan cek posisi website berdasarkan kueri kata kunci tertentu, Anda bisa melakukannya menggunakan cara-cara di bawah ini :

1. Dengan tools

Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan checking posisi website Anda di SERP. Tools gratis tentu akan membantu Anda tanpa harus mengeluarkan biaya.

Beberapa tools gratis yang bisa Anda gunakan antara lain :

  • SERPRobot. Anda bisa melakukan pengecekan posisi website Anda dengan kata kunci tertentu. Selain itu, Anda bisa memantau 10 posisi teratas untuk kata kunci yang sama dengan yang Anda targetkan. Tools gratis ini tentu akan membantu Anda mengetahui kondisi website Anda.
  • What’s My SERP. Kelebihan tools ini adalah, Anda bisa memasukkan sepuluh kata kunci secara bersamaan dan memantau posisi website Anda dengan kata kunci yang Anda sasar.
  • SERPChecker. Mungkin tools inilah yang menyajikan fitur lengkap tentang informasi website yang Anda cek posisinya. Akan tetapi di versi gratisnya, Anda hanya bisa menggunakan tools ini lima kali dalam sehari.

Selain tools gratis yang bisa Anda gunakan di atas, Anda bisa menggunakan tools berbayar. Tools berbayar seperti Ahrefs atau SEMrush bisa Anda gunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai kondisi website Anda.

2. Google Search Console

Siapa yang tidak mengenal Google Search Console? Tools ini bisa Anda manfaatkan secara gratis dan memang Google menyediakan untuk itu. Kelebihan tools ini, selain gratis, Anda bisa mengetahui performa website pada hasil pencarian, impresi, banyaknya klik, peringkat dan sebagainya.

Fungsi lainnya adalah sebagai berikut:

  • Pemeriksaan URL. Ketika Anda membuat konten, maka belum tentu konten yang Anda buat diketahui oleh Google dan kemudian bisa ditemukan di mesin pencari. Anda bisa melakukan permintaan agar URL konten Anda bisa segera terindeks mesin pencarian.
  • Submit peta situs. Peta situs atau sitemap, memiliki fungsi agar URL pada website Anda segera di kenali oleh Google. Anda bisa memasukkan sitemap tersebut dengan tujuan agar Google semakin mudah merayapi situs Anda.
  • Memantau link eksternal maupun internal. Internal maupun eksternal link sangat bermanfaat bagi kekuatan website Anda. Anda bisa memantau link tersebut melalui Google Search Console. Jika link yang mengarah ke website Anda buruk, Anda bisa melakukan disavow backlink.
  • Deindex konten. Adakalanya Anda akan menemukan konten yang terhapus di dalam mesin pencarian. Tentu ini akan menyebabkan munculnya halaman not found ketika Anda mengeklik hasil di SERP. Agar pengunjung website memiliki pengalaman pengguna yang menyenangkan, sebaiknya Anda menghapus konten yang terindeks tersebut melalui Google Search Console.   

3. Cek Manual

Mengapa Anda saya rekomendasikan menggunakan cara manual? Cara manual adalah cara yang paling tepat. Namun Anda akan di repotkan dengan pencarian posisi website Anda secara manual. Anda tinggal mengetikan kata kunci pencarian di bilah pencarian browser, dan Anda bisa melacak posisi website. Cara ini merupakan cara natural natural yang dilakukan pengguna secara umum.

Terkadang ketika Anda mencari posisi website melalui Google Search Console, maka Anda akan di tampilkan rentang waktu yang bisa Anda pilih. Seperti 28 hari terakhir, 6 hari terakhir, atau pada hari itu. Kemudian Anda akan mengetahui rata-rata posisi website Anda.

Melalui tools tersebut, Anda bisa mendapatkan posisi rata-rata. Namun ketika Anda melacak posisi website secara manual, Anda akan melihat posisi website secara real-time dan posisi kompetitor secara real-time juga. Bisa dikatakan, dengan menggunakan pengecekan manual, Anda bisa merasakan sendiri feel-nya.

Cek Posisi Website
Anda bisa melakukan cek posisi website secara manual. Sumber Unsplash

Kapan Sebaiknya Melakukan Cek Posisi Website?

Memang sebaiknya Anda melakukan pengecekan posisi website secara berkala. Akan tetapi, berapa interval waktu yang baik untuk melakukan pengecekan posisi website?

Yang dilakukan oleh SEO Anak Sholeh

Kami dari SEO Anak Sholeh senantiasa memantau perkembangan website klien secara berkala. Baik memantau posisi website di SERP, memantau progres pengembangan off page maupun onpage dan memantau hal lain yang sekiranya di perlukan.

Untuk pemantauan posisi website dan di dokumentasikan dalam catatan perkembangan website klien, SEO Anak Sholeh melakukannya dua kali dalam setiap bulan, yakni setiap tanggal 13 dan 28 setiap bulannya. Namun untuk keperluan tertentu, terkadang di lakukan pengecekan berkala dengan interval waktu lebih pendek namun hasil pengecekan tidak di catatkan di form catatan perkembangan website.

Aktifitas tersebut tidak lain untuk memastikan klien mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan standar kerja SEO Anak Sholeh. Dengan demikian, progres dari website klien bisa di monitor dan di harapkan mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Selain itu, pengecekan tersebut bisa dijadikan pedoman untuk melakukan treatment khusus untuk website tertentu.

Upaya SEO dan Maintenance Website

Posisi website yang ada di peringkat atas di kata kunci pencarian tertentu adalah keinginan setiap pemilik website, pengelola website atau agensi SEO. Untuk mencapai tujuan tersebut di perlukan kinerja yang simultan dan mungkin rumit bagi sebagian orang, namun upaya itulah yang dilakukan oleh penyedia layanan jasa SEO profesional seperti SEO Anak Sholeh.

Secara garis besar, untuk mendapatkan peringkat atas di SERP adalah melakukan dua upaya yakni upaya SEO itu sendiri untuk pencapaian posisi SERP dan maintenance website untuk mempertahankan posisi ideal tersebut.

Keberadaan kompetitor, perubahan algoritma dan pembaruan perangkat lunak selalu terjadi. Karena itu maintenance website adalah syarat mutlak yang harus di penuhi jika Anda menginginkan posisi website Anda aman. Jika ini tidak Anda lakukan, maka bisa jadi ada kompetitor yang memperlakukan websitenya dengan baik dan menggunakan teknik SEO yang ampuh dan website Anda bisa tersingkir.

Cek Posisi Website
Tampilan Google Search Console. Sumber Unsplash

Peringkat Website Adalah Investasi

Dua langkah utama untuk memperoleh posisi di SERP, yakni SEO dan maintenance website mungkin terlihat sebagai jasa yang membutuhkan banyak biaya. Namun tahukah Anda, peringkat website pada mesin pencarian merupakan investasi digital, dan saat ini investasi digital untuk bisnis adalah hal yang sangat penting?

Tidak ada kerugian ketika Anda menginvestasikan dana Anda di investasi digital. Pengguna internet semakin banyak dan pemasar semakin banyak yang melakukan upaya pemasaran digital, dimana salah satunya adalah menggunakan strategi pemasaran optimasi mesin pencarian.

Jika Anda tidak segera menyusul, maka bisnis Anda akan segera tergerus. Karena itu pastikan Anda mengeluarkan biaya marketing yang tepat. Pastikan strategi marketing yang Anda gunakan cocok untuk bisnis Anda.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cek posisi website di mesin pencarian. Untuk Anda yang memiliki bisnis dan berniat untuk memasarkan bisnis Anda secara digital, membangun website dan melakukan optimasi mesin pencari adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Meskipun langkah ini lebih rumit, namun dengan cara ini Anda akan mendapatkan investasi di masa depan.

SEO Anak Sholeh sebagai perusahaan yang concern dengan perkembangan bisnis UMKM di Indonesia bisa anda jadikan mitra dalam marketing digital bisnis Anda. Kami akan menyesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan agar bisnis Anda mampu bersaing di dunia digital. Segera hubungi kami melalui halaman kontak yang sudah ada.

Open chat
Kami senang membantu Anda