Saat ini media sosial bukan sekedar digunakan untuk memposting foto atau video saja, tetapi juga untuk melakukan penjualan produk bisnis yang Anda miliki. Salah satu media sosial yang berpengaruh terhadap penjualan produk suatu bisnis adalah instagram. Oleh karena itu, saat ini Anda juga perlu merancang strategi pemasaran instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Sampai saat ini, instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes.

Instagram merupakan aplikasi yang populer untuk berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis.

Instagram terus menerus memperbarui dan meng-upgrade fitur-fitur yang semakin menarik minat pengguna. Tidak heran jika saat ini banyak pelaku bisnis yang menggunakan instagram sebagai media pemasaran. Lalu, bagaimana memanfaatkan media sosial tersebut untuk menjual produk-produk usahanya?

Anda pasti berpikir bagaimana instagram dapat bekerja untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Melalui konten berupa foto dan video yang disertai caption atau deskripsi singkat produk, ternyata dapat mendorong pembeli untuk memiliki atau menggunakan produk yang Anda jual.

Pemanfaatan fitur-fitur instagram seperti post, caption, hashtag, followers, bio dan lain sebagainya secara optimal ternyata dapat meningkatkan jumlah costumer baru untuk bisnis Anda. Beriklan pun bisa Anda bayar melalui platform tersebut sesuai kebutuhan Anda, seperti post timeline atau story.

Instagram for Business

Ilustrasi Instagram for Business
Ilustrasi Instagram for Business, Sumber : Blogging Wizard

Pada Mei 2016 lalu, instagram mengumumkan bahwa mereka akan merilis Instagram for Business. Dengan fitur ini, sebuah bisnis bisa membuat sebuah profil bisnis gratis.

Dengan profil bisnis, Anda sebagai pemilik bisnis dapat memilih bagaimana Anda ingin pelanggan mereka dapat menghubungi mereka, baik melalui telepon, sms, ataupun email dengan tombol kontak dan mendapat petunjuk arah.

Profil bisnis juga memungkinkan Anda untuk melihat insights dan kemampuan untuk mempromosikan.

1. Insights

Insights di instagram membantu memberi tahu Anda informasi penting tentang followers Anda dan postingan mana yang memiliki jangkauan dan engagement atau keterlibatan pelanggan paling tinggi.

Dengan informasi-informasi ini, Anda bisa mengenal lebih dalam tentang perilaku (behaviour) dan demografis audiens Anda. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten yang lebih relevan dan sesuai untuk audiens Anda.

2. Promote

Fitur promote pada instagram memperbolehkan Anda untuk menjadikan postingan Anda sebagai ads atau iklan di aplikasi instagram. Ads tentunya membantu Anda untuk berhubungan dengan pelanggan bisnis Anda.

Anda tinggal memilih salah satu postingan yang sudah Anda share di instagram dan menambahkan action button. Anda bisa memilih target audiens dan memperbolehkan instagram menyarankan target audiens untuk Anda. Setelah itu, postingan Anda tersebut akan dipromosikan sebagai iklan selama periode yang sudah Anda pilih.

Dengan tool baru dari instagram ini, bisnis Anda bisa mendapat pelanggan dari berbagai penjuru dunia. Bisnis Anda juga bisa memahami audiens-nya dengan lebih baik, menyesuaikan konten, dan memperbaiki strategi marketingnya, baik online maupun offline.

Strategi Konten Instagram

Ilustrasi Strategi Konten Instagram
Ilustrasi Strategi Konten Instagram, Sumber : Blog Xendit

Dengan akun bisnis, Anda bisa menyusun rencana marketing untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil yang konkrit untuk bisnis Anda. Strategi Anda harus mencakup empat hal berikut ini.

1. Waktu Posting

Salah satu hal yang harus Anda lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower Anda dengan update yang berlebihan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan-biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi.

Setelah Anda melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calender Anda untuk menjadwalkan waktu posting instagram Anda.

2. Konten yang Bertema

Memilih konten dengan tema yang berbeda-beda membantu bisnis Anda menjamin bahwa pelanggan Anda tidak akan bosan dengan konten Anda. Selain itu, konten yang berbeda-beda bisa membantu Anda mencapai objektif yang berbeda-beda.

3. Guidelines untuk Style Instagram

Instagram sebuah brand sebaiknya memiliki style mereka sendiri untuk membedakan akun mereka dari brand lain sehingga brand Anda bisa menjadi memorable. Style guidelines ini harus membantu Anda membuat akun instagram Anda berbeda, konsisten, dan mudah diingat.

4. Guidelines untuk Engagement

Guideline ini dibuat untuk menentukan bagaimana sebaiknya bisnis Anda berinteraksi dengan akun lain di instagram, dari me-like dan komentar di foto akun lain sampai merespon komentar-komentar yang masuk ke akun instagram bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Instagram

Ilustrasi Strategi Pemasaran Instagram
Ilustrasi Strategi Pemasaran Instagram, Sumber : elitemarketer.id

Instagram adalah platform yang sangat visual. Oleh karena itu, Anda perlu membangun akun yang kohesif dan mudah diingat, anggap ini sebagai bagian dari brand identity bisnis Anda. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran instagram untuk membangun akun instagram yang baik.

1. Membuat Komunitas Melalui Hashtag

Hashtag pada instagram dapat dikatakan hampir sama seperti hashtag pada media sosial lainnya, seperti pada twitter. Fungsinya adalah untuk menjangkau audiens secara lebih luas. Melalui pencantuman hashtag, memungkinkan foto atau video yang Anda post akan dilihat oleh lebih banyak orang daripada jika Anda tidak menyertakan hashtag.

2. Kesesuaian Tren Bisnis dan Followers

Strategi konten yang Anda tujukan kepada followers harus menyesuaikan perkembangan tren, khususnya untuk target pasar Anda. Apabila Anda telah memahami sasaran pasar Anda, selanjutnya Anda dapat menentukan foto atau video yang tepat untuk Anda sajikan kepada audiens Anda.

3. Menggunakan Fitur yang Tersedia

Semakin hari instagram terus mengembangkan layanan bagi pengguna dengan meningkatkan kecanggihan fitur-fiturnya. Sehingga, para pengguna pun dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka khususnya untuk melakukan pemasaran.

Melalui fitur-fitur yang dihadirkan tersebut, Anda lebih mudah dalam mengelola konten berupa foto dan video untuk menjadi post yang berkualitas, sehingga memungkinkan menarik perhatian calon pembeli produk Anda. Jika Anda dapat mengoptimalkan semuanya, maka kualitas konten Anda juga menjadi maksimal.

4. Berinteraksi dengan Customer

Memulai marketing dengan platform media sosial instagram memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Membangun kesadaran pengguna akan bisnis Anda atau brand awareness membutuhkan strategi yang tepat.

Maka dari itu, interaksi dengan pengguna melalui platform media sosial ini akan sangat membantu Anda dalam membangun engagement pengguna.

5. Visual yang Konsisten

Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di media sosial menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post.

Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto Anda, akun instagram bisnis Anda akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower Anda. Semakin mudah dikenali, semakin besar kemungkinan followers Anda akan me-like dan meninggalkan komentar di foto Anda.

6. Memilih Subjek yang Ditampilkan

Secara visual, Anda perlu menentukan konten apa yang ingin Anda jadikan fokus dari akun Anda. Tapi, tentu saja sesekali Anda boleh mengupload gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnis Anda, tetapi bisa menjadi postingan yang menarik untuk follower Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa strategi pemasaran instagram (instagram marketing) yang dapat menunjang kelancaran dan meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

WhatsApp Free Konsultasi