Membangun dan mengelola website agar terindeks di mesin pencarian bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan penggunaan meta tag untuk website. Meskipun memasang meta tag seperti melakukan perubahan kecil pada website Anda, namun dampak dari penggunaannya akan terasa.

Jika Anda sudah paham SEO secara ‘advance’ tentu Anda tidak akan meniggalkan meta tag pada website Anda. Namun. Tidak jarang penggunaan meta tag terlupakan karena fokus pada kualitas konten atau membangun tautan untuk memperkuat website Anda di mesin pencarian. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui meta tag secara gamblang!

Apa Itu Meta Tag?

Meta Tag
Meta Tag pada HTML. Sumber Searchenginejournal.com

Meta tag merupakan deretan teks yang menjelaskan informasi konten halaman secara singkat. Fungsi dari meta tag adalah memberikan informasi singkat tentang konten melalui teks deskripsi, namun penggunaan meta tag ini selain ditujukan untuk robot mesin pencari juga bermanfaat untuk pengguna manusia.

Anda ketika menulis konten di suatu halaman website, tidak akan pernah menemukan tempat untuk meletakkan meta tag. Hal ini dikaernakan peletakannya ada di kode sumber halaman, yakni di susunan halaman berupa HTML yang secara default tersembunyi. Namun dengan menggunakan tools SEO, terutama untuk Anda pengguna CMS WordPress, maka mengaplikasikan meta tag akan lebih mudah dan tidak perlu menggunakan bahasa HTML.

Meta Tag Website Berfungsi Pada SEO?

Apakah penandaan meta seperti ini akan berfungsi pada SEO? Tentu saja berfungsi dan bahkan penggunaannya adalah penting untuk SEO. Meskipun robot yang merayapi website Anda adalah robot yang canggih, namun mereka akan lebih terbantu dengan adanya sinyal yang memberikan informasi awal mengenai konten website Anda.

Seperti di ketahui, meta tag akan menggambarkan isi konten secara singkat dan akan terlihat di mesin pencarian atau SERP. Dengan dmikian, maka robot perayap akan mendapatkan sinyal awal tentang konten Anda lebih cepat. Dengan demikian robot akan lebih cepat dalam mencerna informasi yang ada pada website Anda dan berpengaruh pada SEO.

Jenis Meta Tag

Ada beberapa meta tag yang bisa ditemukan pada website. Namun yang paling populer setidaknya ada empat yang memiliki pengaruh pada SEO. Inilah beberapa meta tag yang perlu Anda tahu.

Meta Tag
Plugin memudahkan Anda mengatur website tanpa menggunakan HTML. Sumber Unsplash @emilep

1. Meta Keyword

Keyword atau kata kunci memberitahukan kepada mesin pencari megenai pembahasan konten Anda. Dengan meta keyword, website akan memberitahu kata kunci yang mereka sasar pada sebuah konten. Karena itu, perlu untuk menentukan kata kunci dan memasang meta keyword yang tepat dan relavan dengan website Anda. Riset keyword mutlak harus dilakukan.

Sebenarnya pihak Google tidak mengatakan meta keyword ini penting atau tidak. Dalam komitas SEO, banyak pro-kontra mengenai meta keyword. Konon meta keyword akan memudahkan Google mengetahui kata kunci yang terkandung di dalam website Anda. Namun apapun itu, tidak salah memasang meta keyword pada website.

2. Tag Tittle

Diantara semua tag yang ada pada website, sepertinya tag ini yang penting. Karena itu penting untuk memasang tag ini pada website atau konten Anda. Tag ini merupakan tag judul yang nantinya akan terlihat jelas di SERP baik Anda melakukan optimasi menggunakan metode SEO organik ataupun menggunakan iklan berbayar.

Tag judul ini berfungsi menginformasikan judul ketika konten Anda termuat di mesin pencarian. Anda bisa menggunakan tag judul ini untuk menyederhanakan informasi yang akan Anda sampaikan. Normalnya, sebuah judul akan dipilih untuk memberikan informasi singkat mengenai konten, dan Anda bisa menggunakannya untuk itu.

3. Meta Tag Description                                            

Ketika Anda mendapatkan hasil pencarian di SERP, maka selain meta judul akan ada deskrpsi singkat mengenai isi dari konten di halaman SERP. Dengan membaca kalimat singkat berupa deskripsi tersebut, Anda akan mengetahui isi konten. Biasanya di kalimat meta deskripsi tersebut juga terkandung kata kunci dari konten yang bersangkutan.

Karena meta deskripsi memiliki kalimat yang lebih panjang daripada tag judul, maka Anda bisa menyematkan meta deskripsi dengan kata atau kalimat yang menarik. Dengan kalimat yang menarik, bisa kalimat ajakan untuk membaca artikel lebih lanjut, maka Anda berpeluang untuk menarik pembaca lebih banyak daripada menyematkan meta deskripsi dengan kalimat standar.

4. Meta Robot

Meta robot sebenarnya secara langsung tidak begitu berpengaruh dengan SEO. Namun Anda bisa memanfaatkannya di kondisi tertentu. Dengan meta robot, Anda bisa memberi tahu mesin pencari mengenai apa yang akan di lakukan pada halaman yang Anda buat.

Anda bisa melakukan pengaturan no-index untuk memberi tahu mesin pencari untuk tidak menampilkan halaman di mesin pencari, dan pengaturan index untuk menampilkan halaman di mesin pencari.

Anda bisa mengatur tautan yang Anda pasang, apakah menjadikan tautan tersebut menjadi do-follow atau di jadikan no-follow.

Menerapkan Meta Tag Pada Website

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, meta tag letaknya tersembunyi. Ia berada diantara baris-baris kode HTML yang menyusun halaman website. Untuk Anda yang tidak familiar dalam menggunakan bahasa HTML tentu saja akan bingung dalam mengaplikasikannya. Akan tetapi jika Anda menggunakan CMS WordPress Anda akan lebih terbantu.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress, Anda bisa memasang plugin Yoast untuk memudahkan penerapan meta tag pada halaman website Anda. Selain mudah dalam penggunaannya, plugin wajib WordPress ini gratis untuk di gunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat keterangan berikut ini.

Meta Tag
  • Focus Keyphrase : pada form isian ini, Anda bisa mengisi kata kunci atau keyword yang Anda sasar untuk artikel pada halaman ini. Ini akan membantu Anda mendeteksi density kata kunci pada artikel dan penempatankata kunci, baik di judul, subjudul atau di badan artikel.
  • SEO Title : Anda bisa menempatkan judul pada isian ini. judul ini bukanlah judul artikel. Namun Anda bisa menjabarkan judul artikel melalui SEO title. Yang jelas judul disini mengandung kata kunci yang Anda sasar.
Meta Tag
  • Slug : ini akan terisi otomatis menyesuaikan judul. Namun Anda bisa merubahnya menjadi singkat agar lebih efektif.
  • Meta description : Inilah meta deskripsi yang nantinya akan tampil di halaman hasi mesin pencarian berupa kalimat yang lebih panjang dari judul.
Meta Tag

Di fitur yang lebih advanced, Anda akan diberikan pengaturan sebagai berikut :

  • Allow search engine to show this post in search result? : memberikan pilihan kepada Anda apakah postingan ini akan diindeks di mesin pencarian atau tidak.
  • Should search engine follow links on this post : memberikan pilihan apakah tautan di postingan ini akan diikuti (do-follow) atau tidak (no-follow).

Kesimpulan

Menggunakan meta tag adalah suatu keharusan ketika website Anda memang di rancang untuk ramah SEO. Akan tetapi keberhasilan dalam SEO bukan hanya terletak pada pemberian meta tag yang benar pada website. Ada banyak hal yag harus di lakukan agar website Anda berada di posisi ideal SERP.

Melalui jasa SEO dari SEO Anak Sholeh, website Anda akan menempati posisi ideal SERP dengan cara-cara yang elegan dan strategi yang matang. Untuk itu, amankan kata kunci bisnis Anda sekarang. Bersiap untuk memasuki kompetisi mesin pencarian bersama kami! Segera ambil selot sekarang!

Open chat
Kami senang membantu Anda