Menurut istilah, marketing berarti pemasaran. Jika dijabarkan, marketing adalah kegiatan memasarkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara, agar produk tersebut dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas. Kegiatan pemasaran saat ini memfokuskan pada konsumen. Pelayanan terhadap konsumen harus ditingkatkan, hal ini merupakan tugas marketing.

Seseorang yang ditaruh di posisi marketing, berarti ia merupakan bagian penting perusahaan. Bagian marketing dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Selain itu, bagian marketing juga harus mampu menganalisis dan membuat strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah cara yang digunakan untuk merencanakan kegiatan marketing agar lebih baik. Setidaknya bila Anda ingin menyusun strategi, susunlah sesuai apa yang saat ini dipakai dan hilangkan strategi yang dianggap sudah lama ada namun lebih banyak gagal.

Tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut, namun kemampuan tersebut dapat muncul jika ada keinginan untuk belajar. Hal ini dapat melatih diri untuk mengembangkan kemampuan dan menjadikan diri sebagai pribadi yang kuat.

Sebagai seorang tongkat pemasaran setidaknya mengetahui apa saja tugas seorang marketing dalam perusahaan. Kegiatan marketing pada strukturnya lebih condong ke arah pemasaran, walaupun terkadang ada beberapa marketing yang melakukan tugas dari sales.

Jadi, dapat diibaratkan sales bertindak sebagai pelayanan konsumen secara langsung sedangkan marketing adalah cara memperluas informasi agar produknya dikenal oleh masyarakat. Posisi marketing memang sangat penting, bila marketing menjalankan bidangnya kurang mampu maka dampaknya juga pada perusahaan.

Tugas Marketing

Dalam dunia bisnis harus memiliki kegiatan pemasaran, untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda kelola. Untuk urusan yang satu ini, para pebisnis menggunakan orang-orang yang ahli dalam bidang pemasaran.

Jika bisnis ingin sukses, Anda harus mengetahui tugas marketing dalam dunia bisnis, sebelum merekrut seseorang untuk dijadikan marketing. Inilah beberapa tugas marketing yang wajib diketahui oleh pebisnis.

1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Kegiatan marketing tidak hanya berfokus pada produk yang dihasilkan, tetapi lebih kepada pelayanan konsumen. Marketing sebagai kunci utama bisnis memiliki tugas yang kompleks. Tugas marketing harus dijalankan dengan baik, agar tercipta keberhasilan bisnis.

Dalam hal ini, marketing tidak selalu menawarkan barang dan jasa saja melainkan lebih kepada pelayanan konsumen. Seperti halnya jembatan, marketing adalah jembatan antara perusahan dengan konsumen.

2. Merencanakan Produk

Ilustrasi Rencana Bisnis
Ilustrasi Merencanakan Produk, Sumber : La Vie de Pilote

Sebagai pebisnis yang merangkap marketing, merencanakan produk merupakan hal yang wajib dimiliki. Anda harus mengetahui produk apa saja yang ingin dipasarkan kepada konsumen. Namun, ada baiknya sebagai marketing dapat mengamati keadaan pasar dengan mengetahui apa yang konsumen inginkan.

Bagian marketing harus mampu merencanakan produk apa yang akan dipasarkan. Sebelum produk masuk ke pasar, sebaiknya bagian marketing mengamati keadaan pasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan minat masyarakat terhadap suatu produk. Sehingga produk yang dihasilkan perusahaan nantinya dapat laku dipasaran.

3. Menetapkan Harga

Tugas marketing tidak hanya memasarkan produk saja melainkan juga dapat menetapkan harga untuk dipasarkan. Sebelum produk dipasarkan, cari tahu dulu kisaran harga yang laku di masyarakat.

Setelah tahu harga rata-rata produk dipasaran, baru tentukan harga yang tepat untuk produk yang akan dikeluarkan perusahaan nanti. Cobalah untuk menetapkan harga yang sesuai atau mendekati harga rata-rata produk di pasar.

Jangan memberikan tawaran harga yang terlalu tinggi. Hal tersebut membuat masyarakat tidak berminat menggunakan produk Anda. Memberikan tawaran harga yang terlalu rendah juga bukan strategi yang baik. Hal tersebut justru akan memberikan kerugian bagi perusahaan. Berikan penawaran harga yang sesuai, tidak terlalu tinggi, juga tidak terlalu rendah.

4. Merencanakan Promosi

Ilustrasi Tugas Marketing
Ilustrasi Tugas Marketing, Sumber : gurupendidikan.co.id

Tugas yang satu ini harus selalu direncanakan oleh para marketer, agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, marketing harus mengetahui jenis promosi apa yang ingin digunakan, dapat menggunakan brosur, banner, dan lain sebagainya.

Tujuan dari kegiatan promosi ini adalah mengenalkan produk kepada masyarakat. Promosi dapat berupa publikasi maupun pemberian bonus. Publikasi dapat melalui televisi, radio, atau internet sebagai media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Konsumen pada umumnya tertarik dengan adanya bonus. Pemberian bonus dapat berupa diskon, souvenir, voucher, garansi, dan masih banyak lagi. Pemberian bonus sebaiknya dibatasi waktunya. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan.

5. Merencanakan Proses Distribusi

Bagian marketing harus mampu merencanakan proses distribusi, baik media yang digunakan, maupun waktu pendistribusian. Produk harus sampai di tangan konsumen pada waktu yang tepat.

Konsumen akan merasa kecewa jika produk diinginkan ternyata tidak sesuai, karena masalah pendistribusian. Oleh sebab itu, bagian marketing harus merencanakan proses pendistribusian dengan baik.

6. Melayani Konsumen

Ilustrasi Menjalin Kerjasama Bisnis
Ilustrasi Melayani Konsumen, Sumber : klikmania.net

Marketing harus dapat beramah-tamah dengan para konsumen, agar konsumen merasa nyaman serta mengerti apa yang sedang Anda sampaikan. Pelayanan terhadap konsumen merupakan tugas marketing yang paling utama.

Tingkatkan pelayanan terhadap konsumen. Bangun citra baik perusahaan di hati konsumen. Jagalah hubungan baik dengan konsumen, agar konsumen tetap memilih produk Anda sebagai produk unggulannya. Sesekali, tanyakan kepada konsumen tentang keluhan yang dirasakan. Bantu konsumen mengatasi masalahnya.

Pelayanan semacam itu pasti akan membekas di hati konsumen. Hal ini diharapkan dapat membuat konsumen tetap loyal menggunakan produk Anda. Sehingga akan meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan. Hal itu lah yang menjadikan alasan pentingnya memperhatikan kepuasan konsumen terhadap produk Anda.

7. Mengatur Kerjasama Antar Sales

Bila Anda memiliki bidang marketing dan sales yang terpisah, Anda bisa mengkoordinasikan peluang-peluang calon pembeli yang prospek. Contoh saja, ada seorang yang bertanya mengenai harga di hari ini dan diakhiri chat tanpa ada balasan apapun.

Untuk menjadikan prospek, Anda bisa melakukan follow-up tertentu atau bisa mengajukan beberapa promo yang diberikan oleh marketing, bisa juga menerapkan strategi marketing baru agar memungkinkan calon pembeli tersebut bisa di-closing.

Demikianlah ulasan mengenai tugas marketing yang wajib diketahui oleh para pebisnis. Tugas marketing yang begitu banyak menuntut bagian marketing agar profesional dalam menjalankan tugasnya. Setiap strategi dan tindakan yang dlakukan harus diperhatikan, karena setiap keputusan yang dilakukan marketing akan berdampak besar bagi keadaan bisinis Anda.