Jika kita gigih berusaha dan melihat berbagai peluang sebenarnya ada beberapa tempat untuk menanamkan backlink yang di arahkan menuju ke webiste kita dengan tujuan membangun backlink berkualitas. Dan backlink berkualitas tentu saja harus ditempatkan di tempat yang ‘berkualitas’ juga. Salah satunya adalah membuat backlink wikipedia.

Selain wikipedia, beberapa backlink bisa ditanam di tempat lain dan kita pernah membahas hal ini pada artikel lain seperti artikel membuat backlink YouTube dan artikel backlink lainnya. Mengapa harus membuat backlink Wikipedia ? Apakah Wikipedia memungkinkan untuk menanam backlink berkualitas?

backlink wikipedia
Halaman Wikipedia. Sumber Unsplash

Apa itu Wikipedia?

Wiki sendiri memiliki arti sebuah website atau perangkat lunak kolaboratif yang berisi dokumen atau hiperteks yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit, menambah atau mengurangi isi konten yang ada. Dan memiliki ciri yaitu antara dokumen satu dan dokumen lainnya memiliki keterkaitan.

Sedangkan Wikipedia sendiri merupakan gabungan dari dua kata yaitu Wiki dan ensiklopedia. Dengan demikian wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang dibangun untuk memberikan informasi. Dan dari konsep wiki itulah setiap orang bisa bergabung untuk berpartisipasi dalam memberikan informasi.

Meskipun ada kebebasan memberikan dan menyunting konten, akan tetapi Wikipedia juga memiliki standar konten yang harus diperhatikan sehingga informasi yang disampaikan benar-benar valid dan sesuai konteks.

Mengapa harus backlink Wikipedia?

Ada beberapa alasan yang menjadikan wikipedia merupakan tempat yang bagus untuk menanamkan backlink.

  • Situs memiliki traffic tinggi Wikipedia merupakan tempat untuk mencari resensi atau informasi di internet. Layaknya sebuah buku ensiklopedia Wikipedia memberikan informasi yang detail dan juga di sisipi rujukan yang dipakai. Karena banyaknya informasi yang bisa digali di situs Wikipedia maka Wikipedia merupakan salah satu situs rujukan indormasi. Otomatis dengan banyaknya orang yang mengunjunginya traffic website menjadi tinggi.
  • Artikel relevan Artikel pada wikipedia yang lolos dari pemeriksaan manual merupakan artikel yang relevan dengan tema yang dibahas. Dengan demikian seseorang yang mencari informasi di Wikipedia hampir dipastikan mendapatkan hasil pembahasan yang sesuai dengan informasi yang diinginkan.
  • Disegani oleh Google Wikipedia merupakan salah satu situs yang disegani oleh mesin pencari terutama Google. Jika kita mencari informasi tertentu di mesin pencari maka bisa dipastikan pada SERP akan menampilkan hasil dari situs ensiklopedi Wikipedia.

Yang harus diperhatikan dalam mengisi konten Wikipedia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa situs Wikipedia memiliki standar konten yang harus diperhatikan. Sehingga tidak sembarang konten bisa masuk.

  • Bahasa baku Bahasa yang digunakan dalam artikel di Wikipedia haruslah baku. Tidak diperkenankan menggunakan bahasa yang gaul, alay, bahasa prokem ataupun bahasa percakapan. Dengan demikian maka indormasi yang didapatkan dapat dimengerti oleh berbagai pihak.
  • Relevan Karena audit yang dilakukan oleh pihak Wikipedia adalah audit manual maka konten yang di pilih agar bisa masuk ke Wikipedia tentu saja konten yang sesuai dengan pembahasan. Jika ada konten yang tidak sesuai dengan pembahasan atau dalam bahasa SEO adalah tidak satu niche maka konten tersebut akan dihapus.
  • Valid Konten yang ada pada Wikipedia harus valid. Maka ada fitur pranala luar pada Wikipedia yang memungkinkan Wikipedia mengambil informasi dari luar. Maka dengan konsep seperti inilah kita memanfaatkan fitur pranala luar atau tautan luar untuk memasang backlink untuk optimasi.
  • Editable Karena konten di Wikipedia merupakan konten yang editable maka semua orang bisa merubah, menghapus, dan menambah konten yang ada. Hal ini menjadikan konten di Wikipedia bisa berubah sewaktu-waktu. Dan semakin lama semakin relvnae, sesuai dengan konteks dan semakin valid. Tapi hal inilah yang juga membuat repot. Karena jika konten kita tidak dianggap relevan maka orang lain bisa merubah konten tersebut dengan penjelasan yang lebih valid dan mendetail. Maka buatlah konten yang benar-benar baik dan bisa dipertanggungjawabkan.

Membuat backlink di Wikipedia dengan membuat konten

Langkah membuat backlink pada Wikipedia adalah dengan membuat artikel yang sesuai dengan pembahasan website kita. Dan setelah artikel tersebut jadi maka cari atau buatlah satu atau dua kata pada artikel tersebut yang nanti akan dibuat sebagai anchor text. Dimana anchor tersebut menuju ke website kita. Dan supaya lolos tentu saja harus sesuai dengan petunjuk dan memperhatikan kaidah membuat konten di Wikipedia.

Ada beberapa langkah agar kita bisa menulis artikel di Wikipedia. Dibawah ini petunjuk agar bisa mengisi konten di Wikipedia.

Menjadi kontributor Wikipedia

Cara ini adalah membuat konten sebagai kontributor. Artinya kita membuat sesuatu yang baru dan belum ada di pembahasan Wikipedia. Caranya adalah :

Pertama, segera daftar di halaman Wikipedia. Tombol pendaftaran ada di kanan atas. Isilah email, username dan lainnya sesuai dengan petunjuk.

Kedua, cari di kolom pencarian sesuatu yang ingin kita buat kontennya. Dan pastikan belum ada pihak yang membuat konten serupa di Wikipedia.

Kita bisa mencoba dengan mencari artikel tentang Backlink Generator. Maka tidak akan ditemukan artikel backlink generator.

Dan akan ada tamplan penawaran pembuatan halaman tentang backlink generator. Maka klik penawaran tersebut lalu mulailah dengan membuat artikel tentang backlink generator.

Ada cara lain yaitu dengan membuat link pada addres bar browser kita seperti contoh berikut.

Buatlah link pada adres bar dengan susunan link seperti contoh diatas.

Maka akan mendapat hasil dibawah ini ketika kita melakukan pencarian alamat fiktif tersebut. Dan pada tawaran pembuatan halaman tersebut yaitu Buat halaman “Backlink generator” kita klik. Mulailah membuat artikel tentang backlink generator.

Ketiga, Setelah artikel selesai maka carilah kata yang nantinya dibuat anchor text dan anchor tersebut kita arahkan menuju website kita. Sisipkan alamat website menggunakan tools yang telah disediakan.

Keempat, simpan atau terbitkan.

Tunggu beberapa hari dan carilah artikel yang telah kita buat. Jika tidak dihapus berarti artikel tersebut memang benar-benar layak untuk ada di Wikipedia.

Selain itu kita bisa memanfaatkan broken link yang ada pada artikel Wikipedia. Langkahnya hampir sama dengan pembahasan mengenai memanfaatkan broken link pada artikel sebelumnya.

Selain itu kita bisa memanfaatkan broken link yang ada pada artikel Wikipedia. Langkahnya hampir sama dengan pembahasan mengenai memanfaatkan broken link pada artikel sebelumnya.

Kesimpulan

Percobaan demi percobaan mesti dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menggunakan apa yang ada secara maksimal tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Intinya adalah selalu berusaha.

Itulah ulasan mengenai cara membuat backlink Wilipedia yang bisa dijadikan tempat untuk menanamkan backlink optimasi. Jangan lupa ikuti dan baca artikel lainnya pada website SEO Anak Sholeh tentang persiapan sebelum membuat backlink. Terima kasih.

WhatsApp Free Konsultasi