Content marketing merupakan model digital marketing terbaik saat ini. Walaupun content marketing belakangan ini baru sering diucapkan terutama ketika berbicara mengenai konteks digital marketing saja. Istilah content marketing juga mungkin belum dikenal oleh semua orang, khususnya di Indonesia.

Sebagai seorang pemilik brand, baik personal brand atau perusahaan, juga sebagai kreator konten, blogger, penulis, youtuber, desainer, atau sebagai seorang yang menggunakan internet secara rutin dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus memahami bahkan menguasai konsep dan praktik content marketing di Indonesia.

Mengenal Content Marketing

Content Marketing, sumber : artplusmarketing.con

Menurut Content Marketing Institute, content marketing bisa didefinisikan sebagai sebuah strategi marketing yang fokus dalam membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan audience dengan tujuan akhir untuk menghasilkan keuntungan bagi sebuah bisnis.

Saat ini, sudah banyak pemain digital marketing yang menyadari pentingnya content marketing sebagai bagian dari strategi marketing mereka. Menurut survey Content Marketing Institute, 70% pemasar bisnis B2B mengatakan bahwa mereka membuat lebih banyak konten di tahun 2017 jika dibanding tahun 2016. Artinya kesadaran penggunaan konten dalam pemasaran terus meningkat.

Secara ringkas, content marketing memiliki 2 tujuan penting, yaitu: menarik audiens baru untuk mengenal bisnis Anda dan mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi costumer.

Efektivitas Content Marketing

Efektivitas Content Marketing, sumber : brightstars.co.id

Pentingnya model digital marketing yang satu ini telah berkembang secara signifikan. Content marketing adalah salah satu cara paling efektif bagi pebisnis online untuk memasarkan bisnisnya. Ini dikarenakan pelanggan hanya memilih untuk berinteraksi dengan konten yang menarik minat mereka, berlawanan dengan marketing tradisional.

Baca juga : Strategi Digital Marketing, Strategi Pemasaran Efektif di Era Modern

Secara statistik, pemasaran konten dapat meningkatkan conversion rate Anda sebesar 6 kali lipat. Menurut sebuah studi oleh Aberdeen Group, rata-rata conversion rate sebuah website yang mengaplikasikan content marketing adalah 2,9%. Sementara website yang tidak melakukan content marketing hanya mendapat rata-rata conversion rate sebesar 0,5%.

Manfaat Content Marketing

Manfaat Content Marketing, sumber : id.techinasia.com

Content marketing dianggap sebagai strategi marketing yang harus dilakukan karena konten berbicara langsung kepada pelanggan. Dengan adanya konten, Anda bisa meningkatkan komunikasi antara merek dan klien, baik dalam hal yang Anda katakan dan seberapa kuat dampaknya terhadap mereka.

Berikut beberapa manfaat dari adanya pemasaran konten pada bisnis Anda.

1. Brand Awareness

Sebagaimana yang ditemukan oleh Demand Metric, pelanggan merasakan hubungan yang lebih dekat dan lebih positif dengan merek yang menghasilkan konten khusus, sehingga membuat strategi konten menjadi alat yang sangat berharga untuk memperkuat hubungan pelanggan.

Semakin sukses konten Anda, semakin banyak orang akan mengingat merek Anda dan menciptakan asosiasi positif dengannya. Jika Anda bekerja ekstra untuk menerbitkan konten yang memiliki nilai.

2. Memperluas Target Konsumen Anda

Social media bisa menjadi strategi untuk bertemu orang-orang baru. Bergabunglah dengan pelanggan di social media, setelah artikel Anda diposkan ulang, dan menulis guest post adalah strategi yang sangat baik untuk menarik pelanggan dan mendapatkan nama Anda di luar sana.

Bahkan hanya dengan konten yang memiliki nilai, Anda bisa mencapai poin ini. Jika pos Anda menunjukkan nilai, maka akan diposting dan dibagikan. Perkenalan kepada brand Anda melalui artikel yang menarik akan membantu menarik pelanggan baru.

3. Mempengaruhi Konversi

Jika orang menikmati konten Anda, mereka akan merasakan koneksi yang lebih dekat dengan brand, lebih mempercayai brand tersebut, dan karena itu lebih terbuka terhadap konversi. Link-to-action atau link ke produk yang ditempatkan dengan baik dalam artikel Anda dapat berdampak baik bagi keseluruhan strategi konten Anda dengan mengarahkan pengguna ke page yang sesuai dengan kebutuhannya.

4. Membangun Loyalty

Konten yang menarik dapat membawa pelanggan kembali setelah melakukan pembelian dan membuat merek Anda lebih bermanfaat daripada membeli produk. Ini membantu Anda menghasilkan pembelian berulang.

Membangun Strategi Content Marketing

Membangun Strategi Content Marketing, sumber : syahidu.com

Anda harus memberikan perhatian penuh pada setiap langkah dalam membuat dan mempromosikan konten Anda, agar strategi digital marketing bisnis Anda berjalan secara efektif dan efisien. Berikut langkah penting untuk membangun strategi content marketing secara efektif dan efisien.

1. Menentukan Tujuan Content Marketing Anda

Membuat konten yang jelas dan menarik merupakan bagian penting dari strategi content marketing. Namun, Anda harus memperdalam dan mempertajam kiat pembuatan content marketing Anda. Dimulai dari pertanyaan mendasar seperti konten seperti apa yang ingin Anda buat dan bagaimana akan mencapai tujuan bisnis Anda dengan konten tersebut.

Content marketing dapat menjadi rumit jika Anda tidak mengetahui bagaimana Anda ingin merealisasikannya secara jelas. Mendapatkan kejelasan konsep sepenuhnya sangatlah penting. Itulah sebabnya Anda harus menguraikan tujuan content marketing Anda dan mendefinisikannya sebelum benar-benar mulai membuat konten.

Meskipun memproduksi konten berkualitas menjadi salah satu prioritas utama, jangan sampai Anda mengorbankan definisi tujuan content marketing. Strategi content marketing Anda bisa saja menghancurkan kampanye pemasaran jika konsep dan tujuan dari konten tidak terencana secara jelas.

2. Mengenali Target Pelanggan atau Konsumen Anda

Memahami dan mengenali target konsumen Anda beserta keinginan mereka sangatlah penting untuk mendapatkan kesuksesan dari content marketing untuk bisnis Anda. Ini adalah salah satu langkah paling penting yang perlu Anda ketahui untuk membuat fondasi yang kuat bagi konten Anda.

Berikut adalah dua hal yang perlu Anda lakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang target konsumen Anda.

a. Fokus pada Pelanggan Terbaik

Jika Anda mengambil langkah yang salah dalam menjalankan strategi content marketing, tentu Anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk memilih dan fokus kepada satu segmen pelanggan yang terbaik. Dengan melakukan ini, Anda dapat menyesuaikan upaya pemasaran dengan lebih baik, dengan menciptakan persona pembeli yang tepat.

b. Ketahui Apa yang Benar-benar diinginkan Pelanggan

Salah satu keuntungan menggunakan content marketing adalah Anda dapat terbantu dalam mendapatkan lebih banyak kesadaran akan customer experience. Bagaimana itu bisa terjadi? Ketika membuat konten, Anda dipaksa untuk belajar mengenai situasi dan kondisi para pelanggan, dan apa yang sebenarnya mereka sukai dan inginkan dari bisnis Anda. Anda pasti tidak akan melakukan hal ini hanya berdasarkan asumsi. Pemanfaatan big data mengenai karakteristik konsumen Anda adalah salah satu hal yang krusial.

3. Membuat Konten yang Mewakili dan Mewujudkan Setiap Tujuan Bisnis

Konten yang Anda buat harus membantu bisnis Anda tumbuh dan mewujudkan setiap tujuan bisnis. Anda perlu menghubungkan upaya content marketing dengan tujuan utama bisnis. Jika tidak bisa dilakukan, maka tidak ada gunanya memproduksi konten bagi bisnis Anda.

Berikut dua hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat pembuatan konten untuk merealisasikan tujuan bisnis.

a. Membangun Kesadaran (Awareness) dari Produk Bisnis

Menciptakan kesadaran akan produk bisnis Anda kepada pelanggan adalah langkah pertama untuk membangun hubungan dengan target pelanggan. Jika pelanggan Anda tidak mengetahui tentang produk Anda, maka akan sulit untuk menambah penjualan produk Anda. Untuk menciptakan kesadaran yang kuat, Anda harus berupaya menghasilkan konten yang informatif dan menarik.

b. Menunjukkan Product Knowledge Bisnis yang Anda Miliki pada Konten yang dibuat

Product knowledge adalah segala hal terkait informasi dan keunggulan produk yang bisnis Anda tawarkan. Setiap bisnis atau perusahaan pasti mempunyai data terkait hal tersebut untuk dibagikan kepada pelanggan. Itulah sebabnya Anda harus membuat konten yang mendidik pelanggan terkait product knowledge bisnis Anda dan membantu mereka menyadari bahwa apa yang Anda tawarkan berbeda dari kompetitor.

Demikian ulasan mengenai content marketing yang menjadi model digital marketing terbaik yang ada saat ini. Tentu saja, penggunaan pemasaran konten dapat berpengaruh pada kemajuan bisnis Anda jika Anda membangunnya dengan strategi yang tepat sesuai target bisnis Anda seperti yang telah diuraikan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat.