Kadang ketika kita searching di mesin pencari dan masuk ke sebuah web kita tanpa sengaja sering menemukan iklan tentang jasa backlink PBN . Dengan berbagai ‘janji manis’ model PBN yang ditawarkan para penyedia jasa backlink PBN tersebut memasang iklan di berbagai tempat.

Memang ada beberapa langkah baik dengan metode white hat dengan mengtamakan onpage SEO ataupun black hat seperti jual beli backlink yang dilakukan untuk meningkatkan agar website utama kita masuk pada peringkat SERP. Selain backlink profile, memaksimalkan konten, redirect 302 juga pembuatan backlink pada PBN.

Tentang Backlink PBN

Apa itu PBN, PBN adalah singkatan dari Private Blog network. Jika diterjemahkan secara bebas adalah bllog yang dibuat oleh jasa SEO yang bertujuan untuk membuat backlink pada artikel. Tujuan pembuatan backlink di artikel tersebut tentu saja untuk mendukung web utama yang nantinya menjadikan web utama masuk ke peringkat SERP.

Karena blog tersebut adalah jaringan maka pembuatannya tidak hanya satu buah. Ada banyak sekali blog yang harus di buat sehingga perlu persiapan matang. Dan yang terpenting adalah ada trik yang harus dilakukan agar blog tersebut unggul.

Untuk membuat suatu PBN membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak sehingga karena kondisi seperti itu ada sebagian pihak yang membaca peluang tersebut dan membuka jasa backlink PBN.

Jasa Backlink PBN
Peringkat SERP di capai dengan banyak cara. Sumber unsplash

Tipikal Backlink PBN

Jika kita menggunakan blog jaringan untuk memperkuat struktur backlink pada website utama tentu ada beberapa trik yang dipakai. Hal ini karena membuat blog yang digunakan untuk PBN tidak semudah membuat blog biasa. Dibawah ini tipikal PBN

Menggunakan domain bekas/ lawas

para penyedia jasa backlink PBN biasanya menggunakan expired domain atau domain yang telah lama terbeli tetapi sudah tidak diperpanjang lagi. Tujuan membeli domain ini adalah karena domain yang dili eksis pasti dulu sudah pernah terindeks di mesin pencarian.

Karena domain lawas pernah eksis bertahun-tahun maka pageranknya dimungkinkan sudah tinggi. Oleh karena itu jika kita amati blog PBN yang dibuat oleh penyedia jasa backlink PBN terkadang antara isi web atau blog PBN tidak sesuai dengan domain yang dipakai atau biasa dikatakan tidak pada niche yang sama.

Dalam mencari domain lawas para penyedia jasa backlink PBN biasanya mencari di berbagai sumber untuk ‘hunting’ domain lawas yang pas. Laman yang dikunjungi salah satunya adalah lelang domain di GoDaddy Auctions.

Dibuat dalam jumlah banyak

Namanya juga jaringan blog, tentu pembuatannya tidak sedikit. Dengan menggunakan berbagai PBN maka diharapkan web utama yang dibangun akan menempatiperingkat yang tinggi pada SERP. Semakin banyak PBN dan semakin ‘natural’ dalam pembuatannya maka akan semakin baik bagi peringkat SERP web utama.

Tidak saling terhubung

Dalam membuat PBN maka antara blog satu dan blog lainnya tidak saling terhubung. Hal ini dikarenakan agar Google tidak mengindeks bahwa blog blog trsebut merupakan satu kepemilikan untuk tujuan penguatan backlink suatu website.

Konten tidak seperti web utama

Konten yang ada pada PBN tidak sama seperti web utama yang akan dimonetisasi. Hal demikian supaya Google tidak mengetahui jika antara PBN dan web uatama adalah satu kepemilikan. Oleh karena itu segala sesuatu yang ada pada PBN dibuat se’natural’ mungkin.

Penggunaan register domain dan hosting berbeda.

Demi aman dari lacakan manual pihak Google maka disarankan pembuat PBN menggunakan register dan hosting berbeda-beda. Baik itu IP dan negara penyedia hosting yang digunakan untuk PBN atau email untuk register domain yang kita beli dari pelelangan.

Dengan langkah seperti itu maka di harapkan PBN yang dibuat akan terlihat benar-benar seperti blog pribadi yang tidak ada sangkut pautnya dengan urusan pembuatan backlink yang dimanipulasi untuk optimasi.

Sehingga ketika ada ‘inspeksi’ dari google, mereka tidak melihat adanya kejanggalan dari blog atau web yang dibuat. Karena memang pembuatan PBN dilakukan dengan sehati-hati mungkin.

Jasa Backlink PBN amankah untuk optimasi?

Seperti yang telah di bahas di awal bahwa segala akan dilakukan demi mengelabuhi mesin pencari supaya peringkat web utama pada SERP di posisi tinggi. Salah satunya adalah pembuatan PBN yang pada intinya juga akan ditanami backlink!

Oleh karena itu penggunaan jasa backlink PBN untuk optimasi harus memperhatikan hal berikut ini sebelum anda benar-benar memutuskan akan memakai jasa tersebut.

Sadarilah bahwa pembuatan PBN berada pada posisi abu-abu

Ya tentu saja demikian. Sesuai dengan panduan dari webmaster Google bahwa penggunaan skema backlink akan menjadikan peringkat web kita buruk di mesin pencarian. Inilah salah satu poin yang tidak diperkenankan.

Pembelian atau penjualan tautan yang lulus dari PageRank. Termasuk menukarkan uang dengan tautan, atau pos yang berisi tautan; menukarkan barang atau layanan untuk tautan; atau mengirim produk “gratis” kepada seseorang sebagai ganti tulisan mereka tentang produk tersebut yang menyertakan tautan.

Disini kita memahami bahwa PBN merupakan postingan di blog atau website yang terdapat beberapa tautan yang nantinya bertujuan sebagai backlink untuk memperkuat posisi situs utama pada SERP.

Memakan banyak waktu

membuat konten pada PBN memang lama. Bagaimana tidak, kita perlu mengepos secara kontinyu konten di PBN yang jumlahnya tidak sedikit. Sehingga waktu akan tersita untuk membuat konten di PBN.

Ditambah lagi jika kita mempercayakan kepada jasa backlink PBN maka kita tidak bisa mengontrol kualitas konten dan metode menanam backlink yang dilakukan. Jangan sampai kita sudah mengeluarkan biaya pada jasa backlink PBN akan tetapi karena peletakan tautan yang salah atau skema menautkannya tidak benar malah membuat web utama kita terlempar dari peringkat SERP.

Menghamburkan banyak biaya

pembuatan PBN dalam jumlah besar tentu akan berdampak baik bagi web yang akan kita niakkan peringkatnya di SERP. Akan tetapi pembuatan PBN tentunya menjadikan biaya yang diperlukan akan membengkak.

Apa yang seharusnya dilakukan

Jika segala trik yang dilakukan unruk mempertinggi peringkat pada SERP menjadi berbahaya bagi website kita, lantas apa yang harus dilakukan agar website kita bisa terindeks di mesin pencari dengan peringkat tinggi?. Tentu saja ada langkah yang harus ditempuh dan ini aman.

Membuat website berbasis konten

algoritma akan selalu diperbarui dengan algoritma baru yang lebih canggih. Dan tidak tertutup kemungkinan Google akan menurunkan atau bahkan menghapus sistem peringkat yang menggunakan patokan backlink. Maka tamatlah sudah PBN yang sudah lama kita kerjakan.

Maka di dalam panduan Webmaster Google dikatakan bahwa web yang baik tentu dengan konten yang berkualitas. Selain itu pada hari ini Google masih mengakomodir penggunaan backlink dengan persyaratan yang ketat. Dan dengan modal website yang berbasis konten dan backlink sesuai ketentuan maka diharapkan peringkat pada SERP akan tinggi.

Membuka hubungan dengan yang lain

pembukaan hubungan dan jaringan dengan yang lain akan sangat diperlukan dalam bisnis SEO terutama pada optimasi basis backlink. Dengan mendapatkan relasi terpercaya dan mereka memiliki website dengan Page Rank tinggi kita bisa memiliki peluang untuk saling tolong menolong dalam optimasi website. Salah satunya adalah dengan meminta memasang backlink.

Jasa Backlink PBN
Backlink PBN salah satu cara menaikkan rangking SERP. Sumber unsplash

Langkah terakhir : iklan

Tentu saja dengan memasang iklan di Google segala sesuatu mengenai SERP akan segera terbantu. Akan tetapi pastinya masalah finansial harus di perhatikan. Antara hasil yang dicapai dengan pengeluaran untuk biaya iklan harus disesuaikan.

Itulah ulasan mengenai jasa backlink PBN yang bisa kami sampaikan. Melihat ulasan seperti diatas maka untuk menggunakan jasa backlink PBN pada intinya akan menjadi pilihan masing-masing. Dan yang harus diperhatikan adalah konten berkualitas harus diutamakan seperti apa yang dilakukan jasa SEO Jogja profesional SEO Anak Sholeh.

WhatsApp Free Konsultasi