Untuk menarik banyak konsumen, selain memberikan penawaran sebagai jasa SEO murah, sebagian penyedia jasa SEO memberikan layanannya dengan memberikan tambahan garansi. Sebenarnya memberikan garansi untuk sebuah pekerjaan merupakan sebuah bentuk penawaran yang bagus untuk pelanggan. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, jaminan seperti apa yang diberikan jasa SEO bergaransi untuk produk jasa yang di tawarkannya ?

Melalui artikel ini kami akan memberikan gambaran kepada anda tentang bagaimana cara kerja SEO dan bagaimana garansi SEO bisa diberikan. Hal ini agar anda dan masyarakat lainnya mengetahui kinerja SEO yang sebenarnya dan dengan demikian mereka tentu saja tidak mudah tertip oleh janji muluk yang di berikan oleh agen SEO abal-abal.

Jasa SEO Bergaransi
Garansi atau jaminan berfungsi untuk menarik pelanggan. Sumber Unsplash

Jaminan Yang Diberikan Pada Jasa SEO Bergaransi

Layanan jasa SEO bergaransi biasanya menjanjikan hasil tertentu seperti peringkat halaman pertama untuk sejumlah kata kunci tertentu. Bahkan mereka yang menawarkan jaminan SEO akan menjanjikan uang anda kembali, SEO gratis untuk jangka waktu tertentu, atau penawaran lain jika mereka tidak mencapai hasil yang ditargetkan.

Tidak jarang dalam penawarannya mereka menargetkan hasil dengan jangka waktu yang menurut kami relatif singkat untuk mencapai tujuan kata kunci tertentu. Memang pengerjaan SEO memerlukan waktu, namun dengan cara yang benar, waktu yang di gunakan juga tidak sebentar. Perlu kerja keras untuk melakukannya, dan yang pasti harusnya cara tersebut menghindarkan dari ‘amarah’ saat terjadi pembaruan algoritma Google.

Fakta Kinerja SEO

Agar anda mengetahui seperti apa kerja SEO dan bagaimana SEO bisa memberikan garansi atau jaminan hasil pekerjaannya kepada anda, maka inilah beberapa fakta SEO yang sebenarnya.

1. Praktisi SEO tidak bisa mengontrol Google

Yang perlu diingat adalah Google tidak bisa dikendalikan, artinya perusahaan SEO tidak dapat mengontrol bagaimana Google memberi peringkat situs web. Saat Google membuat perubahan pada algoritma mereka, perusahaan SEO melakukan yang terbaik untuk memahami perubahan apa yang dibuat dan memodifikasi situs web klien. Tujuannya adalah untuk memberi Google apa yang mereka inginkan.

Setiap perusahaan SEO yang memberika jaminan peringkat Google tinggi berdasarkan penawaran mereka dan bahkan tanpa biaya di muka, mungkin melakukan sesuatu yang seharusnya tidak layak disebut optimasi. Jika anda bekerjasama dengan perusahaan SEO dalam menangani website anda maka pastikan perusahaan tersebut memiliki contoh pekerjaan dan studi kasus mereka yang dapat anda tinjau.

2. Google memperingatkan tentang jaminan SEO

Salah satu alasan paling kuat untuk tidak perlu takjub dengan pihak yang menjamin peringkat atas adalah bahwa mesin pencari seperti Google secara eksplisit memperingatkan perusahaan untuk tidak bekerja dengan SEO yang menawarkan jaminan peringkat. Dalam dokumentasi SEO Pemula Google di Pusat Pencarian Google, Google mengatakan:

“Waspadalah terhadap SEO yang mengklaim dapat menjamin peringkat, menuduh “hubungan khusus” dengan Google, atau mengiklankan “pengiriman prioritas” ke Google. Tidak ada pengiriman prioritas untuk Google. Faktanya, satu-satunya cara untuk mengirimkan situs ke Google secara langsung adalah melalui halaman Tambah URL kami atau dengan mengirimkan Peta Situs dan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa biaya apapun.”

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa untuk mengirim link atau konten agar lekas diindeks oleh mesin pencarian hanya melalui dua jalan tersebut. Artinya setelah melakukan keduanya, kekuatan untuk menaikkan peringkat adalah dengan kekuatan konten yang relevan, backlink berkualitas dan faktor lain.

Jasa SEO Bergaransi
Pakar SEO tidak bisa menegendalikan mesin pencarian seperti Google. Sumber UNsplash

3. Persaingan rangking SERP tidak hanya untuk organik

Fakta lainnya yang menjadikan jaminan peringkat SEO sulit didapat adalah bahwa anda tidak hanya bersaing dengan sesama SEO organik. Banyak di antara pelaku bisnis lebih suka membayar layanan iklan pada Google daripadamenggunakan jasa SEO organik yang juga sama-sama berbayar. Setidaknya akan di dapati dua tipe hasil SERP ketika anda melakukan penelusuran di mesin pencari :

Daftar Iklan Berbayar

Hasil pencarian ini merupakan hasil pencarian berbayar. Artinya perusahaan memilih mebayar kepada Google sejumlah uang agar website mereka tampil di pringkat atas laman hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Iklan PPC atau pay per click menjadi salah satu iklan favorit yang biasa di munculkan di halaman SERP.

Iklan PPC adalah iklan yang dibeli oleh perusahaan melalui Google AdWords untuk mempromosikan atau menjual produk dan layanan mereka. Setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan ini, mereka diarahkan ke situs web bisnis tersebut. Maka perusahaan membayar Google setiap kali pengguna mengklik iklan mereka di halaman mesin pencarian.

Biayanya untuk memasang iklan ini cukup bervariasi. Besarnya biaya dipengaruhi oleh tingkat persaingan kata kunci pada bidang industri yang diterjuninya. Algoritme Google menentukan urutan iklan di bagian berbayar. Algoritme ini didasarkan pada jumlah nominal yang dibayar oleh perusahaan untuk iklan mereka dan ‘angka mutu’ situs web mereka.

Apakah ini akan menjadi saingan dari SEO konvensional? Tentu saja tidak. Masing-masing ada bagiannya tersendiri. Hanya saja dalam satu halaman SERP, sebut saja halaman satu untuk kata kunci yang tingkat persaingannya tinggi, maka anda akan berbagi tempat dengan iklan berbayar. Dengan adanya iklan berbayar maka space untuk SEO konvensional menjadi terbatas.

Daftar Hasil Pencarian Organik

Ini adalah hasil pencarian natural, dan di tempat inilah anda akan menginvestasikan website anda dalam jangka panjang. Google menggunakan algoritme kompleks yang memperhitungkan lebih dari 200 faktor berbeda untuk menentukan peringkat situs web untuk hasil penelusuran dalam pencarian organik.

Semakin bagus kualitas situs web anda menurut Google, maka semakin tinggi pula peringkat anda di mesin pencarian dalam hasil pencarian organik. Tentu saja, semakin kompetitif suatu industri, semakin sulit untuk mencapai peringkat teratas. Karena itu dalam meraih posisi atas SERP diperlukan sumberdaya yang besar, tidak jarang waktu yang di perlukan juga lama.

Dengan terbatasnya space untuk hasil pencarian organik karena adanya iklan berbayar, maka tingkat persaingan untuk mendapatkan peringkat pertama atau setidaknya peringkat atas mpada mesin pencarian menjadi semakin sulit. Maka masuk akalkah ketika ada yang menawarkan kepastian di peringkat atas untuk kata kunci yang persaingannya tinggi?

Hindari Jaminan atau Garansi Tidak Masuk Akal

Memang jika dilihat dari segi teknik marketingnya, pemberian jaminan atau garansi untuk klien SEO memang menjadikan penawaran terlihat menarik. Namun, memilih perusahaan SEO yang menawarkan layanan SEO yang memberikan jaminan peringkat kata kunci terlalu berlebihan memiliki risiko yang signifikan.

Untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP dalam hasil pencarian organik, Google harus menganggap website anda adalah website yang otoritatf untuk target kata kunci tertentu. Semakin umum istilah pencarian, maka semakin sulit untuk menentukan peringkatnya. Belum lagi anda harus bersaing dengan bisnis lokal yang satu niche dengan anda.

Jasa SEO Bergaransi
Percayakan kepada perusahaan SEO yang memberikan janji masuk akal. Sumber Unsplash

Kesimpulan

Kami dari SEO Anak Sholeh senantiasa menjalankan bisnis dan juga menawarkan segala penawarannya dengan jujur dan apa adanya. Akan menjadi buruk jika mengerjakan pekerjaan yang diluar kemampuan namun dikemas sebegitu rupa agar terlihat mampu seperti apa yang mereka klain sebagai jasa SEO bergaransi ,

Namun kami dari SEO Anak Sholeh tidak bekerja dengan effort ‘minimalis’. Kami adalah agensi SEO profesional, sehingga segala proyek yang ditangani akan dikerjakan dengan profesional, dan tentunya kami menjadikan klien sebagai partner dalam kemajuan, sehingga kami lebih mengutamakan komunikasi sehingga mampu memecahkan masalah yang di hadapi bersama-sama.

Open chat
Kami senang membantu Anda