Menurut Kotler dan Amstrong, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel-variabel marketing yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan.

Dari pendapat tersebut, bisa disimpulkan bahwa marketing mix merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan secara bersamaan. Strategi tersebut digunakan dengan menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing mix itu sendiri.

Manfaat Marketing Mix

Ilustrasi Marketing Mix
Ilustrasi Marketing Mix, Sumber : iStock

Strategi ini dapat menjadi kesatuan yang luar biasa bermanfaat bagi bisnis Anda apabila apabila Anda dapat menjalankan keseluruhan teknik marketing mix tanpa terkecuali dan memiliki tingkat kontinuitas pelaksanaannya yang bagus.

Kontinuitas tersebut berarti keseluruhan strategi yang terdapat di dalam marketing mix ini terus-menerus Anda terapkan, evaluasi hasilnya, perbaiki lagi ke depannya. Apabila ada kekurangan yang terdapat di penerapan sebelumnya, terus menerus ditingkatkan hingga mencapai target pemasaran seperti yang Anda inginkan.

Marketing mix ini sendiri tergolong ke dalam strategi pemasaran. Strategi bisnis ini menjadi penting untuk dilakukan karena sebenarnya merupakan suatu pokok pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan.

Marketing sangat memengaruhi keberhasilan atau kesuksesan dari suatu perusahaan terutama untuk bisa bertahan di dalam persaingan yang ketat dengan para kompetitornya. Strategi marketing dilakukan untuk membuat sebuah pemasaran yang berhasil membuat orang-orang menginginkan atau “merasa membutuhkan” produk maupun jasa yang telah Anda tawarkan.

Apabila strategi marketing tersebut mampu memasarkan produk dan jasanya dengan baik alias berhasil, hal ini akan berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Dapat dikatakan bahwa marketing sebenarnya merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan.

Teknik 7P

Marketing Mix akan menjadi strategi pemasaran yang efektif ketika menggunakan semua alat pemasaran dalam sebuah perusahaan yang tergabung dalam konsep atau teknik 7P. Apa saja teknik 7P tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Product (Produk)

Secara teori, produk merupakan segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan ke pasar untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Keinginan tersebut bisa berupa fisik, jasa, orang, organisasi dan ide.

Jika Anda ingin sukses menjalankan strategi marketing mix, Anda harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas dan keunikan tersendiri. Dengan demikian, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing di pasaran.

2. Price (Harga)

Ilustrasi Price
Ilustrasi Price, Sumber : dictio.id

Harga yang dimaksud adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh user atau klien Anda untuk mendapatkan produk yang Anda tawarkan.

Dengan kata lain, seseorang akan menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan jika pengorbanan yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang ingin didapatkan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Terkait poin ini, fokus Anda adalah bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan atau calon pembeli potensial merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang didapatkan.

3. Place (Tempat)

Konsep ini berfokus pada tempat atau lokasi di mana perusahaan Anda berdiri. Semakin strategis tempat bisnis Anda, semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan perusahaan.

Dengan lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda, sehingga transaksi penjualan lebih mudah terjadi.

4. Promotion (Promosi)

Promosi yang dimaksud adalah sebuah upaya persuasi (bujukan atau dorongan) untuk mengajak para konsumen maupun calon konsumen untuk membeli (atau menggunakan) produk maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Ada beberapa elemen yang dapat perusahaan Anda optimalkan terkait promosi. Berikut adalah beberapa elemen tersebut.

  • Salesperson, yaitu orang-orang yang melakukan penawaran produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda ke target pasar.
  • Public Relation, yaitu orang-orang yang bertanggungjawab untuk menjaga nama baik perusahaan Anda, sekaligus menjalankan fungsi branding bagi perusahaan Anda sehingga brand Anda dikenal oleh banyak orang secara positif.
  • Periklanan, yaitu segala macam promosi yang dipublikasikan melalui berbagai saluran media. Anda dapat menentukan saluran media apa yang tepat sesuai karakter produk dan kebutuhan pasar.

5. People (SDM)

Ilustrasi SDM
Ilustrasi SDM, Sumber : aanwijzing.com

Faktor sumber daya manusia sangat menentukan maju tidaknya sebuah perusahaan. Tak dapat dipungkiri bahwa faktor ini berperan penting dalam membuat suatu kemajuan atau bahkan kemunduran dari suatu perusahaan.

Inilah mengapa berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mencari kandidat pekerja terbaik, mereka bahkan rela membayar lebih untuk menyewa pihak pencari kerja independen yang sudah ahli dalam mencarikan kandidat pekerja bagi perusahaan.

Faktor penting lainnya dalam SDM adalah attitude dan motivasi dari karyawan dalam industri jasa. Attitude dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam berbicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata.

6. Process (Proses)

Proses yang dimaksud adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang kemudian bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Pada perusahaan produsen, pelaksanaan ini dapat dilaksanakan oleh manusia atau mesin dengan menggunakan berbagai sumber daya yang ada.

Selain itu, ada satu elemen dalam pengembangan bisnis Anda yang tak kalah penting, yaitu pembuatan SOP yang jelas bagi sistem kerja di perusahaan Anda dan Anda perlu mengkomunikasikannya dengan baik pada seluruh pegawai Anda agar mereka dapat melaksanakan seluruh SOP-nya dengan baik tanpa kendala.

7. Physical Enviroment (Kemasan)

Unsur berikutnya dalam marketing mix adalah packaging. Ingat, orang membentuk kesan pertama mereka tentang Anda dalam 30 detik pertama melihat Anda atau dengan melihat beberapa elemen dari perusahaan Anda.

Perbaikan kecil dalam kemasan atau tampilan eksternal dari produk maupun layanan Anda seringkali dapat menyebabkan reaksi yang sama sekali berbeda dari pelanggan Anda. Reaksi tersebut bisa jadi penentu.

Kemasan mengacu pada cara produk atau layanan Anda muncul dari luar. Kemasan juga mengacu pada orang-orang di perusahaan Anda dan bagaimana mereka berpakaian dan berprilaku saat berinteraksi dengan pihak luar. Semuanya penting dan menentukan kesuksesan marketing Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa teknik marketing mix yang perlu diimplementasikan pada bisnis Anda. Dengan munculnya banyak startup-startup baru, justru penerapan marketing mix sangat relevan apabila diadopsi, sama seperti banyak startup sebelumnya yang kini telah menjadi perusahaan berskala besar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.