Sudah pernah mendengar mengenai Google Bisnisku? Di era digital seperti ini, terutama bagi orang yang mengelola bisnis akan membutuhkan Google Bisnisku ini. Namun ternyata masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara daftar Google Bisnisku. Jangan khawatir, kali ini kami akan membahasnya khusus untuk Anda.

Mengenal Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah sebuah tools dari Google yang digunakan untuk memudahkan konsumen mengetahui informasi tentang bisnis yang dijalankan oleh pelaku bisnis. Penggunaan Google My Business ini termasuk cara yang efektif untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google Maps.

Selain itu, penggunaan Google Bisnisku juga bisa memudahkan mendapatkan kejelasan melalui hasil pencarian lokal Google. Di dalam akun Google My Business ini nanti Anda bisa menambahkan berbagai informasi penting untuk bisnis Anda. Misalnya seperti nama usaha, alamat, nomor telepon, website, dan jam operasional.

Cara mudah daftar Google Bisnisku, Sumber: digisinc.id
Cara mudah daftar Google Bisnisku, Sumber: digisinc.id

Bukan hanya itu saja, bahkan di Google My Business juga tersedia fitur review. Fitur review ini akan dinilai oleh konsumen yang telah berkunjung ke lokasi usaha Anda. Dengan begitu, bagian  review bisa dilihat oleh orang lain dan akan semakin banyak yang tahu mengenai kualitas layanan dari bisnis Anda.

Selain fitur review, juga ada fitur tanya jawab. Jadi jika ada yang bertanya di Google My Business, Anda bisa langsung meresponnya. Dengan begitu konsumen bisa berinteraksi langsung dengan pemilik bisnis. Informasi mengenai tanya jawab tersebut juga bisa dilihat oleh orang lain, sehingga makin banyak informasi yang akan didapatkan konsumen.

Manfaat Google Bisnisku

Bukan hanya sekedar tools gratis dari Google saja, namun Google My Business memiliki berbagai manfaat menarik untuk usaha Anda. Penasaran dengan manfaat yang diberikan oleh Google My Business tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memaksimalkan Local SEO

Penggunaan Google My Business merupakan salah cara yang digunakan untuk memaksimalkan local SEO. Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan local SEO. Local SEO merupakan upaya untuk mengoptimalkan situs website guna meningkatkan lalu lintas, arahan, dan kesadaran merek pada pencarian lokal. 

Pada intinya, local SEO ini digunakan untuk mengoptimasi sebuah website agar layanannya terfokus pada satu tempat terlebih dahulu sebelum menyebar ke berbagai tempat. Dengan begitu, pengerjaan SEO akan menjadi lebih mudah dikarenakan tingkat persaingannya lebih rendah.

2. Dapat Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Google My Business dan Google Maps akan saling berhubungan. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah untuk menemukan lokasi bisnis Anda. Alhasil tingkat pengunjung yang mendatangi toko atau kantor Anda akan meningkat. Selain itu toko Anda juga bisa terlihat oleh orang sekitar yang sedang menggunakan Google Maps.

Jadi tidak heran jika penggunaan Google My Business ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangun brand Anda. Hanya dengan memasukkan kata kunci di Google Maps, konsumen bisa langsung menuju ke lokasi toko atau kantor Anda berada. Menarik bukan? Anda bisa langsung mencoba daftar Google Bisnisku sekarang.

Manfaat Google My Business, Sumber: simpultumbuh.uii.ac.id
Manfaat Google My Business, Sumber: simpultumbuh.uii.ac.id

3. Mendapatkan Review Bisnis

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Google My Business memiliki fitur review di dalamnya. Fitur review ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen lain. Konsumen yang sudah menggunakan atau merasakan layanan dari bisnis Anda bisa meninggalkan komentar di bagian review tersebut.

Review positif yang diberikan konsumen akan berdampak dengan pengunjung lainnya. Kredibilitas usaha pun juga ikut terangkat dengan review positif dari konsumen tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan interaksi langsung dengan pelanggan melalui membalas review yang diberikan.

4. Bisa Menganalisis Pelanggan

Di dalam penggunaan Google Bisnisku terdapat fitur analisis pelanggan. Anda bisa menganalisis pelanggan dengan melihat performa bisnis. Selain itu mengenai berapa jumlah pelanggan yang melakukan pencarian serta menemukan bisnis Anda. 

Bahkan Anda bisa menganalisis mengenai interaksi yang dilakukan konsumen dengan bisnis Anda. Di dalam fitur ini nantinya terdapat informasi seputar bagaimana cara pelanggan bisa menemukan Bisnis Anda. Supaya bisnis mudah ditemukan, Anda bisa memberikan kata kunci pencarian yang tepat dan sesuai.

Masih ada berbagai manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Google My Business tersebut. Untuk itu, Anda bisa mulai daftar Google Bisnisku dengan mengikuti panduannya berikut ini.

Video mengenai cara mudah mengelola Google Bisnisku

Cara Daftar Google Bisnisku

Cara membuat Google Bisnisku tidaklah susah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendaftarnya. Berikut cara mudah daftar Google Bisnisku yang perlu Anda ketahui.

1. Buka Laman Google Bisnisku

Langkah pertama yang Anda perlukan untuk daftar Google Bisnisku adalah dengan membuka laman resminya. Di laman tersebut nantinya Anda akan melihat tulisan “Start Now” atau “Mulai Sekarang”. Anda bisa klik bagian tombol tersebut untuk mulai masuk ke tahap selanjutnya.

Membuka laman Google Bisnisku, Sumber: Google
Membuka laman Google Bisnisku, Sumber: Google

2. Menuliskan Nama Bisnis

Setelah mengklik tombol “Mulai Sekarang” Anda akan berada di laman yang berisikan mengenai nama bisnis. Anda bisa menuliskan nama bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda di bagian tersebut. Pastikan bahwa nama bisnis Anda mudah dan tidak sulit untuk diingat. Karena hal tersebut akan memudahkan konsumen Anda kelak.

Menuliskan nama bisnis, Sumber: Google
Menuliskan nama bisnis, Sumber: Google

3. Mengisi Alamat Bisnis

Ketika Anda telah selesai mengisikan nama bisnis, maka Anda bisa mengklik tombol “Next” atau “Berikutnya”. Setelah itu Anda masuk ke laman selanjutnya yang berisikan mengenai alamat bisnis. Isikan alamat bisnis Anda sesuai dengan toko atau kantor yang Anda tempati. Pastikan bahwa alamat yang Anda masukkan lengkap.

Nantinya Anda juga diminta oleh Google My Business untuk menempatkan penanda sesuai dengan lokasi toko maupun kantor Anda. Titik lokasi tersebut dapat memudahkan konsumen yang ingin berkunjung menggunakan bantuan Google Maps.

Mengisi alamat bisnis berada, Sumber: niagahoster.co.id
Mengisi alamat bisnis berada, Sumber: niagahoster.co.id

4. Memasukkan Kategori Bisnis

Langkah untuk daftar Google Bisnisku selanjutnya adalah memasukkan kategori bisnis. Anda perlu memasukkan kategori yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya saja Anda mengelola salon di Klaten, maka Anda bisa memilih kategori “Salon”.

Nantinya Google akan mengelompokkan bisnis sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. Dengan begitu, jika ada yang mencari kata kunci “Salon di Klaten”, maka informasi mengenai bisnis Anda akan muncul di pencarian tersebut.

Menentukan kategori bisnis, Sumber: niagahoster.co.id
Menentukan kategori bisnis, Sumber: niagahoster.co.id

5. Mengisi Detail Kontak

Langkah selanjutnya adalah mengisikan detail kontak. Pastikan bahwa Anda memasukkan nomor telepon atau HP yang bisa dihubungi oleh pelanggan. Selain itu, jika Anda memiliki laman website maka bisa mencantumkannya.

Adanya laman website ini akan membantu meningkatkan kredibilitas terhadap bisnis Anda. Jadi sebaiknya Anda juga memiliki laman website yang khusus untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Mengisi bagian detail kontak, Sumber: niagahoster.co.id
Mengisi bagian detail kontak, Sumber: niagahoster.co.id

6. Pilih Opsi Verifikasi

Google Bisnisku verifikasi merupakan tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan. Tahapan verifikasi ini sangat penting dilakukan oleh pemilik bisnis tersebut. Jadi jangan sampai Anda melewati proses verifikasi ini.

Bukan tanpa tujuan, verifikasi ini dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja seperti pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi mengenai bisnis Anda. Selain itu, bisnis yang telah diverifikasi juga akan dianggap memiliki reputasi baik di mata konsumen.

Ketika Anda sudah mengisi informasi dengan benar dan lengkap, maka Anda bisa memilih opsi verifikasi saat itu juga. Isilah nama penerima surat, kemudian klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu surat dari Google datang ke lokasi Anda.

Pilih opsi verifikasi, Sumber: niagahoster.co.id
Pilih opsi verifikasi, Sumber: niagahoster.co.id

7. Mulai Verifikasi

Lama pengiriman surat dari Google berbeda-beda, salah satu hal yang mempengaruhinya adalah letak lokasi. Setelah surat sudah tiba di alamat Anda, maka Anda bisa mulai melakukan verifikasi. Di dalam surat dari Google tersebut terdapat kode verifikasi yang perlu Anda masukkan ke Google Bisnisku.

Anda bisa membuka Google Bisnisku, kemudian pilih bagian verifikasi lokasi. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kode verifikasi yang telah Anda dapatkan tadi.

Mulai verifikasi menggunakan kode verifikasi, Sumber: tinimathedu.com
Mulai verifikasi menggunakan kode verifikasi, Sumber: tinimathedu.com

8. Edit Profil Google Bisnisku

Setelah tahap verifikasi selesai, Anda bisa mulai melengkapi profil Google Bisnisku. Anda bisa menambahkan informasi tambahan tentang bisnis Anda di akun tersebut. Misalnya saja seperti deskripsi bisnis, foto, jam operasional, fasilitas, hingga menu.

Lengkapi profil Google Bisnisku, Sumber: nusateknos.pp.ua
Lengkapi profil Google Bisnisku, Sumber: nusateknos.pp.ua

Itulah tadi informasi mengenai cara daftar Google Bisnisku. Bagaimana, mudah bukan? Anda bisa mulai mendaftarkan bisnis Anda ke Google My Business sekarang juga. Dengan begitu, bisnis Anda akan mulai dikunjungi banyak konsumen.

Untuk mendapatkan informasi seputar digital marketing dan lainnya, Anda bisa mengunjungi laman SEO Anak Sholeh. Jika Anda ingin berkonsultasi seputar optimasi website, maka Anda bisa menghubungi admin kami langsung. Silahkan hubungi kami dengan klik tombol WhatsApp di bagian kanan bawah laman ini.

Kami senang membantu Anda