Mendirikan usaha atau memulai bisnis skala kecil, tentu membutuhkan berbagai persiapan. Selain permodalan, konsep bisnis, perencanaan pemasaran dan hal lainnya, ada hal yang sepertinya kecil namun sangat penting, yakni logo perusahaan. Karena pentingnya fungsi logo, maka terkadang pengerjaannya membutuhkan pemikiran yang mendalam.

Logo Anda kemungkinan akan menjadi salah satu hal yang akan dikenal oleh orang mengenai bisnis Anda. Karena itu, Anda perlu mengambil kesempatan ini dengan membuat kesan pertama yang selalu terkenang. Itulah tugas marketing yang utama dalam pengenalan produk.

Apa Itu Logo?

Fungsi Logo
Logo dari brand MArshall, elektronik yang fokus pada perangkat musik. Sumber Pexels

Logo merupakan kombinasi teks, warna, bentuk grafis dan unsur lainnya yang memiliki kemampuan dalam memberi tahu orang-orang nama bisnis kecil Anda dan menciptakan simbol visual yang mewakili visi Anda. Logo adalah bagian dari identitas suatu bisnis yang pertama kali dilihat.

Meskipun untuk memudahkan mengenal bisnis Anda secara langsung dibutuhka teks di dalam logo, namun dalam perkembangannya, akhir-akhir ini banyak juga perusahaan start up yang membangun logo sebagai brand dengan tanpa teks, atau justru logo tersebut hanya sebuah teks.

Seperti Apa Logo Yang Baik?

Logo yang baik adalah logo yang mudah diingat, membedakan antara bisnis milik Anda dan orang lain, dan menumbuhkan loyalitas merek. Logo tidak hanya sekedar gambar grafis yang unik, namun harus ada nilai kepercayaan diri, tujuan, misi, dan visi bisnis Anda.

Sebenarnya jika Anda memiliki logao apapun bentuknya, yang akan memprhatikan dengan seksama adalah kalangan desainer grafis. Artinya orang awam tidak begitu memperdulikan seperti apa logo yang Anda miliki. Namun logo yang Anda miliki mewakili nilai yang Anda miliki pada bisnis Anda, itulah yang akan selalu diingat oleh sebagian besar orang.

Mengapa bisnis Anda membutuhkan logo?

Meskipun logo yang Anda miliki tidak akan dilihat secara seksama, namun jika Anda menggunakan logo yang dibuat asal-asalan dan kurang profesional, maka bisnis Anda juga akan mengalami dampaknya. Jika logo Anda terlihat tidak profesional, orang pasti akan mempertanyakan seberapa baik Anda dapat memberikan produk dan layanan Anda.

Kembangkan logo yang kuat untuk menonjol di mata konsumen, pastikan mereka mengingat merek Anda. Logo memiliki asosiasi simbolis yang mendalam yang terhubung dengan ingatan dan emosi orang yang melihatnya. Logo yang terlihat resmi, elegan tentu akan mudah dipercaya oleh orang daripada logo yang terlihat ‘urakan’.

Tips Membuat Logo

Karena fungsi logo untuk bisnis sangat penting, maka ada hal yang harus diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk mendesain atau memilih logo. Lakukan dengan tepat. Investasikan dalam desain terbaik pada logo Anda. Inilah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan !

1. Temukan ide

Sebuah ide adalah hal awal yang harus di luncurkan ketika membuat sebuah logo bisnis. Setiap orang mampu enelurkan ide dengan cara yang berbeda-beda. Lakukan segala hal yang membuat Anda nyaman untuk berpikir dan mudah untuk mendapatkan inspirasi ketika membuat logo. Anda bisa juga dengan browsing mencari berbagai sampel logo di internet.

2. Periksa logo kompetitor

Setelah Anda memiliki ide dan menelurkannya, maka Anda perlu untuk melihat beragam logo dari pesaing Anda. Apakah menurut Anda logo pesaing Anda efektif atau menarik? Cobalah untuk memikirkan cara-cara untuk logo Anda berbeda dan lebih baik dari logo yang di pakai oleh kompetitor bisnis Anda. Anda bisa menyelidiki kelemahan dan kekuatan dari kompetitor Anda, bahkan dari sebuah pemakaian logo.

3. Asosiasikan dengan bisnis Anda

Fungsi Logo
Logo anda harus menggambarkan dan mengkomunikasikan mengenai gambaran bisnis Anda. Sumber Unsplash

Tujuan utama dari pemakaian logo dalam bisnis adalah untuk menciptakan asosiasi yang berkesan dengan merek. Karena itu, pastikan logo yang Anda buat memiliki keterkaitan dengan identitas bisnis Anda. Anda perlu membuat kata-kata deskriptif untuk bisnis Anda dengan tepat.

Seperti logo Nike yang berupa hembusan angin, yang mengasosiasikan kecepatan, atau logo Shopee yang berbentuk keranjang belanja yang menggambarkan Shopee adalah tempat belanja dan masih banyak lagi.

4. Pilih jenis logo yang tepat

Logo seperti apa yang Anda inginkan? Pastikan logo yang Anda gunakan mudah diingat dan menyesuaikan dengan bisnis Anda. Ada beberapa jenis logo yang bisa dijadikan inspirasi ketika Anda membuat logo untuk bisnis Anda.

  • Logo bergambar akan mudah diingat dan terkadang tidak perlu menggunakan huruf pun orang akan mengingat brand Anda. Seperti gambar panda pada logo WWF, hanya dengan gambar panda saja orang sudah tahu organisasi WWF.
  • Monogram sangat bagus untuk bisnis yang memiliki nama panjang atau nama yang terdiri dari beberapa kata. Monogram adalah salah satu alat branding dan pemasaran yang paling efektif. Seperti logo JNE, logo HP dan sebagainya.
  • Wordmark merupakan logo yang memiliki kemudahan dalam cara pengenalan. Dengan nama brand yang tidak terlalu panjang, logo ini akan mudah masuk di benak khalayak ramai. Seperti logo ASUS, ACER, Toshiba dan sebagainya.
  • Emblem merupakan bentuk logo tradisional yang saat ini masih memungkinkan untuk digunakan. Yang terpenting adalah untuk membuatnya tidak perlu menggunakan bagian kecil. Logo Starbucks Cofee, logo VW dan sebagainya merupakan salah satu contoh logo emblem.

5. Pertimbangkan tren

Jadikan logo Anda tidak ketinggalan jaman meskipun menggunakan logo emblem atau badge. Gaya klasik berbeda dengan gaya ketinggalan jaman. Jika Anda melihat logo departemen atau lembaga resmi kenegaraan di Indonesia akan terlihat banyak perubahan. Pertamina misalnya, lambang kuda laut sudah ditinggalkan dan menggantinya dengan logo yang lebih fresh.

Memang setiap jaman ada tren masing-masing. Pastikan logo yang Anda buat menyesuaikan dengan tren yang ada. Kesederhanaan namun elegan menjadi salah satu ciri tren logo pada masa sekarang. Logo yang rumit dan detail sudah tidak jamannya lagi.

6. Coba alat yang berbeda

Ada banyak aplikasi untuk PC yang bisa digunakan untuk membuat logo. Dari Corel Draw, Adobe Ilustrator atau In Design yang merupakan aplikasi open source bisa Anda gunakan untuk menciptakan logo yang luar biasa.

Namun jika Anda tidak memiliki ketrampilan dalam dunia desain, Anda bisa menggunakan perangkat online. Generator logo online akan sangat mebantu Anda untuk membuat logo. Meskipun Anda memiliki kemampuan pada salah satu aplikasi, tidak ada salahnya Anda mencoba generator logo untuk memdapat inspirasi lain.

8. Lakukan pengujian

Fungsi Logo
Anda bisa mempercayakan kepada desainer untuk pembuatan logo. Sumber Unsplash

Setelah Anda menyelesiakan pembuatan logo, sebaiknya Anda melakukan pengujian, seberapa besar pengaruh logo yang Anda buat untuk khalayak umum. Anda bisa melakukan semacam jajak pendapat di media sosial tentang logo Anda. Langkah ini akan memberikan peluang perbaikan pada logo Anda sebelum benar-benar digunakan.

Penutup

Yang paling mendasar dan harus diketahui oleh Anda adalah logo Anda adalah fondasi visual dari identitas merek Anda. Desain logo menjadi sangat penting dan Anda memang membutuhkannya. Ketika Anda berinvestasi dalam branding Anda, Anda memberdayakan bisnis kecil Anda untuk berkembang. Dan tentu ANda juga tidak meninggalkan hal penting lain seperti marketing, manajemen dan hal kecil seperti menghubungi jasa landing page untuk menarik klien baru.

Untuk Anda yang baru memngembangkan bisnis, kami dari SEO Anak Sholeh menyediakan pendampingan dalam marketing digital. Mulai dari pembuatan website profesional, jasa SEO, sampai jasa desain logo profesional bisa kami tangani. Segera hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut !

Open chat
Kami senang membantu Anda