Jurus Jitu Marketing Online – Marketing adalah suatu aktiviitas yang bertujuan untuk mengenalkan produk atau jasa dengan maksud mendapatkan suatu brand yang baik. Pada dasarnya di dunia bisnis (secara teoritis) ada berbagai jenis marketing. Dengan demikian, banyak metode atau cara dalam menarik pelanggan untuk dijadikan target pasar pada bisnis online Anda.

Berkembangnya kemajuan teknologi informasi ternyata mampu menawarkan kemudahan bagi pelaku bisnis untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya melalui internet. Bahkan saat ini hampir semua jenis usaha bisa dijalankan melalui internet, yaitu dengan membuat bisnis online.

Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa menjalankan bisnis online adalah hal yang mudah, namun perlu diketahui bahwa bisnis online tidak sepenuhnya terbebas dari segala hambatan. Salah satu hambatan yang biasa terjadi adalah promosi bisnis yang dilakukan untuk menawarkan produk.

Selain itu, hal utama yang ditentukan dalam strategi bisnis adalah mengenai teknik marketing. Bagaimana Anda ingin memasarkan produk atau jasa Anda ke konsumen akan menjadi suatu hal yang mutlak dipelajari lebih dalam. Teknik pemasaran yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal dalam menarik konsumen.

Jurus Jitu Marketing Online

Ilustrasi Jurus Jitu Marketing Online
Ilustrasi Jurus Jitu Marketing Online, Sumber : umkmjogja.com

Selama ini banyak ditemui pelaku bisnis online yang belum optimal dalam melakukan promosi bisnisnya. Hal tersebut berakibat buruk pada usaha yang mereka jalankan. Untuk mengurangi risiko yang terjadi pada bisnis online Anda, berikut ini jurus jitu marketing online yang dapat dilakukan oleh pemula demi mencapai sebuah kesuksesan.

1. Media Sosial

Hal ini adalah salah satu hal yang wajib dimiliki, jika Anda menginginkan bisnis yang dimiliki untuk berkembang menjadi lebih besar. Pilihlah media sosial yang dianggap cocok dengan target pasar yang dituju.

Jika Anda memiliki target pasar berusia 20-35 tahun, maka Instagram dapat menjadi pilihan yang tepat, atau jika kebanyakan target pasar Anda memiliki demografi diluar kota maka Facebook menjadi salah satu pilihan juga.

2. Diskon

Hal ini mungkin terkesan biasa, tapi tahukah Anda bahwa memberikan diskon adalah salah satu teknik marketing yang paling diminati oleh pelanggan? Dengan memberikan diskon akan memungkinkan Anda menarik konsumen baru ataupun pelanggan untuk kembali membeli dengan Anda.

Berikan diskon yang menarik dan sering, namun tetap lakukan perhitungan bagi bisnis. Jangan sampai Anda merugi karena terlalu sering memberikan diskon.

3. Quality Service

Selain didasarkan pada produk dan harga, pelanggan biasanya akan turut menilai pelayanan yang diberikan kepada mereka. Pernahkah Anda memasuki sebuah toko, lalu keluar dan tidak jadi membeli di toko tersebut karena pelayan di toko tidak bersikap ramah?

Ketahuilah bahwa pelayanan turut memegang peranan penting dalam membuat bisnis online Anda menjadi terkenal. Jawablah setiap pertanyaan dari calon konsumen dengan ramah dan informatif, mereka akan sesegera mungkin menjadi pelanggan setia Anda.

4. Inovasi

Ilustrasi Inovasi Bisnis
Ilustrasi Inovasi Bisnis, Sumber : bisnisukm.com

Inti dari sebuah bisnis untuk dapat mempertahankan eksistensinya adalah dengan melakukan inovasi. Lakukan inovasi terhadap produk dan jasa yang Anda jual, bahkan jika memungkinkan lakukan inovasi terhadap packaging Anda. Hal ini akan memunculkan daya tarik dari konsumen lebih lagi.

5. Bebas Ongkir

Ongkir atau ongkos kirim seringkali memberatkan para konsumen. Banyak konsumen yang akhirnya membatalkan pembelian setelah mengetahui biaya ongkir yang mahal. Karena itulah memberlakukan pelayanan bebas ongkir merupakan jurus jitu marketing online, sehingga konsumen berdatangan silih berganti.

6. Bonus

Siapa yang tak ingin mendapatkan bonus dalam pembelian? Misalnya Anda memberikan barang tambahan kepada pelanggan tersebut. Namun, sebaiknya tidak memiliki nilai jual yang lebih tinggi, sehingga Anda tidak rugi.

Jadi, bonus yang diberikan harus lebih rendah. Cara ini terbilang ekstrim, tetapi jurus jitu dalam merauk keuntungan.

7. Komunitas Penjual

Jangan biarkan diri Anda hanya sekedar berjualan, sesekali mengupgrade skill penjualan Anda juga penting. Hal ini sangat penting, agar Anda tau trik dan tips cara promosi toko online terkini.

Sesekali sempatkan diri untuk bergabung di komunitas penjual online agar Anda juga bisa dapat tambahan ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan. Dari situ Anda tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tapi juga bisa memperluas jaringan pemasaran.

8. Website

Ilustrasi Website Bisnis Online
Ilustrasi Website Bisnis Online, Sumber : asiweb.it

Jangan hanya fokus pada sosial media saja, sesekali Anda juga perlu untuk memantau lajur di Search Engine Google. Memanfaatkan website e-Commerce untuk mempromosikan lapak toko online Anda, dapat meningkatkan jumlah pengunjung Anda.

Jika tak punya website pribadi, Anda bisa bergabung pada e-Commerce lainnya seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.

9. Iklan Online

Jika memiliki budget lebih, bisa investasikan sebagian ke dalam strategi iklan yang efektif. Hal ini akan membantu mengarahkan ke target pelanggan yang diinginkan dan meningkatkan traffic. Beberapa contoh program periklanan terbesar saat ini seperti Google AdWords, Amazon Product Ads, dan Facebook Ads.

Jika pemasangan iklan dilakukan dengan benar, penjualan produk Anda akan meningkat secara drastis.”

Tapi hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset untuk menentukan pilihan yang paling cocok dengan budget dan target pelangganmu. Gunakan Google Keyword untuk membantu mencari tahu apa yang dilakukan pesaing untuk mengarahkan traffic dan meningkatkan penjualan e-commerce mereka.

10. Promo

Memberikan produk secara gratis? why not! Mungkin Anda ragu-ragu untuk menawarkan sesuatu yang gratis, namun teknik ini cukup berhasil untuk menarik minat pelanggan pertama Anda untuk berbelanja.

Teknik ini juga merupakan kesempatan yang bagus untuk membangun daftar email pelanggan dengan cara meminta alamat email jika mereka ingin mendapatkan penawaran gratis. Hasilnya ini akan meningkatkan basis pengguna dan memberikan feedback yang dapat digunakan sebagai testimonial untuk mempromosikan produk Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jurus jitu marketing online. Jangan pernah bosan untuk berinovasi dan mencari tahu mengenai penggunaan media online yang sedang tren. Banyaknya pengguna aktif di media online bisa menjadi lahan bagi Anda untuk mulai mempopulerkan bisnis.