Jika target audiens Anda banyak yang menggunakan Instagram, tentu beriklan di Instagram Ads merupakan suatu keharusan. Namun tentu terlebih dahulu Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat Instagram Ads dengan baik dan benar.

Tugas Anda sebagai pemilik bisnis adalah menjangkau calon konsumen Anda di tempat-tempat yang sering mereka kunjungi di dunia maya. Instagram adalah salah satunya. Pengguna Instagram Indonesia adalah yang terbanyak keempat di dunia. Per November 2018, jumlah pengguna Instagram Indonesia mencapai 60 juta pengguna.

Pengguna terbanyak berasal dari kalangan usia 18 sampai 34 tahun dan pria mendominasi pengguna Instagram sebanyak 50.5 persen. Tech in Asia juga melaporkan bahwa 45 persen pengguna Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Sangat bermanfaat sekali untuk perkembangan bisnis Anda jika anda mengetahui cara menggunakan Instagram Ads.

Mengenal Instagram Ads

Instagram Ads adalah salah satu kegiatan advertising atau iklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih ditargetkan. Instagram Ads sendiri memang sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, mengumpulkan leads baru. Jangan lupa bahwa Instagram Ads adalah platform visual, sehingga iklan dengan teks tidak akan menjadi pilihan utama dalam memasang iklan di Instagram.

Ilustrasi Cara Membuat Instagram Ads
Ilustrasi Cara Membuat Instagram Ads, Sumber : buffer.com

Instagram Ads sendiri sudah dipercaya untuk bekerja. Menurut Instagram sendiri, 60% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka menemukan produk-produk baru dari media sosial yang satu ini. Selain itu, 75% lainnya mengatakan bahwa mereka terinspirasi untuk melakukan sebuah action setelah mereka melihat postingan di Instagram.

Cara Membuat Instagram Ads

Langkah awal banget sebelum membuat iklan melalui aplikasi Instagram adalah pastikan akun Instagram Anda telah dirubah menjadi akun Instagram Bisnis. Untuk merubah akun biasa menjadi akun Instagram Bisnis maka Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda dengan Facebook Fanspage.

1. Masuk ke Profil Instagram Bisnis

Langkah pertama, membuat Profil Bisnis Instagram. Berikut tahapan untuk membuat akun Instagram menjadi akun bisnis.

  • Masuk ke akun Instagram Anda terlebih dahulu dan buka bagian profile.
  • Tekan tombol setting dan pilih ubah ke profil bisnis.
  • Selanjutnya Anda akan dihubungkan dengan Facebook Page. Lalu pilih kategori yang sesuai dengan profil bisnis Anda.
  • Anda diberikan perintah untuk melengkapi informasi di Pengaturan Profil Bisnis. Pilih kalimat atau kata-kata yang dapat memudahkan konsumen ketika mereka ingin menghubungi Anda.

Ketika akun Instagram Anda sudah beralih menjadi akun bisnis maka tidak bisa lagi di privat. Saat ini akun Instagram Anda hanya bisa terhubung dengan satu akun Facebook Page saja.

2. Memilih Konten

Langkah kedua, memilih konten yang akan Anda iklankan di dalam feed Instagram. Pilih salah satu konten Instagram yang paling menarik dan siap untuk Anda iklankan. Jika Kalian rasa belum ada konten yang sesuai maka Anda bisa membuatnya terlebih dahulu lalu menguploadnya ke akun Instagram Anda.

Jangan lupa perhatikan copywriting agar audience tertarik untuk melakukan interaksi dengan iklan Anda. Setelah Anda memilih konten yang akan diiklankan selanjutnya adalah klik tombol “promosikan” pada bagian kanan bawah.

3. Menentukan Tujuan Iklan

Ilustrasi Memilih Tujuan Iklan
Ilustrasi Memilih Tujuan Iklan

Langkah ketiga, tentukan tujuan iklan Anda dan ingin menggiring mereka ke mana. Setelah Anda menekan tombol “promosikan” selanjutnya Anda akan dibawa kepada halaman setting Instagram Ads yang pertama. Anda akan diberikan 3 pilihan tempat untuk menggiring target audiens Anda yaitu Profile Anda, Situs Web Anda, Etalase Anda.

Ketika memilih “Profile Anda” maka target audiens akan diarahkan ke akun Instagram Anda agar mereka dapat melihat-lihat konten yang telah Anda upload. Pilihan ini sangat cocok jika tujuan beriklan Anda adalah mengenalkan produk, meningkatkan branding dan mendapatkan follower.

Pilihan selanjutnya yang diberikan oleh Instagram Ads adalah “Situs Web Anda”. Jika Anda memilih ini maka target audiens akan diarahkan ke website Anda. Anda bisa menggunakan iklan berbentuk potongan artikel atau tips agar mereka tertarik untuk berkunjung ke website Anda.

Pilihan terakhir adalah “Etalase Anda” yang bertujuan agar audiens langsung melakukan interaksi dengan iklan Anda seperti telepon sekarang, beli sekarang dan lain-lain. Pilihan ini sangat cocok jika tujuan Anda beriklan adalah untuk langsung mendapatkan calon customer tanpa basa-basi.

4. Mengatur Target Audiens

Langkah keempat, mengatur target audiens. Pada halaman ini Anda akan diberikan dua pilihan target audiens yaitu “otomatis” dan “buat milik sendiri”. Jika Anda memilih “otomatis” maka Instagram akan secara otomatis menargetkan iklan Anda kepada orang-orang yang serupa dengan follower akun Instagram Anda. Serta mereka yang pernah berinteraksi dengan konten Instagram Anda atau tertarik melihat-lihat isi konten Instagram Anda.

Selanjutnya jika Anda memilih “buat milik sendiri”, Anda akan diarahkan pada halaman yang meminta Anda untuk men-settingnya. Anda harus memasukkan lokasi target audiens, minat, serta usia dan jenis kelamin. Karena itulah sangat penting untuk mengetahui target pasar dari produk Anda. Setelah Anda melakukan setting pada bagian ini maka akan muncul jumlah potensi orang yang dapat dijangkau oleh iklan Anda.

5. Menentukan Budget Iklan

Ilustrasi Menentukan Budget Iklan
Ilustrasi Menentukan Budget Iklan

Langkah kelima, menentukan jumlah anggaran dana beriklan. Setelah selesai menentukan target audiens Anda kini saatnya menentukan jumlah anggaran dana yang akan Anda keluarkan untuk iklan Anda.

Anda bisa memilih anggaran dana mulai dari 10.000 per hari hingga 10.000.000 per hari. Selain anggaran dana, Anda juga bisa menentukan jumlah durasi iklan Anda tayang selama berapa hari. Anda bisa memilih durasi penayangan iklan Anda mulai dari 1 hari hingga 30 hari.

Jumlah anggaran yang akan Anda keluarkan akan sangat mempengaruhi jumlah audiens yang akan melihat iklan Anda. Bila Anda masih pemula dalam menjalankan Instagram Ads maka pilihlah terlebih dahulu anggaran dengan nilai kecil namun durasi agak panjang.

6. Menjalankan Iklan

Langkah terakhir, mereview kembali dan menjalankan iklan Anda. Jika Anda sudah berada di halaman terakhir ini artinya iklan Anda hampir 80% sudah siap dijalankan. Halaman ini akan menampilkan secara detail hasil setting iklan Anda pada halaman sebelumnya.

Anda juga akan diminta memilih metode pembayaran yang Anda gunakan. Saat ini ada dua pilihan metode pembayaran yang telah disediakan oleh Instagram yaitu menggunakan kartu kredit atau debit. Tombol terakhir yang yang harus Anda tekan adalah “buat promosi” lalu iklan akan berjalan.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat Instagram Ads yang penting untuk Anda ketahui. Setelah mengetahui cara beriklan di Instagram, kini saatnya Anda untuk mulai mencobanya. Jika Anda bisa mengatur Instagram Ads secara baik maka hasilnya akan luar biasa.