Keuangan adalah hal yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu perusahaan kecil atau UMKM. Karena itulah pengelolaan keuangan menjadi sangat penting ketika perusahaan yang anda jalankan berangsur-angsur mulai membesar. Ini juga berkaitan dengan langkah membangun kepercayaan konsumen. Mungkin di awal pengelolaan keuangan anda, anda bisa menggunakan aplikasi keuangan gratis.

Namun meskipun versi gratis dari aplikasi tersebut bisa anda gunakan, akan teetapi ada pembatasan fitur yang bsa jad ftur yang d batas tersebut nantnya akan anda perlukan. Karena itu sebaiknya anda memang mengalokasikan anggaran untuk penggunaan aplikasi keuangan premium agar kinerja anda benar-benar maksimal dan terotomatisasi.

Memahami Apa itu Aplikasi Keuangan

Aplikasi Keuangan
Pengelolaan keuangan manual mulai ditingglakan. Sumber Unsplash

Aplikasi keuangan merupakan aplikasi perangkat lunak yang dapat anda gunakan dari komputer, tablet, atau perangkat seluler untuk melacak keuangan yang anda kelola. Aplikasi tersebut biasanya mencatat berbagai pemasukan, pengeluaran, simpanan, pembayaran hutang, investasi, atau atau hal lain yang berhubungan dengan aktifitas bisnis anda.

Aplikasi keuangan tersebut dapat disinkronkan dengan akun keuangan anda untuk memberikan gambaran umum tentang situasi anda saat perubahan terjadi. Penggunaan paling umum dari aplikasi keuangan adalah untuk melacak pengeluaran melalui rekening yang disinkronkan.

Banyak orang tidak menyadari berapa banyak uang yang mereka belanjakan setiap bulan, yang dapat membuat perubahan menjadi lebih sulit. Aplikasi ini dapat mengatur riwayat pengeluaran ke dalam kategori untuk mengidentifikasi tren, membuat pengguna menyadari kebiasaan mereka dalam membelanjakan pendapatannya dari waktu ke waktu. 

Aplikasi Keuangan Gratis atau Berbayar ?

Setiap orang tentu memiliki pilihannya sendiri, termasuk kesediaan untuk menginvestasikan uang dalam aplikasi penganggaran keuangan berbasis langganan atau tidak. Baik aplikasi penganggaran gratis dan berbasis langganan memiliki keunggulan dan kekurangan untuk dipertimbangkan.

Namun terkadang menghabiskan uang untuk perbaikan pengelolaan anggaran keuangan mungkin seperti hal yang memboroskan anggaran itu sendiri. Namun untuk perubahan jangka panjang agar pengelolaan keuanga anda menjadi lebih baik penggunaan aplikasi premium bisa menjadi pertimbangan kuat.

Dalam beberapa kasus, biaya bulanan atau tahunan dapat terbayar dengan sendirinya, tetapi tidak semua aplikasi berbayar akan cocok dengan keadaan perusahaan anda. Anda bisa menggunakan uji coba gratis selama 30 hari untuk melihat apakah suatu aplikasi benar-benar nantinya bisa bernilai investasi bagi perusahaan anda atau tidak.

Jika dalam jangka waktu uuji coba gratis anda merasa nyaman dan sangat menikmati dalam menggunakan aplikasi dan merasa termotivasi untuk melanjutkan dalam versi premium, maka pastikan bahwa biaya bulanan atau tahunan dapat terbayar. Pastikan fitur dan cara kerja aplikasi sesuai dengan kondisi keuangan dan juga kondisi perusahaan anda secara umum.

Sesuaikan Fitur

Beberapa aplikasi pengelolaan anggaran keuangan menawarkan kemampuan untuk menyinkronkan rekening bank anda. Anda dapat mengumpulkan data pendapatan dan pengeluaran konsumen ke dalam aplikasi. Banyak aplikasi dapat melacak pengeluaran dan mengatur pengeluaran dari perusahaan ke dalam kategori, yang memungkinkan anda melihat tren pengeluaran dari waktu ke waktu.

Dengan adanya fitur ini tentu dapat mempermudah untuk memahami kebiasaan belanja perusahaan dan membuat pilihan yang lebih baik di masa depan. Beberapa aplikasi melangkah lebih jauh dengan tabungan otomatis , saran untuk menghemat uang, peringatan tagihan, akses ke skor kredit, dan fitur investasi.

Tips Memilih Aplikasi Keuangan

Aplikasi Keuangan
Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk pengelolaan bisnis anda. Sumber UNsplash

Dalam memilih aplikasi keuangan tentu anda harus mempertimbangan banyak hal. Meskipun ada banyak fitur atau keunggulan yang ditawarkan oleh sebuah aplikasi, namun tida tertutup kemungkinan akan ada celah kekurangan yang nantinya akan menyulitka anda atau ada ketidaksesuaian antara kondisi keuangan dengan aplikasi yang di gunakan. Inilah beberapa tips memilih aplikasi keuangan untuk anda.

1. Kejelasan Jaminan Kemanan Data

Keamanan data menjadi faktor utama yang harus anda pertimbangkan ketika memilih aplikasi keuangan untuk bisnis kecil anda. Pastikan anda memilih aplikasi yang menawarkan jaminan keanan perangkat mereka. Jangan sampai laporan keuangan anda bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Anda bisa bertanya kepada penyedia layanan yang pemberi jasa tersebut tentang bagaimana melindungi data anda agar tersimpan dengan aman. Apakah mereka juga bekerjasama dengan pihak ketiga dalam perlindungannya atau tidak. Anda bisa meneliti juga apakah ada track record buruk dalam perlindungan pada produk aplikasi yang anda percaya. Perlindungan ini mencakup perlindungan transaksi online.

2. Perhatikan Layanan Backup Data

Apa jadinya ketika berbagai data yang anda rekam kemudian hilang tanpa bekas karena berbagai hal? Tentu anda akan kebingungan. Record transaksi penting yang selama ini anda jaga tentu harus benar-benar tersimpan dengan aman dan harusnya bisa dilacak setiap waktu.

Aplikasi yang sebaiknya anda pilih untuk bisnis setidaknya dilengkapi dengan backup data yaitu bisa melakukan impor atau ekspor data. Jika tidak bisa di backup di khawatirkan data tidak akan bisa diselamatkan dan kemudian hilang tanpa jejak ketika terjadi masalah pada aplikasi anda.

3. Kelengkapan Fitur

Meskipun anda bisa memilih aplikasi yang emiliki fitur yang anda butuhkan, namun sebaiknya anda memilih aplikasi dengan fitur yang lengkap. Dengan fitur yang lengkap anda bisa melakukan beberapa hal seperti menghitung pajak, melakukan analisa dan sebagainya.

4. Dukungan Pengguna

Pilihlah software yang memiliki layanan dukungan pengguna yang baik. Anda bisa memberikan pertanyaan ketika terjadi kendala dalam penggunaannya. Tanpa layanan yang bagus akan membuat anda sebagai konsumen akan dirugikan ketika anda mengalami kendala dan harus menyelesaikan sesegera mungkin.

5. User Friendly

Aplikasi yang user friendly atau mudah digunakan sangat penting untuk anda terutama bagi yang tidak begitu familiar mengoperasikan aplikasi pengelolaan keuangan. Dengan aplikasi yang user friendly anda akan mampu memahami laporan yang tersaji pada software dengan mudah meskipun hanya menggunakan pelatihan singkat.

Contoh Aplikasi Pengelolaan Keuangan

Sebenarnya ada banyak sekali provider yang merilis aplikasi keuangan dengan berbagai model. Namun pada artikel kali ini kami akan memberikan tiga contoh aplikasi pengelolaan keuangan yang biasa di pakai oleh perusahaan di Indonesia.

1. Accurate

Sebagai aplikasi buatan anak negeri, Accurate sudah memenuhi Peraturan Standard Akuntansi Keuangan Indonesia. Yang menggembirakan adalah Top Brand Awards tahun 2017 menganugerahkan Accurate sebnagai brand terbaik. Anda bisa menggunakan Accurate dengan hanya satu kantor saja atau bisa juga dengan aplikasi Accurate yang mampu menangani pengelolaan akuntansi dalam beberapa kantor cabang.

2. Zahir Accounting

Zahir Accounting salah satu Software Akuntansi yang banyak dipakai di Indonesia dan memang asli buatan Indonesia. Zahir menawarkan berbagai modul tersendiri dan dapat digunakan terpisah seperti aplikasi pengelolaan persediaan, aplikasi pengelolaan penjualan dan sebagainya. Untuk versi yang lengkap anda perlu membeli banyak modul.

3. MYOB Accounting

MYOB merupakan aplikasi besutan vendor dari Australia. Namun di masa lalu karena Indonesia belum mengeluarkan produk aplikasi serupa, banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi tersebut. Namun saat ini banyak aplikasi buatan anak negeri yang sudah digunakan banyak perusahaan nasional. Bahkan aplikasi tersebut menyesuaikan dengan aturan di Indonesia seperti aturan pajak.

Aplikasi Keuangan
Aplikasi keuangan yang baik harusnya mendukung penggunaan versi perangkat mobile. Sumber Unsplash

Penutup

Membangun bisnis secara profesional tentu membutuhkan segala hal profesional, salah satunya adalah dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan. Penggunaan aplikasi keuangan untuk perusahaan akan membantu anda untuk mengelola keuangan secara profesional dan tentu saja memudahkan pekerjaan karena banyak hal yang akan terotomatisasi.

Karena itu anda bisa menginvestasikan aplikasi pengelolaan keuangan tersebut pada perusahaan anda. Hal ini sangat bermanfaat di jangka panjang. Jika anda masih memerlukan berbagai masukan mengenai pengelolaan keuangan bisnis UMKM anda, anda bisa menghubungi SEO Anak Sholeh yang selain memberikan layanan pembuatan website profesional juga memberikan jasa konsultasi bisnis anda.

Open chat
Kami senang membantu Anda