Usaha SEO merupakan usaha yang membutuhkan keseriusan dalam menjalankannya. Selain itu keseriusan, ketelatenan dan pkitai membaca dan mengambil peluang adalah watak lain yang harus dimiliki oleh para pegiat SEO. Selain konten berkualitas yang harus diutamakan, ada beberapa faktor lain yang sangat mempengaruhi peringkat website pada halaman mesin pencarian (SERP). Salah satunya adalah backlink berkualitas dan optimal. Dan usaha pengelolaan backlink ini agar efektif, aman dan memiliki kekuatan yang signifikan para pegiat SEO biasa menggunakan trik backlink tier atau tautan yang berjenjang.

Pentingnya Backlink

Tidak diragukan lagi bahwa kekuatan backlink merupakan hal yang sangat diperhitungkan dalam SEO. Kekuatan suatu backlink merupakan salah satu tolok ukur suatu website dalam memperoleh kekuatan untuk merangkak ke posisi atas SERP. Semakin kuat backlink maka semakin bagus kekuatan website untuk menuju posisi atas. Backlink yang kuat adalah backlink yang berkualitas. Backlink yang sedikit tetapi aman dan berkualitas lebih baik daripada backlink banyak tetapi kualitasnya buruk.

Backlink tier
Backlink penting pada optimasi. Sumber Unsplash

Karena itulah banyak pelaku SEO yang menggunakan backlink checker dalam menakar kekuatan kompetitor dan menganalisa kekuatan backlink kompetitor. Dengan mengetahui kekuatan backlink dari segi jumlah dan juga mengetahui jenis backlink yang dipakai oleh kometitor paling tidak kita bisa meniru pola yang telah dilakukan oleh kompetitor. ‘Pengorganisasian’ backink agar diperoleh backlink yang aman dan powerfull maka diperlukan backlink tier pada otimasi.

Pengertian

Apa yang dimaksud dengan backlink tier ?. Apa pentingnya bagi optimasi ?

Backlink tier adalah nacklink berjenjang atau bertingkat. Secara umum susunan dari backlink tier adalah berikut ini :

Website utama atau money site diperkuat oleh backlink yang ada pada website yang dimasukkan pada kelompok tier pertama (tier 1). sedangkan website yang berada pada tier 1 tersebut diperkuat lagi oleh backlink yamg nantinya dikelompokkan ke tier 2. dan tier 2 dikuatkan lagi dengan backlink yang ada pada tier 3 dan seterusnya.

Backlink tier memiliki fungsi yang sangat penting dalam optimasi. Bahkan backlink tier harusnya ada dalam catatan perencanaan ketika membangun sebuah website yang akan dioptimasi.

Fungsi

Karena kegunaan backlink tier yang penting ini maka seharusya dalam penyususnan perencanaan struktur atau susunan tier backlink yang akan digunakan harus benar-benar tepat dan matang.

1. Membersihkan website

Algoritma Google senantiasa memantau website-website yang ada dan beredar di seluruh pelosok dunia maya. Meskipun mereka telah mengeluarkan panduan Google Webmaster yang diharapkan dipatuhi oleh para pelaku dunia website dan SEO akan tetapi faktanya banyak pihak yang bekerja dengan culas agar memperoleh posisi di SERP.

Dengan perencanaan backlink tier kita bisa menyaring backlink, backlink yang tidak natural tidak di tempatkan pada posisi yang strategis. Dengan backlink tier kita bisa merancang bahwa backlink yang berhubungan dengan money site secara langsung adalah backlink yang benar-benar berkualitas dan aman dari serangan Algoritma Google. Artinya backlink tersebut adalah backlink yang bersih.

2. Powerful backlink

Dengan backlink yang bersih dari tautan berbahaya dan apalagi backlink tersebut berasal dari situs web yang memiliki kredibilitas tinggi dimata mesin pencari maka bisa dikatakan kita memiliki backlink yang kuat (powerful). Karena itulah peletakan posisi backlink pada tier harus sesuai. Jangan sampai backlink yang buruk malah berada pada tier awal.

3. Menghindari hukuman

Penggunaan backlink tier yang tepat mampu membuat website kita terhindar dari hukuman secara langsung jika terkena hantaman Algoritma Google baik itu hukuman otomatis ataupun manual. Bagaimana tidak, kita bisa merencanakan penempatan backlink dengan matang dan meletakkan backlink yang sekiranya buruk pada posisi tier akhir atau tier yang jauh dari money site. Meskipun ketika ada hukuman peringkat SERP bisa turun juga tetapi dengan struktur yang tepat dan memikirkan dan mengantisipasi resiko dari awal maka website akan lebih aman.

Susunan Pada Backlink Tier

Pembuatan struktur tier pada backlink tier sangat penting. Pada perencanaan backlink ini akan diulas struktur backlink mulai dari tier 1 sampai tier 3.

1. Backlink Tier 1

Backlink yang seharusnya di buat pada tier 1 adalah backlink yang terbaik dari yang baik. Kita bisa mengajak website atau orang lain membuat konten dan menautkan link referensi jonten mereka pada website kita. Akan tetapi yang harus diperhatikan adalah penautan itu tidaklah sembarangan. Website yang tertaut dengan website kita adalah yang kontennya sesuai dengan konteks yang dibahas. Atau paling tidak tidak menyimpang jauh itu lebih baik.

Selain itu sebaiknya website tersebut merupakan website dengan Page Authority yang tinggi. Website populer biasanya memiliki PA yang tinggi dan kita bisa menggunakan tools yang bisa digunakan gratis untuk melacak nilai PA pada sebuah website.

Atau kita bisa melakukan hubungan mutualisme yakni melakukan backlink exchange atau pertukaran backlink dengan pihak yang memiliki website dengan nilai PA tinggi. Karena itulah aktif di dunia maya menjadi lebih baik dan menguntungkan jika kita memiliki banyak relasi atau persahabatan yang saling menguntungkan.

2. Backlink Tier 2

Terkadang kita bepikir jika money site kita di topang oleh banyak website yang memiliki PA tinggi maka semua akan beres dan tidak memerlukan tier 2, tier 3 dan seterusnya. Itu memang benar tetapi apakah mungkin semudah itu?

Usaha yang keras dalam mendapatkan backlink natural yang ada pada tier 1 belum tentu hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka penggunaan tier 2 tentu sangat diperlukan.

Pada tahap ini kita bisa membuat komentar atau artikel di sebuah forum dan memberikan tautan yang ditujukan kepada website yang terdapat attachmen pada money site kita atau dalam hal ini adalah website pada tier 1. tetapi komentar atau artikel harus sesuai dengan konteks dari website yang ditautkan jangan sampai menyimpang jauh.

Penggunaan backlink profile pada tahap ini juga dimungkinkan. kita bisa membuat profil di media sosial atau forum sebanyak banyaknya dan menambahkan tautan website tier 1 pada bio atau identitas profil. Jika ada sosial media dengan fitur menulis banyak seperti medium maka bisa kita lakukan di media tersebut.

3. Backlink Tier 3

Pada tahap ini kita bisa menggunakan type backlink yang seadanya. Meskipun seadanya, sebagaimana perang meskipun hanya mengkitalkan prajurit dengan pangkat rendah penggunaan strategi harus diperhatikan. kita bisa menggunakan backlink comment blog atau document sharing. Atau bisa menggunakan backlink profile di tahap ini. Itu tergantung strategi dan cara kita dalam membangun struktur backlink.

Skema tired Link.

Kesimpulan

Dalam optimasi sebuah website langkah perencanaan sangat penting dilakukan. Dengan perencanaan kekuatan yang di gunakan dapat terukur dan resources yang di gunakn bisa di kendalikan. Seperti halnya peperanganm kita tidak perlu mengeluarkan banyak energi perang ketika menguasai strategi yang jitu. Dan hal itulah yang di lakukan oleh konsultan jasa SEO Jogja professional yaitu SEO Anak Sholeh.