Dalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses marketing, agar usaha yang dijalankan dapat berkembang seperti yang diinginkan. Selain itu, teknik marketing bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk.

Teknik marketing yang baik didukung oleh strategi marketing yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa Anda temukan dan membuat pelanggan semakin loyal.

Berbicara mengenai strategi marketing, ada banyak cara yang bisa Anda dapatkan dari artikel bisnis di berbagai sumber. Tapi hanya sedikit yang bisa dijalankan, khusunya bagi pemula. Mungkin Anda juga cukup kesulitan untuk menjalankan prinsip marketing yang sudah menjadi pedoman Anda.

Tips Mudah Menjalankan Teknik Marketing

Ilustrasi Teknik Marketing
Ilustrasi Teknik Marketing, Sumber : logique.co.id

Sebagai panduan bagi Anda, berikut ini beberapa tips mudah menjalankan teknik marketing yang bisa dilakukan oleh siapa saja, khususnya bagi pemula. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

1. Mengenali Klien

Mengenal klien Anda dengan baik adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan proses marketing. Jika langkah ini dilakukan maka Anda akan tahu apa kebutuhan klien Anda, maka Anda akan mudah memberi solusi sehingga penjualan pun akan semakin mudah.

Buatlah pendekatan secara alami seperti halnya Anda melakukan pendekatan terhadap pasangan, jika terlalu buru-buru, maka pasangan Anda akan merasa tidak nyaman. Ini berlaku juga dalam melakukan pendekatan kepada klien.

Buatlah mereka mencintai produk Anda, bukan karena terpaksa atau hanya rekomendasi dari kerabatnya. Tetapi buatlah mereka mencintai produk Anda karena mereka nyaman, merasa dihargai dan sangat membutuhkan produk Anda.

2. Merencanakan Produk dan Layanan

Dalam menjalankan sebuah teknik marketing, perlu dipersiapkan yang namanya rencana produk dan layanan, hal ini dirangkum dengan istilah bussiness plan atau rencana bisnis. Dengan merencanakan produk dan layanan, maka Anda akan mudah dalam menargetkan pelanggan.

Sesuaikan produk dan target Anda, pastikan keduanya relevan, agar Anda mudah untuk memasarkan produk. Selain itu, buatlah layanan yang super cepat dan praktis, karena orang akan kapok menggunakan produk Anda bila merasa waktunya terbuang cukup banyak hanya untuk membeli produk Anda.

3. Melakukan Promosi

Ilustrasi Promosi
Ilustrasi Promosi, Sumber : ngulikbisnis.com

Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan.

Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity.

Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.

4. Merencanakan Target Iklan

Merencanakan target iklan juga salah satu hal penting dari marketing. Merencanakan iklan bukan hanya untuk mendapatkan perhatian costumer, karena bisa jadi mereka sudah mendapatkan iklan marketing setiap harinya, baik melalui media sosial, iklan di televisi maupun media-media lainnya.

Jadi buatlah hal yang lebih menarik, agar Anda mendapatkan perhatian dari mereka. Gunakan emosional dan rasional untuk mendesrikpsikan produk Anda, lalu beri mereka alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda.

5. Memiliki Strategi Harga

Jangan hanya menetapkan harga dari biaya produksi atau selisih dari margin. Tetapi, tetapkan harga sebaik mungkin, karena harga salah satu nilai yang kuat yang akan menentukan penjualan Anda ke depannya. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan strategi harga Anda, mulai dari mencari tahu harga pesaing hingga harga pasaran tertinggi.

Hal tersebut tentu sangat berguna untuk menetapkan harga. Semakin harga produk Anda tinggi maka sama artinya dengan mengurangi penjualan. Jika harga Anda terlalu murah, produk Anda akan mendominasi penjualan. Silahkan tentukan sendiri strategi harga yang baik bagi pemasaran.

6. Memberikan Pelayanan yang Cepat

Ilustrasi Pelayanan Cepat
Ilustrasi Pelayanan Cepat, Sumber : snars.web.id

Biasanya istilah fast respon banyak digunakan oleh penjual online dalam rangka untuk meyakinkan pembeli bahwa pelayanan mereka cepat tanggap. Tetapi, istilah tersebut berlaku juga untuk Anda yang menekuni bisnis real di luar bisnis online.

Di dalam pemasaran, layanan yang cepat tanggap adalah salah satu faktor penting bagi penjualan. Tanggapi setiap komplain dengan cepat dan baik, maka dengan begitu costumer merasa dihargai dan diperhatikan. Brand mudah rusak bila mengabaikan kepercayaan dari costumer, hal ini juga sangat penting untuk pemasaran.

7. Menggunakan Internet Marketing

Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial.

Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.

8. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru jauh lebih besar dibandingkan dengan memelihara pelanggan lama.

Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.

9. Menyusun Marketing Plan

Ilustrasi Perencanaan Pemasaran
Ilustrasi Perencanaan Pemasaran, Sumber : curatti.com

Mulailah untuk menyusun marketing plan Anda sendiri. Pastikan semua tim Anda mengerti mengenai tujuan dari marketing plan Anda. Lalu, kembangkan rencana pemasaran Anda dan pastikan berjalan sesuai dengan tujuan awal perusahaan Anda.

Menyusun strategi pemasaran tak selalu harus rumit, buatlah dengan sederhana agar semua tim mengerti tujuan utama dari rencana bisnis Anda.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips mudah teknik marketing yang bisa dijalankan oleh siapapun. Strategi marketing tak melulu tentang ‘memaksa’ pembeli untuk membeli produk Anda, tapi tentang bagaimana memberi solusi dengan cara penyampaian yang unik dan menarik untuk mendapatkan perhatian dari mereka, dengan begitu proses penjualan akan sangat mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.