Dunia internet semakin canggih. Bersamaan mulai bermunculannya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial intelligence, muncul pula beragam fitur yang ada di dunia mesin pencarian. Salah satunya adalah fitur penelusuran suara yang hingga saat ini Anda bisa memanfaatkannya melalui device yang Anda miliki dengan mudah.

Dunia menjadi semakin cepat. Keberadaan fitur penelusuran suara ini berkaitan dengan kecepatan dalam melakukan pekerjaan. Orang mulai berpikir bahwa dengan mengetik sesuatu di halaman mesin pencari, maka akan memakan banyak waktu. Ini akan mudah jika tinggal diucapkan saja. Maka keberadaan penelusuran suara mewakili pikiran ‘praktis’ seperti itu.

Penelusuran Suara
Teknologi AI memungkinkan manusia berkomunikasi dengan mesin secara natural. Sumber Unsplash @askkell

Ini merupakan teknologi baru dalam pencarian, meskipun hal ini sudah ada prediksi sebelumnya. Segala bentuk pembaruan, terutama pada cara kerja mesin pencarian maka akan mempengaruhi SEO. Seperti apa pengaruh penelusuran suara pada SEO? Simak artikel ini lebih lanjut!

Teknologi Penelusuran Suara

Sebenarnya apa itu teknologi penelusuran suara?

Penelusuran atau pencarian suara merupakan cara mencari informasi di internet dengan melalui ucapan. Dengan semakin meningkatnya teknologi kecerdasan buatan maka perangkat elektronik yang Anda gunakan dapat mengenali suara Anda dan memasukkan kueri kata kunci tertentu yang Anda ucapkan ke mesin pencari.

Kemudian mesin pencari mengolah data yang masuk, seperti Anda memasukkan kata kunci dengan cara mengetik, untuk kemudian dengan cepat mesin pencari menyajikan informasi yang diinginkan melalui halaman SERP. Cara kerjanya mirip dengan pencarian dengan memasukkan kata dengan di ketik, hanya saja untuk pencarian suara menggunakan suara yang masuk.

Penggunaan fitur penelusuran suara semakin meningkat dari tahun ke tahun. Survei dari eMarketer mengungkapkan bahwa hampir 40 persen pengguna internet di AS menggunakan penelusuran suara untuk mencari informasi dengan perangkat yang mendukung. Dan saat ini perangkat terbaru seperti smartphone sangat mendukung pencarian suara.

Google Penelusuran Suara

Google sendiri muncul dengan membawa Google Voice Search atau Search by Voice dalam teknologi penelusuran suara. Pengguna biasanya dapat menemukan fitur ini di perangkat seluler yang berbasis Android dimana Android sendiri dikembangkan oleh Google.

Di awal kemunculannya hanya mengadopsi bahasa Inggris-Amerika. Namun kemudian muncul beragam versi bahasa di dunia termasuk saat ini Anda bisa menemukannya dalam penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda.

Di Android Jelly Bean, Anda dapat menemukan fitur tersebut di Google Now. Pada bulan Agustus 2014, fitur baru ditambahkan ke Google Voice Search, dan karena adanya teknologi kecerdasan buatan, maka Google mampu mendefinisikan jenis bahasa yang masuk ke perangkat. Saat ini Anda akan menemukan fitur yang sangat canggih di Google Assistance.

Perkembangan dari teknologi Google di tahun 2020 cukup mencengangkan. Anda bisa mencari informasi lagu yang Anda inginkan hanya dengan bergumam di fitur pencarian suara yakni Google Assistance. Selain itu mereka juga mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk memperbaiki salah eja atau salah ucap.

Penelusuran Suara di Laptop dan PC

Perkembangan fitur penelusuran suara tidak hanya pada smartphone saja. Namun platform sistem operasi yang menggunakan perangkat laptop, PC baik desktop atau AIO juga mengembangkan fitur ini untuk mengejar ketertinggalan. Pencarian suara ini biasanya include pada mesin pencari yang ada pada perangkat tersebut. Inilah diantaranya :

1. Mesin pencari Google

Pada mesin pencarian Google Anda akan menemukan fitur pencarian menggunakan suara. Untuk Google chrome, Anda bisa memasang add-on pencarian suara yang bisa di tambahkan dengan gratis di peramban Google Chrome milik Anda. Sedangkan untuk smartphone Android pencarian suara sudah ada pada fitur Google Assistance.

Kemungkinan Chrome Book juga menggunakan fitur ini. Hal ini karena sistem operasi yang di kembangkan oleh Google semacam Android seri tertentu menggunakan fitur penelusuran suara secara default sebagai fungsi asisten digital.

2. Mesin pencari Bing

Mesin pencarian Bing memiliki fitur pencarian suara yang dinamakan Cortana. Namun fitur ini hanya dikenal pada Laptop atau PC yang menggunakan sistem operasi Windows, meskipun perangkat seluler yang menggunakan OS Windows juga menggunakan Cortana.

Cortana seperti halnya Google Asistance pada smartphone. Ia tidak hanya sekedar fitur pencarian suara di mesin pencarian, namun Anda bisa memerintahkan PC Anda dengan perintah tertentu. Selain itu Amazone Echo juga Anda temukan di pencarian bing.

Cortana sebenarnya dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows Phone dengan sistem operasi Windows 8.1 maupun Windows 10, Microsoft Band, dan Laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows 10. Kedepannya aplikasi ini akan hadir di sistem operasi iOS, Android, dan Xbox One.

3. Siri pada Apple

Untuk pengguna sistem operasi Mac OS tentu sudah familiar dengan keberadaan Siri, fitur pencarian suara yang ada pada platform besutan Apple. Melalui fitur Siri yang ada, Anda bisa memperoleh informasi yang di rangkum oleh mesin pencarian dan di tampilkan pada layar smartphone.  Siri terbatas dan hanya ada pada produk Apple, itupun secara default tidak semuanya.

Siri menggunakan teknologi yang mutakhir. Ia mampu mengenali pertanyaan Anda secara natural dan tidak memerlukan kata kunci khusus untuk memberikan perintah. Meskipun demikian hal yang di sayangkan adalah Siri tidak mengakomodir banyak bahasa yang ada di dunia, termasuk Indonesia.

Penelusuran Suara
Perangkat keras Amazon Echo. Sumber Unsplash @hckmstrrahul

SEO dan Penelusuran Suara

Proyek penyempurnaan fitur pencarian suara mengalami perkembangan yang pesat. Didukung adanya teknologi kecerdasan buatan atau AI maka tingkat akurasi dari pencarian menggunakan suara semakin tinggi. Artinya di masa depan, tingkat error margin menjadi semakin rendah karena perangkat akan mengetahui apa yang Anda katakan dengan tepat.

Hal ini tentu saja berimbas pada industri SEO. Industri SEO di masa lalu menitikberatkan pada pencarian dari pengguna yang memasukkan query melalui ketikan keyboard. Namun di masa mendatang pencarian menggunakan suara akan semakin bertambah, dan mungkin akan menggantikan pencarian dengan mengetik.

Fenomena ini memberikan sinyal kepada siapa saja bahwa bisnis apa pun yang ingin menarik lalu lintas website sebanyak mungkin maka harus menerapkan SEO untuk pencarian suara di masa depan.

Optimasi untuk Penelusuran Suara

Keberadaan penelusuran suara menjadikan pakar SEO berpikir keras, bagaimana mereka akan menerapkan SEO mereka dimana pencarian beralih ke pencarian menggunakan suara? Namun selalu ada solusi untuk setiap pembaruan. Inilah cara untuk optimasi penelusuran suara, diantaranya :

1. Konten Dengan Bahasa Alami

Pengguna website Anda adalah manusia. Sedangkan mesin pencarian seperti Google hanya membantu melakukan verifikasi informasi yang masuk di dunia maya. Karena itu ketika membuat konten yang akan di optimasi di pencarian suara harus dibuat konten yang sesuai dengan bahasa manusia.

Ini bukan berarti selama ini optimasi menggunakan bahasa non manusia. Dalam menggunakan fitur pencarian suara pengguna cenderung berbicara dengan cara yang lebih alami daripada ketika mereka melakukan pencarian dengan mengetik kueri ke mesin pencari.

Pastikan Anda membuat konten seperti seorang yang menanyakan sesuatu dari asisten mereka dan asisten menjawabnya dengan alamiah. Inilah yang menjadikan penggunaan konten alamiah diperlukan dalam optimasi pencarian suara. Proses ini seperti berjalan alami.

2. Penggunaan SEO Lokal

Penggunaan dan memaksimalkan SEO lokal untuk bisnis Anda di masa depan menjadi sangat penting. Terutama bisnis Anda memiliki tempat secara riil. Ini berkaitan juga dengan pencarian suara di masa depan. Cukup masuk akal ketika orang mencari suatu tempat tertentu, maka mereka ketika berkendara tidak akan sempat untuk mengetik apa yang mereka cari di smartphone mereka.

Untuk mempercepat pekerjaan mereka menggunakan penelusuran suara. Termasuk mereka mencari apa yang mereka perlukan di dekat lokasi saat itu. Dari sinilah SEO lokal bisa bermanfaat. Pastikan Anda membuat konten yang relevan dengan area lokal Anda dan mengintegrasikan kata kunci lokal ke dalam konten Anda.

Cara termudah dalam melakukan optimasi konten Anda agar optimal di SEO lokal adalah dengan menyebutkan lokasi Anda. Misalnya ‘bengkel mobil kota Jogja’ jika Anda memiliki bengkel mobil yang terletak di kota Jogja. Atau ‘bengkel mobil dekat Malioboro’ jika lokasi bengkel Anda tidak jauh dari landmark Malioboro.

3. Gunakan Konten Yang Memiliki Data Terstruktur

Mesin pencari ketika melakukan pencarian informasi, ia akan di hadapkan oleh beragam informasi yang mirip dan mesin akan menyaring dan memutuskan data mana yang akan di keluarkan dan dipajang pada hasil SERP. Jika ada banyak pilihan, maka konten dari siapa saja yang layak masuk untuk urutan SERP?

Jika informasi yang ada pada dunia digital banyak, maka bot mesin pencarian akan mencari informasi dari konten yang memiliki data terstruktur. Data terstruktur adalah metadata yakni data tentang informasi di situs Anda.

Meta data biasanya ada pada kode sumber situs website sehingga pengunjung tidak melihatnya, tetapi microdata membantu mesin pencari untuk mengatur dan mengklasifikasikan konten Anda. Anda bisa mempelajari hal ini di artikel tentang meta tag pada website ini.

4. Gunakan Google My Bussines

Google My Bussines merupakan perkembangan dari Google Map. Jika Google Map hanya menampilkan lokasi, namun untuk Google My Business menampilkan detail informasi tentang bisnis. Anda bisa menemukan informasi layanan bisnis, jam buka, nomor telepon, detail alamat, gambar bahkan sampai fasilitas lokasi bisnis.

Karena pencarian suara membutuhkan informasi yang detail dan mengandalkan lokasi terdekat, maka memaksimalkan Google My Business menjadi salah satu langkah untuk mengoptimasi bisnis Anda. Semakin lengkap informasi yang Anda berikan maka hal tersebut menjadi semakin bagus karena Anda akan membantu Google untuk memetakan lokasi bisnis Anda.

5. Mobile Friendly

Semua data menunjukkan bahwa tren di masa depan, orang atau pengguna akan menggunakan ponsel pinter mereka untuk membantu segala aktifitas. Salah satunya adalah mencari keberadaan bisnis yang pengguna butuhkan.

Website yang di seting ramah seluler menjadi penting. Apalagi muncul kabar bahwa Google menerapkan hal yang berbeda dalam algoritmanya ketika seseorang mencari informasi melalui layar seluler dan desktop. Artinya ketika website Anda memiliki posisi ideal di SERP pada pencarian menggunakan destop, belum tentu mendapatkan hal yang sama jika menggunakan smartphone.

Untuk menjadikan website Anda ramah seluler sangatlah mudah. Anda tinggal menyesuaikan penggunaan tema website Anda. Jika website Anda dibangun menggunakan CMS WordPress, Anda tinggal memilih tema yang Anda sukai. Sebagian atau hampir keseluruhan tema WordPress baik yang gratis atau premium sudah memiliki tampilan ramah seluler.

6. Gunakan Konten FAQ

Biasanya seseorang yang menggunakan fitur penelusuran suara akan memunculkan kalimat pertanyaan. Penggunaan kalimat tanya ini memang alamiah, karena mereka membutuhkan jawaban. Ini jelas mengindikasikan bahwa penggunaan konten yang berupa jawaban dari pertanyaan pengguna sangat di perlukan.

Untuk solusinya, Anda bisa menggunakan halaman FAQ untuk menjawab pertanyaan umum yang biasanya diajukan oleh para pengguna. Halaman ini selain memiliki fungsi optimasi untuk penelusuran suara, juga akan mencegah adanya pertanyaan umum mengenai produk dan layanan yang masuk ke layanan konsumen bisnis Anda, sehingga akan lebih efisien.

Penelusuran Suara
Kemajuan teknologi mendukung kerja manusia. Sumber Pexels

Penutup

SEO dan teknologi pembuatan website akan selalu dibayang bayangi update teknologi terbaru dalam perjalanannya. Karena itu melakukan pembaruan secara berkala baik dari bidang perangkat keras, perangkat lunak maupun user-knowledge harus di lakukan. Jika Anda tidak memperhatikan hal ini, maka Anda akan tertinggal.

SEO Anak Sholeh sebagai penyedia layanan SEO profesional akan senantiasa melakukan upgrade kemampuan timnya agar tidak tertinggal jika menemui pembaruan teknologi. SEO bukanlah hal yang bisa di prediksi. Ada banyak perubahan yang selalu terjadi tanpa perencanaan, tanpa pemberitahuan dan secara tiba-tiba dalam ‘aturan mainnya’. Selalu belajar adalah kunci keberhasilan!

Open chat
Kami senang membantu Anda