Sebagian penyokong perekonmian di Indonesia adalah bisnis kecil menengah atau biasa disebut dengan UMKM. Keberhasilan bisnis kecil banyak berkaitan dengan rencana pemasarannya. Pemasaran digunakan untuk menarik pelanggan yang dibutuhkan agar bisnis tetap berjalan. Karena itulah diperlukan strategi pemasaran UMKM yang benar-benar tepat.

Strategi pemasaran digunakan untuk membantu bisnis mencapai tujuan penjualan dan inisiatif branding. Melalui berbagai taktik, pemasar bekerja untuk menarik pelanggan yang tepat ke dalam bisnis anda. Namun permasalahan UMKM yang sering terjadi adalah kurangnya alokasi dana untuk marketing.

Ketika pemilik bisnis duduk untuk menulis rencana pemasaran mereka, mereka perlu mempertimbangkan segala hal agar bisa memperkecil resiko bisnis dan menjadi salah satu langkah memetakan resiko bisnis. Salah satunya adalah mempertimbangkan biaya pemasaran yang akan mereka keluarkan.

Strategi Pemasaran UMKM

Strategi Pemasaran UMKM
Modal yang terbatas menjadikan effort harus lebih. Sumber Pexels

Karena usaha UMKM terbatas pada permodalan, maka effort yang harus di berikan dalam marketingnya tentu berbeda dengan bisnis bermodal besar. Daya dan upaya harus dilakukan lebih maksimal. Berikut adalah strategi pemasaran UMKM untuk menyiapkan bisnis kecil anda agar sukses.

1. Membangun Merk

Mungkn merk menjadi sesuatu yang terlihat kurang begitu penting bagi bisnis kecil, namun sebenarnya hal ini adalah yang utama. Untuk pelanggan bisnis kecil dan pelanggan potensial agar mereka mengetahui dengan siapa mereka berbisnis maka UMKM perlu memiliki identitas merek yang jelas.

Setelah mereka memutuskan identitas perusahaan mereka, mereka perlu mencocokkannya dengan nama, logo, warna, dan citra yang sesuai yang menyampaikan merek mereka kepada pelanggan. Anda tentu sudah familiar dengan berbagai macam perusahaan ekspedisi dan seperti apa brand mereka.

Bisa jadi proses ini mahal di awal tetapi pada akhirnya, hal tersebut memang harus di lalui dan anda akan mendapatkan hasil yang sepadan. Pikirkan tentang pengenalan merek-merek mapan seperti McDonald’s atau Starbucks dan bagaimana pengakuan itu terkait dengan merek, logo, dan warna mereka.

2. Memanfaatkan Google Bisnisku

Google Bisnisku sangat bermanfaat terutama untuk bisnis lokal yang membutuhkan map. Profil Bisnis Google telah menjadi salah satu strategi pemasaran gratis paling efektif yang tersedia. Fitur dari Google yang gratis ini memungkinkan bisnis anda muncul di Google Maps, bagian lokal ataupun Google Search.

Namun agar Profil Bisnis anda muncul lebih tinggi di Google Maps, anda perlu mengoptimalkan Profil Bisnis anda dengan melakukan verifikasi kepemilikan. Ketika anda melakukannya dengan benar, maka anda memiliki usaha bisnis yang terverifikasi lokasinya.

3. Postingan Media Sosial

Anda bisa meningkatkan keterlibatan media sosial dan membangun komunitas online di media sosial. Inilah cara gratis untuk mengembangkan bisnis kecil anda sambil mengekspresikan seperti apa merk yang anda bangun sehingga mampu membangun kepercayaan dengan audiens. Buat akun bisnis dan berpartisipasi dalam situs media sosial besar seperti ​​Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, YouTube, dan banyak lagi.

Kelebihan Postingan Medsos

Dengan bantuan postingan media sosial, maka anda dapat melakukan hal berikut ini :

  • Mempromosikan entri blog anda, yang mengarahkan lalu lintas ke situs web.
  • Dialog langsung dengan pada follower di media sosial. Dengan cara seperti ini anda akan mendapatkan lebih banyak keterlibatan dengan pelanggan.
  • Meminta feedback dari pelanggan melalui polling.

Apapun motivasi anda, pastikan anda aktif secara teratur dan proaktif di akun media sosial yang anda buat. Jangan hanya menambahkan koneksi jaringan atau pertemanan lalu keluar. Anda bisa memanfaatkan koneksi seperti LinkedIn. Seringlah log in dan dialog dengan koneksi yang anda buat, bagikan posting dan penawaran blog anda, bergabung dan berkontribusi ke forum, dan berbagi konten berkualitas orang lain.

Strategi ini masih gratis, tetapi memerlukan sedikit waktu dan usaha. Namun kabar baiknya adalah biasanya, semakin banyak usaha yang anda lakukan uyntuk mengelolanya, semakin efektif strategi tersebut dan semakin berkelanjutan kesuksesannya. Jangan hanya mendiamkan akun media sosial anda.

Manfaatkan Tag dan Hastag

Strategi Pemasaran UMKM
Sosial media menjadi penting untuk marketing berbiaya rendah. Sumber Unsplash

Memberi tag pada pelanggan setia anda, mampu memperluas jangkauan anda di media sosial secara organik, membantu anda mengembangkan pengikut, dan bahkan berpotensi mendapatkan lebih banyak klien. Anda juga harus mendorong follower anda untuk menandai lokasi anda ketika mereka berkunjung ke lokasi bisnis anda.

Taktik pemasaran gratis lainnya yang dapat memperluas jangkauan anda adalah dengan memasukkan hashtag ke dalam posting media sosial yang memiliki kekuatan hastag seperti Instagram, Twitter, dan TikTok, namun anda juga bisa menerapkannya untuk Facebook dan LinkedIn.

Hashtag yang sedang tren dapat membantu anda memperkuat identitas merek, tetapi seharusnya itu bukan satu-satunya hashtag yang anda gunakan. Hashtag yang lebih spesifik seperti long tail keyword bagus digunakan saat anda memberikan sumber daya atau saran. Hashtag berbasis lokasi adalah suatu keharusan jika anda mengembangkan bsnis yang berorientasi lokal.

4. Maksimalkan SEO lokal

Hal yang menggembirakan dari algoritma Google adalah algoritma ini dirancang untuk menyajikan konten yang paling akurat, berkualitas tinggi, dan relevan untuk permintaan pencarian tertentu. Dengan ketentuan yang di buatnya maka cara ini memungkinkan bisnis kecil bersaing dengan pesaing besar untuk masuk ke halaman satu.

SEO lokal gratis, tetapi dapat memakan waktu lama, jadi mulailah menerapkan SEO lokal untuk website anda dan terus bekerja. Selain menggunakan SEO lokal agar fokus, pastikan anda juga menghemat biaya pembuatan website agar investasi tidak hanya menumpuk di satu titik. Berikut adalah beberapa SEO lokal yang harus dilakukan :

  • Tambahkan kata kunci berbasis lokasi seperti ‘jasa website Jogja’ dan sebagainya sesuai dengan bisnis anda.
  • Terdaftar di direktori online dan pastikan informasi anda identik di semua platform.
  • Publikasikan halaman atau posting blog khusus untuk lingkungan yang anda layani.

5. Klaim Kredit Promo Iklan Gratis

Kampanye iklan besar-besaran mungkin menghabiskan anggaran anda, namun sering kali ada diskon dan kupon yang beredar untuk Facebook atau Google Ads. Selain itu beberapa layanan web hosting menawarkan kode diskon iklan sebagai bagian dari penawaran keanggotaan mereka. Periksa dan lihat apakah milik tawaran kupon dan diskon iklan tersebut cocok untuk anda.

Untuk sekedar mengambil harga promo di awal akan terlihat mudah, tetapi anda tentu sebaiknya meningkatkan iklan anda di iklan PPC anda untuk mendapatkan hasil dan wawasan audiens yang lebih baik. Artinya anda harus memikirkan rencana kedepan, terutama rencana anggaran kedepan untuk iklan.

6. Marketing Tradisional Jangan Ditingalkan

Jangan pernah meninggalkan kampanye marketing tradisional, terutama bagi anda yang membangun bisnis yang berorientasi pada lokasi atau bisnis lokal. Anda bisa memanfaatkan billboard atau spanduk, round tag dan berbagai media marketing tradisional. Bisa juga bekerjasama dengan perusahaan bus. Anda bisa menempelkan gambar grafis iklan anda di badan bus. Dengan cara ini anda akan memiliki billboard berjalan yang mungkin dapat dilihat banyak orang..

7. Publikasikan Konten yang Menjual

Pemasaran konten, jika dilakukan dengan benar, adalah taktik yang sangat efektif yang tidak memerlukan anggaran besar. Pemasaran konten tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan otoritas, dan keahlian anda untuk memberi manfaat kepada audiens anda; tetapi Google juga memprioritaskan konten berkualitas tinggi untuk dapat masuk ke jajaran SERP atas.

Jadi dengan membuat konten berkualitas mampu menjadikan situs web anda lebih terlihat di Google dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik. Konten yang baik membantu mendidik audiens anda melalui bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Konten berkualitas bukan sekedar jargon yang menjanjikan, melainkan digunakan audiens anda untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang terkait dengan produk atau layanan anda.

Cara terbaik untuk menjadikan konten sebagai bagian dari upaya pemasaran adalah dengan memulai sebuah blog. Strategi pemasaran UMKM menggunakan blog untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka, meningkatkan keterlibatan pengguna, meningkatkan visibilitas online mereka, dan memperkuat SEO mereka secara keseluruhan.

Ini adalah cara yang sepenuhnya gratis untuk mempromosikan bisnis UMKM anda secara online. Mulailah menulis dengan tulisan yang sederhana, targetkan topik yang berbeda dengan setiap entri, dan gabungkan kata kunci yang anda targetkan ke dalam setiap entri dengan cara yang alami.

8. Bentuk kemitraan

Anda bisa bergabung dengan grup bisnis lokal dan memulai bekerjasama dengan bisnis yang terkait dengan industri anda tetapi bukan pesaing langsung untuk pengerjaan proyek bersama. Bermitra dengan bisnis lain berarti pemberitahuan dan eksposur dua kali lebih banyak ke audiens baru yang terkait dengan niche bisnis anda.

Kemitraan industri adalah taktik pemasaran yang handal karena memungkinkan pemilik usaha kecil mengakses pengetahuan pemasaran, teknologi, dan basis pelanggan yang tidak dapat mereka capai sendiri. Anda perlu memikirkan dan berusaha dengan cermat jika anda ingin membentuk kemitraan yang menguntungkan.

Anda perlu memperjelas ekspektasi, terlibat dan memeriksa berbagai bisnis, menilai bagaimana anda dapat bekerja sama, dan melakukan beberapa pembicaraan yang fokus terlebih dahulu sebelum menjadikannya resmi. Bergabung dengan grup bisnis lokal akan memberi anda kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang berpikiran sama dengan anda.

Mereka juga merupakan katalisator utama dalam memperluas jaringan anda di sekitar kota tempat anda tinggal. Koneksi cenderung berlipat ganda, dan jika grup anda menangani jaringan dengan serius, anda dapat memanfaatkan koneksi yang tampaknya kecil menjadi koneksi yang jauh lebih signifikan.

9. Memposting Video yang Bermanfaat

Saat ini video adalah media yang sangat populer bagi konsumen, dan meskipun biaya produksi dan upload video profesional ke YouTube sangat mahal, anda tidak perlu menyewa seorang profesional. Pemasaran video dengan produksi sendiri menjadi mudah dengan perangkat pribadi dan aplikasi pengolahan video.

Video sangat bagus untuk mendemonstrasikan segala hal yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Tetapi pemasaran video bekerja di hampir semua industri. Untuk mencapai hubungan penting tersebut dengan audiens anda, Anda dapat membuat video dalam bentuk :

  • Video tutorial
  • Demo atau review produk
  • Wawancara dengan seseorang tentang produk anda
  • Slideshow dengan gambar dan teks

Tambahkan a pesan branding atau pesan pribadi dan video perlu di akhiri dengan ajakan bertindak yang kuat, saelanjutnya anda bisa mendistribusikan video tersebut di situs web anda, YouTube, saluran media sosial, dan bahkan di email.

10. Mengubah Karyawan Menjadi Duta Merek

Dengan memperlakukan karyawan anda secara baik dan mendorong mereka untuk menjadi duta merek, anda dapat memanfaatkan potensi jaringan mereka yang luar biasa. Karyawan memiliki minat yang tulus pada bisnis anda, jadi mengapa tidak memanfaatkan suara dan jejaring sosial mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas?

11. Selenggarakan Giveaway

Menjalankan kontes atau apapun di media sosial dengan hadiah menarik atau melakukan program giveaway adalah strategi pemasaran yang efektif yang membutuhkan sumber daya minimal. Anda mungkin perlu mengeluarkan sedikit uang untuk mempersiapkan hadiah, atau menawarkan layanan produk tanpa biaya, tetapi jumlah peserta dan prospek potensial baru yang anda dapatkan akan sepadan dengan harganya.

Secara teknis anda tidak membutuhkan hadiah yang mahal untuk mendapatkan peserta. Ada sejumlah jenis kontes media sosial atau giveaway yang berbeda di luar sana, tetapi ide utamanya adalah meminta pendaftar untuk menyukai, mengikuti, atau menandai bisnis anda, atau menandai orang lain di postingan anda, untuk memperkenalkan brand anda kepada yang lebih luas.

12. Siapkan Program Referensi Pelanggan

Strategi Pemasaran UMKM
Data elanggan diperlukan untuk program retensi dan referensi pelanggan. Sumber unsplash

Sebagai awalan dari program retensi pelanggan dan juga penjaringan penjaringan pelanggan baru melalui program referensi, anda bisa menawarkan produk gratis kepada relasi, keluarga atau kerabat pelanggan dimana pelanggan tersebut sudah berbisnis dengan anda dengan nominal pembelian jumlah tertentu. Produk gratis tersebut ditujukan kepada pelanggan baru di lingkaran mereka.  

Pemasaran dari mulut ke mulut adalah hal yang luar biasa, dan pelanggan yang dirujuk oleh pelanggan lain adalah hal yang sangat berharga.Karena itulah pengelolaan data konsumen menjadi penting untuk masalah ini. Ada beberapa kelebihan yang mendasari pemasaran dari konsumen ke konsumen lebih baik.

  • 74% konsumen menganggap dari mulut ke mulut sebagai faktor utama di balik keputusan pembelian mereka.
  • Pelanggan yang dirujuk oleh seorang teman empat kali lebih mungkin untuk membeli.
  • 77% konsumen lebih cenderung membeli produk baru jika teman atau keluarga mereka merekomendasikannya.
  • Menurut statistik pemasaran rujukan, pelanggan yang dirujuk memiliki tingkat retensi pelanggan 37% lebih tinggi.

Penutup

Itulah beberapa strategi pemasaran UMKM yang memiliki permasalaan modal kecil. Yang perlu di jadikan catatan adalah, sebagian besar bisnis besar dimulai dari aktifitas kecil namun konsisten dan terencana. Karena itu bagi anda yang membuka bisnis skala UMKM, pastikan anda melakukan strategi pemasaran UMKM yang terencana.