Semakin banyaknya konten di internet, maka semakin gencar pula Google sebagai mesin pencarian terbesar dunia melakukan seleksi kelayakan. Algoritma selalu diperbarui dan menciptakan hasil pencarian yang selalu berbeda di setiap waktu. Namun banyak orang telah melakukan berbagai upaya memprediksi SEO 2021.

Di tahun 2021 yang masih seumur jagung ini banyak para pakar SEO sudah menggambarkan kondisi dan juga perilaku mesin pencarian dan juga SEO yang nantinya mereka akan temui. Dengan adanya pandangan dari sebagian ahli SEO dunia ini, paling tidak anda bisa melihat pemetaan SEO untuk waktu kedepannya, hal ini tentu berkaitan dengan metode SEO yang akan digunakan.

Prediksi SEO 2021

Sebenarnya seperti apa prediksi SEO 2021, apakah tidak terpaut jauh dengan keadaan di tahun sebelumnya?Inilah beberapa ulasannya !

SEO 2021
SEO selalu berubah dalam teknik pengerjaannya. Sumber Unsplash

1. Cuplikan Unggulan

Tahukah anda bahwa Google telah mengembangkan apa yang dikenal dengan posisi 0 mesin pencari ?  Google telah berkembang untuk memberikan pengalaman penelusuran yang lebih baik bagi pengguna, seperti melalui cuplikan unggulan. Cuplikan ini biasanya muncul di atas hasil pencarian organik posisi pertama.mungkin karena itulah banyak yang menyebutnya sebagai posisi 0..

Untuk mencapai posisi 0, memang tidaklah mudah, apalagi mengarah pada kata kunci yang persaingannya ketat. Setidaknya inilah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan posisi 0 di mesin pencarian.

  • Susun daftar FAQ untuk istilah yang paling banyak dicari
  • Gunakan format tabel untuk menyajikan data
  • Tulis kalimat yang lebih pendek
  • Buat heading anda dalam hierarki
  • Siapkan data terstruktur jika memungkinkan

Akan sangat sulit untuk menemukan topik atau frase kunci yang nantinya menghasilkan cuplikan unggulan. Anda harus bersaing dengan konten yang sudah ada, dengan menulis konten yang lebih baik dan informatif dari yang sudah ada dihaarapkan anda akan mendapat posisi tersebut.

2. Pencarian Suara

Di masa depan suara menjadi hal yang sama pentingnnya dengan teks, terutama dalam hal penelusuran dengan mesin pencarian. Karena itulah dikembangkan BERT oleh Google.Apa itu BERT ?

BERT adalah teknik berbasis jaringan saraf untuk pemrosesan bahasa alami (NLP) yang membantu Google memahami konteks berdasarkan kata demi kata dan kemudian memberikan hasil penelusuran yang lebih baik.

Dengan penggabungan BERT tahun ini ke dalam peringkat Google dan algoritma maka bisa dikatakan Google telah mengambil langkah besar ke depan dalam membuat cara kerja mesin pencari menjadi lebih baik.

Diperkirakan sekitar 50% pencarian akan berbasis suara sehingga pengetikan akan berkurang. Hal ini tentu akan meningkatkan jumlah long tail keyword. Pembaruan algoritma BERT bersama dengan RankBrain akan mendominasi pada tahun 2021 seiring meningkatnya pencarian dengan menggunakan suara.

3. Pendekatan ke Manusia

Konten yang menarik dan bermakna bagi pembaca anda akan membantu anda di tahun 2021. Memang hal ini seolah berbeda dengan poin sebelumnya dimana SEO dipengaruhi oleh kinerja mesin, namun untuk hal ini anda perlu melakukan pendekatan yang lebih ke manusia secara nyata pada konten yang anda buat.

Pada konten yang berbasis pada bahasa yang alamiah, seperti bahasa percakapan maka konten tersebut bisa di arahkan ke algoritma BERT. Sedangkan jika anda mengharapkan konten anda di deteksi algoritma konvensional maka anda bisa membuat konten dengan SEO friendly seperti biasanya.

4. Konten Yang Panjang

Konten yang panjang juga akan menjadi faktor keberhasilan SEO pada tahun 2021. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menulis secara panjang menghasilkan peringkat yang lebih baik pada halaman hasil mesin pencari. Anda bisa jadi akan menulis tentang suatu topik secara detail dengan semua konten penelitian,

Anda secara otomatis akan memiliki konten yang bagus tanpa terdengar bertele-tele. Cobalah untuk mencakup semua aspek dari topik yang anda tulis. Saat merinci proses berpikir anda, anda secara alami akan menggunakan sinonim untuk memperjelas konteks bagi pengguna dan mesin pencari.

5. Konten Video

Tren SEO 2021 lainnya adalah memasukkan konten video ke dalam strategi SEO anda. Menurut Forrester Research, video 50 kali  lebih mungkin muncul di halaman pertama SERP daripada halaman web dengan teks biasa. Selain itu 62% pencarian universal Google  mencakup video. Konten video dapat berisi banyak hal mulai dari FAQ sampai iklan dengan alur cerita.

Menghosting video di situs web anda akan membutuhkan pemutar video untuk dipasang di server anda. Selain itu, anda perlu mempertimbangkan kapasitas hosting yang anda butuhkan. Untuk lebih hematnya anda bisa mengupload video di kanal YouTube anda sendiri dan melakukan embed video di website anda. Bisa juga melakukan optimasi dengan salah satu caranya adalah membuat backlink YouTube.

6. Halaman FAQ

Pada Mei 2019 Google mengumumkan hasil pencarian baru untuk FAQ dalam pencarian meisn pencari dan Google Assistant. Skema ini dirancang untuk halaman yang menyediakan daftar pertanyaan umum dan jawaban tentang topik tertentu. Menambahkan data terstruktur FAQ membantu Google menampilkan pertanyaan dan jawaban langsung di Google Penelusuran dan Asisten.

7. Teknik SEO & UX

Semua praktik terbaik dalam teknik SEO perlu diikuti untuk menentukan peringkat situs web anda pada tahun 2021 untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Berikut adalah daftar singkat elemen teknik SEO yang bisa anda gunakan :

  • Penggunaan Domain Pilihan
  • Navigasi dan Struktur Situs
  • SSL dan HTTPS
  • Kecepatan Situs Web
  • Optimasi CDN
  • Struktur URL yang optimal
  • Pengoptimalan HTML
  • Keramahan Seluler
  • Markup Data Terstruktur
  • Robots.txt
  • URL Canonical
  • Halaman 404
  • Optimasi Peta Situs XML
  • Accelerated Mobile Pages (AMP)
  • Pagination dan Situs Web Multibahasa

Dengan teknik SEO maka akan mendekati keterbacaan mesin pencari, dan UX menargetkan pengunjung situs web anda. Keduanya memiliki tujuan yang sama untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna website anda. Namun, ada hubungan yang sangat erat integrasi SEO dan UX.

8. Optimasi Seluler & AMP

SEO 2021
Moble enjadi perangkat peramban yang populer di masa sekarang. Sumber Unsplash

Saat ini sebagian besar pencarian Google terjadi di perangkat seluler, oleh karena itu pengoptimalan untuk seluler sangat penting. Anda bisa menerapkan situs seluler melalui URL terpisah, penayangan dinamis, atau memiliki desain responsif. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan.

SEO 2021 dengan optimasi perangkat seluler akan menjadi sangat penting. Setelah indeks yang memprioritaskan seluler, Google merayapi versi seluler laman web anda dan mengaitkan struktur dan konten laman seluler untuk menempatkan anda di SERP. Jadi, memiliki halaman seluler yang bagus harus menjadi prioritas utama hari ini.

Jika halaman anda tidak dimuat dengan baik di layar seluler, anda akan kehilangan peringkat di hasil seluler dan desktop. Google  menyarankan  agar situs anda dimuat dalam waktu kurang dari satu detik untuk pengguna seluler. Untuk berbagai industri, SEO seluler akan berlaku pada tahun 2021 sebagai bagian penting dari strategi SEO mereka. Ini terutama akan difokuskan pada situs web yang sering terjadi tindakan pengguna.

Tips situs ramah seluler antara lain :

  • Percepat pemuatan di perangkat seluler
  • Susun konten yang mudah dibaca di ponsel
  • Gunakan HTML5 untuk konten animasi
  • Gunakan gambar header yang lebih kecil
  • Gunakan spasi negatif antara teks, tombol, dan elemen desain
  • Gunakan tombol berbagi sosial sebagai bilah tab

9. SEO Lokal

Dengan meningkatnya kueri dengan frase ‘terdekat’, industri SEO lokal akan tumbuh berlipat ganda pada tahun 2021. Menurut Google,  46% dari keseluruhan pencarian bermuatan pencarian lokal.

Faktor penting lainnya dari SEO Lokal pada tahun 2021 akan mencakup sindikasi NAP (Nama, Alamat, Nomor Telepon), kutipan, ulasan lokal di halaman bisnis sosial, direktori lokal, dan konten pendukung.

10. Backlink, Influencer dan Branding

Berbicara megenai SEO off-page, hal pertama yang terbersit adalah pembuatan backlink. Diperkirakan akan ada perubahan definisi backlink berkualitas. Backlink berkualitas di tahun 2021 akan diperoleh dari backlink alami dengan menerbitkan konten berkualitas. Ini adalah pergeseran paradigma menuju pendekatan berpusat pada topik yang perlu anda capai untuk mendapatkan backlink.

Pada saat yang sama, elemen influencer dan branding juga akan memainkan peran yang penting dalam strategi SEO anda di tahun 2021. Pemasaran influencer selalu menjadi topik trending selama beberapa tahun terakhir dan telah menunjukkan nilai yang positif. Branding membantu anda mendapatkan penyebutan merek dan pemasaran influencer membantu anda mendapatkan tautan balik.

SEO 2021
Backlink menjadi senjata off page yang perlu di tingkaatkan. SUmber Unsplash

Kesimpulan

Jika diamati dengan seksama tren SEO 2021 akan hampir menyerupai dari tahun ke tahun sebelumnya atau tahun mendatang karena mesin pencari bekerja dengan tujuan untuk menyajikan konten yang tepat ke kueri penelusuran yang menghasilkan kepuasan pengguna. Jika anda melakukan usaha SEO dengan berpijak pada pemikiran yang sama, yakni konten terbaik maka anda melakukan langkah yang benar.

Di awal tahun 2021 ini anda bisa melangkah untuk mengembangkan website dengan optimasi SEO dengan lebih baik lagi. Anda bisa juga dengan mempercayakan kepada penyedia jasa SEO profesional yakni SEO Anak Sholeh yang berpengalaman dalam menangani website beserta optimasinya. Terima kasih.

Open chat
Kami senang membantu Anda