Menggunakan percobaan berbagai metode marketing dalam menjual produk atau jasa memang sering dilakukan oleh sebagian besar perusahaan. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan juga kekurangan, termasuk juga kelebihan dan kekurangan direct marketing. Meskipun nantinya hanya akan menggunakan metode yang cocok, namun biasanya perusahaan akan mencoba banyak metode sebelumnya.

Direct marketing atau penjualan langsung memang menjadi metode yang masih dipertahankan oleh sebagian perusahaan meskipun saat ini banyak terdapat metode yang berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Memilih Metode Marketing

Setiap bisnis memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda, meskipun kadang berada di ceruk pasar yang sama. Karena itu dimungkinkan metode marketing yang di gunakan antara bisnis satu dengan yang lain menggunakan metode yang berbeda. Semua seolah memiliki kecocokan tersendiri dengan metode yang digunakannya.

Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing
Metode marketing bisa digunakan untuk meiankkan kurva penjualan. Sumber Pexels

Memang untuk mendapatkan metode yang cocok dalam pemasaran, tidak jarang setiap pelaku usaha akan mencoba banyak metode, sampai ia berhasil menemukan metode pemasaran yang cocok. Namun langkah ini dirasa kurang efektif karena akan memakan waktu yang lama. Belum lagi sumber daya yang di keluarkan dalam percobaan tersebut.

Penting bagi perusahaan untuk melakukan riset. Semakin banyak Anda melakukan riset dan pengamatan, maka semakin banyak Anda memiliki parameter untuk memilih metode marketing yang cocok dengan bisnis Anda. Semakin banyak pula Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu metode marketing.

Sebelum Anda mencoba menggunakan metode direct marketing, ada baiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan direct marketing berikut ini :

Kelebihan Direct Marketing

Inilah beberapa alasan mengapa sebagian pelaku bisnis masih menggunakan model direct marketing untuk menjangkau konsumen :

1. Ada banyak cara

Menggunakan metode pemasaran langsung atau direct marketing akan membuka banyak cara dalam mmenjangkau konsumen. Anda dapat menggunakan brosur dan membagikannya seperti halnya marketing tradisional, atau bisa juga menyebarkan melalui email. Selain itu bisa juga menggunakan telepon atau perpesanan langsung.

2. Penyampaian informasi lebih detail

Seseorang akan berpeluang membeli produk atau layanan Anda jika mereka mengetahui informasi mengenai produk dan layanan Anda dengan detail. Ketika Anda melakukan metode pemasaran ini, maka Anda akan menjangkau konsumen secara langsung. Dengan demikian Anda bisa menyampaikan produk dan layanan Anda lebih detail.

Selain itu keuntungan lainnya adalah Anda akan mudah menerima pertanyaan dari konsumen Anda secara langsung. Ini adalah cara dan peluang Anda menjelaskan produk dan layanan Anda secara detail dan secara psokologis Anda memiliki peluang untuk mempengaruhi prospek Anda untuk membeli produk dan layanan Anda.

3. Pendekatan pribadi

Metode pemasaran dengan melakukan pendekatan secara pribadi memiliki peluang lebih besar daripada hanya melakukan lempar umpan sekenanya saja. Dengan melakukan pendekatan pribadi, Anda akan mengetahui masalah yang akan dihadapi oleh konsumen sehingga Anda bisa melakukan penyesuaian dalam melakukan opendekatan ke konsumen.

4. Biaya murah

Apa yang terlihat mahal dari pemasaran model langsung? Panggilan telepon, pengiriman email, penyebaran brosur dan berbagai cara yang ada pada metode direct marketing memiliki biaya yang murah, ini tentu sangat menguntungkan bagi bisnis start up yang baru menanjak naik dan belum memiliki cukup dana atau investor.

5. Akurat

Anda akan menemukan konsumen yang berbeda-beda ketika melakukan upaya marketing. Apalagi jika Anda menggunakan metode direct marketing. Berbagai data dari masing-masing konsumen akan mudah Anda catat. Jika Anda memiliki catatan yang lengkap mengenai data konsumen seperti pekerjaan, lokasi, usia dan sebagainya, maka Anda akan mudah dalam melakukan pemetaan.

6. Mandiri

Dengan metode tradisional direct marketing, maka Anda bisa melakukannya sendiri tanpa melibatkan pihak ketiga seperti agen periklanan. Namun meskipun Anda bisa melakukannya sendiri, sebaiknya tetap membentuk tim yang jelas. Koordinasikan dengan tim yang Anda bentuk mengenai metode yang akan Anda lakukan dalam menjangkau banyak konsumen.

Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing
Pendekatan pribadi merupakan ciri direct marketing. Sumber unsplash @linkedinsalesnavigator

Kekurangan Direct Marketing

Ada beberapa kekurangan dari metode direct marketing yang menjadikan metode ini tidak di lakukan oleh sebagian pelaku bisnis. Inilah diantaranya :

1. Target acak

Kemungkinan Anda ketika melakukan pemasaran langsung maka akan mendapatkan audiens yang acak. Artinya kemungkinan besar mereka tidak terlalu membutuhkan apa yang Anda tawarkan. Namun memang seperti itu alurnya ketika Anda menggunakan metode ini. Kecuali jika Anda sudah memiliki data konsumen dan mampu memetakan dengan tepat.

2. Mengganggu prospek

Siapa yang akan suka jika menerima panggilan telepon berdering di waktu yang tidak tepat? Atau menerima tumpukan email penawaran di inbox? Mereka tentu akan menolak panggilan Anda, atau akan memasukkan alamat email Anda sebagai email spam. Tidak dipungkiri lagi bahwa pemasaran dengan metode langsung lebih mengganggu daripada pemasaran tidak langsung.

3. Respon rendah

Respon dalam metode pemasaran seperti ini tergolong rendah, meskipun respon metode lain dalam pemasaran mungkin akan sama rendahnya. Namun yang menarik untuk di cermati adalah tingkat effort yang di butuhkan ketika menerapkan metode ini lebih besar. Artinya effort non material yang di butuhkan bisa jadi tidak sebanding dengan hasil yang di dapat.

4. Memakan waktu

Terkadang untuk menggunakan metode ini dengan sempurna akan memakan banyak waktu. Bagaimana tidak? Anda harus menghubungi siapa saja yang ada dalam daftar prospek yang Anda miliki. Belum lagi ketika Anda menggunakan pendekatan khusus di setiap kelompok prospek yang Anda miliki. Namun dengan cara ini, hasilnya akan efektif.

5. Membutuhkan banyak kesabaran

Sebagaimana pemasaran yang menggunakan metode pendekatan pribadi pada umumnya, pemasaran dengan direct marketing membutuhkan banyak kesabaran karena harus memberikan pengaruh yang kuat secara langsung kepada konsumen. Berbeda jika Anda menggunakan metode digital marketing yang cukup menunggu hasil tanpa harus menghubungi konsumen secara berkelanjutan.

Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing
Alat komunikasi seperti telepon bisa menjadi alat untuk melakukan pendekatan. Sumber unsplash @berkeleycommunication

6. Kurang nyaman

Metode pemasaran seperti ini pertama-tama selalu  mengandalkan orang terdekat Anda untuk di jadikan prospek. Karena itu keluarga, teman, teman kantor dan sebagainya akan menjadi target Anda dalam prospek. Inilah yang menjadikan aktifitas pemasaran dengan menggunakan metode ini menjadi kurang nyaman.

Mungkin di awal bisnis Anda akan terus saja mempengaruhi orang yang Anda kenal untuk membeli produk atau layanan Anda. Ini akan berjalan dengan baik jika Anda menerapkan taktik ‘muka tembok’ dan bekerja dengan profesional.

Kesimpulan

Menggunakan metode apapun dalam melakukan pemasaran untuk produk atau layanan Anda tentu akan memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Namun Anda akan menemukan metode pemasaran yang pas untuk bisnis Anda seiring berjalannya waktu. Ada banyak pelajaran yang bisa di ambil sepanjang Anda menjalankan bisnis, dan dari pengalaman tersebut Anda bisa melakukan perubahan pada bisnis Anda. Terutama pada metode pemasaran, itulah tugas marketing pada perusahaan.

Semoga artikel mengenai kelebihan dan kekurangan direct marketing ini memberikan manfaat untuk Anda. Jangan lupa membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu direct marketing, Anda bisa membaca artikel pada pembahasan direct marketing sebelumnya.

Open chat
Kami senang membantu Anda