Dalam dunia SEO membuat backlink berkualitas sangat penting disamping harus memaksimalkan pembuatan konten yang berkualitas dan SEO friendly. Backlink sebagaimana telah dibahas pada artikel yang lainnya bisa di tanam di berbagai tempat termasuk pada layanan platform Google. Dan pada artikel ini akan dibahas mengenai backlink Google.

Siapa yang tidak tahu Google? Google adalah perusahaan yang memproduksi berbagai fitur internet dan didirikan oleh uda orang mahasiswa PhD pada tahun 1998 yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Dengan melakukan berbagai pengembangan dan akuisisi akhirnya perusahaan ini mendunia dan menjadikan sebuah perusahaan ‘penyedot uang’ dengan melakukan bisnis di internet.

Backlink Google
Akun Google penting untuk SEO. Sumber Unsplash

Saat ini dalam segala urusan di internet terlebih urusan SEO maka tidak akan lepas dengan keberadaan mesin pencari terbesar di dunia yakni Google Search. Dengan menggunakan metode algoritma Google perusahaan ini mengembangkan sistem pencarian dan mengindeks segala informasi di internet.

Dengan demikian informasi yang didapatkan akan benr-benar valid dan sesuai konteks. Hal ini sesuai dengan semboyan dan tujuan perusahaan yakni :

‘Mengumpulkan informasi dunia sebanyak-banyaknya untuk menjadikannya bisa diakses dan berguna ke setiap orang’

Dengan semboyannya itulah mereka memproduksi berbagai fitur dan konten di internet yang nantinya bisa digunakan oleh setiap orang untuk berbaggu-pakai segala informasi.

Backlink Google

Karena popularitas dan reputasi Google dan varian produknya tidak diragukan lagi maka sebenarnya hal ini bisa dimanfaatkan dengan ‘menumpang’ popularitas Google dan segala varian produknya untuk menanam backlink. Dan dibawah ini ada beberapa produk platform dari Google yang bisa dijadikan ‘media tanam’ backlink.

Produk dari platform Google untuk backlink

Ada beberapa varian dari produk Google yang bisa kita manfaatkan untuk menanam backlink yang akan kita buat. Produk ini merupakan produk yang sampai artikel ini dibuat masih bertahan diantara produk yang sudah di hapus seperti Google Plus.

1. Google Groups

Google Groups merupakan layanan dari Google berupa forum diskusi dan kelom[ok. Untuk keanggotaan dan pemakaian group bersifat gratis. Dengan menggunakan surat elektronik atau antarmuka halaman web para anggota bisa berdiskusi dengan anggota lainnya.

Untuk mendapatkan backlink dari Google Groups sangat mudah. Pertama tama tentu kita harus memiliki akun Gmail atau akun Google. Dengan memiliki akun Google untuk masuk ke Google Group tidak perlu melakukan sign up lagi hanya tinggal bergabung saja.

Setelah memiliki akun Google carilah grup di Google yang sesuai. Grup yang sesuai dalam hal ini adalah grup yang sesuai dengan niche website yang akan kita optimasi. Atau lebih mudahnya adalah wensite yang memiliki keterkaitan dengan apa yang akan kita posting di grup tersebut. Dan mintalah untuk bergabung.

Setelah permintaan bergabung disetujui kita bisa memulai membuat postingan di grup dengan konten yang berkualitas dan jangan lupa untuk menyertakan link dari website yang akan dioptimasi. Jika ada orang lain yang mengeklik atau mereferensikan artikel yang kita posting maka disitulah nilai yang akan didapatkan.

2. YouTube

Backlink YouTube sangat bagus dipakai untuk optimasi dikarenakan YouTube memiliki peringkat kedua website yang paling sering di akses di seluruh dunia setelah peringkat pertama diraih oleh mesin pencari Google Search. Dengan reputasi dunia yang bagus inilah beberapa pihak memanfaatkan YouTube untuk membangun backlink untuk optimasi website.

Cara membuat backlink YouTube meskipun harus melalui berbagai tahap tetapi sangat memungkinkan untuk dilakukan. Dan seperti berbagai layanan platform Google ppenggunaan akun Google sangat dibutuhkan.

Ketika memiliki akun Google maka secara otomatis sudah bisa melakukan log in di situs YouTube. Pertama-tama mulailah masuk ke situs berbagi-pakai video terbesar dunia ini. Seperti pada pengguna YouTube lainnya segera buat saluran pribadi atau channel. Di channel inilah semua video koleksi yang kita upload akan ditampilkan. Dalam satu akun bisa dibuat lebih dari satu channel. Berilah nama dan deskripsi dari channel yang telah kita buat tersebut sesuai dengan niche dari website yang akan dioptimasi.

Seleanjutnya adalah melakukan verifikasi akun. Website populer biasanya untuk melakukan pendaftaran harus melalui tahap verifikasi akun. Verifikasi akun menggunakan SMS atau panggilan ke nomor seluler.

Setelah akun terverifikasi kita bisa mencantumkan link website pada pengaturan lanjutan dan kekuatan dari backlink YouTube ini tergantung kunjungan viewer ke saluran kita. Oleh karena itu penambahan konten video yang uni dan menarik sangat disarankan.

Google Backlink
Informasi apapun bisa diketemukan melalui Google. Sumber Unsplash

3. Blogger

Blogger merupakan layanan yang menyediakan pembuatan blog secara mandiri dengan penggunaan host secara gratis dengan penggunaan subdomain blogspot.com. Pada awalya layanan ini dibuat oleh Pyra Labs pada tahun 1999 akan tetapi pada 2003 Google melakukan akuisisi sehingga semua pemakai blogger harus menggunakan web server dari Google.

Salah satu punggawa Blogger yakni Evan William mengundurkan diri pada 2004 akan tetapi pada tahun yang sama Google melakukan akuisisi pada Picasa yang merupakan layanan berbagi-pakai foto dan gambar. Dengan demikian pengguna Blogger dapat mengintegrasikan koleksi gambar yang dimiliki ke dalam blog dari platform Google tersebut.

Meskipun penggunaan Blogger merupakan layamam gratisan sehingga terlihat kurang profesional akan tetapi fitur yang ditawarkan termasuk lengkap. Dan yang menjadi kelebihan dari Blogger adalah penggunaan custom domain sehingga pemakai Blogger bisa mendapatkan nama domain sesuai keinginan dengan membelinya.

Blogger merupakan salah satu blog gratisan yang digunakan oleh berbagai pegiat SEO untuk dijadikan blog PBN untuk optimasi. Hal ini dikarenakan blogger memiliki reputasi yang bagus di bawah nama besar rakasasa internet Google.Penggunaannya juga sangat mudah. Dengan memiliki akun Google kita sudah bisa membuat blog secara gratis di layanan Blogger.

4. Google Docs

Google Docs adalah layanan dari Google yang menyediakan fitur pengolahan kata, spreadsheet dan presentasi yang bisa diolah dengan secara online. Selain itu layanan ini juga memungkinkan penyimpanan secara online di Google Drive untuk dilakukan proses sharebility dengan folder bersama.

Kita bisa menggunakan layanan ini untuk meyimpan berbagai backlink. Yaitu seperti biasa membuat artikel yang sesuai dengan niche website. Selain itu oenggunaan judul yang sesuai dengan keyword yang akan disasar harus diperhatikan. Setelah artikel dan berbagai backlink sudah tertanam pada anchor text, kita bisa menguploadnya dalam bentuk file pdf.

5. Google Site

Langkah ini seperti langkah dalam membuat blog pada layanan gratisan Blogger. Dengan mendaftar menggunakan akun Google yang nantinya akan terintegrasi ke semua layanan Google maka situs Google gratis akan mudah dibuat.

Backlink Google
Google merupakan perusahaan dunia yang menguasai layanan search engine. Sumber Unsplash

Pertama masuklah ke Google Site dan kemudian lanjutkan dengan membuat situs dan mengaturnya. Aturlah judul situs, konten situs, dan juga tampilannya sesuai keinginan kita. Setelah terdaftar dan memiliki situs dari Google maka kita tinggal mencari menu page. Setelah medapatkan page baru maka tinggal mengisi page tersebut dengan konten yang berkualitas dan jangan lupa masukkan backlink dengan anchor text yang sesuai.

Itulah beberapa produk layanan dari paltform Google yang bisa kita jadikan tempat untuk mendapatkan backlink dengan kualitas bagus. Dengan memperbanyak backlink yang ditanam di website dengan posisi bagus maka akan menguatkan posisi website kita di SERP. Jangan lupa membagikan artikel dari jasa SEO Jogja SEO Anak Sholeh ini jika dirasa bermanfaat. Terimakasih.

WhatsApp Free Konsultasi