Saat ini di tengah populernya teknik pemasaran melalui media sosial, ada satu teknik pemasaran secara online dengan tingkat ROI (Return on Investment) yang tinggi dibandingkan dengan social media marketing, yaitu Email Marketing atau Pemasaran Online Menggunakan Email.

Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif karena penawaran Anda bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka.

Selain itu, email marketing dianggap lebih efektif karena pemasaran dengan cara ini dapat menjangkau calon pelanggan yang potensial, ditambah lagi biasanya penjualan dengan menggunakan media email konversinya sangat baik.

Dapat dikatakan, email adalah tool atau alat bantu nomor satu yang digunakan oleh para marketer kelas dunia untuk meningkatkan traffic (kunjungan) website dan melipatgandakan penjualan dari website mereka.

Mengenal Email Marketing

Ilustrasi Pemasaran Online Menggunakan Email
Ilustrasi Pemasaran Online Menggunakan Email, Sumber : searchenginejournal.com

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaat media email (surat elektronik). Email marketing ini dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk dan yang sudah menjadi pelanggan.

Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan atau calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka waktu panjang.

Fakta Menarik Pemasaran Online Menggunakan Email

Ilustrasi Fakta Pemasaran Online Menggunakan Email
Ilustrasi Fakta Pemasaran Online Menggunakan Email, Sumber : pngio.com

Inilah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai pemasaran online dengan menggunakan email atau email marketing :

Fakta #1 : Menurut ExactTarget, 91% konsumen mengecek dan menggunakan email setidaknya sekali sehari melalui smartphone, menjadikan email sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan dibandingkan yang lainnya.

Fakta #2 : Menurut McKinsey & Company, konversi email 3 kali lebih besar dibandingkan media sosial, dengan value 17% lebih besar.

Fakta #3 : Menurut Convince and Convert, 44% konsumen membuat setidaknya satu kali aktivitas belanja dari informasi yang diperoleh melalui email dalam rentang waktu setahun.

Fakta #4 : Menurut Gigaom Research, marketer secara konsisten menempatkan email marketing sebagai taktik paling efektif untuk melakukan pengenalan produk, pendekatan, penjualan dan repeat order dari konsumen.

Studi lain menyebutkan bahwa ROI (Return on Investment) yang diperoleh dari email marketing bisa mencapai 40 kali lipat dari modal yang Anda keluarkan. Oleh sebab itu, segeralah membangun database email list Anda sekarang juga.

Tipe Email Marketing

Ilustrasi Tipe Email Marketing
Ilustrasi Tipe Email Marketing, Sumber : searchenginejournal.com

Ada beberapa tipe email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, di antaranya adalah retention email, direct email, dan beriklan di email orang lain. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Retention Email

Retention email adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis Anda, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk Anda ke pelanggan.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.

Bagi para pengusaha yang memasarkan produk atau jasa secara online dan ingin terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan, maka harus mengirimkan email secara teratur kepada para pelanggan dan subscriber.

Retention email tidak harus berisi pesan promosi, ada baiknya diselingi dengan tips dan informasi berharga yang memang penting untuk diketahui oleh para pelanggan.

Pelanggan yang senang dengan isi email Anda akan terus loyal sehingga akan menumbuhkan bisnis Anda terus menerus, tentunya ini sangat penting bagi semua pengusaha, terutama mereka yang punya bisnis di market yang kompetitif.

2. Direct Email

Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan di mana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

Cukup banyak pebisnis online yang keliru dalam memanfaatkan direct email kepada pelanggan mereka dengan mengirim pesan penawaran/promosi dengan bertubi-tubi sehingga terkesan pesan email tersebut berisi SPAM.

Pendekatan yang salah (SPAM) kepada pelanggan atau calon pelanggan bisa berakibat buruk, misalnya pelanggan lama atau calon pelanggan akan menghapus alamat email kita dari daftar White List mereka atau Unsubscribe.

3. Beriklan Di Email Orang Lain

Ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi Anda yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, Anda bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis Anda.

Cukup banyak pemilik produk yang berhasil memasarkan produk mereka dengan cara seperti ini. Mereka yang memiliki email list yang cukup banyak biasanya akan bersedia memasarkan produk orang lain untuk mendapatkan keuntungan, baik itu dengan cara affiliasi ataupun dengan cara lain.

Jadi, jangan heran kalau ada pebisnis online yang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam satu hari dari internet dengan memanfaatkan email marketing.

Keuntungan Pemasaran Online Menggunakan Email

Ilustrasi Benefits
Ilustrasi Benefits, Sumber : yempo-solutions.com

Beberapa keuntungan email marketing sudah disebutkan sebelumnya. Untuk melengkapinya, berikut ini beberapa keuntungan email marketing bagi bisnis online Anda.

1. Informasi Terkirim Lebih Cepat

Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos biasanya juah lebih lama dibandingkan dengan email. Ditambah lagi Anda juga harus menunggu respon pelanggan melalui surat yang dikirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak efektif.

Dengan email marketing, Anda bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan Anda dapatkan realtif lebih cepat.

2. Promosi Dapat Diukur

Promosi yang Anda lakukan melalui email marketing dapat Anda ukur dengan baik karena Anda dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan analisis lebih baik terhadap promosi yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada promosi saat diperlukan.

3. Bersifat Pribadi

Email marketing yang bersifat pribadi/personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan atau calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari Anda, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun pada mereka melalui email yang Anda kirimkan.

4. Biaya Jauh Lebih Murah

Memang Anda membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika Anda menggunakan surat fisik. Tingkat responsive direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.

5. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa dengan menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang Anda kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.

Demikianlah ulasan mengenai Pemasaran Online Menggunakan Email yang merupakan teknik pemasaran online yang menguntungkan bagi bisnis Anda.

Melihat begitu banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari email marketing ini, maka Anda para pengusaha online tentunya harus membangun email list para pelanggan dan calon pelanggan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.