Public Relation adalah aktivitas dari manajemen hubungan baik dan komunikasi (communication & relationship management) untuk membangun dan menciptakan citra positif perusahaan dan merek produk di mata publik atau konsumen secara umum.

Secara umum, komunikasi dalam hubungan masyarakat (public relation) memiliki cakupan yang lebih luas daripada komunikasi yang berfokus pada pasar (market), distribution channel dan customers.

Public Relation melakukan komunikasi dengan beberapa kelompok masyarakat dengan tujuan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif, kemudahan untuk melakukan aktivitas pemasaran dan kegiatan lain dari perusahaan.

Perusahaan adalah salah satu entitas bisnis yang keberadaannya bisa terancam jika para pemangku kepentingan ini tidak memiliki persepsi positif terhadap perusahaan dan merek produk serta aktivitas yang dikerjakan perusahaan.

Perusahaan harus memahami pentingnya pihak lain, pemerintah atau para pemangku kepentingan yang lain, selain supplier, saluran distribusi dan konsumen. Jadi, betapa penting untuk menciptakan kesan dan citra positif bagi masyarakat umum dan para pemangku kepentingan.

Mengenal Public Relation (PR)

Ilustrasi Public Relation
Ilustrasi Public Relation, Sumber : Blog Amar Suteja

W. Emerson Reck berpendapat Public Relation merupakan kelanjutan dari proses pendapatan kebijaksanaan, penentuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan good will dari mereka.

“Public Relation is the continued process of keying policies, services and actions to the best interest of those individual and groups whose confidence and goodwill an individual or intitution covest, it is the interpretation of these policies, services and actions to assure complete understanding and appreciations.”

Ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Frank Jefkin yang mengatakan Public Relation berarti menciptakan saling pengertian.

Pemasaran di zaman yang penuh kompetisi seperti sekarang ini tidak cukup hanya dengan model pemasaran konvensional yang sering dikenal dengan 4P (Product, Price, Place, Promotion) tetapi harus ditambah dengan Public Relation dalam menghadapi persaingan yang semakin sengit.

Citra organisasi yang baik dan produk, itulah kunci pertama memenangkan konsumen, jikalau organisasi atau produk tidak dikenal mana mungkin ada penjualan.

Secara umum, tujuan public relation adalah sebagai berikut :

1. Menciptakan citra positif dari perusahaan beserta atributnya kepada eksternal publik atau masyarakat umum dan konsumen.

2. Menciptakan saling pengertian antara perusahaan, merek produk dengan publik dan para pemangku kepentingan.

3. Mendapatkan dukungan atas semua aktivitas operasional dan pemasaran, baik dari perusahaan maupun merek produk.

Fungsi Public Relation Dalam Pemasaran

Ilustrasi Public Relation Dalam Kegiatan Marketing
Ilustrasi Public Relation Dalam Kegiatan Marketing, Sumber : mix.co.id

Public relation atau humas (hubungan masyarakat) merupakan salah satu alat pemasaran yang bisa melakukan evaluasi atau persepsi, sikap dan pandangan masyarakat umum atau publik dan konsumen umum maupun khusus (segment), atas aktivitas dan kebijakan perusahaan atau merek produk, untuk kemudian melakukan serangkaian aktivitas yang diperlukan agar tercipta citra positif.

Serangkaian aktivitas inilah yang sering disebut sebagai pemasaran humas atau marketing public relation (MPR) yang memiliki tugas khusus untuk menciptakan citra positif (tertentu) tentang aktivitas pemasaran, kebijakan atas merek dan distribusi produk serta aktivitas lain yang berhubungan dengan pemasaran, distribusi, dan komunikasi.

Strategi PR Untuk Membentuk Citra Positif

Cara Anda berkomunikasi, baik di dalam maupun di luar organisasi perusahaan, semua event yang Anda kerjakan dan rencanakan, keterlibatan Anda dalam berbagai komunitas, dan bahkan bagaimana Anda menangani permasalahan dan krisis yang terjadi akan membentuk strategi hubungan masyarakat (public relation) Anda.

Berikut adalah beberapa hal penting dalam strategi public relation untuk membentuk citra merek produk dan perusahaan Anda.

1. Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)

Bagaimana perusahaan melakukan komunikasi dengan entitas bisnis yang lain, baik internal maupun eksternal adalah bagaimana perusahaan dipersepsi atau digambarkan. Strategi komunikasi perusahaan (corporate communication) adalah center dari strategi public relation secara keseluruhan perusahaan Anda.

Jadi, public relation dalam mengkomunikasikan pesan penting yang harus dipahami oleh audience adalah ekspresi dari suara merek produk perusahaan yang juga dikemas dalam corporate communication strategy.

2. Hubungan Dengan Media (Media Relation)

Ilustrasi Media Relation
Ilustrasi Media Relation, Sumber : Blog Yulan Galeri

Media relation adalah hubungan yang ada antara perusahaan, merek produk dengan pers secara umum. Tujuannya agar berhasil dalam membangun hubungan (media relation) dengan contact person yang tepat untuk setiap berita yang dikeluarkan agar relevan dan memastikan perusahaan serta merek produk digambarkan dengan baik oleh media.

Setiap kali perusahaan dan merek produk memiliki event, acara dan kegiatan apapun yang baik untuk diberitakan, maka Anda dapat menghubungi dan mengirimkan siaran pers (press release) ke contact person. Press release adalah sumber berita yang membuat atau menciptakan hubungan simbiosis antara perusahaan atau merek produk dengan media.

3. Hubungan Masyarakat (Community Relation)

Perusahaan dan bisnis Anda adalah bagian dari komunitas Anda, hubungan komunitas (community relation) membangun kehadiran bisnis perusahaan Anda dan persepsi masyarakat umum.

Untuk bisa terlihat dalam komunitas, ada banyak cara, diantaranya adalah dengan terlibat dalam berbagai program komunitas yang berfokus pada pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan masyarakat, dan lingkungan umum.

4. Membangun CSR (Corporate Social Responsibility)

Untuk saat ini, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) ini. Dimana program ini adalah untuk membantu melakukan pemeliharaan sosial dan tempat di sekitar wilayah operasional perusahaan, program dengan tujuan untuk kelangsungan lingkungan di sekitar perusahaan berada.

Dengan program yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, maka perusahaan dapat membangun ikatan emosional masyarakat dengan perusahaan dan merek produk Anda.

5. Manajemen Krisis (Crisis Management)

Bagaimana Anda menghadapi situasi yang tak terduga atau krisis yang bisa mengancam operasional perusahaan dan bisnis Anda.

Manajemen krisis menciptakan serangkaian rencana taktis yang memungkinkan perusahaan tetap beroperasi senormal mungkin, serta mampu melalui krisis dan mempertahankan citra positif perusahaan dan merek produk Anda.

Agar situasi tetap terkendali, sangat penting untuk tetap melakukan komunikasi baik internal maupun eksternal. Bahkan, pada situasi yang sangat genting atau kondisi yang sudah tidak bisa dikendalikan, selalu ada strategi untuk jalan keluarnya.

6. Manajemen Acara (Event Management)

Sebuah acara atau event dalam bisnis perusahaan juga merupakan alat pemasaran yang cukup baik untuk mengenalkan nama perusahaan, bisnis, dan merek produk Anda.

Sebuah event memiliki banyak kelebihan dan kekuatan untuk menyampaikan pesan melalui banyak cara atau media, mulai dari teks banner, pajangan produk, jingle, dan pengalaman pengunjung dengan sekian acara yang ada di dalam event tersebut.

Jadi, rencanakanlah event perusahaan sebaik mungkin, mulai dari kapan pemilihan waktu yang tepat, tempat yang sesuai dan menggambarkan sesuatu, siapa saja tamu VIP dan VVIP yang akan hadir, siapa yang masuk undangan umum, dan bagaimana acara akan digelar. Buat rencana yang strategis dan detail, agar semua bisa berjalan lancar.

Demikianlah ulasan mengenai Public Relation yang merupakan media komunikasi dalam kegiatan marketing. Dengan public relation, tentu komunikasi pemasaran Anda akan lebih efektif. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

WhatsApp Free Konsultasi