Konten adalah hal yang penting pada sebuah website.selain memiliki fungsi memberikan informasi tentang website, konten juga bisa menjabarkan lebih detail mengenai produk dan layanan yang dijual melalui website. Karena itu, sebuah website yang kuat di posisi SERP pada pencarian kata kunci tertentu pasti memiliki content writer yang handal.

Seperti halnya spesialisasi pada pengerjaan website, content writer memang fokus pada konten yang ada pada website. Meskipun mungkin ada beberapa kecakapan yang harus juga dimiliki seperti kecakapan SEO dasar. Idealnya seorang content writer memang harus menguasai ilmu tentang website dan SEO meskipun bukan pada tingkatan ‘advance’.

Apa Itu Content Writer?

Content Writer
Apa itu content writer? Sumber Unsplash.com @christinhumephoto

Content writer merupakan seseorang yang bertugas memproduksi konten di website dalam bentuk tulisan. Tulisan yang diproduksi biasanya memiliki kualifikasi tertentu, shingga aktifitas menulis konten website sangat berbeda dengan menulis di bidang lainnya, meskipun memakai tema pembahasan yang sama.

Hal ini dikarenakan suatu website biasanya akan mengarah ke niche website tertentu. Karena itulah konten bentuk tulisan yang ada juga harus sesuai dengan niche website. Hal lainnya adalah, biasanya dalam suatu artikel di website, akan terdapat penargetan kata kunci tertentu. Penargetan kata kunci tertentu ini berkaitan dengan aktifitas optimasi mesin pencarian.

Tidak cukup disitu saja, ketika Anda bekerja sebagai penulis konten, Anda harus mencari tema penulisan yang menarik sehingga pengunjung website akan terterik untuk membaca konten yang Anda tulis.

Tugas Content Writer

Dalam membuat tulisan di website, seorang content writer tidak hanya sembarang menulis. Penulis konten akan melakukan beberapa langkah sebelum konten benar-benar di tulis. Ini manyangkut kualitas tulisan yang nantinya akan dirilis oleh website yang bersangkutan. Inilah beberapa tugas daru content writer yang perlu Anda ketahui.

1. Riset Kata Kunci

Hal pertama yang harus dilakukan oleh content writer adalah melakukan riset. Hasil riset inilah yang menjadi dasar dalam melakukan penulisan. Anda bisa mencari topik hangat yang sedang trending dan mungkin masih berhubungan dengan niche yang Anda sasar. Dengan menggunakan tema yang sedang trending, diharapkan audiens tertarik dengan konten yang Anda buat.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset kata kunci yang nantinya di sasar di dalam konten yang Anda buat. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melacak seberapa besar volume pencarian untuk kata kunci dengan frase tertentu. Anda bisa menggunakan Ubersuggest dari website Neil Patel, Google Keyword Planner, Google Suggest, Ahrefs dan website sejenisnya.

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda pelu mempertimbangkan hal berikut ini.

Search Volume

Search volume merupakan banyaknya pencarian untuk frase tertentu dalam jangka waktu tertentu. Biasanya seperti Ubersuggest jangka waktunya dalam hitungan bulanan. Anda bisa menggunakan kata kunci yang volume pencariannya banyak, namun Andatentu akan bersaing dengan banyak konten writer.

Atau bisa juga Anda menyasar frase yang kata kuncinya sedikit pencarian dan Anda bisa masuk ke peringkat atas untuk kata pencarian tersebut dengan mudah. Untuk lebih mengetahui peta persaingan perolehan kata kunci tersebut, Anda bisa melihat website apa saja yang menyasar kata kunci yang akan Anda targetkan. Seberapa panjang artikelnya, seperti apa mereka membuat konten dan sebagainya.

Keyword Difficulty

Keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan dalam persaingan kata kunci. Semakin tinggi nilai keyword difficulty pada sebuah kata kunci maka akan semakin sulit Anda menaklukan kata kunci tersebut. Jika Anda seorang pemula dalam pembuatan konten, ada baiknya Anda memilih kata kunci yang memiliki nilai keyword difficulty rendah, yakni di bawah 25.

Namun jika Anda sudah mahir dan konten yang Anda tulis nantinya akan di terbitkan di website yang sudah kuat dan mapan, maka Anda bisa menggunakan kata kunci yang memiliki keyword difficulty menengah sampai tinggi. Seiring berjalannya waktu, meskipun Anda sebagai pemula, Anda akan memperoleh kemampuan itu jika terus berusaha.

Keyword Suggestion

Apakah Anda kesusahan dalam memilih kata kunci karena tingkat persaingan yang tinggi? Anda bisa melihat matriks keyword suggestion. Disini Anda bisa melihat saran kata kunci lain yang merupakan turunan dari kata kunci utama. Disini Anda bisa membidik kata kunci long tile keyword yang biasanya meskipun sedikit tetap ada di voume pencarian.

Keutamaan menggunakan longtile keyword adalah, Anda bisa menyasar pengguna yang menggunakan pencarian suara. Pencarian suara biasanya menggunakan kata-kata yang lebih panjang daripada pencarian dengan cara mengetik. Bisa jadi Anda juga akan memiliki pesaing kata kunci yang rendah.

2. Menulis Artikel

Menulis artikel tidak semudah yang di bayangkan. Apalagi menulis artikel yang SEO friendly, ada banyak aturan yang harus di penuhi agar konten artikel tersebut benar-benar layak masuk peringkat. Inilah beberapa pedoman singkat untuk menulis artikel konten website yang bisa Anda pelajari.

Content Writer
Menulis artikel membutuhkan ide yang cemerlang. Sumber Unsplash

Human Friendly

Meskipun untuk menulis artikel yang SEO friendly Anda hanya menulis artilel agar dapat diindeks oleh bot Google, namun Anda tetap harus menulis artikel yang ramah dengan manusia. Pengguna akhir dari konten yang Anda produksi adalah manusia, sedangkan robot adalah sarana untuk melakukan penyaringan untuk artikel terbaik. Karena itu human friendly memang harus di utamakan.

Buat Judul Menarik

Judl adalah bagian dari artikel yang sangat berpengaruh. Anda bisa menbuat judul yang menjadikan pengunjung website Anda penasaran dan akan membaca lebih lengkap. Bahkan beberapa penulis konten website ada yang membuat judul yang bersifat click bait. Mereka membuat judul yang menjadikan orang penasaran, bahkan upaya tersebut kadang dilakukan dengan membuat judul yang tidak sesuai dengan isi konten.

Membuat Struktur Tulisan yang Jelas

Tentu Anda akan merasa bosan ketika menemukan artikel yang datar saja dengan paragraf yang panjang dan di antara paragraf tidak ada semacam penggalan sub judu. Penggunaan sub judul sangat di perlukan dalam pembuatan konten artikel website. Anda bisa melakukan pembuatan kerangka tulisan sebelumnya, bahkan sub judul, sebelum Anda menulis artikel dengan lengkap. Pnggunaan H1.H2 dst ternyata berpengaruh pada peringkat SEO.

Panjang Artikel

Pastikan Anda menulis artikel tidak terlalu pendek. Di SEO Anak Sholeh sendiri untuk memproduksi artikel untuk konten website, maka diperlukan 1000 kata. Jika Anda masih pemula, Anda bisa membuat artikel dengan panjang lebih dari 500 kata. Secara spesifik Google tidak menyebut berapa jumlah kata ideal dalam satu artikel website, namun untuk artikel yang terlalu pendek tidak bagus untuk SEO.

Paragraf Singkat

Penggunaan mobile device atau smartphone dan sejenisnya menuntuk content writer pada website melakukan penyesuaian agar tampilan konten artikel yang di produksi bisa nyaman ketika dilihat menggunakan perangkat mobile. Buatlah maksimal menggunakan 4 baris kalimat dalam satu paragraf ketika dilihat menggunakan desktop. Jika dalam satu paragraf memakan lebih dari 4 baris, maka akan terlihat sangat panjang paragraf yang di buat ketika dilihat melalui mobile device.

Artikel yang Relevan dan Spesifik

Buatlah artikel yang relevan dengan masa sekarang. Selain itu pembahasan tema yang lebih spesifik akan menjadikan artikel yang Anda produksi akan lebih berbobot. Artikel berbobot bisa Anda dapatkan ketika Anda sudah melalui jam terbang yang tinggi.

3. Kolaborasi dengan Klien

Terkadang artikel yang Anda tulis tidak harus serta merta dari pemikiran penulis konten. Anda bisa menggunakan klien untuk mendapatkan inspirasi tulisan baru. Bisa jadi klien memiliki cerita menarik mengenai bisnis yang mereka jalankan. Ini akan menjadi artikel yang bagus untuk branding bisnis dari klien.

Conten Writer Freelance

Dalam bisnis SEO, atau bisnis yang membutuhkan seorang penulis, maka pemilik bisnis biasanya akan menggunakan jasa content writer freelance. Pebisnis yang membutuhkan jasa penulis akan mudah menemukannya dari lingkaran pertemanan, jaringan media sosial, atau mungkin mendapatkannya dari layanan yang menyediakan tenaga freelance. Setidakna inilah beberapa alasannya :

Content Writer
Mengapa menggunakan tenaga penulis freelance? Sumber Unsplash @andrewtneel

1. Menghemat keuangan perusahaan

Merekrut tenaga freelance akan lebih menghemat keuangan perusahaan daripada merekrut penulis tetap. Anda hanya akan membayar pekerjaan yang mereka selesaikan tanpa harus memberikan gaji bulanan. Ini tentu akan menghemat pengeluaran anggaran perusahaan Anda.  

2. Lebih fleksibel

Memperkerjakan tenaga freelance akan menjadikan Anda lebih fleksibel. Anda bisa memberikan tenggat waktu untuk artikel yang ingin cepat selesai dengan bayaran yang lebih tinggi. Selain itu jika Anda menemukan penulis yang tidak kompeten dalam pekerjaannya, Anda bisa berhenti memperkerjakannya sewaktu-waktu tanpa terhalang oleh kontrak karyawan.

3. Ide lebih bervariatif

Jika Anda hanya bekerja sendiri atau bersama dengan tim Anda, maka Anda hanya akan menemukan orang yang sama dan itu bisa jadi hanya akan menelurkan ide yang biasa. Dengan kehadiran orang baru, meskipun dia seorang content writer freelancer, namun Anda setidaknya akan mendapatkan orang yang kemungkinan akan menelurkan ide yang berbeda.

4. Konten yang konsisten

Jika Anda mengoperasikan beberapa website dan Anda harus memproduksi konten untuk website yang Anda kelola, maka dengan menggunakan jasa freelancer, maka kemungkinan besar Anda tidak akan kebingungan dalam hal pengadaan konten. Website harus di perbarui secara berkala dan dengan menggunakan penulis lepas. Anda bisa menyediakan konten selama Anda mampu membayar.

5. Sesuai kebutuhan

Anda bisa merekrut penulis konten lepas sesuai kebutuhan dan memberikan mereka target penyelesaian konten artikel sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan demikian, jika ada waktu dimana Anda tidak memerlukan mereka, Anda bisa melepas dan tidak perlu membayarnya. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan produksi konten.

6. Menghemat ruang kantor Anda

Para content writer freelance akan menulis dan mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah mereka masing-masing. Ini adalah solusi bagi Anda yang memiliki ruangan kerja yang terbatas. Selain itu, Anda tidak perlu menyediakan peralatan untuk bekerja seperti meja kerja, laptop atau konteksi internet untuk tenaga penulis Anda.

7. Pekerjaan lebih cepat selesai

Seorang penulis lepas biasanya akan bekerja lebih cepat daripada pekerja yang Anda bayar bulanan. Para pekerja freelance akan mendapatkan penghasilannya ketika pekerjaan yang mereka lakukan selesai. Karena itulah mereka termotivasi agar pekerjaan mereka cepat selesai. Berbeda dengan karyawan tetap, mereka akan tetap di bayar di setiap bulan meskipun pengerjaan artikelnya cepat atau lambat.

Meskipun ada banyak keunutungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan jasa penulis lepas, namun banyak dari bisnis yang memperkejakan penulis makah lebih nyaman jika menggunakan penulis tetap. Biasanya bisnis yang telah mapan seperti layanan media online, tetap memperkerjakan penulis tetap.

Copywriter vs Content Writer

Di dunia digital marketing selain content writer ada juga istilah copywriter. Sekilas pekerjaan kedua bidang tersebut sama, yakni menulis. Namun keduanya menggunakan teknik dan tujuan berbeda ketika melakukan penulisan.

Apa itu copywriter?

Copywriter merupakan orang yang bekerja sebagai penulis tulisan copywriting. Tulisan copywriting adalah bentuk tulisan yang bertujuan untuk menawarkan produk atau layanan. Ketika seseorang membuat tulisan untuk iklan, situs web, brosur, katalog, konten media sosial, atau komunikasi pemasaran lainnya, maka tulisan tersebut disebut tulisan copywriting.

Meskipun isitlahnya adalah copywriting, namun konten tulisan tersebut bukanlah konten copy-paste. Segala bentuk tulisan yang mengarah pada penjualan produk atau layanan memang dikenal dengan tulisan copywriting.

Apa bedanya dengan content writer?

Tulisan copywriting berbeda dengan tulisan pada content writing. Tulisan copywriting lebih cenderung pada penjualan suatu produk dan pengarahan agar prospek menjadi pelanggan. Ini tentu berbeda dengan content writing yang lebih mengedepankan sisi informatif dari pada tulisan persuasif.

Metode yang digunakan content writer berbeda dengan metode yang di gunakan oleh copywriter. Content writer biasanya tidak mempromosikan atau menawarkan produk tertentu. Sebaliknya, mereka berusaha membangun hubungan dengan konsumen melalu konten yang mereka buat dengan memberikan informasi yang berharga, menghibur atau mendidik.

Bisa dibilang content writer menjual produknya secara tidak langsung, mereka membangun hubungan, brand atau popularitas sedikit demi sedikit dengan tulisan yang berkualitas. Seadngkan copywriter membangun pemahaman prospek melalui tilisan agar mereka tertarik dengan produk dan akan membeli produk yang di tawarkan.

Di dalam teknik penulisan untuk mengisi konten di website, terutama website yang digunakan untuk media penjualan produk atau layanan, maka kedua spesialisasi dalam penulisan tersebut sama sama dibutuhkan.

Seharusnya konten yang di produksi pada sebuah website tidak hanya bersifat informasi untuk menggenjot traffic saja, namun perlu strategi penjualan yang jitu, dan salah satunya adalah dengan menggunakan metode copywriting. Dengan menggunakan beberapa metode pendekatan maka diharapkan konversi meningkat.

SEO Content Writer

Content Writer
Traffic website berkaitan dengan konten yang dibuat. Sumber Unsplash

Karena keberadaan website sekarang tidak lepas dari SEO, maka aktifitas yang di lakukan oleh seorang content writer yakni menulis, harus mengacu pada tulisan yang ramah SEO. Memang tuntutan penulis konten di masa sekarang harus menyesuaikan dengan perkembangan pasar, apalagi di tren SEO 2021 ini.

Karena itu, seperti yang sudah di bahas sebelumnya, seorang content writer memang idelanya memiliki kemampuan dasar SEO. Sedangkan untuk mempelajari SEO, maka akan ada banyak hal yang harus di ketahui. Ini seperti efek domino dimana seseorang yang akan meraih spesialisasi tertentu harus mempelajari skill lainnya karena adanya saliing keterkaitan.

Jika Anda hari ini bekerja sebagai content writer, maka langkah strategis yang harus di lakukan adalah selalu mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan aktifitas Anda seperti SEO, website, tren pemasaran, marketing, tata bahasa, teknik dan gaya penulisan dan masih banyak lagi.

Penutup

Website yang luar biasa tentu dikerjakan oleh para tenaga spesialis yang luar biasa. Termasuk salah satunya adalah konten, yang merupakan nyawa dari sebuah website. Jika Anda menginginkan website Anda memiliki konten yang luar biasa, maka pekerjakanlah content writer yang handal.

Ada cara termudah mendapatkan konten yang luar biasa untuk menggenjot pengunjung situs website Anda. Anda bisa mempercayakan pengelolaan website Anda melalui jasa maintenance website SEO Anak Sholeh. Dapatkan penawaran terbaik dan segera pesan sekarang sebelum selot penuh! 

Open chat
Kami senang membantu Anda