Pemasaran melalui media sosial adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial. Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa.

Media sosial yang sering digunakan untuk pemasaran atau promosi di antaranya Facebook, Instagram, dan Twitter. Melalui media ini perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.

Pemasaran dengan media sosial tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung. Dalam pemasaran ini, Anda bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di web, gambar atau video. Konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan dengan produk yang akan dijual.

Selain memasarkan konten, teknik pemasaran modern ini juga digunakan untuk memasarkan merek. Maksud memasarkan merek di sini adalah mengenalkan merek secara umum ke masyarakat secara menyeluruh atau yang sering disebut dengan brand awareness.

Dengan mengenalkan merek dan memberi impresi yang baik, maka rasa percaya masyarakat akan meningkat dan bisa meningkatkan konversi promosi ke penjualan.

Pentingnya Perusahaan Melakukan Pendekatan Digital Pada Bisnis

Ilustrasi-Pendekatan-Digital-Pada-Bisnis
Ilustrasi Pendekatan Digital Pada Bisnis, Sumber : radarmalang.id

Penetrasi pengguna internet di Indonesia tercatat dalam survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia di tahun 2017 telah mencapai 54,68% dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 262 juta jiwa. Angka yang sangat besar, ditambah fakta bahwa terjadi peningkatan sekitar 3 kali lipat dibanding 8 tahun yang lalu.

Tercatat pengguna internet di sektor bisnis dan ekonomi adalah antara 37,82%-45,14% pengguna mencari informasi produk dan jasa serta membantu pekerjaan.

Tentunya, angka yang fantastis ini harus menjadi indikator bagi pelaku bisnis untuk melakukan pendekatan secara digital pada bisnis, produk dan jasanya. Ini juga alasan semakin banyaknya penyedia jasa web atau jasa pembuatan website di Indonesia.

“If your business is not on the internet, then your business will be out of business.” – Bill Gates, Founder of Microsoft

Proses Pemasaran Melalui Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial
Ilustrasi Media Sosial, Sumber : marketingland.com

Pemasaran melalui media sosial tidak bekerja secara langsung. Konversi penjualan membutuhkan waktu yang cukup lama karena masyarakat membutuhkan trust atau rasa percaya. Jika rasa percaya ini meningkat dibarengi strategi yang tepat, maka penjualan bisa berjalan dengan lancar.

Lamanya proses konversi dari promosi ke penjualan ini membuat banyak marketer tidak sabar. Akhirnya mereka gagal menerapkan cara pemasaran ini meski cukup penting. Agar pemasaran ini bisa berjalan lancar, Anda harus bersabar dan menerapkan metode yang tepat, misal target promosinya jelas dan interaksi dengan masyarakat berjalan dengan baik.

Komponen Penting Dalam Social Media Marketing

Ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam social media marketing. Anda harus memahami komponen penting tersebut agar proses pemasaran berjalan dengan lancar. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Fokus Pada Sasaran

Pemasaran melalui media sosial bisa dilakukan oleh siapa saja, cukup memiliki akun jejaring sosial, Anda bisa melakukan pemasaran. Namun, pemasaran yang fokus dan tepat sasaran agak susah dilakukan. Sebelum memasarkan produk ada baiknya menentukan targetnya terlebih dahulu.

Lebih baik melakukan promosi kepada ratusan orang yang tepat sasaran daripada ribuan orang yang belum tentu mau membaca konten promosinya. Selain itu, promosi ke user yang telah ditargetkan juga bisa meningkatkan penjualan produk.

2. Menggabungkan Banyak Platform

Fokus ke satu media sosial memang sangat disyaratkan oleh banyak marketer. Namun, jika Anda bisa memasukkan beberapa media sosial dengan baik, promosi bisa berjalan dengan lancar.

Biasanya pengguna media sosial di beberapa platform memiliki keunikan tersendiri dalam menanggapi promosi. Ada yang suka promosi secara hard selling, ada yang suka promosi ringan, promosi dengan gambar, dan video.

3. Aktif Dalam Berinteraksi

Ilustrasi-Aktif-Berinteraksi
Ilustrasi Aktif Berinteraksi, Sumber : jurnal.id

Saat menggunakan media sosial, jangan melupakan berinteraksi dengan masyarakat. Saat ada yang bertanya atau melakukan komplain, Anda harus menanggapinya dengan baik. Aktif berinteraksi akan membuat merek yang Anda miliki semakin dipercaya.

4. Menggunakan Influencer

Selain menghadirkan konten yang bermutu, menggunakan influencer juga bisa digunakan untuk menarik banyak pembeli. Anda bisa menggunakan beberapa selebriti atau selebgram yang dekat dengan masyarakat.

5. Bersabar

Social media marketing membutuhkan kesabaran karena peluang menyerahnya seorang marketer itu cukup besar. Sebab, konversi penjualan tidak bisa dilihat secara langsung. Masyarakat butuh diyakinkan untuk mau membeli. Oleh karena itu, promosi di sini harus dilakukan secara berkala dan menarik.

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Ilustrasi Strategi Dalam Pemasaran
Ilustrasi Strategi Dalam Pemasaran, Sumber : webpraktis.com

Walaupun menggunakan media sosial adalah sebuah strategi pemasaran bisnis yang tepat, Anda tentu harus memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Melalui persamaan persepsi dengan para pengguna media sosial lainnya, Anda dapat mencari tahu mengenai ekspektasi apa yang diharapkan dari produk bisnis Anda.

Nah, agar Anda menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran, maka Anda perlu mempelajari beberapa strateginya. Berikut ulasan lengkap strategi pemasaran melalui media sosial.

1. Menentukan Target Dan Jenis Media Yang Digunakan

Strategi pertama tentunya Anda perlu menentukan target pemasaran produk bisnis Anda. Misal yang menjadi target Anda adalah pengguna media sosial yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, atau kalangan eksekutif muda yang memiliki segudang rutinitas.

Ini tentu harus Anda pelajari terlebih dahulu. Pada umumnya mungkin produk-produk kuliner bisa menjangkau pasar yang lebih luas, sementara produk-produk teknologi dengan harga yang cukup mahal lebih baik difokuskan pada kalangan eksekutif muda atau mahasiswa yang ekonominya memadai.

Selain memutuskan kalangan mana yang dijadikan target, Anda juga harus fokus memilih media sosial mana yang cocok untuk memasarkan produk Anda. Gunakan saja media sosial yang notabene sudah memiliki banyak pengguna seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

2. Membuat Konten Yang Seru Dan Kreatif

Konten yang seru dan kreatif menjadi salah satu kunci kesuksesan pemasaran melalui media sosial. Konten yang seru akan membuat para pengguna internet tertarik untuk selalu mengikuti informasi yang Anda berikan. Pilihlah konten yang membuat banyak orang tertarik untuk membagikannya.

Kesempatan yang diperoleh dari share tersebut bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnis Anda. Usahakan untuk membuat konten yang singkat dan padat namun menarik, agar pengguna internet tak merasa malas untuk membacanya.

3. Menjalin Komunikasi Efektif Secara Personal

Setelah menentukan target bisnis, memilih konten dan jenis media sosial yang tepat, sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan orang-orang di sekitar Anda. Memiliki banyak teman Facebook, Twitter atau media sosial lainnya merupakan hal yang positif untuk mulai memperkenalkan produk bisnis Anda.

Coba berikan posting, tweet atau wall post secara internal agar mereka bisa lebih mengenal produk bisnis Anda. Langkah ini mungkin efektif bila mereka merasa senang dan ingin membagikan informasi kepada kerabat-kerabat lainnya. Jadi, jangan bosan untuk menjalin hubungan baik dengan kenalan-kenalan di media sosial.

Demikianlah ulasan mengenai pemasaran melalui media sosial yang bisa menjadi solusi pemasaran digital untuk bisnis Anda. Tentu, jangan asal-asalan dalam membuat akun media sosial hanya sekadar untuk mencoba mempopulerkan bisnis Anda saja. Tetapi, gunakan strategi yang ampuh untuk menciptakan sistem pemasaran yang efektif, unik dan digemari banyak orang.

WhatsApp Free Konsultasi