Meskipun saat ini sudah masuk di era digital, namun berbagai strategi marketing tradisional masih ada yang relevan untuk saat ini. Memang sebagian besar atau mungkin kedepannya teknologi digital semakin maju dan hal ini akan merubah berbagai strategi marketing, metode pembayaran dan berbagai aktifitas perdagangan lainnya.

Namun untuk tujuan tertentu, strategi marketing tradisional masih layak untuk di lakukan. Alasan yang masuk akal adalah karena pasar secara riil masih ada dan beroperasi, terutama di negara berkembang. Masyarakat masih mengandalkan pasar dala bentuk nyata, dan bahkan menyumbang emasukan besar dibandingkan dengan pasar secara daring.

Sebenarnya sebuah perusahaan idealnya melakukan dua strategi pemasaran yaknimarketing tradisional dan juga marketing digital secara beriringan. Keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda, artinya target market menjadi lebih luas daripada hanya melakukan satu strategi marketing.

Strategi marketing tradisional yang sebaiknya dilakukan tentu saja yang benar-benar efektif dan dapat menjangkau banyak audiens. Inilah beberapa strategi marketing tradisional yang masih bisa anda gunakan.

Marketing Tradisional
Papan reklame masih bisa dijadikan sarana marketing. Sumber Unsplash

1. Papan Banner

Pernahkah anda melihat aktifitas marketing dari Shopee, perusahaan e commerce terbesar di Indonesia ? Sebelum Shopee tumbuh besar seperti sekarang, mereka melakukan promosi dengan megenalkan brand mereka melalui papan yang di taruh di bagian belakang sepeda motor. Sepertinya hal ini sepele, namun ternyata efektif.

Mereka membayar sejumlah uang ke pengendara motor terutama ojek online untuk memperbolehkan memasang papan di bagian belakang sepeda motornya. Mereka seperti halnya sebuah banner berjalan yang mampu menjangkau banyak orang. Hal serupa juga berlaku pada kendaraan umum seperti bus kota. Anda bisa menemukan iklan di bagian badan bus.

Dengan kombinasi antara tulisan dan juga gambar yang tepat, penggunaan media ini memang cukup efektif. Berbeda dengan iklan PPC yang akan habis ‘kuotanya’ setiap saat. Namun dengan menggunakan metode ini anda akan masih bisa beriklan di periode waktu tertentu tergantung kesepakatan anda tanpa harus takut ’kehilangan kuota klik’.

2. Billboard

Baliho yang menggunakan gambar cetakan masih sangat umum digunakan. Dari jalan raya hingga lorong, papan reklame telah berkembang pesat. Strategi marketing tradisional ini menggunakan lebih sedikit teks dan lebih banyak gambar. Sebuah gambar dapat bermakna ribuan kata dan gambar yang menarik sangat bagus untuk pengenalan sebuah brand.

Baliho dengan ukuran besar  tentu tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun yang melihatnya jika diletakkan di lokasi strategis. Bahkan mereka menghafalnya sebagai sebuah tanda suatu lokasi seperti halnya landmark. Mengingat jangkauannya yang luas dan sanggup melintasi berbagai kelas sosial dan batas geografis penggunaan baliho tidak akan ditinggalkan.

Penggunaan baliho atau papan reklame ini juga memiliki fungsi untuk memberikan tanda keberadaan lokasi gerai atau perusahaan anda. Pelanggan yang datang secara klangsung akan lebih mudah menemukan lokasi jika ada tanda dari keberadaan gerai atau perusahaan. Manfaatkan papan reklame tersebut sebagai tanda.

3. Surat Menyurat

Dengan menggunakan surat langsung selain lebih mudah dipahami, tetapi juga memiliki kekuatan yang lebih besar untuk memengaruhi pembaca. Dalam suatu penelitian, seseorang akan mudah mengingat hal yang disampaikan surat langsung daripada dengan metode pesan lain seperti email.

Surat langsung di industri tertentu juga menimbulkan tingkat respons yang lebih tinggi. Dengan menggunakan surat langsung, secara emosional klien akan mudah terikat. Mereka akan berpikir bahwa perusahaan yang mengirimi mereka surat benar-benar serius.

Marketing Tradisional
Menggunaka surat untuk menyampaikan penawaran. Sumber Unsplash

4. Selebaran dan Brosur

Selebaran dan brosur bisa berguna jika dipergunakan di lokasi yang tepat seperti mall atau pusat keramaian lainnya. Untuk menginformasikan adanya diskon dan penawaran khusus biasanya menggunakan metode ini.

Jangan meremehkan kekuatan hand-out untuk menghadirkan peluang pertumbuhan baru bagi bisnis anda. Media pesan seperti selebaran, surat langsung atau kartu nama membangkitkan tanggapan yang kuat dan jangkauan yang lebih luas bagi marketer. Keunggulan menggunakan metode ini adalah, para penerima selebaran bisa menyimpan selebaran tersebut dan mereka akan menghubungi anda sewaktu waktu bila diperlukan. 

5. Interaksi Tatap Muka

Interaksi secara langsung antara penjual dan pembeli merupakan langkah perdagangan paling kuno. Namun hal ini sebaiknya tidak dihilangkan. Dengan menggunakan layanan tatap muka, selain pelanggan bisa menanyakan secara langsung mengenai informasi produk anda secara detail nereka juga akan memiliki ikata emosional dengan anda.

Karena itu penting untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang nantinya dapat menciptakan pengalaman pengguna yang memiliki nilai positif. Anda bisa mengembangkannya melalui tatap muka secara langsung.

6. Iklan Media Cetak

Meskipun sampai saat ini berbagai media informasi sudah beralih ke media elektronik. Namun media cetak tidak akan pernah mati. Koran atau majalah masih setia menemani siapa saja yang sedang erada di ruag tunggu apakah itu rumah sakit, balaikota dan sebagainya.

Karena itu anda bisa menggunakan media cetak tersebut untuk memasarkan produk anda. Jika perusahaan anda baru berada pada tingkat lokal maka anda bisa menempatkan iklan anda pada media cetak lokal yang ada di kota anda. Ini bertujuan agar penjaringan konsumen baru ada di kota tersebut yang merupakan target market anda.

7. Telemarketing

Pemasaran melalui sambungan telepon masih dilakukan oelh banyak perusahaan seperti perusahaan telekomunikasi, bank atau asuransi. Dengan menggunakan telemarketing, pelangga bias mendapatkan informasi dengan detail mengenai sebuah produk. Mereka bias menanyakan apapun yang tidak mereka ketahui mengenai produk yang di tawarkan.

Karena itu pelaku pemasaran dengan strategi telemarketing haruslah mengetahui detail produk yang di tawarkan dan mampu menjawab berbagai pertanyaannya. Karena melalui sambungan yang memungkinkan percakapan langsung melaluisuara, maka dengan system telemarketing, akan terjadi hubungan komunikasi yang lebih baik daripada sekedar pesan teks atau informasi yang di tampilkan pada layar. 

8. Sponsor Acara

Marketing Tradisional
Memberikan sponsor pada even yang mengumpulkan banyak orang menjadi salah satu langkah marketing. Sumber Unsplash

Ketika diadakan suatu even yang menggunakan sponsor. Maka sponsor akan mendapatkan imbal balik berupa slot waktu, atau tempat atau space untuk beriklan. Tampaknya hal ini tetap dilakukan sampai hari ini karena manusia selalu melakukan suatu kegiatan yang membutuhkan sponsor untuk kelancaran kegiatannya.

Maksimalkan kegiatan pemasaran anda dengan memberkan dukungan kepada penyelenggaraan acara yang strategis dan menghadirkan banyak peserta. Denganlangkah ini selain anda bias mengenalkan brand anda ke khalayak ramai, anda juga bias menjual produk anda secara langsung ketika even digelar. Hal seperti ini tergantung pada kesepakatan atara penyelenggara acara dan sponsorship mereka.

Itulah beberapa strateg I marketing tradisional yang sampai hari ini masih dilakukan. Memang sebaiknya anda melakukan pekerjaan marketing di dua cara yakni secara tradisional dan marketing digital. Untuk marketing digitalnya, anda bias mempercayakan kepada SEO Anak Sholeh yang memberikan layanan pembuatan website professional sebagai salah satu bentuk marketing digital.