Membangun bisnis startup atau bisnis apapun memerlukan banyak strategi. Salah satu strategi yang sering di lakukan oleh perusahaan atau brand adalah dengan melakukan launching produk baru. Produk yang di buat, tentu akan memiliki nilai bagi konsumen, selain itu penentuan momen dalam melakukan launching produk baru juga sangat penting.

Launching Produk Baru

Program launching produk baru atau perilisan produk baru biasanya dilakukan oleh perusahaan atau brand ketika mereka baru masuk ke pasaran dan mengenalkan apa yang mereka jual. Namun ada juga perilisan produk baru yang dilakukan oleh brand yang sudah mapan dan selama ini mereka telah menjual produk.

Ketika merilis produk baru, suatu perusahaan baik yang sudah mapan maupun pendatang baru tentu sudah melakukan berbagai hal yang terkait dengan rencana perilisan produk baru. Mereka telah melakukan riset pasar, perhitungan biaya produksi, laba dan hal lain yang detail. Hal ini terkait dengan keberlangsungan produk yang mereka jual.

Launching Produk Baru
Produk teknologi biasanya akan selalu berganti. Sumber Pexels @jibarofoto

Jika mereka tidak melakukan riset dan perhitungan sebelumnya, maka produk yang mereka rilis rentan untuk mengalami kegagalan penjualan. Jika produk telah di produksi massal dan ternyata tidak mendapatkan sambutan di masyarakat, tentu perusahaan akan banyak mengalami kerugian.

Selain itu, setelah produk siap dijual, maka diperlukan program launching produk baru yang bisa dilakukan dengan berbagai strategi. Ini semacam pengumuman kepada publik bahwa Anda telah mengeluarkan produk baru.

Launching Produk Adalah Penting Untuk Produk Baru. Ini Alasannya!

Mengapa Anda memerlukan produk yang lebih baru dan merilisnya kepasaran? Bagaimana dengan produk yang selama ini telah terjual? Mengapa perlu melakukan ‘upacara seremonial’ padahal bisnis Anda sendiri sudah mapan?

Banyak pelaku bisnis yang mengeluarkan produk baru meskipun produk yang telah ada tidak mengalami penurunan penjualan. Diversifikasi produk sudah biasa dilakukan oleh para pebisnis dan hal ini adalah strategi bisnis. Inilah alasannya mengapa pebisnis melakukannya!

1. Mengatasi Kejenuhan Pasar

Adakalanya ketika Anda menjual suatu produk, maka Anda tidak mengalami kenaikan penjualan yang signifikan. Atau mungkin malah terjadi penurunan. Fenomena ini terjadi bisa dikarenakan adanya kejenuhan pasar. Konsumen sudah mulai merasa bosan dengan produk yang Anda jual sehingga mereka meninggalkan Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meluncurkan produk baru yang lebih baik, lebih fresh dan konsumen belum pernah merasakan produk baru yang Anda luncurkan tersebut. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kebosanan konsumen atau kejenuhan pasar. Dengan produk baru diharapkan mereka akan mendapatkan sensasi baru dari produk Anda.

2. Pertumbuhan Bisnis

Jika Anda menginginkan bisnis Anda tumbuh dan berkembang, maka Anda perlu merencanakan untuk melakukan diversifikasi produk. Dengan memiliki produk yang beranekaragam, maka Anda akan lebih mudah dalam masuk ke persaingan. Bisnis yang kuat tentu bisnis yang memiliki banyak alternatif produk yang bisa ditawarkan kepada konsumen.

Jika produk Anda memiliki diversifikasi, maka konsumen akan memiliki banyak pilihan alternatif. Jika kompetitor tidak melakukan hal yang sama maka sebenarnya bisnis Anda telah memiliki nilai jual lebih jika dibandingkan dengan kompetitor.

3. Perluasan Basis Pelanggan

Anda bisa membangun lebih banyak penjualan dengan melakukan rilis produk baru. Dengan meluncurkan produk baru, Anda bisa menjangkau sasaran konsumen yang selama ini tidak pernah Anda jangkau. Dengan demikian Anda menambah pangsa pasar baru pada bisnis Anda.

Sebenarnya produk yang baru tidak harus produk yang benar-benar berbeda. Anda bisa saja menambahkan fitur yang berbeda untuk basis konsumen tertentu. Misalnya produk khusus anak-anak, produk khusus untuk orang yang berkebutuhan khusus, produk untuk manula dan sebagainya. Konsumen itulah basis pelanggan Anda.

Launching Produk Yang Menarik? Ini caranya!

Bagaimana cara untuk launching produk yang menarik sehingga produk baru yang akan di pasarkan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat? Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan launching produk yang menarik !

1. Program Diskon

Launching Produk Baru
Dengan adanya diskon, diharapkan produk baru banyak peminatnya. Sumber Unsplash @erik-mclean

Sudah umum dilakukan oleh para pebisnis, jika mereka meluncurkan produk baru, mereka akan membuka program diskon untuk pembeli yang membeli produk baru mereka lebih awal. Mungkin Anda bisa menerapkan diskon untuk seratus pembeli pertama, dan nantinya harga akan menjadi normal ketika produk dengan diskon telah terjual.

2. Program Giveaway

Seperti program diskon, untuk meluncurkan produk pertama, Anda bisa melaksanakan program giveaway. Karena produknya akan diberikan Cuma-Cuma maka Anda harus bisa mengkalkulasi, berapa produk yang akan Anda keluarkan untuk program ini?

Biasanya program ini harus mensyaratkan peserta program untuk mengikuti akun bisnis Anda, menyebarkan informasi produk terbaru Anda, atau mengulas produk Anda. Semua bisa Anda sesuaikan. Yang jelas, program giveaway dengan syarat tertentu ini selain sebagai upaya pengenalan produk juga untuk meluaskan visibilitas bisnis Anda.

3. Meluaskan Iklan

Selain cara di atas, Anda bisa menggunakan iklan berbayar secara masif. Jika Anda mengenal website builder Wix, di awal kemunculannya mereka menggunakan iklan berbayar YouTube untuk mengenalkan keberadaan mereka di masyarakat. Ketika Anda membuka video YouTube apapun di waktu itu, pasti akan muncul iklan Wix. Berbagai brand lain juga menerapkan hal tersebut.

Menggunakan iklan media sosial berbayar seperti apa yang dilakukan oleh Wix adalah cara paling jitu yang bisa Anda lakukan, mengingat untuk mengenalkan produk baru membutuhkan gebrakan yang menampilkan visual secara jelas dan pesan yang gamblang.

4. Press Release

Cara mengenalkan produk baru selanjutnya adalah dengan membuat press release. Press release adalah strategi pemasaran efektif dengan menggunakan konten berbayar yang bisa Anda terbitkan ke media online ataupun cetak. Meskipun konten tersebut berupa iklan, namun dikemas dalam artikel editorial media tersebut. Biasanya berupa berita yang mengabarkan peluncuran produk baru sebuah brand.

Sebenarnya ada juga cara iklan sejenis press release, yakni advertorial. Jika pada press release konten akan mengarahkan pembaca untuk mengetahui produk baru, namun dalam iklan advertorial konten secara tersirat mengandung iklan. Karena hanya menampilkan iklan tersirat saja, cara ini tidak cocok untuk program pengenalan produk baru.

5. Menggunakan Influencer

Influencer menjadi penting dalam upaya marketing untuk produk tertentu. Influencer merupakan orang yang banyak pengikutnya. Karena itu, jika Anda menggunakan influencer untuk mempromosikan produk baru Anda, maka diharapkan para pengikutnya mencoba apa yang telah direkomendasikan oleh orang yang mereka ikuti.

Anda bisa menggunakan artis, YouTuber populer, atau selebgram untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat. Cara ini memang terbilang mahal karena Anda harus menyewa influencer, namun produk baru Anda akan mudah tersebar di kalangan pengguna internet dengan cepat.

6. Jadikan Viral

Pernahkah Anda mendengar kue odading mang Oleh? Karena dipromosikan oleh seseorang yang cara promonya marah-marah dan bahkan mengumpat, kue khas Sunda tersebut justru viral dan banyak yang penasaran untuk membelinya. Itulah kekuatan netizen Indoensia, mereka bisa menciptakan kekuatan yang luar biasa.

Launching Produk Baru
Promo pengenalan produk baru. Sumber Pexels @jack-sparrow

Namun cara promosi dengan viral marketing untuk produk baru tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang mendukung keberhasilan yang mungkin Anda sendiri tidak bisa memperkirakannya. Salah satunya adalah faktor keberuntungan. Meskipun cara ini seperti gambling, namun Anda bisa saja mencobanya.

Kesimpulan

Menciptakan varian produk baru terkadang dibutuhkan untuk sebuah brand guna semakin menguatkan bisnis mereka di persaingan. Dengan melakukan launching produk baru secara meriah, tentu bisa menarik perhatian khalayak akan produk yang dirilis. Namun diperlukan persiapan yang matang untuk hal itu, sehingga margin kegagalan bisa ditekan serendah mungkin.

Kami senang membantu Anda